Pacaran beda USIA 12 Tahun itu normal nggak??

Saya sudah berpacaran selama 1 tahun… selama 1 tahun itu suka duka saya jalani, ya kami berbeda usia 12 tahun, dan saya juga harus melanjutkan sekolah saya,
6 tahun mgkin waktu untuk menyelesaikan studi saya, dan 6 tahun itu mgkin usianya sudah 36 tahun…

dia slalu takut jika saya berhenti ditengah jalan, apakan nnti masih ada yg mau dengannya jika usianya sudah 36an, saya juga tidak bisa memastikan apakah slama 6 tahun mendatang saya pasti akan menjadi istrinya…
yang mnjadi beban saja juga adalh restu orang tua,apa yang harus saya lakukan? please,kasi saran :frowning: dan saya sangat menyayangi dia…

Apa ada pilihan lain?

Klo belom selesai study g boleh nikah ya???

Klo emang sulit, dan kamunya sendiri z g bs memastikan apakah setelah 6 tahun itu kamu akan menikah dengannya mending g usah dipaksakan,
Kasian dia-nya…

Coba dech dipikir lagi,
Baik buruknya n untung ruginya,buat kamu ama dia???

Kayaknya si dia banyakan ruginya tuch,
hehhehehheheh
:afro: :afro:

tacik satu ini memang buakat kok kalo dodolan…

Mungkin dia cari cewe yg jauh lebih muda biar dipupuk dari muda :smiley:

Mungkin yg seumuran sudah rusak semua cewenya jd, cr daun muda yg masih polos :slight_smile:

mana yg terbaik aja deh :afro: ;D

:azn: Hallo salam kenal hehehe… kalau menurut aku sich gak masalah, yang penting kalian saling mencintai :azn: yang paling tau pasti hati kamu mengenai pribadi si doi, dan seberapa pantas dia buat menemani hidup kamu , sebab cinta sejati pasti gak akan pernah bohong. GBU always :angel:

saya tidak tau pak apa pilihan lain itu… saya gg tau apa yang harus saya lakukan skarang… :frowning: :’(

hehehe… klo menurut sayaa umur ga jadi msalah sih :slight_smile: asal ada komitmen di antara ke2 belah pihak aja… :afro: :slight_smile:

Wkwkwkwkwkkw tp kerjaanku bukan dodolan’e koo…
Tp pembelian…
;D ;D

wah…persis kisah perjalanan saya dulu…hahahaha… ;D ;D ;D

beda usia yang terlalu jauh kadang membuat hubungan sulit untuk dijalani. maklum, konsep pemikiran dan minat biasanya juga beda jauh. kalau Anda mencintainya, tidak ada salahnya hubungan ini dijalani.
btw, apa yang Anda cari dari hubungan ini? figur ayah yang melindungi,mengayomi, dan memperhatikan? hubungan Anda dengan ayah tidak terlalu dekat ya?benarkah?

dia slalu takut jika saya berhenti ditengah jalan, apakan nnti masih ada yg mau dengannya jika usianya sudah 36an,

hahahahahaha…waduh…ini sih gejala manusia tidak pede bin posesif… ;D ;D
hati2 loh, nanti kamu jadi tawanan cintanya. :cheesy:

bilang ke dia ya…mantan suami saya bisa dapat istri lagi tuh, di usianya yang mendekati 40 tahun :coolsmiley:
masalah ada yang mau dengannya atau tidak, itu masalah dia, bukan masalah kamu, Dik… ;D
duh, kamu ini…menggemaskan. benar2 mirip saya 12 tahun yang lalu. kamu studi kedokteran ya?hehehehehe

saya juga tidak bisa memastikan apakah slama 6 tahun mendatang saya pasti akan menjadi istrinya...

lha ya jelas kamu tidak bisa memastikan…masa depan itu masih rahasia kan?
jangan mau dijebak oleh janji kamu sendiri padanya

saran saya, konsen dulu ke studi, sambil terus berdoa. gali terus karakter2 dia, plus lihat karakter2 kamu juga. cocok atau tidak? bisa saling melengkapi apa tidak? apa perbedaan yang ada membuat suasana jadi indah atau malah memicu pertengkaran? jangan bingung karena usia, bingung-lah kalau karakter kalian tidak bisa disatukan… :azn:

Dasarnya harus cinta, selanjutnya menyesaikan diri dan kemudian menyelaraskan jalan.

Jika anda merasa tidak masalah dan dia juga tidak masalah, konsultasikan dengan orang dewasa yang menjadi pemimpin rohani kamu atau mentor kamu sehingga anda tidak salah langkah. Praktis tidak ada larangan beda usia, tetapi pertimbangan yang harus dipikirkan adalah keselarasan dan keseimbangan hidup secara psikologis dan biologis.

6 tahun waktu yang lama jika ditambah setahun jadi 7 tahun pacaran. Bukan waktu yang mudah, sebab banyak orang gagal menikah setelah melewati tahun ke-5 pacaran. Jika anda lulus SMU langsung menikah juga konyol… Jika dipertengahan kuliah menikah juga beresiko anda berhenti kuliah. Tetapi saya memiliki teman cewe pacaran sejak SMP dengan pria beda jauh seperti anda dan akhirnya menikah setelah lulus kuliah dan sekarang memiliki tiga orang anak.

tidak masalah sis,
saya dengan istri pertama saya beda 12 thn.
dia kembali kerumah bapa 2 thn lalu setelah berumah tangga lebih dari 15 thn.
Rumah tangga saya cukup harmonis saya kira, kecuali masalah dia cepat di panggil pulang.
sekarang saya menjalin hub dengan teman segereja yang usia nya masih 20 an saya rasa
ga masalah asal bisa saling menerima keadaan masing2, masing2 harus menyadari kalau cara pandang
pikiran memang beda generasi.

kalau saling mencintai gak ada salahnya kok. :afro: