Pakaian untuk beribadah di Gereja

Raya tengah bersiap-siap ke gereja. Dengan sigap gadis manis berusia 17 tahun itu menyambar tas dan menuju pintu ruang tamu. Namun, baru saja kakinya menjejak halaman depan, ibunya memanggil dengan suara menggelegar. Apa pasal? Rupanya menurut sang ibu, Raya tak mengenakan busana yang pantas untuk ke gereja.

Sejatinya Raya tidak mengenakan pakaian tidur seperti piyama, ataupun busana rumah seperti kaos dan celana pendek. Gadis berparas manis itu hanya mengenakan tank top berbalut bolero dan rok mini—yang lazim dikenakan gadis-gadis seusianya.

Kisah serupa juga dialami Doni, remaja pria berumur 15 tahun yang tengah tergila-gila dengan olahraga bola basket. Pagi itu, Doni mengenakan kostum olahraga berikut jaket dan sepatu keds. Doni berdalih bahwa usai mengikuti ibadah raya, ia berencana langsung berlatih bola basket di sekolahnya. Tanpa tedeng aling-aling, kedua orang tua Doni pun segera mengultimatum putra bungsunya untuk segera berganti kostum atau tidak bermain bola basket selamanya.

Sebetulnya tidak ada aturan baku mengenai cara berbusana di gereja. Namun, umumnya orang ke gereja dengan mengenakan busana resmi untuk menghormati hadirat Tuhan.

Di era moderen ini, ‘aturan’ berbusana resmi di gereja mulai mengalami pergeseran. Ya, ini karena ada paham bahwa Tuhan tidak melihat rupa (baca: penampilan) melainkan hati. Itulah, mengapa sebuah gereja yang dipimpin oleh pendeta sekaligus musisi berinisial FS, membolehkan jemaatnya mengenakan busana apa saja yang mereka mau—termasuk menindik dan mentato tubuh.

Jadi, bagaimana seharusnya anak muda Tuhan berpenampilan di gereja?

Guys, fungsi pakaian sebetulnya adalah untuk menutupi aurat dan melindungi tubuh manusia dari panasnya sinar matahari atau dinginnya cuaca malam. Tetapi, di era moderen, fungsi pakaian lebih ditekankan pada fungsi estetika alias fesyen. Itulah mengapa tak sedikit anak muda Tuhan yang gemar mengenakan busana ‘aneh-aneh’ saat ke gereja dengan dalih mengikuti tren mode.

Tidak ada salahnya memang mengikuti tren fesyen, tetapi itu akan menjadi masalah apabila busana yang kita kenakan ternyata menjadi batu sandungan bagi orang lain.

Ya, busana yang dikenakan Raya misalnya. Dengan mode seperti itu, maka bagian kaki hingga paha Raya pun terlihat jelas. Bagi Raya, itu mungkin tidak masalah, tetapi tidak bagi kaum pria yang baik sengaja atau tanpa sengaja melihat bagian tubuh Raya yang terbuka. Kaum pria adalah makhluk yang mudah terangsang dengan apa yang ia lihat. Itulah mengapa kebanyakan media pornografi seperti film dan majalah, ditujukan untuk kaum pria.

Kemudian, bagaimana dengan kasus Doni? Guys, perlu diketahui bahwa ada yang dinamakan etika busana alias mengenakan busana yang sesuai dengan tempatnya. Itulah mengapa ada yang dinamakan busana tidur, busana kerja, busana main, dan sebagainya. Sejatinya, Doni tak berbuat dosa karena mengenakan pakaian olahraga untuk beribadah di gereja, tapi ‘kesalahan’ Doni adalah karena ia tidak mengenakan pakaian yang sepantasnya.

Mungkin, kamu bertanya-tanya kalau memang Doni tidak berbuat dosa karena mengenakan pakaian olahraga dan sekadar melanggar etika, mengapa ia tetap diberi ultimatum? Well, sebagai anak, Doni tetap berkewajiban menghormati dan mentaati perintah orangtuanya. Dan, sebagai anak Tuhan, ada baiknya kamu menghayati ayat ini baik-baik: “Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu” (1 Timotius 4:12).

ini bnr bgt :afro:, terkadang para wanita memakai baju yg kekurangan bahan alias mini :ashamed0004:

kegereja mo ibadah atau pamer tubuh yach??? :onion-head27:

Sesuaikan dengan kondisi masyarakat n kebudayaan dimana engkau beribadah.
Paulus mengatakan :
1Kor. 8:9 Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah.
termasuk :
Rm. 14:21 Baiklah engkau jangan makan daging atau minum anggur, atau sesuatu yang menjadi batu sandungan untuk saudaramu
1Kor. 8:13 Karena itu apabila makanan menjadi batu sandungan bagi saudaraku, aku untuk selama-lamanya tidak akan mau makan daging lagi, supaya aku jangan menjadi batu sandungan bagi saudaraku.

karenanya :
Rm. 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
Ibr. 13:21 kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya, dan mengerjakan di dalam kita apa yang berkenan kepada-Nya, oleh Yesus Kristus. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

JBUs :smiley:

Aduu…uuh!! Klo lihat pakaian anak2 ABG sekarang klo ke gereja sexy buangeet!! Apa otakx ga berfikir atau tdk punya otak dan hati? Kita kegerejakan untk datang menyembah dan memuliakan Tuhan yg adalah Raja diatas segala Raja. Tuuhh… Knp pake rok mini dan tank top!! Jadi pakai donk pakaian yg sopan dan pantas!!

apakah lebih baik kalau sebelumnya kita tanyakan dulu kpd Tuhan…? memang ada Firman yg sangat tepat u kita ambil patokan dalam bepakaian, tapi terkadang kita tidak cukup 'ahli ’ dalam menafsirkan, Sekali lg sy percaya bahwa Tuhan melihat hati…, kebanyakan yg berpakaian kurang pantas menurut kita manusia, itu karena mereka belum mengerti… ,tidak mengetahui… atau mereka sedang bermasalah dalam hal kepercayaan/keyakinan pada diri sendiri (diakui at tidak), naah…inilah tugas kita… mari kita ‘rangkul’ mereka, lewat doa…? at ajak dalam persekutuan2, at kegiatan apapun yg berhubungn dng gereja, sy percaya seiring dengan bertingkatnya kehidupan rohani seseorang, maka pengertian & hikmat semakin diperlengkapi atas mereka… Tuhan Yesus memberkati…

pake kaus kaki… celana panjang sampe bawah gag boleh keliatan kaki / paha . pake rok sampe bawah banget… pake baju bahan… penutup kepala ( kain/syal) pake penutup muka…sarung tangan… biar kagak jadi perhatian…

gw pernah mau pergi gereja bareng sm pacar gw,trus dia pake baju yang mirip gaun tp panjangnya cm dibawah lutut…menurut gw itu udah bgs,tapi pas dia pake sepatu keds yang udah agak buluk,gw agak sdkt protes…pacar gw berdalih karena pgn bergaya feminim tp tomboy…Tp tetap aja gw protes,dan srh dia pake sendal yang memang biasa dia pakai untuk kebaktian…Walaupun dia agak marah,tapi gw bodo amatt…Karena mnrt gw,kalau mau ketemu Tuhan harus sopan…

kamu pernah ga pakai “pakaian sexy” untuk pergi ke gereja???

haizz bukanne nek kyk gt makin jd pusat perhatian ya??
sampe pake penutup muka, sarung tangan…
mw ikut ibadah ato siap2 melaju kencang dijalanan mas…
hehehe… :smiley:

itu gaya org es kimo kegrj…

hehehehehe

Yang biasa, yang casual.

Baju casual + jeans, atau baju lengan panjang.

yang penting tau kalau kita akan bertemu siapa…

bener bgt…

mungkin itu cara ekstrimnya …

gak setuju, apalagi tentang larangan ce pake rok mini ke gereja.

  1. alasan menggoda / merangsang co
    apakah karena si co lagi menghadap Tuhan trus dia tidak boleh dikasih cobaan? kalo emang mau melarang ce untuk tidak memakai rok mini, harusnya tidak cuma melarang di gereja saja, tetapi juga di tempat lain.

  2. masih alasan menggoda / merangsang co
    sesuatu yg kelihatan terus-menerus akan menyebabkan kebosanan. kalo co tiap hari liat ce pake rok mini, lama2 juga bosan. sebetulnya, bukan salah si co kalo norak liat ce pake rok mini, soalnya dia khan tidak sering melihat.

  3. alasan mau ketemu siapa
    adam dan hawa ketemu Tuhan dalam keadaan apa yach? telanjang. trus, siapa yg malu duluan ketemu Tuhan dalam keadaan telanjang? manusia sendiri yg buat peraturan gitu, dengan membuat baju dari pohon ara (=simbol kemunafikan)

Yang sopan, tidak bau . tidak kusut,tidak kurang bahan :mad0261: :happy0025:

klo alice biasanya paling ekstrim “sexy” pernah pake pakaian apa ?

hihihi…

masculine mode :azn:

ya namanya jg mata sama piktor udah nyambung,hasilnya pasti nepsong!!!hhehehehehe

heehehehehe