Pandangan Orthodox mengenai bahasa roh?

Teman dari beberapa denominasi gereja menganggap bahwa pencurahan ROH KUDUS sudah berakhir pada hari pentakosta. Semua nubuatan2, penglihatan2, dan bahasa2 lidah juga sudah berakhir saat itu.

Pertanyaan saya:

Kalau memang sudah berakhir, bagaimana tanggapan teman2 terhadap sesama yang “berbahasa roh”?

Apakah itu memang ROH KUDUS? Apakah menurut kalian itu bukan pekerjaan ROH KUDUS? Apakah mereka cuma hilang kesadaran sehingga bicara dengan kata-kata yang tidak bisa dimengerti?

Silahkan tanggapan teman2 orthodox.

GBU.

Salah dong kalau berakhir pada waktu Pentakosta. Yohanes saja masih mendapat penglihatan dan nubuatan dalam tulisan kitab Wahyu, bahkan terjadi pada jemaat Kristen perdana.

Salam.

menurut saya istilah ‘pencurahan’ sudah berakhir atau belum ini sedikit rancu dan membingungkan atau yang sering membuat salah paham.

saya mencoba menjembatani , untuk menyambungkan permasalahan ini.

adalah benar bahwa Roh Kudus hanya dicurahkan sekali waktu pentakosta itu

Joel 2:28 "Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.

Roh Kudus dicurahkan sekali, tidak berkali-kali, sebab ketika Roh Kudus itu dicurahkan, dilepaskan kedunia ini pada hari pentakosta itu, maka Roh Kudus yang sama inilah yang ada dan yang bekerja saat ini, sampai Maranatha.

orthodox spt apa yang anda maksud?

klo orthodox dalam arti orthodox gereja purba, salah satu member disini yaitu Jesuit_Dm berasal dari gereja orthodox, dan disana juga mengakui dan mempraktekkan karunia2 roh ini sebagaimana praltik yang ada di gereja2 kharismatik.

moe, sori kalau saya terlalu generalisasi.

Saya cuma ingin cari tau pandangan teman-teman disini yang percaya bahwa pencurahan roh kudus sudah berakhir di hari pentakosta. Bagainama pandangan ini menjelaskan fenomena bahasa roh yang saat ini populer di kalangan gereja-gereja kharismatik?

ini salah satu cuplikan diskusi tertutup saya dg Jesuit_DM [orthodox]

Saudara ku, saya sudah pernah mengatakan dalam satu topik di forum ini, bahwa sebenarnya "TIDAK ADA YANG BARU" dalam Protestan, mengapa ? Sebab Dasar Iman ordo kami dengan Protestan memiliki kesamaan hampir 90%, hanya ada beberapa perbedaan, dimana perbedaan tersebut timbul, sebab Protestan itu lahir dari Katholik Roma., Nah, Kegerakan ROH KUDUS dalam Pentacost dan sejenisnya, tidak memiliki perbedaan dengan Kegerakan ROH KUDUS yang ada pada Ordo kami, [b]mungkin yang sedikit membedakan dengan Pentacost dan sejenisnya adalah[/b] : Dalam berbahasa Roh, dimana pada jemaat kami, pada setiap terjadinya Urapan Bahasa Roh, yang dikenal dalam Pentacost dan sejenisnya, sebagai Bahasa Lidah, maka "PASTI" paling sedikit akan tampil satu atau bahkan lebih 2 orang, untuk menterjemahkan bahasa Roh tersebut, sebagai suatu Nubuatan ataupun Suatu Peringatan dari Allah.==> Jadi, tidak selamanya dalam Kebangunan Rohani ataupun Kebaktian Ordo kami tersebut, Bahasa Roh itu terjadi, tetapi Bahasa Roh itu terjadi, jika akan terjadi sesuatu, maka Allah memberikan peringatan kepada jemaat2-Nya.

Ordo/gereja orthodox Jesuit_DM tidak ada sangkut pautnya dg gerakan protestan : pentakostal-kharismatik yg baru bangkit pada awal abad 20, mereka mewarisinya dari jaman para rasul

dengan demikian, menegaskan bahwa gerakan kharismatik adalah sejalan dg gerakan kegerakan ROH KUDUS yang ada sejak semula, hanya saja yg perlu dibenahi adalah keteraturannya

Setiap tindakan Allah itu ada tujuannya, pencurahan Roh Kudus yang terjadi pada hari Pentakosta yang dilambangkan dengan manisfestasi Roh Kudus berupa bahasa roh, mempunyai tujuan sebagai alat kesaksian dan pernyataan Allah.

Kis 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Kis 2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Markus 16
16:17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,
16:18 mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

Ketika Roh Kudus telah memberikan ilham kepada para penulis Kitab Suci, pernyataan Allah di dalam tulisan2. Dan pernyataan tersebut telah genap terkumpul dari kitab Kejadian sampai kitab penutup Wahyu. Apakah kesaksian dan pernyataan Allah akan dilakukan lagi dalam manisfestasi Roh Kudus dalam bentuk bahasa roh?

Salam.

Apakah kita akan memenjarakan Davar Elohim dalam 39 pasal kitab PL dan 27 kitab PB?

Tidak, masalahnya apakah bentuk bahasa roh sekarang adalah “alat kesaksian dan pernyataan Allah” bukan “bahasa doa pribadi” ?

Salam.

ada pembangunan jemaat, ada pembangunan pribadi

ada pembangunan rumah, ada pembangunan [pembuatan] batu bata

Kisah Rasul
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.
15:15 Hal itu sesuai dengan ucapan-ucapan para nabi seperti yang tertulis:
15:16 Kemudian Aku akan kembali dan membangunkan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan reruntuhannya akan Kubangun kembali dan akan Kuteguhkan,
15:17 supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku demikianlah Firman Tuhan yang melakukan semuanya ini,

Dan itu sudah digenapi: dibangun dan diteguhkan!

apakah pondok Daud itu bro?

Build again the tabernacle of David = Restore the splendors of his family in the reign of the Messiah, “the Son of David.”

Salam

kok putus ?