Parameter Lahir Baru?

Dear All,

saya selama ini masih bingung, mungkin sudah ada threadnya sebelumnya.

apa parameter seseorang bisa disebut sudah lahir baru?

Thank You.

Mari sama-sama kita bahas

Yohanes 3:5-6
3:5 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.
3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. [

Jadi parameter seseorang terlihat sudah lahir baru atau belum adalah orang tersebut sangat tertarik dengan perkara-perkara rohani dan kedagingan/dosa/duniawi tidak menarik lagi untuk mereka

Mereka sangat haus akan Firman Tuhan dan tidak bisa sedetikpun tidak memikirkan alkitab dan perkara-perkara rohani

Roma 8:5
8:5 Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh.

Jadi ciri awalnya kalau mau diringkas :

1 Orang itu tidak lagi hidup dalam dosa-dosanya . Benci kepada dosa dan menjauhi dosa
2. Memikirkan perkara-perkara rohani bukan lagi hal2 duniawi seperti nonton tv , main game , tergila2 sama gadget , mobil dan hal2 duniawi lainnya . Karena orang yang sudah lahir baru tidak tertarik lagi dgn hal2 duniawi itu , malah hal2 duniawi itu sangat membosankan . Kesenangannya hanyalah dekat kepada TUHAN , membaca alkitab,memuji dan menyembah DIA

2 korintus 4:16
4:16 Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.

berarti bohong dong ya klo ada orang yg ngaku udah lahir baru tapi ingin menikah(secara ada unsur kedagingan dlm pernikahan itu sendiri a.k.a seks) he he :tongue: ??

Tentunya semua dasar itu ada dasar alkitabnya , jadinya tidak timbul standar aneh2 yang fungsinya hanya untuk membuat pertanyaan jebakan

Galatia 5:19-21
5:19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
5:20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,

5:21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu–seperti yang telah kubuat dahulu–bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Tapi memang kata paulus lebih baik tidak menikah , orang itu akan berbuat lebih baik daripada yang menikah .

Dan soal duniawi jelas ada ayatnya

Yakobus 4:4
4:4 Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

1 yohanes 2:15=
2:15 Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu.

Tentu ayat-ayat di atas itu bukanlah ayat yang 'lebay ’ atau hanya 'pepesan kosong ’ bahwa bersahabat dengan dunia ini adalah permusuhan dengan Allah . Ayat di atas itu sangat serius dan tentu berpengaruh terhadap keselamatan

"Memikirkan perkara-perkara rohani bukan lagi hal2 duniawi seperti nonton tv , main game , tergila2 sama gadget , mobil dan hal2 duniawi lainnya . Karena orang yang sudah lahir baru tidak tertarik lagi dgn hal2 duniawi itu , malah hal2 duniawi itu sangat membosankan . Kesenangannya hanyalah dekat kepada TUHAN , membaca alkitab,memuji dan menyembah DIA "

Bang, Aku punya anak punya istri, dan hampir semuanya orang kristen membutuhkan dan harus mau gak mau memikirkan duniawi (kebutuhan Pokok lah semisal) , kalo ndak tertarik, anak-anak ku bisa gimana ceritanya.

dengan kita berinteraksi dengan duniawi, kita punya jalan untuk beribadah, apakah dlm mencari sesuap nasi kita bisa mengimplementasikan iman kita atau bagaimana.

terlalu extrim juga defenisinya…si abang.

seorang pria yg sudah lahir baru pun juga pasti akan tertarik sama yg namanya wanita(terlebih lagi wanita cantik),kecuali pria itu maho alias gay.

hahaha…jangan subjektif bro, kelamin nomor dua, paling utama kasih sayang. thanks.

pada saat dia menerima TUHAN YESUS KRISTUS SEBAGAI TUHAN DAN JURU SELAMAT PRIBARI.

John 1 : 12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

kenapa istilah lahir baru cuma ada di gereja aliran kharismatik ya??dulu saya pernah berjemaat di gereja aliran konservatif selama 10 tahun lebih tapi tidak pernah sekalipun diajarkan ttg lahir baru.

Pertanyaan anda itu bagus sekali.
Mengapa saya katakan bagus sekali ?
Sebab syarat untuk dapat masuk kedalam Kerajaan Allah adalah lahir baru, atau dilahirkan kembali, kata Yesus.
Yoh.3: 3.
Yesus menjawab, kataNya: " Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."

Maka dari itu , untuk membahas masalah lahir baru ini, kita semua harus dengan serius, jangan dibuat senda gurau.
Dan setiap orang harus memakai kaca mata yang bening dan bersih, jangan kaca mata dari golongan merah,
biru atau hijau.
Dan semua harus ada dasar Kitab Suci nya, jangan asal ngomong menurut pendapatnya sendiri.

Pertama-tama perlu ditanyakan:
Bagaimana dan bilamana terjadinya lahir baru itu ??

Itu makanya mas bro,
Saya baca ada lowongan beberapa waktu lalu, syarat untuk melamar “harus udah lahir baru”, nah saya bingung sekali, apa parameternya udah lahir baru? yang dimana kalo saya melamar, saya harus memenuhi syarat tersebut. apakah saya harus bergereja di gereja tertentu?

begitu mas bro.

Apa yang dikatakan diatas, dapat saya amini.

Akan tetapi kalau saya introspeksi diri saya sendiri, rasanya saya masih jauh dari yang disebutkan diatas.
Berarti mungkin saya ini belum lahir baru, karena keinginan kedagingan saya ini masih banyak.
Saya masih pingin makan makanan yang enak, melihat wanita sexy pikiran masih melantur.
Saya selalu berusaha , akan tetapi tidak pernah akan berhasil.

Sekalipun hidup saya sekarang betul-betul bisa berserah pada Tuhan Yesus, suka maupun menderita saya tetap bisa mensyukuri, sebab saya yakini Yesus sangat menyintai saya dan Dia akan mengatur yang terbaik buat anakNya.

Bukankah Yesus datang untuk orang yang berdosa, seperti saya ini.

Semoga diantara anda ada yang bisa memenuhi parameter diatas.

lahir baru terjadi dengan proses sbb. :

A. Pada kekekalan

  1. Bapa telah memberikan orang-orang yang akan ditebus Tuhan Yesus, sehingga misi Tuhan Yesus ke dunia adalah untuk MENEBUS orang-orang yang sudah diberikan oleh Bapa

Yohanes
6:37 Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. 6:38 Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. 6:39 Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.

  1. Tuhan Yesus disalibkan, matai, dikuburkan, turun ke kerajaan maut, bangkit, semua itu untuk umat manusiia yang SUDAH DIBERIKAN OLEH BAPA. Orang-orang itu entah bagaimana caranya PASTI AKAN BERJUMPA DENGAN ANUGERAH TUHAN YESUS.

  2. ROH KUDUS akan menjadikan ORANG-ORANG YANG DIBERIKAN OLEH BAPA, YANG DITEBUS OLEH TUHAN YESUS dan pada waktunya orang-orang itu MEMPEROLEH KARUNIA IMAN, dan pada saat yang tepat Roh Kudus menggerakkan mereka untuk MENERIMA PENEBUSAN, yaitu Kelahiran Baru.

Jadi rangkaian ini adalah RANGKAIAN PENYELAMATAN YANG ILAHI, tergantung sepenuhnya pada ANUGERAH ALLAH TRINITAS, sehingga KELAHIRAN BARU bukanlah sebuah hal “yang dapat dikondisikan oleh manusia”.

salam

pet, yg ditanyakan ts adalah tanda tanda lahir baru

masak sih

itu petra dan rita sering ngomomgin lahir baru

ada denominasi tertentu yang bilang Lahir Baru = Babtis Selam. apakah ini maksud lahir baru?

sampe ada lowongan moderator di forum kita tercinta ini Harus lahir baru.

bingung aku…

Sekalipun hidup saya sekarang betul-betul bisa berserah pada Tuhan Yesus, suka maupun menderita saya tetap bisa mensyukuri, sebab saya yakini Yesus sangat menyintai saya dan Dia akan mengatur yang terbaik buat anakNya.

saya suka dengan kata2 mas bro yang saya hijaukan.

Semua orang butuh kerja dan tentu kerja adalah kewajiban (saya tidak blg jadi bermalas2an)
dan saya rasa orang tidak mati kalau tidak menonton tv , main game , tidak punya gadget yang mahal2

Tentu sekali lagi ada ayatnya bahwa manfaatkanlah barang2 duniawi untuk pekerjaan TUHAN tapi bukan menjadikannya sebagai berhala

1 Korintus 7:31
7:31 pendeknya orang-orang yang mempergunakan barang-barang duniawi seolah-olah sama sekali tidak mempergunakannya. Sebab dunia seperti yang kita kenal sekarang akan berlalu.[

Yang jelas sudah saya berikan ayatnya , kalau tidak percaya ya sudah ‘apa yang dilahirkan dari daging memikirkan hal2 dari daging , dari ROH memikirkan hal2 dari ROH(roma 8:5) .’ Kalau seseorang lebih memilih menghabiskan waktu untuk hal2 duniawinya ketimbang membaca alkitab/berdoa/memuji TUHAN bahkan membaca alkitab pun terasa sangat membosankan . Ya simpulkan sendiri’

‘Memanfaatkan barang2 duniawi seolah2 tidak mempergunakannya berbeda dengan memakai/sibuk dengan hal2 duniawi sebagai pembenaran’