Parapattan, Panti Asuhan Terbaik 2011 yang Mengutamakan Tuhan

Panti Asuhan Parapattan merupakan salah satu panti asuhan yang berlandaskan kasih Kristus di Indonesia. Bukan hanya itu, yang membanggakan adalah panti ini telah dinobatkan sebagai Organisasi Sosial Berprestasi Terbaik 2011 di DKI Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Hal ini membuktikan bahwa dedikasi mereka untuk anak-anak yang terlantar patut diacungi jempol.

Salah satu anak asuh panti tersebut, Bobby Sebastian (11) mengatakan, “Seandainya aku tidak masuk di Panti Asuhan Parapattan, tentu aku tidak bisa sekolah… Seandainya aku tidak bisa sekolah, pasti aku jadi bodoh… Seandainya aku jadi bodoh, sudah pasti aku tidak punya masa depan. Tapi bersyukur aku ada di Panti Asuhan Parapattan, karena di sini aku bisa sekolah dan jadi pintar dan punya masa depan.” katanya.

Tentu saja Panti Asuhan ini dapat menjadi yang terbaik, semuanya berkat kerja keras pengurus dan campur tangan Tuhan. Awalnya panti ini merupakan penampungan anak-anak terlantar. Seorang Rev. Walter Henry Medhurst, seorang berkebangsaan Inggris tergerak hatinya menolong anak-anak yang terlantar akibat buah pernikahan antara pria pendatang Eropa dengan wanita Indonesia. Tanggal 17 Oktober 1832 itulah awal berdirinya penampungan anak dengan nama The English Orphan Asylum ini yang bertempat di Parapattan Laan, Batavia (sekarang Jl. Parapattan, Kwitang, Jakarta Pusat). Kemudian, berpindah nama menjadi Panti Asuhan Parapattan dengan alamat Jl. Panti Asuhan No.23 Otista III Jatinegara.

Apa yang menarik dari panti ini? Panti Asuhan yang sekarang dipimpin oleh Ketua Pembina Rudolf Johan Lumenta, S.Th, MBA, dengan Ketua Badan Pengawas Ronny Mampouw, dan Ketua Badan Pengurus Willem Frederik Laoh ini, menyediakan semua fasilitas seperti pendidikan, bermain, dan fasilitas lainnya yang membantu anak-anak di sana. Anak-anak diberikan kesempatan untuk memilih sekolah terbaik yang sesuai dengan cita-cita mereka sehingga anak-anak dapat mengembangkan talenta yang diberikan Tuhan kepada mereka secara optimal. Ada begitu banyak anak-anak yang terberkati. Ada yang bercita-cita menjadi TNI, ada yang bertekad menjadi pengusaha sukses karena disertai doa, usaha, dan kerja keras.

Apa yang kita usahakan, jika dipakai untuk kemuliaan Tuhan, maka akan berdampak luar biasa kepada mereka yang mengusahakannya. Apa yang Tuhan taruh di dalam hidup Anda agar Anda dapat berbuah? Mungkin Anda terbeban dalam hal yang sama, yaitu menyediakan tempat buat anak-anak terlantar, mungkin Anda dulunya dianiaya sehingga beban Anda ada pada mereka yang teraniaya, mungkin Anda seorang mantan narkoba yang ingin menyadarkan pemakai narkoba lainnya. Apapun beban yang Tuhan taruh di dalam hati Anda, berusahalah. Tuhan akan membuat semuanya indah pada waktunya.

Source : parapattan.org/lh3