Part2: Ber-Iman RENDAH HATI & BERANI MENGAKUI Kekurangan AGM/DENOM/IMAN SENDIRI

Yuk dilanjut lagi topik yang kemarin…

Coba saya re-phrase supaya bisa STAY on TOPIC ya dan tidak kembali ke jawaban-jawaban standar yang OOT itu ya…

Jadi begini:

Topik ini TIDAK untuk mengkoreksi / menyadarkan / berkorban mencegah “tersesatnya” teman-teman yg beragama LAIN…

TETAPI…

untuk saling belajar ber-Iman dgn RENDAH HATI, untuk SHARING dan BERANI MENGAKUI dengan JANTAN dan NON-DEFENSIF dan NON-DEBAT-KUSIR tentang Kekurangan / Kejelekan Agama / Institusi yang sedang dipeluk MASING-MASING atau DIRI SENDIRI.

Kalo kurang jelas…
Apabila teman2 bermaksud mem-post SUATU KEKURANGAN / KEJELEKAN / KESESATAN / KEKELIRUAN tentang suatu Aliran / Agama / Institusi / Komunitas… maka yg dipost adalah Kekurangan nya SENDIRI lho…
BUKAN mem-post kekurangan ORANG LAIN

mudah-mudahan cukup jelas ya…

mangga… lanjutkeun…

yang sudah mampir tapi belum sempat komen SESUAI TOPIK misalnya: mas jackson, mbak rita, mas solideo, mbak ling, mas mlequi, mas dyavid, mas petra, dll…
dan menunggu teman-teman lainnya ya…

wah…

ternyata pada GAK BERANI ya…

masa sih BERANI-nya & TAJAM ANALISISnya cuma ketika “mengkoreksi” ajaran orang lain doang??

masa sih TAKUT dan TUMPUL analisinya ketika “mengkoreksi” ajaran sendiri??

wah… Standar Ganda ah… kurang konsisten deh kayanya…

Memangnya ayat berapa sih yang mengajarkan harus BERSTANDAR GANDA dan TIDAK KONSISTEN dan TAKUT MENGAKUI kekurangan diri sendiri?
ehehe…

halo, kalo masalah ajaran, kamu dipersilahkan mengkoreksi ajaran Reformed misalnya :slight_smile:

maksudnye: KEKURANGAN GW = KELEBIHAN ELU ?

ok…
kekurangan gw antara lain:
~ gw ngaku dosa direct to God, and ‘kurang’ indulgensi.
~ gw doa Bapa Kami ‘kurang’ rosario.
~ gw sampe mati beriman pada Tuhan Yesus, yang selametin gw adalah Tuhan, and ‘kurang’ scapula.

na, banyak kan kekurangan gw yang sama dengan kelebihan elu ?
:smiley:

mksd si TS…
coba lo komentar ttg kekuarangan ajaran / paham yg lo anut sekarang ini…
jgn cuman JAGO utk mengatakan ajaran lain itu negatif lah…ga alkitabiah lah…ga seperti ajaran Yesus lah bla bla bla…
coba…skarang di balik…berbalik pda ajaran lo sendiri…gitu mksdnya…
mrasa ajarannya / pahamnya paling benar?? ai don ting so dah…
karena yg ada di dunia ini segala macam ajaran dan paham adalah buatan manusia dan doktrin2 manusia…meski di selimuti dgn kalimat berdasarkan FT, sesuai dgn ajaran Yesus…sesuai dgn ajaran KASIH de el el
nah klo yg bikin itu namanya manusia…pasti ada kekurangannya…
nah kekurangannya itu yg di bahas disini…apa saja kira…
komentar saja…komen2 anda2 ga membuat reputasi anda berkurang ko…

begimane bisa dikatakan ‘kekurangan’ kalu kaga ade pembandingnya…
yang dibahas tentu soal ajaran denom.
kalu ngomongin founder denom yaitu manusianya… namanya manusia pasti ada salah, kecuali Tuhan nurut protestan, jadi kalu ngomongin tokoh agama, nurut protestan KAGA ADE YANG INFALIBLE KECUALI TUHAN YESUS!

mangkanye, kalu begono ya penentuan pembanding ialah:
apa yang ada pada protestan yang kaga ada di katolik.
apa yang ada pada katolik yang kaga ada di protestan.
pedomannya alkitab.

selebihnya dari itu, cuman hal2 ‘individu’, bukan lage ajaran.

ya dicontohkan dulu lah, bapak TS yang terhormat :cheesy:

Mungkinkah KEKURANGAN ajaran Gereja Orthodox terletak pada KELEBIHAN panjang rambut, kumis dan janggut para pemimpinnya?

Member NON-Kristen - Read This!
Bagi para member non-Kristen, ini adalah board khusus Kristen.

Sudah tersedia board khusus non-Kristen disini: https://forumkristen.com/index.php?board=76.0
Silahkan diskusi di board tersebut.

Member non-Kristen yang kedapatan posting disini akan LANGSUNG DIBAN. Harap diingat baik-baik, karena tidak ada toleransi untuk ini.

Bagi member Kristen lainnya, jika mendapatkan member lain melanggar peraturan forum, harap segera dilaporkan.

Cara melapor: Cara melaporkan member yang melanggar etika / peraturan berposting. - Informasi - ForumKristen.com

Thanks.

Member yang sering ad hominem dan sering OOT juga seharusnya mawas diri karena melanggar peraturan forum.

BTT: Refleksi Ber-Iman RENDAH HATI & BERANI MENGAKUI Kekurangan Agama SENDIRI

mas zod,
thanks udah mampir…
mas coba baca2 yg di part1 nya deh…
bahkan beberapa member lain juga sudah ber-refleksi ajarannya SENDIRI kok…

mas roderick, mas passio, dan banyak member lain juga udah kok…
ditunggu refleksi-nya ya mas…

btw… Tidak Ada Jawaban Benar / Salah lho… namanya aja Refleksi

mbak ling…
sori lho… tapi saya berasumsi bahwa member forum ini sudah tidak ada yang anak SD kan ya?
sehingga semestinya cara berpikir SD atau cara sistem bilangan BINER (nol & satu), seperti:

  • Kalo saya benar, maka selain saya pasti salah
  • Kalo saya cantik, maka selain saya pasti jelek
  • Kalo saya pintar, maka selain saya pasti bodoh…
    mestinya SUDAH TIDAK LAGI ada pemikiran yang sedemikian NAIF atau ROBOTIK-nya kan ya?

silakan ditunggu komen-nya…

susah ya ternyata untuk DIRI SENDIRI mempraktekkan BENAR-BENAR bersikap RENDAH-HATI,
kalo cuma ngomong supaya ORANG LAIN harus RENDAH HATI mah gampang ya… ayatnya banyak kan?? ehehe…

Berapologetika adalah menyatakan kebenaran Allah yang mutlak dan menyatakan apa yang salah hanya berdasarkan standar yang mutlak yaitu Alkitab.

Berdiskusi berdasarkan Alkitab adalah tujuan dari forum ini !

Bagi orang non K yang tidak memakai Alkitab maka yang ada hanya mengompori doang dpl provokator dan adu domba,dan saya tidak akan mau terlibat menjadi mangsanya.

Untuk berani mengakui kekurangan pasti sulit dilakukan karena kl liat di sini kebanyakan saling serang antar gereja.

Mending kita mulai pake forum ini membahas Alkitab atau bisa juga topik2 yang positif lainnya jadi kita bisa sama belajar

just sharing

Sejak kapan forum ini mendasarkan diskusi HANYA ATAS DASAR ALKITAB saja?

manusia manapun yg dengan rendah hati menyebut kekurangan gerejanya sendiri, dia disebut protestan.

jadi jika tema ini dibahas, ntar muncul Katolik protestan dan Protestan pangkat dua.

ELU MENYATAKAN ‘Tidak Ada Jawaban Benar / Salah lho… namanya aja Refleksi’

mbak ling... sori lho... tapi saya berasumsi bahwa member forum ini sudah tidak ada yang anak SD kan ya? sehingga semestinya cara berpikir SD atau cara sistem bilangan BINER (nol & satu), seperti: - Kalo saya benar, maka selain saya pasti salah - Kalo saya cantik, maka selain saya pasti jelek - Kalo saya pintar, maka selain saya pasti bodoh.. mestinya SUDAH TIDAK LAGI ada pemikiran yang sedemikian NAIF atau ROBOTIK-nya kan ya?
ELU PAN UDEH NGOMONG 'Tidak Ada Jawaban Benar / Salah lho... namanya aja Refleksi'.... SEHINGGA mestinya SUDAH TIDAK LAGI ada pemikiran yang sedemikian NAIF atau ROBOTIK-nya atawa cara berpikir SD YANG KAGA KONSEKWEN DENGAN OMONGAN SENDIRI kan ya?
silakan ditunggu komen-nya...
kalu begono, komen gw ya tetep ! and karena lu udeh bilang 'kaga ada jawaban benar/salah..' kenapa juga lu ngatur, komplain ? TERIMA AJE DONG JAWABAN DARI GW, KONSEKWEN AMA OMONGAN LU SENDIRI MAS CAD ?

baca dulu, dihayati…
ayat sandaran: jangan jadi batu sandungan…

susah ya ternyata untuk DIRI SENDIRI mempraktekkan BENAR-BENAR bersikap RENDAH-HATI, kalo cuma ngomong supaya ORANG LAIN harus RENDAH HATI mah gampang ya... ayatnya banyak kan?? ehehe..
ya betul. :tongue:

ya silakan…
elo mau post apa pun juga kan juga hak elo sendiri…

kagak ada yg melarang…

ehehe…

tulisan elo juga masih akan ter archive di forum ini untuk waktu yg lama kan?
nah… biar pada baca sendiri & mereka toh bisa menyimpulkan sendiri… ehehe…

ya sudah, kalau elo belum mampu berkomentar sesuai topiknya… kagak apa2…
masa mau dipaksa kalau belum nyampe kemampuannya… ehehe…

silakan yang lainnya mangga…

ya sudah, kalau elo belum mampu mengerti isi komentar gw yang ngejawab sesuai topiknya…[TAPI MENURUT KAPASITAS ELU, GW KAGA SESUAI TOPIK; NURUT LU SENDIRI]… kagak apa2 dah… pegel ngulang2, apalagi ngejelasin… masa mau dipaksa kalau belum nyampe kapasitasnya… ehehe…
:rolleye0014:

:rolleye0014:

wah… saya rasa kok tidak se-drastis itu mas cba…

Refleksi dan Protes memang amat tipis bedanya…
bedanya ada pada NIAT-nya…

Masa kalau kita merefleksikan kekurangan diri kita, saat outbound session / retret / psikolog session / curhat dgn pacar / pasangan… → masa berarti kita protes terhadap diri sendiri?

kalo saya melihatnya justru berarti kita SUDAH mampu untuk mengenali dan Berani mengakui kekurangan diri sendiri, yang tentu ujung output-nya adalah perkuatan & perbaikan diri sendiri…#

demikian imho mas cba…
ditunggu sharing-nya mas cba… mangga

Ajaran Kristus tidak ada kekurangannya. Oleh sebab itu jangan ikut agama, ikut saja pada Kristus.