Pasangan Hidup: dari TUHAN ato nyari sendiri yach?

Seringkali saat merenung sendiri aku berpikir, apakah pasangan hidup keputusan mutlak dari Tuhan ato kita bisa memilih sendiri siapa yang akan menjadi pasangan hidup kita kelak? aku berpikir, kalo cuman dari Tuhan lah kemana kehendak bebasku sebagai manusia? tapi kalau itu keputusanku, lantas dimanakah kedaulatan Tuhan atas hidupku…ceritanya makin panjang, lantas apakah hidup kita sudah ditentukan oleh Tuhan ato kitalah yang harus berjuang membentuk kehidupan sendiri?? aaaaaah…terlalu banyak pertanyaan, tapi siapa tahu teman2 mau menolong saya…tks Go bless

nyari ndiri :smiley:

Pertama-tama segala sesuatu itu ada dalam kendali Tuhan
segala sesuatu terjadi sepengetahuan Tuhan dan dalam seizin Tuhan itu dapat terjadi.
Baik dan buruk tampaknya sesuatu kenyataan, tetapi yg jahat itu BUKAN berasal dari Tuhan

Kedua di hidup ini ada bagian Tuhan ada bagian kita masing-masing
Tuhan juga mempunyai suatu kehendak dan rencana yg baik dan indah dalam hidup kita di DALAM Tuhan YESUS
Tuhan memberikan setiap kita kehendak bebas seperti yg kamu bilang

Nah sekarang ke pertanyaan km…
Saat km di hadapkan dalam mencari/memilih pasangan hidup, di tangan kamu itu Tuhan udah kasih kehendak bebas-sebuah pilihan untuk memutuskan

  1. memutuskan untuk menyerahkan hal itu kepada Tuhan dan menantikan jawaban di waktu yg sudah Dia tentukan
    ATAU
  2. mencari sendiri dan di luar rencana Tuhan (bukan berasal dari TUHAN)

Di setiap pilihan km itu tentu ada KONSEKUENSINYA :wink:

ketika berbicara kehendak bebas

mengapa kita tidak lihat dari perspektif yang sedikit berbeda

dalam kehendak bebas kita manusia, membebaskan diri kita untuk menyerahkan diri kita kepada TUHAN (devoted)

kehendak bebas tidak selalu harus dibenturkan dengan kebebasan kita versus rencana TUHAN,

keduanya bisa selaras, dalam artian Tuhan membebaskan kita dan kita dalam kebebasan berkehendak, memiliki kehendak untuk menyenangkan Tuhan saja

Mat 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu

pasangan hidup termasuk dalam bagian akan ditambahkan kepadamu

dan jika itu dari TUHAN

sempurna adanya

GBU

kalo bicara masalah dari Tuhan ato nyari ndiri…hmm…
gmn kalo g bilang 22nya…?

Tuhan ga mungkin dateng ke depan lu dan kasih tau pasangan hidup lu…jebret jebret…haha karna Tuhan jg mengijinkan proses pembelajaran terjadi dalam hidup kita…
tapi Tuhan jg ga mungkin nyruh kita nyari gitu aj tanpa “bekal”…

“bekal” itu?y hikmah…
kita diberi hikmah am Babeh…supaya kita nyari pasangan hidup dengan bijaksana…(inner outer beauty selera masing2 dah…hhaha)

jadi kesimpulannya…kita bebas memilih,mencari,nyomot,ap lah isitlahnya buat jadi pasangan hidup kita…tentunya dengan petunjuk dan bantuan Tuhan…Tuhan ga ngelarang kita mo pacaran am sapa kek…cuma inget,setiap keputusan ad konsekuensinya…dan gunakan hikmah yg uda Tuhan kasih ke kita dengan bijaksana…hehe

Tuhan uda nyiapin pasangan hidup kita dan kita mencarinya siapakah ituuu…haha

GBU…

wokelahkalobegitu…makasih semuanya…

Ora et labora,
Berdoa dan bekerja.

Dari Tuhan tapi kalau kita males-malesan ya sami mawon alias sama aja.
Nggak akan dapet.

Kalo gak salah Ishak dapet jodoh dari Tuhan kan ?

iya soalnya PH nya ishak udah diminta alias didoakan,…
kejadian 24

24:51 Lihat, Ribka ada di depanmu, bawalah dia dan pergilah, supaya ia menjadi isteri anak tuanmu, seperti yang difirmankan TUHAN." 24:52 Ketika hamba Abraham itu mendengar perkataan mereka, sujudlah ia sampai ke tanah menyembah TUHAN. 24:53 Kemudian hamba itu mengeluarkan perhiasan emas dan perak serta pakaian kebesaran, dan memberikan semua itu kepada Ribka; juga kepada saudaranya dan kepada ibunya diberikannya pemberian yang indah-indah.

24:54. Sesudah itu makan dan minumlah mereka, ia dan orang-orang yang bersama-sama dengan dia, dan mereka bermalam di situ. Paginya sesudah mereka bangun, berkatalah hamba itu: “Lepaslah aku pulang kepada tuanku.”
24:55 Tetapi saudara Ribka berkata, serta ibunya juga: “Biarkanlah anak gadis itu tinggal pada kami barang sepuluh hari lagi, kemudian bolehlah engkau pergi.”
24:56 Tetapi jawabnya kepada mereka: “Janganlah tahan aku, sedang TUHAN telah membuat perjalananku berhasil; lepaslah aku, supaya aku pulang kepada tuanku.”
24:57 Kata mereka: “Baiklah kita panggil anak gadis itu dan menanyakan kepadanya sendiri.”
24:58 Lalu mereka memanggil Ribka dan berkata kepadanya: “Maukah engkau pergi beserta orang ini?” Jawabnya: “Mau.”
24:59 Maka Ribka, saudara mereka itu, dan inang pengasuhnya beserta hamba Abraham dan orang-orangnya dibiarkan mereka pergi.
24:60 Dan mereka memberkati Ribka, kata mereka kepadanya: “Saudara kami, moga-moga engkau menjadi beribu-ribu laksa, dan moga-moga keturunanmu menduduki kota-kota musuhnya.”

aku pernah denger perkataan ini:

“Saat mencari teman hidup: berdoalah dan jg buka sebelah mata” :slight_smile:

jangan sampe kita jadi org2 Kristen yg uda milih duluan, uda cinta duluan trs br berdoa minta ‘ACC’ dari Tuhan hahahahaha (swt dah)

Tuhan akan kasih tahu siapanya… karena yang tahu butuh PH atau tidak cuma Tuhan… manusia sering kali pengin dan bukan butuh.

Pasangan hdp ya dari TUhan,tapi ya mesti cari sendiri
ga mgkn kan mentang mentang dari TUhan, kerja dikau cm berdoa, begitu berdoa "gedebuk!!’ jatoh di hadapan lu pasangan hdp.

jadi mesti di cari juga donk, sebelomnya berdoa dulu, kalo udeh ada
yang di gebet, doain lagi, apakah yang kamu suka itu dari TUhan atau bukan
kadang yang kita suka belom tentu Jawaban terbaik dari Tuhan
dan sebaliknya, kadang yang kita ga suka, mgkn aja itu yang terbaik buat kita
dari Tuhan
TUHAN ITU TAU APA YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

Jadi bertemen lah sebanyak banyaknya sambil berdoa, sapa tau dari temen itu kita menemukan jawaban pasangan yang baik, kembali lagi, biarlah kehendak Tuhan yang terjadi bukan kehendak kita, kadang kita selalu memaksakan kehendak kita dibanding kehendak TUhan

stuju mey. :slight_smile:
tolong yah, cari temen juga jgn SEMBRONO, kyk cari nya di mesjid, di clubbing… klo kena nya org yg ngerokokan, nge drug, ato preman, yah salah sendiri perkumpulan nya di situ,
cari temen byk yg SEIMAN :slight_smile: (klo yg ga seiman, atheis, dll, jg gpp sih, cmn udah pasti saat kita nyaring dong kira2 yg bakalan jd pasangan hidup)
jadi kita bisa milih ga jauh2 dari sono2… benr ga?

psangan hidup: menjalankan panggilan bersama dan secara individual, setia kepada Tuhan, udah pasti takut akan Tuhan, uda pasti saling berdiskusi n bertumbuh bersama, → ini cmn pendapatku untuk nyaring…

klo ada salah tolong koreksi :slight_smile:

Kebanyakan orang tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Pasangan hidup yang sesungguhnya adalah ketika Tuhan melihat kebutuhan kita akan pasangan dan Dia memberikannya.

Namun karena melihat orang lain, melihat trend dll, orang cenderung merasa butuh walau sebenarnya yang dia butuhkan bukan pasangan tp pengakuan bahwa dia bisa punya pasangan. keadaan seperti ini telah menjerumuskan banyak orang sehingga berusaha membentuk gambaran diri yang salah dengan bersusah payah mencari pasangan…

Adam memperoleh pasangannya dengan tidur saja… kita? dengan tangisan kita mencari dengan sedih dan susah hati kita menanti… hasilnya?

hehe… jalinlah relasi tanpa melihat motivasi, jalani hidup karena ingin di kenan Tuhan…

nyai sendiri di acc-kan Tuhan

bukan kah jauh lbh bner: berdoa SAMBIL nyari? :slight_smile:

klo nyari sendiri di acc-kan Tuhan, apakah mksd nya sperti ini?:

“aku mau yg ini Tuhan, aku tau Tuhan jg pikir dia cocok ma aku, pokoknya aku da cinta ma dia, aku ga mau tau Tuhan mau aku dg yg mana dan Tuhan stuju kan?”

rasanya ada yg aneh kann??? bkn boleh ato engga, tp apakah kita da cukup ‘sinkron’ dg apa yg Tuhan mau kita kerjain n pilih?

mksdnya sinkron: ‘sama’

gmn cara bs sinkron? → baca Alkitab dan plajarin

klo salah please koreksi :slight_smile: