Paskah

Pesta Paskah Kristen adalah erat hubungannya dengan Pesta
Paskah Yahudi. Pesta Paskah Yahudi dirayakan pada malam 14
dan 15 dari bulan Nisan. Asal mulanya pesta terang bulan
atau lebih nyata pesta pertanian/peternakan di mana para
petani mengorbankan roti yang dibuat dari gandum yang baru
dipanen dan para penggembala mengorbankan anak dombanya yang
baru diperolehnya. Mungkin kebiasaan upacara ini diwarisi
dari penduduk aseli dari Kanaan yang kafir. Kemudian Bani
Israil memberi arti lain atas pesta ini, arti tarikhi:
peringatan keluarnya Bani Israil dari Mesir (kira-kira 1230
S.M.).

Bahasa Ibrani: PASAK, dan dari kata ini menjadi PESAKH,
PASKA. Periksalah tentang upacara Yahudi di Bijbel: Kitab
Keluaran 12 dan 13 yang dirayakan sebagai pesta-perumahan di
antara keluarga, sedangkan menurut Kitab Ulangan 16 ayat 1 -
8 pengorbanan Paska diadakan di tempat suci, di Bait-Allah
di Yerusalem. Sesudah kota suci Yerusalem dibinasakan (586
S.M.) upacara korban ditiadakan sedang upacara lain masih
diadakan. Cuma sekta Samaritan yang melanjutkan upacara
korban dan lain-lain secara tradisionil di bukit Gerizim.

Orang Nasara kuna memperingati bangkitnya Kristus pada
tanggal 14 Nisan. Kebiasaan ini berubah pada kira-kira tahun
250, karena terdesak oleh perayaan kafir yang biasa
diselenggarakan di Roma. Dalam hubungan ini, Pendeta Dr. A.
Powell Davies15 menulis, bahwa dewa Attis, anak dewi Cybele,
pada suatu hari dalam bulan Maret yang dikenal sebagai “Day
of Blood (Hari Darah),” berupa patung dan tidak lagi
diperankan oleh seorang manusia, diikat di sebuah pohon di
mana ia “mengeluarkan darah” hingga mati, hal mana bersamaan
dengan Jum’at-Agung-nya (Sucinya) orang Nasara. Darah itu
sebetulnya berasal dari para imam yang menusuk lengannya
dengan pisau sambil menari-nari laksana orang kesurupan. Ada
kalanya beberapa orang dari mereka itu mengkebirikan
dirinya, perbuatan mana diketahui oleh Paulus sebagai
ternyata dari suratnya kepada orang Galatia (Gal. V: 12).
Pada petang hari patung itu dibakar, entah di tanah
(misalnya di Roma), atau di liang kubur. Kalau hari-hari
berduka-cita sudah lewat, dikatakan bahwa dewa Attis telah
bangkit kembali dari matinya, dan patungnya dikeluarkan dari
kubur. Sekarang datang waktu gembira yang bersamaan dengan
Paskahnya orang Nasara, tetapi dengan perayaan yang liar dan
sering kali dengan mabuk-mabukan. Upacara ini yang tiba di
Roma sebelum tarikh Masehi, berasal dari Phrygia di Asia
Kecil (Anadol) dan hubungan-hubungannya dengan kisah mati
dan bangkit kembali dari Yesus adalah begitu terang bagi
orang Kristen kuna seperti bagi pembaca yang modern.

Bangkitnya dewa Attis sama saja dengan bangkitnya dewa
Osiris, Dionysos, Tammuz, Adonis, semua dewa penebus-dosa,
dan dewi Isis, ibunya dewa Horus, adalah seperti semua
“mater dolorasas.” Patungnya Isis dan Horus tak dapat
dibedakan dengan patungnya Maria dan Yesus. Kenyataan ini
dikuatkan dengan penemuan pada waktu katedral St. Peter di
Roma diperbesar di tahun 1608 dan 1609. Tulisan-tulisan
tentang Cybele dan puteranya Attis, penebus dosa, dan Isis
serta puteranya Horus-Orisis yang disembah sebagai dewa yang
bangkit kembali dari matinya. Sampai di sini dikutip dari
buku pendeta tersebut di atas.

Menurut keputusan dari Konsili Nikea pada tahun 325 pesta
bangkit harus dirayakan pada hari Ahad sesudah tanggal 14
Nisan. Ini adalah sekalian pesta tahun baru yang dihubungkan
dengan ciptaan dunia oleh Sang Putera Yesus. Upacara-upacara
pada pesta Paskah yang datang kemudian berasal dari
pesta-pesta orang kafir. Berabad-abad Pesta Paskah dirayakan
selama 8 hari, dan mulai tahun 1094 diperpendek hingga 3
hari. Pesta Paskah jatuhnya pada hari Ahad pertama sesudah
bulan purnama, jadi secepat-cepatnya antara tanggal 22 Maret
dan 25 April.

wah, pemahamannya ruarrrrrr biasa …NYLENEH!!!

Paskah pertama adalah saat Kaum Iskak, Yakub, dan Yusuf ada di Mesir sebagai korban perbudakanlalu kemudian dipimpin keluar dari sono oleh Musa.

Paskah ke dua adalah kemenangan Yesus atas kematian dimana DIA bangkit pada hari ke tiga, sehingga sengat si setan sudah nggak ampuh lagi.

Paskah ke tiga adalah kemenangan anak-anak Tuhan yang ikut masuk dalam pemerintahan Tuhan di Kerajaan surga.

Tks & GBU

@ragy
dongeng tdk berdasar…full mistik… :coolsmiley:
suggestion → belajarlah pada sejarah Paskah yg benar.

@witerson
Good answer… :afro:

Dua ribu tahun yang lalu, Pontius Pilatus melalukan percobaan pembunuhan terhadap Tuhan Yesus Kristus. Seperti pada film James Bond, ternyata Tuhan Yesus tidak terbunuh melainkan naik menuju surga bersama tubuh dagingnya.

Apakah skenario percobaan pembunuhan terhadap Tuhan Yesus sudah direncanakan oleh Tuhan Bapa sejak Tuhan Yesus dalam rahim Bunda Maria?
Apakah penyaliban terhadap Tuhan Yesus adalah kegagalan atau kesusksesan dalam rencana Tuhan Bapa?

Tidak ada skenario sukses dan gagal dalam rencana Tuhan. Yang menggagalkan itu adalah keEGOan-keAKUan-dan PEMBERONTAKAN…
Yang pertama adalah yang hendak mendirikan tahtanya mengatasi bintang-bintang Allah; yaitu Lucifer. Yang kedua adalah Adam dan Hawa yang juga setelah dibujuk rayu si Ular. Yang ketiga adalah Umat Pilihan : Keturunan Ibrahim, Iskak dan Yakub.

Tuhan ingin mengembalikan Rencana BesarNya; maka DIA turun sendiri ke muka bumi ini untuk menyeleseikannya secara TUNTAS…tas!!!

Skenario untuk mengorbankan Yesus itu adalah konsekwensi logis “seorang” TUHAN yang HARUS menerima korban dari penyembahNya, umatNya.

Lihat korban Adam&Hawa yang mesti pakai cawat binatang korban, Kain&Habil, Ibrahim&Iskak, Korban Umat Israel yang harus memoles DARAH pada pintu rumahnya. dan korban-korban lainnya yang diperintahkan melalui mulut para Nabi dan Hakim dan Raja.

dan sebagai PAMUNGKAS adalah Yesus sendiri yang harus dikorbankan!!!

YUP SUKSES!! :afro:

Krn Korban kekal harus disediakan sendiri oleh Allah Bapa lewat kematian-Nya (Yesus)

Heb 10:5 Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: "Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki–tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku–.

yupz… semuanya telah selesai :smiley:

Artinya penyaliban Tuhan Yesus adalah rencana yang sukses besar, sesuai target awal.

Target Awal??? yang anda maksudkan bagaimana…?

Target awal ADALAH sejak kejatuhan, demi kejatuhan manusia berlangsung secara terus=menerus barulah ada target awal yang anda maksudkan itu.

Kejatuhan 1 adalah Pemberontakan LUCIFER sang penghulu syaiton ni rozim.
Kejatuhan 2 adalah bujuk rayu syaiton ni rozim terhadap Adam dan Hawa.
Kejatuhan 3 adalah kejadian tragis Kain dan Habil.
dst…dst…

Percobaan? Wong emang dibunuh kok dan Yesus itu mati & dikubur trus bangkit. Nih kesaksian dari Pontius Pilatus sendiri dalam suratnya kepada Kaisar Agustus di Roma. (dikutip dari http://www.newadvent.org/fathers/0809.htm)

And him Herod and Archelaus and Philip, Annas and Caiaphas, with all the people, delivered to me, making a great uproar against me that I should try him. I therefore ordered him to be crucified, having first scourged him, and having found against him no cause of evil accusations or deeds.

And at the time he was crucified there was darkness over all the world, the sun being darkened at mid-day, and the stars appearing, but in them there appeared no lustre; and the moon, as if turned into blood, failed in her light. And the world was swallowed up by the lower regions, so that the very sanctuary of the temple, as they call it, could not be seen by the Jews in their fall; and they saw below them a chasm of the earth, with the roar of the thunders that fell upon it. And in that terror dead men were seen that had risen, as the Jews themselves testified; and they said that it was Abraham, and Isaac, and Jacob, and the twelve patriarchs, and Moses and Job, that had died, as they say, three thousand five hundred years before. And there were very many whom I also saw appearing in the body; and they were making a lamentation about the Jews, on account of the wickedness that had come to pass through them, and the destruction of the Jews and of their law.

And the fear of the earthquake remained from the sixth hour of the preparation until the ninth hour. And on the evening of the first day of the week there was a sound out of theheaven, so that the heaven became enlightened sevenfold more than all the days. And at the third hour of the night also the sun was seen brighter than it had ever shone before, lighting up all the heaven. And as lightnings come suddenly in winter, so majestic men appeared in glorious robes, an innumerable multitude, whose voice was heard as that of a very great thunder, crying out: Jesus that was crucified is risen: come up out of Hades, you that have been enslaved in the underground regions of Hades. And the chasm of the earth was as if it had no bottom; but it was as if the very foundations of the earth appeared along with those that cried out in theheavens, and walked about in the body in the midst of the dead that had risen. And he that raised up all the dead, and bound Hades, said: Say to my disciples, He goes before you into Galilee; there shall you see him.

Tuhan tidak pernah merencanakan pembunuhan. Segala yg jahat tidak berasal dari Tuhan tapi dari Iblis.

Fakta sejarah yg berbicara toh. Dan fakta sejarah bertentangan dengan isi Alquran. ;D ;D ;D

Yup!!

Krn Hikmat (rencana besar) itu tersembunyi & rahasia sejak dunia ini belum dijadikan … semuanya telah disediakan semata mata u/ kemuliaan Allah .

Hikmat yang mana??
Ttg penyaliban Tuhan :afro:

1Co 2:7-8
Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita. Tidak ada dari penguasa dunia ini yang mengenalnya, sebab kalau sekiranya mereka mengenalnya, mereka tidak menyalibkan Tuhan yang mulia.

Penjelasan lanjutan tentang topik ini bisa dilihat di

PERAYAAN PASKAH DAN PERJAMUAN YANG TERAKHIR
http://sarapanpagi.6.forumer.com/viewtopic.php?t=671

PASKAH = PESAKH = PASCHA
http://www.sarapanpagi.org/paskah-pesakh-pascha-vt1098.html

Topik saya kunci karena tidak ada inisiatif untuk diskusi lanjutan dan topik sudah terjawab.
Terima kasih untuk semua member yang telah berpartisipasi. Sampai jumpa di topik menarik lainnya.

Tuhan YESUS memberkati.

Bulan april ini adalah bulan suka cita dan gembira ria karena 2.000 an tahun yang lalu dosa teman-teman telah tertebus oleh jasa besar Tuhan Yesus.

Apakah semua manusia ditebus dosanya?

Omong-omong… bagaimana rasa fisik maupun mental teman-teman setelah dosa telah tertebus?

Yang ditebus dosanya adalah yang menerima YESUS KRISTUS sebagai TUHAN dan JURUSELAMAT.

Yang ditebus adalah dosa asal, langkah selanjutnya menentukan hasil akhir, serahkan semuanya kedalam NAMA-NYA dan lakukan semua Perintah-NYA :slight_smile:

Yang jelas banyak orang ditebus :smiley:

Omong-omong... bagaimana rasa fisik maupun mental teman-teman setelah dosa telah tertebus?

fisik mah biasa biasa saja ngga ada perubahan … yang gendut tetap gendut
mental… jelas berbeda … yang dulu pecundang … sekarang … pemenang
yang bisa terasa jelas itu di dalam roh…
yang dulu… ngga ada greget ketika berdoa… sekarang … bisa merasakah kehadiran Roh Tuhan :afro:

[email protected]

Hehee…yang saya rasakan waktu kecil bersekolah minggu…?? sukacita sekali cari telor paskah yang berwarna warni…diumpetin disekitar semak bunga di halaman gereja…!! wwooww…bener bener indah jika mengenang itu semua…hehhehe

Saat saya beranjak dewasa, maka saya ikut “kateketsasi” sekitar 6 bulan ( artinya belajar Alkitab…dan dikatakan Katam ).
Nah setelah itu saya di babtis lagi,.oleh Pendeta…woow…saya orang yang bandel.jadi menangis haru sekali…sampai tak terasa ada air mata menetes di kedua belah pipi saya…dahsyat…!!.Perasaan saya begitu senang penuh suka cita…apalagi saat memberi informasi kepada kedua orang tua yang ada di seberang…Wehh…mereka kagum sama saya…ga dikira anak sebandel itu bisa mau mengenal TYK BEGITU CEPATNYA…HALLELUYA kata kedua orang tua saya., berkali kali…heheheh

Abis itu…saya boleh ikut Perjamuan Kudus saat Paskah…Waduh…saya bersuka cita sekali bisa merasakan peristiwa yang dilkukan OLEH TYK beserta Muridnya saat duduk bersekutu / berhimpun untuk merasakan Roti anpa Ragi ( sbg simbolik dari TUBUH kRISTUS ) dan Minum Anggur Perjamuan,…Saya kunyah roti itu dalam mulut secara perlahan dan saya rasakan sensasinya…begitupun anggurnya saya telan perlahan lahan supaya tida cepat habis…dan saya rasakan betul sensasinya…semuanya tiada bandingannya…
Abis itu saya bersyukur dan berterima kasih kep TYK DALAM HATI…OHHH
BEGITU MENYEJUKAN JIWAKU…TUBUH DAN DARAH MU YANG SUDAH MASUK KEDALAM TUBUHKU…DAN SETELAH ITU SAYA AMINKAN dng HAQUL YAQIN…Bahwa sudah ada Roh Kudus dalam diri saya saat itu juga.

Nahh…setelah itu saya merasa enteng dan lega menaklukan kota jakarta ini…PD nya luar biasa…siang dan malam tidak menggentarkan saya jika saya berada di tempat kuliah, lanjut kerja…berjalan sendirian pulang dan besok begitu lagi…Semua berjalan damai sejahter dalam TYK…ADA MASALAH…?? pasti ada …!! Tapi berjalan dng TYK MASALAH BUKAN MASALAH BAGI SAYA TAPI DISITULAH PERJUANGAN HIDUP DALAM PROSES TEMPAAN TUHAN YESUS KRISTUS. uNTUK MENJADI BERKARAKTER SEPERTI TYK …walaupun sulit dalam pencapaiannnya tapi tiada yang mustahil jika teteb berusaha dalam pimpinan & bimbingan Roh Kudus.
Everything is oke oke aja and fine fine aja if gonna with you Yesus…

Demikian, [email protected]

Salam GBU

“yang dulu… ngga ada greget ketika berdoa… sekarang … bisa merasakah kehadiran Roh Tuhan”-- itu gimana rasanya sis alice ? Apa merasakan ada sosok lain disamping anda yang memberi anda damai ?

sory, tadi salah kepencet

M,empunyai arti hidup dan tahu hidup itu hanya untuk Yesus Tuhan