Paus Benediktus ucapkan selamat Imlek

VIVAnews - Paus Benediktus XVI menyampaikan salam kepada mereka yang merayakan Tahun Baru China atau Imlek, pada hari ini, Senin, 23 Januari 2012. Di tengah krisis ekonomi dan sosial yang melanda dunia, ia menyampaikan pesan damai.

“Saya berharap tahun baru akan ditandai dengan keadilan dan perdamaian, yang membawa bantuan kepada mereka yang menderita,” kata Paus, sebelum memimpin doa bersama, di Lapangan Santo Petrus, Minggu, waktu setempat, seperti dikutip dari www.news.va.

Paus juga menyampaikan pesan kepada generasi muda untuk terlibat dalam perdamaian dunia. “Kepada orang-orang muda, dengan antusiasme dan dorongan idealisnya, saya berharap mereka bisa turut menawarkan harapan baru kepada dunia,” ujarnya.

Imlek merupakan pergantian shio dalam penanggalan China. Imlek jatuh setiap tanggal satu bulan pertama atau tahun lunar. Dihitung berdasarkan peredaran bulan, dan dikombinasikan dengan peredaran matahari dan pergantian dari musim dingin ke musim semi.

Penanggalan China terbagi dalam 12 shio: Tikus, Harimau, Naga, Kuda, Monyet, Anjing, Kerbau, Ular, Kambing, Ayam, Kelinci dan Babi. Dan sesuai penanggalan China, tahun ini adalah Imlek 2563 yang jatuh pada shio Naga Air. Shio yang melambangkan kekuatan, kebaikan, keberanian, dan pendirian teguh.
• VIVAnews