Paus: Dunia Alami Derita karena Kultus Uang

TEMPO.CO, Vatikan - Paus Fransiskus kembali menyoroti keserakahan dunia. Kepada para duta besar di Vatikan, ia menyatakan dunia kini mengalami apa yang disebutnya sebagai mengkultusan uang. Ia mendesak para pemimpin dunia untuk mereformasi sistem keuangan global dan mengakhiri “kultus uang”.

Dia mengatakan uang harus melayani orang, bukan sebaliknya, ‘berkuasa’ atas mereka. Ia menambahkan, kini kebanyakan orang berjuang untuk hidup di bawah kediktatoran ekonomi. “Kita telah menciptakan berhala baru,” katanya.

Ia menyebut, kisah penyembahan anak lembu emas kini menjelma menjadi wujud baru berupa kultus uang dan tirani ekonomi yang tak berwajah dan tak manusiawi. Ia merujuk pada isi ajaran Alkitab yang mengisahkan ketika Israel menyembah anak lembu emas saat Musa berada di puncak Gunung Sinai untuk menerima Sepuluh Perintah Tuhan.

Paus mengatakan penggelapan fiskal dan korupsi merajalela di seluruh dunia. Berbicara tentang pasar keuangan ia berkata secara virtual tirani telah didirikan, yang secara sepihak memberlakukan hukum dan aturan sendiri." Dalam banyak kasus, nilai orang dilihat dari kemampuan mereka untuk mengkonsumsi, ia menambahkan.

Ia menyerukan reformasi keuangan “sesuai garis etis akan menghasilkan pada gilirannya reformasi ekonomi yang menguntungkan semua orang”.

Paus, yang akan mengunjungi sebuah perkampungan kumuh selama perjalanan ke Brasil pada bulan Juli, mendesak “mereka yang berkuasa untuk benar-benar melayani kepentingan masyarakat mereka” dan mendesak para pemimpin keuangan “untuk memperhitungkan etika dan solidaritas”.

Vatikan telah mengumumkan bahwa bank yang mereka kelola akan mulai menerbitkan laporan tahunan dalam sebuah website baru. Lembaga ini juga untuk menyewa konsultan eksternal untuk memastikan prosedur yang memenuhi standar internasional melawan pencucian uang.

ever know why ???

Pemerintah AS NATO berencana membuat cashless society /masarakat tanpa uang cetakan, dengan
cara menggunakan rfid chips untuk bertransaksi, yg tidak pasang tidak bisa jual beli lagi.
karena uang tidak diedarkan lagi di jaman antikris.

Goverment seeking Biometric RFID CHIPS for a Cashless Economy.

pada saat itu orang PERCAYA TUHAN YESUS KRISTUS SUDAH TERANGKAT / RAPTURE.

Yup, terangkat ke atas kasur terus bobo. zzzZZZ… :slight_smile:

GBU

kamu kok suka menghina kebenaran FIRMAN TUHAN ??

Yang benar adalah : orang percaya terangkat setelah antikris :slight_smile:

GBU

dasarnya kamu gak ngerti KEBENARAN FIRMAN TUHAN.

klo kamu ngerti tentunya kamu tidak menulis demikian.

Silakan dilanjutkan di topik lain yang sesuai, atau buatlah topik baru.
Di sini kita membahas hal lain. :slight_smile:

Salam

Cuma mau nanya
Bukannya katolik itu salah satu organisasi terkaya di dunia, baik dalam hal cash flow ataupun benda2 seni yang tak ternilai harganya?

salut deh sama paus yg skr mau nyentuh2 ekonomi :afro:

kejauhan om kalo mo dibahas, bahas neo kapitalisme/ liberalisme aja bos, antikris ini bos.

mungkin yg dimaksud Paus Fransiskus ialah Neo Kapitalisme/ Liberalisme, tidak lain ialah sistem antikris

sistem keuangan global, dimana perpindahan uang tanpa batas, dan dipergunakan ‘tanpa batas’, yg dampaknya luar biasa seperti penggunaan utk spekulasi.
dampak korban2nya ialah :

  1. kasus Subprime mortgage bank2 di amerika yg dan institusi yg menampung dana masa depan masy. sana hilang.
  2. negara2 eropa, diantaranya baru2 ini yunani.
    dll.

kultus uang :
tanpa moral tindakan bankir2 dan fund manager memutarkan uang mereka utk ‘bonus2’ mereka, dan tuan yg empunya uang yg selalu haus akan keuntungan.

hampir seluruh pemimpin negara melakukan praktek neo kapitalisme/ liberalisme (termasuk indonesia), kecuali (mungkin) hugo chavez, dapat dilihat dr angka2 makro ekonomi negara tersebut, dr tahun ke tahun, mungkin di lain waktu kita dpt berdiskusi uraian2nya.
sekilas peran pemerintah ialah, utang negara yg tidak sehat (bengkak) dan utang swasta yg tidak diatur ketat, utk perputaran uang yg luar biasa besar maka diperlukan suatu negara utk ‘diperas’ agar dapat keuntungan bagi perputaran uang yg besar, bagaimana caranya kita lanjut di lain waktu.
sekilas itulah antikris, dan semakin lama mekanisme antikris ini akan memperbudak manusia, dan hal inilah yg sebetulnya di depan mata (baca uraian Paus : “kultus uang dan tirani ekonomi yang tak berwajah dan tak manusiawi”), silahkan anda buka2 lagi kitab Wahyu, ada tidak kiasan2 ttg mekanisme neo kapitalisme/ liberalisme?

Luk 16:13 Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

Berarati kemaren-kemaren jajaran Vatikan dininabobokan dan di setir sama mamon ya…?? kale…??

Tajem juga dan menunjem banget ayat LUKAS 16 : 13 …ITU YA…?? Kalau Paus yang baru tsb memAng mengetahui bahwa ada Ayat Alkitab YNG SANGAT DAHSYAT YANG SUDAH TERLUPAKAN OLEH UMAT TERCINTANYA selama ini…??

YANG ADA sekarang adalah Beliau Bpk.Paus Fransisikus harus bekerja keras …UNTUK membuat ajaran paradigma baru bagi Umatnya, supaya mereka dapat menggunakan mamon untuk memulyakan Tuhan Allahnya…Bukannya untuk memulyakan diri pribadi manusianya…Karena Sebagaimana yang di Ajarkan oleh Alkitab…adalah bahwa Bayarlah PERPULUHANMU BAGI GEREJA TUHAN …Bukan bagi gereja vatikan…hehehe…

Salam…

bukan bayarlah …
tetapi kembalikan perpuluhan. . . . :afro:

tulisannya dalam maknanya, makasih ya sis

cara melihat mekanisme antikris ga perlu jauh2 :
mengambil hak orang lain, berbuat merugikan orang lain itu sudah antikris.
sy ambil cerita neo kapitalisme/ liberalisme karena skalanya lebih besar dan menyeret banyak orang ke dalam perilaku antikris.
bagi kita semua pengikut Kristus, utk memerangi mekanisme antikris neo kapitalisme/ liberalisme berat sekali, bahkan di wahyu sendiri tertulis antikris akan memerintah, shg banyak pengikut Kristus harus mengungsi ke pegunungan atau hutan.

Wahyu 18:3 “karena semua bangsa telah minum dari anggur hawa nafsu cabulnya dan raja-raja di bumi telah berbuat cabul dengan dia, dan pedagang-pedagang di bumi telah menjadi kaya oleh kelimpahan hawa nafsunya.”

oooh, antikris, adalah anti kepada Kristus dan pengikutnya

Wahyu 18:3 “karena semua bangsa telah minum dari anggur hawa nafsu cabulnya dan raja-raja di bumi telah berbuat cabul dengan dia, dan pedagang-pedagang di bumi telah menjadi kaya oleh kelimpahan hawa nafsunya.”

kasus suprime mortgage :
harga2 perumahan naik luar biasa (disebut jg bubble property), sebagian masy. membeli dg sistem mortgage, dan diderivatifkan oleh institusi keuangan menjadi suprime mortgage (jual beli surat gadai) dg berbagai macam alasan.
bubble property siapa pelakunya? spekulan (broker dan institusi keuangan yg meminjamkan dana), mereka dapat BEP 5 rumah hanya menjual 1 rumah di harga puncak, siapa korbannya? yg membeli rumah2 tersebut di harga puncak, dan masy. yg menyimpan dananya pada institusi keuangan krn fund manager tsb membeli suprime mortgage.
jd di sini terlihat mekanismenya, rumah2 tersebut terjual oleh spekulan melalui buyer/ user dan dana titipan yg dikelola fund manager, dengan nilai $600 billion dan tersisa $25 billion.
yg terjadi saat skr, eropa kelas menengah hilang, krn mereka membeli rumah dan tidak sanggup membayar cicilan shg mereka hidup sbg gelandangan, di amerika harga rumah terpangkas sampai 70%, shg rata2 penduduk amerika menanggung hutang berlebihan.

sebelum saya posting2 lagi, saya ingatkan, tulisan sy tidak bermaksud membahas pribadi seseorg dan pekerjaannya, tapi membahas bagaimana mekanisme neo kapitalisme/ liberalisme, dan membahas perilaku para pemimpin dunia, baik pemerintah maupun swasta