Paus Fransiskus: Saya Percaya Tuhan, tetapi Bukan Tuhan Katolik

VATICAN CITY — Paus Fransiskus kembali membuat pernyataan yang mencengangkan. Dalam wawancara dengan harian terbitan Italia, La Repubblica, Paus asal Argentina itu menjelaskan keyakinannya akan Tuhan.

“Saya percaya akan Tuhan, tetapi bukan (kepada) Tuhan Katolik,” kata Paus kepada pendiri dan mantan editor harian La Repubblica, Eugenio Scalfari.

Scalfari yang sudah cukup terkejut mendapatkan kesempatan wawancara pribadi dengan Paus, semakin terkejut dengan pernyataan itu. Lalu, Scalfari meminta Paus untuk mengelaborasi pernyataannya itu.

“Tuhan bukan Katolik. Tuhan adalah universal, dan kita adalah umat Katolik karena cara kita memuja Dia,” ujar Paus.

Lebih jauh Paus Fransiskus menjelaskan bahwa sebagai pemimpin umat Katolik, dia memercayai Tuhan dan Yesus Kristus sebagai inkarnasi Tuhan.

“Yesus adalah guru dan pemimpin saya. Tetapi Tuhan, Bapa, adalah cahaya dan Sang Pencipta. Itulah yang saya yakini. Apakah menurut Anda keyakinan kita jauh berbeda?” tanya Paus kepada Scalfari.

Paus berusia 76 tahun ini menambahkan, dia tak selalu sepakat dengan apa yang selama ini menjadi standar Gereja Katolik.

“Pandangan Vatikan sentris telah mengabaikan dunia di sekitar kita. Saya tak sepakat dengan cara ini, dan saya akan lakukan apa pun untuk mengubahnya,” Paus menegaskan.

Sejak terpilih menjadi pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus terbukti menjadi seorang Paus beraliran liberal. Bahkan dia bersikap lebih lunak terhadap hal-hal yang selama ini ditentang keras Vatikan seperti homoseksualitas dan ateisme.

YESUS adalah guru dan pemimpin?? kok tidak disebut YESUS adalah TUHAN saya ya??
aneh dan ga habis pikir
mungkin ada yg bisa jelasin??

Saya juga sedang mengikuti berita ini. Lom ada tanggapan dari Vatikan rasanya.

Buset dah, belum zaman antikris sudah spt ini penyesatan2 nya.

Serem… mungkin ini permulaan akhir zaman? Tobat ah tobat :smiley:

Wahyu 17 (11) Dan binatang yang pernah ada dan yang sekarang tidak ada itu, ia sendiri adalah raja kedelapan dan namun demikian satu geng dgn ketujuh itu dan ia menuju kepada kebinasaan.


Emang ada yang bisa membuktikan bahwa Allah itu beragama Katolik?

Koq kayak sesembahannya tetangga sebelah saja yang punya agama?

;D

menurutnya Yesus hanya guru, bukan Tuhan.

Penyangkalan Iman terus menerus.

Yoh 1 (14) Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

kira kra ada yang tahu gak?

apa yang dimaksud perkataan Paus dengan : Tuhan Katolik

Yesus bukan sekedar guru saja. tetapi DIA ADALAH SATU SATU JALAN MENUJU KESELAMATAN KEKAL.

Yoh 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

bagi yang percaya kepadaNYA, tidak binasa

John 3 : 16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

dan tidak ada nama lain di kolong langit ini yang dapat menyelamatkan manusia dari dosa maut dan neraka

Kis 4 : 12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Dlm pernyataan itu Paus menyatakan bahwa Yesus adalah inkarnasi Tuhan,
Tuhan-nya sendiri adalah Bapa,
Memang agak rancu pernyaan Paus tsb,
tdk konsisten dgn konsep Trinitas yg selama ini dijunjung tinggi oleh GK:
Bapa = Allah/Tuhan
Yesus = Allah/Tuhan
ROH KUDUS = Allah/Tuhan.

menuerut saya, paus ingin merangkul semua agama sebagai kesatuan untuk menyembah Tuhan dengan caranya sendiri-sendiri, Pluralisme.

dgn kata lain pengorbanan Yesus di kayu salib sdh tidak dianggap sebagai jalan keselamatan
bagi kita semua.

saya tidak berpikir seperti yang anda katakan, saya berpikir kalau kita hidup di dunia ini memang harus bisa hidup berdampingan dengan perbedaan.

kalo menurut @Cosmicboy, Paus yang ini bukan seorang Trinitarian dan kalo posting di FK hanya boleh di Forum Terbuka dan Komentar dan Bantuan Penggunaan Forum

Salam

Haha, berarti dia lbh tinggi dan berkuasa dari wakil Tuhan dong :slight_smile:

terang tidak mungkin bersatu dengan gelap.
dimana ada terang disitu tidak ada kegelapan

soal iman jelas tidak mungkin bersatu…
tapi saya percaya kristen mengajarkan banyak. tentang cara kita menjaga hubungan dengan Tuhan, dengan sesama manusia, dengan lingkungan

yaaa… minimal kita bisa saling menjaga lingkungan, btw akhir-akhir ini kan lagi tegang tuh antara US dg suriah. gimana efek ketegangan itu sudah banyak dirasakan oleh masyrakat suriah.

Apa yang diperkatakan oleh Paus Fransiskus benar adanya dan cocok dengan Injil.

Saya sama sekali tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu. Kalau Dya15 iya, memang bukan trinitarian. Kalau trinitas, itu ajaran Katolik dan ajaran ini tetap dipertahankan oleh Protestan.

Pernyataan Paus sudah sangat benar dan cocok dengan ajaran trinitas.

Apa yang menjadi keberatan kamu? Karena saya tidak melihat adanya pertentangan pemahaman Paus tentang trinitas dan ajaran standard trinitas yang menjadi doktrin semua gereja Kristen (sekte tidak masuk itungan), hehehe…