Paus Izinkan Penggunaan Kondom

berita selengkapnya bisa dibaca di:
http://www.metrotvnews.com/mobile-site/video-detail.php?read=117292&tgl=2010-11-21

saya pribadi sungguh menyesalkan kabar ini :rolleye0014:
walaupun alasannya katanya demi:
Paus mengatakan ini langkah pertama menuju moral sebagai pihak yang bertanggung jawab.

karena sebetulnya akar permasalahannya dimulai dari adanya:
Paus Benedictus 16 menyatakan kondom dapat dibenarkan dan digunakan oleh para gigolo untuk melindungi dirinya dari penyebaran virus HIV. Fatwa baru ini menjadi titik balik gereja yang selama ini melarang penggunaan kondom dan menyalahkan mereka sebagai penyebab penyebaran penyakit AIDS.

wow… luar biasa… semakin bertambah saja hal - hal salah yang dibenarkan…

Sewaktu baca , berita ini di detik.com ,saya sudah yakin , pasti muncul di forumkristen nih ,dan jadi bahan “penyerangan” … 100% benar he he :slight_smile: .

“Tentu saja ini bukan solusi moral yang sesungguhnya, sebab penggunaan kondom menyiratkan fungsi hubungan seks bukan sebagai ekspresi cinta. Namun untuk tujuan tertentu yaitu mengurangi risiko infeksi menular, kondom bisa menjadi langkah awal,” ungkap Paus seperti dilansir Telegraph, Minggu (21/11/2010).

Bukankah ini sama dgn program pemerintah sperti iklan-iklan di tv (yg tiap hari org pasti lihat malah)? Tentunya dlm upaya pencegahan meningkatnya HIV/AIDS… Think positive guys. :slight_smile:

setuju sama tante april…
dari pada banyak yang kena AIDS and hamil di luar nikah, pan lebih baik using condom laaa…demi perbaikan anak bangsa juga kan…tapi walaupun di izinkan, sebagai anak2 TUHAN kita jangan sampe terlibat free sex laa… :happy0062:

1 Petrus 1:16 berbunyi demikian ; sebab ada tertulis,“Kuduslah kamu, sebab Aku Kudus…”

think positif… :afro:

salam,
Bee…

Mungkin kalo bukan seorang Paus yg mengeluarkan pernyataan itu, kita tdk akan bereaksi negatif.
Pernyataan Paus ttg hal diatas sptnya suatu bentuk kepasrahan, toleran, dan pembenaran akan free sex. Bukankah pernyataan dr Paus tsb akan memberikan angin segar bagi para gigolo ? Enak juga ya kalo begitu jd gigolo, dapet pemenuhan kebutuhan biologis gratis bahkan dibayar mahal ;D

sebenarnya secara lengkapnya , apa2 saja sih yg dilarang dan diperbolehkan dalam hubungannya dengan keluarga berencana , menurut ajaran katolik? :wink:

Setuju……kalau pendeta Protestan atau ulama Muslim yang mengeluarkan pernyataan itu, maka kita akan bereaksi positif.

Jadi, sikap positif atau negative kita bukan tergantung pada substansi masalahnya, melainkan tergantung pada siapa yang menyampaikannya.

kondom itu hanyalah salah satu teknologi ciptaan manusia,sama seperti mobil, Facebook dll, yang diciptakan tentunya untuk membantu mengatasi masalah manusia. Jadi kembali pada tujuan penggunanya apakah untuk hal positif atau justru merugikan.

-salam- :slight_smile:

kalo ternyata kondom diperbolehkan, berarti secara tidak langsung ya seks bebas diperbolehkan :onion-head27:
semoga masih banyak orang yang mempunyai hikmat agar bisa mencerna dari Tuhan mana yang boleh dan mana yg tidak boleh :love0030:

Sejauh yang saya tahu, Gereja Katolik melarang penggunaan alat kontrasepsi jika untuk tujuan menghambat terjadinya kehidupan baru (kelahiran).

Tapi dalam hal ini penggunaan kondom adalah untuk tujuan pencegahan terjadinya penularan penyakit dan bukan untuk mendukung prostitusi/homosexual.

Dari : http://www.detiknews.com/read/2010/11/21/104936/1498604/934/paus-bolehkan-penggunaan-kondom
[i]Komentator yang memperhatikan soal Gereja Katholik, Austern Ivereigh, mengatakan meskipun ini untuk pertama kalinya Paus mengeluarkan pendapat seperti ini, namun hal itu menurutnya sudah sejalan dengan perkatan yang disampaikan oleh ahli teologi moral Katholik selama bertahun-tahun.

“Gereja mengajarkan kontrasepsi untuk memerangi Aids,” kata Ivereigh kepada BBC.

“Jika tujuannya untuk mencegah penularan virus para ahli teologi moral akan mengatakan hal itu merupakan aturan moral yang berbeda”.
[/i]

Jika memang gereja memerangi aids dengan cara yg benar, seharusnya gereja mengajarkan seorang manusia hanya boleh berhubungan badan dengan seorang manusia saja dalam ikatan pernikahan

Tapi jika penggunaan kondom untuk mencegah penularan penyakit menular, berarti secara tidak langsung gereja sudah mengetahui bahwa terlalu banyak manusia yg ingin melakukan hubungan seks bukan dengan pasangan resminya, (ini menurut saya loh) jika memang pasangan resmi sebaiknya gak usah pake pengaman atau kondom, karna sudah jelas dalam ikatan pernikahan

Sepengetahuan saya, penggunaan pil KB maupun alat kontrasepsi dilarang. Krna ada anggapan bahwa anak itu karunia dr Tuhan, sudah merupakan titipan. Tapi gimana ya… Jaman skrg byk anak mah tekor… :smiley:

sis, kalo itu mah ga usa dibilang. Semua manusia juga uda tau…
Tapi dasar manusia nya aja bebal… Lebih mgikuti kedagingan.

justru itu tantangannya sis, disaat “Setan” menggoda, seharusnya manusia mengandalkan imannya bukan kondom

saya kira ini anggapan yang terlalu negatif, seperti yg sudah saya sampaikan di postingan diatas kondom hanyalah produk teknologi manusia. Penggunanyalah yang perlu dikontrol agar tidak menyimpang. sama seperti bahan peledak, bermanfaat ketika digunakan untuk yang positif misal untuk pekerjaan2 penambangan dll, tapi justru sangat berbahaya jika disalah gunakan untuk menghancurkan manusia lainnya.

nah, yang ini sebenarnya yang perlu ditekankan oleh gereja yaitu membimbing umatnya agar berhikmat dalam menggunakan teknologi.
tidak perlu larang melarang, haram2an dsb…,manusia punya kebebasan masing2 dalam mengambil keputusan, hanya kadang2 butuh bimbingan agar mampu memilih secara bertanggungjawab.

-salam-

tanggapan ini muncul karna adanya peraturan yg sebelumnya sudah ada di katolik, jika memang manusia konsekuen akan dosa, maka tidak akan ada daerah yang diperbolehkan dengan cara atau teknologi yang bisa memudahkan dosa menyebar.
tentu beda bro antara bom dan kondom, karna kebanyakan manusia justru menggunakan kondom disaat mereka belom menikah. Itu yg saya tau dari temen-temen saya.

Orang tua saya dan kebanyakan orang mengontrol agar tidak hamil dengan cara KB.

sebenarnya kata haram atau tidak boleh biasanya membuat manusia penasaran dan akhirnya mencoba, kebanyakan remaja nyoba hal2 yg tabu dengan sebuah pengaman yg namanya kondom.

Jika kondom dibilang sebagai pengaman agar penyakit dari lelaki tidak menular ke perempuan, sebenarnya ini salah. Dari hasil penelitian ternyata tingkat keamanan kondom hanya berkisar 70 – 74%. Ini berarti 30 % pengguna kondom berisiko tertular HIV.

sebenarnya Paus harus menjelaskan bahwa kondom harus digunakan oleh orang yang sudah menikah dengan pasangannya saja, supaya lebih jelas dan tidak hablur makna dr si kondom, dan tidak menimbulkan dosa apalagi penyakit menular lainnya
Jadi lebih efektif jika si manusianya sendiri yang diberikan pengajaran terhadap iman, daripada mengandalkan kondom atau sejenisnya

Nah, itu dia sis. Kembali ke pribadi masing-masing.
Semua dampak dan bahaya free sex sudah diproklamirkan.
Namun masih aja ada yg bebal.
Yg punya iman jg pasti bisa mmbedakan kondom itu buat apa.
Be positive :slight_smile:

yoi sis, yang punya iman pasti akan melakukan seks disaat sudah menikah

benar.

Kalau Paus mau ngurus setriliun umat wah repot…
Peran kluarga jg pasti ada kan dlm menasihati dll?
Tergantung pribadi lg sis.
Klo uda bebal, ancaman hukuman mati pun diabaikan.