Paus kecam hobi narsis pemimpin gereja

Dalam wawancara hari ini dengan surat kabar asal Italia La Repubblica Paus Fransiskus mengecam berbagai isu di tubuh Vatikan dengan menyebut masalah-masalah itu sebagai penyakit kusta dan menyebut kepausan terlalu berpandangan Vatikan-sentris.

Paus mengatakan dia telah menyerukan reformasi di tubuh gereja dan dia juga mendorong gereja untuk lebih mengikuti perkembangan zaman modern, seperti dilansir situs asiaone.com, Selasa (1/10).

“Para pemimpin gereja sering berlaku seperti Narsis, menyenangkan diri sendiri, dan parahnya senang menjadi makelar. Perbuatan itu adalah penyakit kusta di tubuh kepausan,” kata Paus.

Dalam kesempatan itu Paus menuturkan dia sempat mempertimbangkan untuk tidak menerima jabatan kepausan setelah terpilih menjadi paus baru pada Maret lalu.

“Sebelum menerima keputusan itu saya sempat merasa sangat cemas. Saya menutup mata dan semua pikiran itu hilang, termasuk penolakan menjadi paus. Selama beberapa saat saya merasa dipenuhi cahaya,” kata dia.

(mdk/fas)

.͡▹​‎​​​ Well, saat ini saya sedang tidak ingin mengomentari personaliti pemimpin tertentu karna bukan kapasitas saya disini.

Namun sikap dan pandangan Paus dalam hal ini adalah bijak. Segala penyakit kusta yang menghambat pertumbuhan dan kemurnian suatu gereja sejatinya dipangkas sehingga nama Tuhan Yesus saja dipermuliakan bukan narsis.


narsis itu apaan sih ? :ashamed0004:

yang ini narsis bukan ? nih ↓↓

Itukan foto bersama, dalam case foto tsb belum masuk hitungan narsis :slight_smile:

Narsis itu, seseorang yang menonjolkan jati dirinya secara berlebih dan terkesan ingin di puja.

Orang yang suka foto ada 4 indikasi berdasarkan pengamatan saya:
1.Hobby, senang foto2 apa saja yang menarik untuk di capture. Pingin ciptakan moment. Contoh: si A ketika berusia 17 tahun. Ato ketika jalan-jalan ke Bali.
2.Kebutuhan dokumentasi untuk suatu kegiatan. Contoh: Seperti apa situasi ketika natal. Siapa saja yang hadir. Panitia yang mengemban tugas.
3.Figure terkenal jadi wajar orang ingin punya moment kenangan dg tokoh figur yang dijadikan panutan. Contoh: rakyat ketemu presiden pd umumnya senang, namanya ketemu tokoh pimpinannya yg belum tentu dg mudah ditemui jd rakyat bertemu pingin ciptakan moment bahwa sudah pernah bertemu sosok beliau. Secara yang namanya pemimpin dalam satu negara pasti sibuk dengan tugas2nya.
4. Narsis, mencintai diri secara berlebih. Mengagumi foto2 dirinya saja, seolah2 dirinyalah paling menarik ----->tdk patut dicontoh

Itu bahasa awam yang mengatakan orang berfoto dengan narsis itu salah penafsiran. Jika makna aslinya narsis itu negatif maknanya. Tapi orang awam khususnya anak-anak muda sekarang biar bahasa nya keren mengucapkan “narsis”.

Haha… narsis itu barangkali yang semau gue… Dibumi ini cuman dia sendiri yg hidup… orng lain di anggap ilalang…hh

tapi kalo saya search di google dengan keyword : ‘foto narsis’ ya ketemunya seperti ini ↓↓

http://www.kidnesia.com/var/gramedia/storage/images/kidnesia/kiriman-user/karya-kita/gambar/aku-ibuku-dan-adikku-sedang-narsis/1808359-1-ind-ID/Aku-Ibuku-Dan-Adikku-Sedang-Narsis_kidnesiathumb630.jpg

mirip dengan ini ↓↓ mirip juga dengan ini ↓↓

http://sin.stb.s-msn.com/i/94/9DE7FED351F8444E66F71DA7CF3BB.jpg

Dari statement diatas, sudah jelas bahwa yang dimaksud bukanlah berpose selfie ala anak muda dengan handphone. Pahami konteks pernyataannya.

Dan cukup membahas tindakan foto2 nya. Komentar yang masih membahas maslah foto Paus akan langsung di delete tanpa penringatan lagi.

Sepakat dengan mod Oliver :slight_smile:

oh jadi, narsis yang dibahas bukan masalah foto :ashamed0004:
lalu ‘seperti narsis’ itu maksudnya apa?

kalo begitu apakah narsis yang dimaksud adalah gaya hidup menyenangkan diri sendiri seperti ini :
(maaf nih, foto lagi) yang saya bahas tindakan ‘menyenangkan diri’, bukan selfie

soalnya define menyenangkan diri dari pernyataan yang dibawa TS itu kurang jelas

Salam

Sebenarnya news sudah jelas. Tapi sodara manwel yg justru membelokkan diskusi ke foto. Mod oliver saja menangkap message dr news ini. Jd seperti mod oliver katakan sebelumnya tentang foto, dipersilahkan di hapus saja foto2nya karna sudah melenceng dr message topik ini. Makasih sebelumnya :slight_smile:

Berarati yang menjadi news nya utuk meng-infokan masalah narsis bagi pemimpin gereja adalah bentuk pengajarannya dan doktrin ajaran di gerejanya bukan…? ( cmiiw ).
Misalnya si pendeta mengiformasikan kepada dunia.bahwa pada saat perayaa paskah tahun kemaren…gerejanya sangat diberkati karena banak jemaat yang hadir.di gerejanya dibadingkantahun-tahun sebelumnya karena sekarang pendetaya adalah si Abraham Smith…?!!
Itu contohya narsis bukan.??? ( cmiiw ).

Salam…

Mungkin definisi narcissiscm yang dimaksud perlu dijelaskan :slight_smile:
Karena sepertinya dalam trit ini agak rancu dengan perilaku hedonism.

Di kalangan bahasa gaul narsis identi dengan foto-fotoan, di kalangan psikiater narcissism identik dengan salah satu jenis penyakit jiwa, dll. :tongue:

GBU

Sebagian dari Transkrip wawancara Pope Francis dengan Repubblica saya copas berikut :

[b][i]Reporter Repubblica[/i][/b] : "Your Holiness, you wrote that in your letter to me. .........."

Pope Francis :
“And I repeat it here. Everyone has his own idea of good and evil and must choose to follow the good and fight evil as he conceives them. …”

Reporter Repubblica :
Is the Church doing that?

Pope Francis :
“Yes, that is the purpose of our mission: … Do you know what agape is?”

Reporter Repubblica :
Yes, I know.

Pope Francis :
"It is love of others, as our Lord preached. It is not proselytizing, it is love …

Reporter Repubblica :
“Love your neighbor as yourself”

Pope Francis :
“Exactly so.”

Reporter Repubblica :
“Jesus in his preaching said that agape, love for others, is the only way to love God. Correct me if I’m wrong”

Pope Francis :
"You’re not wrong. …

Reporter Repubblica :
“However, as we said, Jesus told us that love for one’s neighbor is equal to what we have for ourselves. So what many call narcissism is recognized as valid, positive, to the same extent as the other. We’ve talked a lot about this aspect.”

Pope Francis :
“I don’t like the word narcissism”, the Pope said, “it indicates an excessive love for oneself and this is not good, it can produce serious damage not only to the soul of those affected but also in relationship with others, with the society in which one lives. The real trouble is that those most affected by this - which is actually a kind of mental disorder - are people who have a lot of power. Often bosses are narcissists”.

Reporter Repubblica :
“Many church leaders have been”

Pope Francis :
“You know what I think about this? Heads of the Church have often been narcissists, flattered and thrilled by their courtiers. The court is the leprosy of the papacy.”

Reporter Repubblica :
“The leprosy of the papacy, those were his exact words. But what is the court? Perhaps he is alluding to the curia?”

Pope Francis :
"No, there are sometimes courtiers in the curia, but the curia as a whole is another thing. It is what in an army is called the quartermaster’s office, it manages the services that serve the Holy See. But it has one defect: it is Vatican-centric. It sees and looks after the interests of the Vatican, which are still, for the most part, temporal interests. This Vatican-centric view neglects the world around us. I do not share this view and I’ll do everything I can to change it. The Church is or should go back to being a community of God’s people, and priests, pastors and bishops who have the care of souls, are at the service of the people of God. … "

Istilah “narcissism” pertama kali dipakai oleh penanya untuk membandingkan dengan statemen Paus mengenai perintah Tuhan Yesus untuk “mengasihi”.

Dapat dilihat sespon Paus waktu menjelaskan arti “narcissism”, yang tidak sama dengan perintah untuk “mengasihi”.

dan Paus menjelaskan hubungan nya dengan pemimpin-pemimpin gereja (Katholik) dan perangkat-perangkat gereja yang lain.

Sampai disini untuk memahami statemen Paus harus mengerti istilah-istilah yang dipernuakan dalam Gereja Katolik. Court, Courtiers, Curia.

Bagaimanapun jelas bagi saya, bahwa semua itu berkenaan dengan kelakuan para pemimpin dalam gereja Katolik dan perangkat-perangkat pendukungnya secara organisatoris dalam menjalankan fungsinya.

Itulah yang saya tangkap. Bukan maksud saya untuk memaksakan pandangan atau interpretasi saya dalam masalah ini. Tapi jelas bahwa Jika ingin mendiskusikan topik ini itulah fokus nya.

Mungkin ada yang bisa menggali lebih dalam lagi. Mungkin ada yang memahami lebih dekat mengenai institusi gereja Katholik. Silakan.

Komentar terakhir : " ini “cuma” perkataan seseorang yang hidup persis di jaman kita sendiri, so, memahaminya tentu tidak akan sesulit perkataan orang yang hidup di jaman yang jauh, lebih 2000 tahun yang lalu"

Transkrip wawancara lengkap Pope Francis dapat dibaca disini :
Pope Francis Interview

Well guys trims untuk opininya :slight_smile:

Amat disayangkan jd masih ada yang kurang nyimax message awal dr topik saya. Di bawah news ada koment saya tentang perihal tsb dan sesungguhnya tdk ada bahas2 foto tapi lebih ke prilaku pimpinan yang di kecam oleh Paus karna sifat narsis mementingkan diri sendiri dan makelar “ini mengutip point penting dari pandangan Paus” tsb.

Dan jika kemudian manwel bahas foto, kemudian saya mencoba klarifikasi makna foto yang sesungguhnya sekaitan kata narsis yang penggunaan pemakaiannya banyak yg “miss leading” alias tidak tepat.

Di bawah ini saya share makna narsis dari berbagai nara sumber biar lebih jelas.


http://forum.kompas.com/perempuan/13298-asal-usul-kata-narsisme.html

Dari cerita itu bisa diketahui orang yang termasuk kategori narsis/narsisme, yaitu:

  1. mencintai diri sendiri secara berlebihan dan sulit mencintai dan menerima cinta orang lain.
  2. Hanya mendengar pendapatnnya sendiri, sulit mendengar pendapat orang lain.
  3. Tidak bisa merasakan perasaan orang lain.
  4. Melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya sendiri, bukan sudut pandang orang lain.
  5. sulit mempercayai orang lain.

http://arenasahabat.blogspot.com/2013/04/kumpulan-arti-kata-kalimat-gaul-terbaru.html?m=1

Remaja dan anak-anak seringkali berkata dan berbahasa dengan kalimat gaul yang terkadang susah difahaminya. Di bawah ini diantara kumpulan kalimat gaul terbaru yang sering diucapkan yang saya dapatkan dari berbagai sumber, SMS, Forum, Chatting, Twiitter, Facebook dan tentunya perkataan mereka.

Arti kata Narsis dalam kalimat gaul
Narsis, bukan istilah baru sih. Tapi mungkin banyak yang belum tahu, narsis juga punya legenda lho. Berasal dari cerita yunani, ada seseorang lelaki tampan bernama Narcissus yang menolak cinta seorang cewek bernama Echo. Kemudian patah hati dan mengutuk Narcissus buat jatuh cinta dengan bayangannya sendiri di kolam. Sekarang, kata narsis digunakan buat menggambarkan orang yang terlalu suka sama diri sendiri, salah satu tandanya adalah hobi banget foto sendiri.

http://kamusslang.com/m?do=Search&submit=Cari&what=narsis

NARSIS
Suatu gaya atau sikap yang berlebihan, terlalu membanggakan diri sendiri sehingga menjadi norak
bagi orang lain

Iy, narsis banget sih ni orang!!


Disini di bahas lebih tajam lagi dalam dunia psikologi.

Perilaku narsis disini cenderung dikatakan sebagai penyimpangan (disorder) ketika ia mulai merugikan orang lain. Bayangkan seorang yang berperilaku narsissus disorder seringkali menganggap bahwa dirinyalah yang paling benar, apa yang ia persepsikan dan asumsikan pastilah sesuai dengan kenyataan, ia tidak lagi memperdulikan pendapat lingkungan yang akhirnya berujung pada paham egosentrisme yang memperlakukan dunia dengan tolak ukur dirinya. Ia kemudian merusak ikatan sosial dan mendistorsi sikap terhadap masa depan terkait pada estimasi (memperkirakan dan membaca rencana suksesnya).

Sedikit pembetulan tentang makna narsis yang seringkali dimaknai dangkal, narsis adalah sebuah penyimpangan perilaku, jangan dengan mudah kita melabelkan diri dengan istilah narsis, karena kata adalah doa. Narsis adalah sebuah kesombongan atau sikap takabur, yang tak pernah diajarkan, yang tak pernah menyamankan.

Smoga bermanfaat.

narsis bukan masalah besar… lihat juga gereja yang hanya mengkhotbahkan urusan uang… gereja seakan seperti ladang bisnis, dipenuhi pengaruh iblis akan uang… jemaat hanya dikhotbahkan memberi persembahan agar bebas dari kebangkrutan, kemiskinan, kutuk kemiskinan…

memberi persembahan itu wajib, tapi harus didasari hati yang mengasihi Tuhan, bukan didasari agar tidak bangkrut, tidak miskin. seakan-akan Tuhan itu bisa disogok dengan sedikit uang supaya siapapun yang memberi dibuat kaya…

seharusnya jemaat juga diajari hal lainnya di dalam Alkitab…