Paus Prihatin Komersialisasi Perayaan Natal

http://www.pelitaonline.com/media/1324785372_b.jpg

VATIKAN, KOMPAS.com - Paus Benediktus XVI menyatakan keprihatinannya dengan semakin maraknya komersialisasi perayaan Natal. Dalam homily atau khotbah misa malam Natal untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus di Gereja Basilika Santo Petrus, Vatikan, Sabtu (24/12/2011), paus mengajak umat Katolik menemukan makna Natal yang sejati.

“Marilah memohon kepada Tuhan untuk membantu kita agar tidak silau dengan gemerlap yang tidak bermakna pada tahun ini, dan menemukan pesan di balik (kelahiran) bayi di kandang kuda di Bethlehem, sehingga bisa menemukan kebahagiaan dan cahaya yang sejati,” kata Paus.

Ini merupakan nasihat kedua yang disampaikan Paus kepada umat Katolik untuk meneguhkan iman di tengah gelombang materialisasi di dunia. Dalam pertemuan akhir tahun dengan para pejabat Vatikan, Kamis lalu, Paus mengatakan krisi keuangan Eropa turut dipicu krisi etika di kawasan tersebut.

Paus memulai perayaan Natal dengan menyalakan lilin tanda perdamaian di jendela pribadinya, Sabtu petang, dan memberkati jemaat yang datang ke Lapangan St Peter. Ia kemudian memimpin misa malam Natal yang digelar pukul 22.00 waktu setempat atau sekitar pukul 04.00 WIB. Sejak beberapa tahun lalu, misa malam natal memang tidak lagi dilakukan pada dini hari untuk memberi kesempatan istirahat bagi Paus yang sudah berusia lanjut.

Pada Minggu pagi, Paus akan kembali memberikan khotbah yang sering disebut Urbi et Orbi (untuk kota dan dunia). Pada tahun ini, Paus juga akan berdiri di platform bergerak saat menyusuri lorong basilika agar tidak terlalu lelah berjalan jauh.