Pelanggar Taurat, Yesus kah atau Yahudi..?

Orang-orang Yahudi menuduh Yesus sebagai pelanggar Taurat. Apakah memang demikian ? Bagaimana pendapat anda…?

syalom bro nico…

kayaknya nggak ada yg bisa menjawabnya…

Jika hanya bicara soal atruan secara literal, jelas Jesus dan para rasul melanggar Taurat, bro.
Bahkan mengampuni dosa pun sudah dianggap melanggar.
Begitupun mengaku sebagai Anak Allah, karena Allah dalam Taurat tidak beranak.
Begitupun mengenai larangan bekerja pada hari sabat, dst.

;D

@niko
Bro, apakah Yesus melanggar taurat? Saya berpandangan, “tidak”.
Bukan Yesus melanggar taurat, tetapi ahli taurat yang masih belum mampu memahami dengan benar apa yang tertulis dalam taurat, sedangkan Yesus tahu dengan tepat apa apa yang tertulis didalamnya. Salah satu bukti paling nyata bahwa yahudi tidak memahami saat itu adalah, bagaimana mereka tidak pernah berhasil memojokan Yesus dalam tuduhan tuduhannya kepada Yesus dalam hal taurat.
Kedua, kalau bro @bruce menyatakan bahwa secara literal Yesus melanggar taurat, maka saya nyatakan tidak. Secara litheralpun Yesus tidak melanggar. Sabat Yesus gak pernah melanggar, yang lain juga. Tentang pengampunan dosa, maka kita harus ingat bagaimana musa ditempatkan sebagai “allah” bagi firaun… Nah ini pun sah sah saja…

Jadi intinya adalah, pemahaman. Yesus mengenal taurat karena milik Dia lah taurat itu. Sementara yahudi hanya manusia yang berusaha menerjemahkan dan memahami apa yang dimiliki Yesus itu.

Shalom.

Ehhhm, begini bro. Kita, sebagai umat Kristen, tentu percaya bahwa Jesus adalah Tuhan, bahwa Dia lah yang memberikan Taurat untuk dipatuhi oleh umat Israel. Maka tidak mungkin Jesus melanggar Taurat. Betul begitu kan ya.

Tetapi, seperti juga kita lihat dari kisah di Injil, begitu seringnya para kaum Farisi panas kuping dan hati karena ‘pelanggaran Taurat’ oleh Jesus yang dilakukan terang terangan.

Kita tahu, bahwa Jesus sangat memahami apa yang menjadi dasar aturan Taurat, ia mengerti makna dan isi Taurat yang paling dalam, sedangkan, kaum Farisi hanya mengenal aturan yang tertulis; soal haram/halal makanan, soal aturan hari sabat, soal hukuman, dll. Tetapi, mereka tidak mengetahui mengapa hukum Taurat itu ada, mengapa hukum itu diberlakukan, mereka tidak melihat sampai ke dalam, tetapi hanya sampai kulit.

Dan itu yang oleh sebagian ‘Kristen’ saat ini diterapkan, mereka cuma melihat makanan halal/haram, ibadah hari sabat, dan berbagai macam aturan yang sebenarnya tidak menyentuh pokok, hanya kulit. Jadi, tanpa sadar, sekarang mereka sudah mencontoh kaum Farisi yang oleh Jesus begitu dicerca dan disindir, anehnya justru dipraktekan lagi sekarang ini.

Syalom

:mad0261: jadi bagaimana :’( mi, siapa :’( mi pale’ yang melanggar

Tidak melanggar, tapi menggenapi… :slight_smile:

aturan 10% juga, hihihi…

Wooow, itu penting sekaleeee

:afro:

Tuhan yesus membatalkantaurat --itu yang betul

P. Baru: Efesus

2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia(YESUS) telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya,

Dan sekarang Hukum tauratsudah tidak berlaku lagi
P. Baru: Lukas: 16
16:16 Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes;

GBU