Pelayanan atau Pacaran?

penting nih gan, walaupun kelihatan agak sedikit konyol :smiley:

jadi gini, saya gereja di satu gereja anak muda di jakarta selatan. Nah menurut saya anak muda disini beda sekali dengan generasi2 anak muda jaman sekarang, yaa singkat cerita saya bertobat di gereja ini.

Nah tapi kalau mau pelayanan di gereja ini, tidak boleh pacaran bro :huh: , tapi terbukti sih orang2 yang pelayanan disini banyak yang sungguh2 hidupnya 24 jam terkonek sama Tuhan, walaupun mereka anak muda tapi mereka sangat2 berdampak (garam dan terang) di lingkungan mereka, khususnya jakarta selatan.

Pertanyaan saya, saya sebenernya ingin pelayanan, tapi kadang-kadang saya juga berpikir, pacaran tidak salah juga. Ada saran ga bro? Butuh saran secepatnya nih, Tuhan berkati ya :smiley:

Hi bro shalom
Ehm JakSel… di gereja mana-kah itu boleh tau gak ? :azn:
Clue donk bro siapa (otoritas) yg menerapkeun rules saklek “pelayan gak boleh pacaran” itu ?
Youth Pastornya-kah or who ? :slight_smile:

Rulesnya itu gak boleh pacaran dg ‘sesama pelayan’ di gereja sendiri-kah? diperbolehkeunnya pacaran sama gereja ‘sebelah’ y ? :cheesy:

Klo di gereja saia, pelayan2 diajarin ‘belajar pacaran’ dlu sama luvely JC klo udah lulus tes kesetiaan dlsb, baru direstuin pacaran sama ‘sesama manusia’ ;D ( kidding, but serius! :smiley: )

kalau gitu temanan saja atau sahabatan saja :cheesy:

lha…lagian batasan pacaran itu bagaimana menurut aturan gereja situ? :ashamed0004:

klo memang ga boleh pacaran dulu, pasti ada alasan kuatnya kan… ga mungkin suatu gereja menerapkan itu tanpa ada alasan yg jelas dan hanya ingin membatasi orang-orang yg mau pelayanan. biasanya sih alasannya spy ga salah fokus n motivasi n ga mengganggu pelayanan… dan klo memang dikeluarkan peraturan spt itu, pasti ada jangka waktunya kan? mksdnya mgk berdasarkan usia, atau setelah lulus sekolah/kuliah, atau apapun itu… ga mungkin jg ga boleh pacaran terus… klo ga boleh pacaran terus berarti ada yg salah jg itu… sampe kakek2 nenek2 ga boleh menikah gtu? hehehe.

dulu di gereja saya pernah ada peraturan, yg pelayanan ga boleh pacaran sampai umur 21 thn… atau pernah jg ada peraturan klo lom lulus sekolah ga boleh pacaran. tp itu ya krn ada alasan yg jelas… spy mrk fokus pada tanggung jawab mrk saat itu… belajar dan jg melayani Tuhan dgn segenap hati. dan mgk intinya dibatasin supaya ga pacaran dulu sebelum dewasa jasmani dan rohani. :slight_smile:

pacaran memang tidak salah kok… tp klo memang km mau komitmen melayani di situ ya km hrs taat dan tunduk sama peraturan di situ… jd ya mungkin bisa sahabatan aja dulu sambil share sama pembimbing rohani. klo memang saatnya sudah tiba, sy rasa seharusnya ga akan jd masalah klo km pacaran, apalagi klo km n pacar km bisa saling membangun n pelayanan kalian jg semakin maju. :slight_smile:

sejauh ini komen ini yang paling menjawab :afro: yang lainnya :cheesy:

bener banget bro, persis kaya gitu, saya juga anak baru sih di gereja ini, tapi saya gapernah ngerasain kasih karunia Tuhan yang sebesar ini sebelum saya ke gereja ini, jadi saya tertarik banget untuk melayani di gereja :slight_smile: btw gerejanya dimana bro? terus km pelayanan juga disitu?

Pacaran antara perlu dan tidak perlu, bro. Buktinya banyak yang langsung nikah ngga pake pacaran, contoh angkatan ngkong-mak kita, toh awet-awet juga rumah tangganya. Sebaliknya, yang pacaran tahunan nikahnya mah ngga seumur jagung udah cerai. Tapi ngga nutup mata kalo yang sebaliknya juga ada, yang langsung nikah juga langsung cerai n yang pacaran lama rumah tangganya juga awet.

Yang jelas, anda ngikut satu organisasi yang mau ngga mau musti ngikut aturan organisasi itu. Kalau anda mau ngubah, secara frontal namanya kudeta atau revolusi, bro. Kalau mau ngubah secara pelan-pelan, ntar keduluan umur udah kepala 4 baru bisa pacaran sambil pelayanan.

klo aku ga boleh pacaran karena pelayanan di gereja…yahhhh apa boleh buat, aku tetep aja pacaran asal ga pacaran yang sampai mencekam hihihihihihihhi…

Misalnya: pacaran ama kuntilanak…

bagaimana yang lain? ada saran? :’(

pacaran adalah hak semua orang yang sudah dewasa… tidak satupun yang boleh melarangnya… kecuali anda menundukkan diri dan membatasi diri dalam peraturan suatu lembaga… ingatlah yang melarang anda pacaran adalah aturan gereja sebagai suatu lembaga bukan TUHAN… jadi anda bisa mengambil keputusan yang terbaik buat anda sendiri…

kalo di tempat kuliah saya dulu, ga ada larangan kaya gitu, tapi ada segelintir anak2nya yang dengan kesadaran sendiri emang ga mau pacaran waktu masih melayani. baru deh setelah masa jabatan selesai, tiba2 pada langsung pacaran ;D

mantep bangett, di tempat kuliahnya ada persekutuan bro? maksudnya masa jabatan selesai apa ya? :stuck_out_tongue:

btw nanti saya post statement di gereja saya yang menyarankan untuk tidak pacaran saat pelayanan.

sebenernya boleh-boleh aja sih pacaran, tapi ya itu, fokus pelayanan nya jadi terbagi-bagi. tapi ga semua di gereja saya ga pacaran juga :char11: ada juga yang aktif gereja tapi pacaran dan gapelayanan

yoyoi. lumayan terkenal untuk ukuran jakarta. ;D joke2

ya gitu, jadi mahasiswa (umumnya) kan 4 taon. kalo di fakultas saya, taon ke-2 sama ke-3 bisa jadi pengurus, taon ke-4 jadi tim inti (taon pertama mentok jadi nubi ;D ). Nah, untuk yang jadi tim inti ini, rata2 orang2nya emang menahan diri untuk gak pacaran (rata2 tim inti cuma ada 3-4 orang). Baru beres pelayanan jadi tim inti, yang secara ga langsung lulus kuliah, mereka baru pada meresmikan hubungan, jadi ancer2 sebelumnya udah ada. ;D

kalo kuliah kan masa jabatannya terbilang jelas ya, kalo di gereja siapa yang tau ;D

hai zodiakkillerr… Kalo mis mereka yg di thn ke4 px HPDT yg anjlok, msh bs jd pgrus kah? Ckck… :stuck_out_tongue: bdw,prtnyaan dri yg post… Saraanx, alangkah lebih baik kalo qt mencegah dri pda mengobati,mksd ship-boat… Lbh baik fokus dlu d playanan, jangan smpe kalo kmu sdang aktf plynn trus kmu jga pcran… Fkus kmu brbda, tdk sdqt anak2 plynn,awal2 plynn brkta lbh memfkus pda plynn wlpn pcran… Tpi,akhr2x mlai menghilang krna sdah trfkus pda pcran… Daan, cblah utk menahan diri… Tuhan itu tau dan mengerti,ap2 sja yg qt btuhkan, hx jgn khwtir ttg Psgan hdup itu sndri,. Klo qt khwtr,brarti qt blum prcya spenuhnya sma yg d atas donk… (: jdi,yh … Pcran jangan dlu deh… :slight_smile: Gbu… Salam ship-boat,

bisa, kalo ngga ketauan :cheesy:
kalo anjlok nya masih samar2, ya aman2 aja ;D
tapi kalo anjlok nya kebangetan, pasti ga dibolehin lah. pernah ada case, mahasiswa taon ke-2, jadi pengurus, manajemen waktunya jelek, antara kuliah sama pelayanan. beberapa kali bolos kuliah untuk ngebuat slide yang bakal digunain pas ibadah. alhasil disuruh ‘cuti’ dulu dari pelayanannya. tapi mahasiswanya malah milih cuti selamanya ;D

btw, kalo di tempat saya banyak yang akhir nya jadian nya sama temen sepelayanan nya. pas lagi angkatan saya, tim intinya 4 orang; 2 co - 2 ce. akhir pelayanan, jadi 1 pasang. ;D

Sekedar tanya, bro TS hendak masuk pelayanan di gerejanya bidang ava tho ? komsel kah, music kah ?..
Klo pelayanan skul minggu malah gavava deh tuh pacaran, malah dianjurkeun sama emak2 comblank :cheesy: kata para emak akan cukub berguna bwt melatih kasih sayang tulus via melayani anak2, latian jd ‘ortu’ yg baik, khan calon ‘bokap/nyokap_hubby/wifi’ :azn: ;D

Re: Pelayanan atau Pacaran?
Gile aje anak muda gwetoh loh! yiaa pilih pacaran lah! … sama DIA_JC! :angel:
maka jgnlah kwaget pabila setelah itu automatically tiba2 dia-dia-dia-dia-dia nya bakalan ngarariung ngantriie, ihiihii meeboo maboq deh loe! :happy0025:
>> Bawa aja sllu dlm doa, semedi ehehe, sukur2 puwasa (latihan self-cotrolled under His control), supaya lekas diberi ‘hikmat jawaban’ & mampu pilih + jalani ‘pilihan’ dg semantav-mantavnyaaa :happy0062: JBu

Cheers JOYfully in Christ Jesus onlee ^!^

situ belom pernah ngeliat anak muda yang bener2 gapacaran demi pelayanan ya? pernah baca kisah nya paulus ga? hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan :afro: pernah ga ngeliat anak muda yang masih kuliah hampir seperti ‘Paulus’ jaman sekarang? di gereja saya banyak banget yg kaya gitu, sampe habis2an buat memenangkan jiwa jiwa anak muda yang semakin hari semakin hancur.

kaya di filipi 3:8 paulus ngomong “Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya”

pernah ga bro ngeliat anak muda kaya gitu?

gua sih gapernah nyalahin orang pacaran, Tuhan aja gapernah ngelarang kita pacaran, tapi saran saya pacaran itu butuh modal, modalnya itu salah satu faktor pentingnya “KASIH SAYANG” kasih sayang yang kaya gimana? Yang seperti Tuhan punya (1 korintus 13)

saat kita dateng sama Tuhan dalam keadaan berdosa, dan minta ampun sama Tuhan, Tuhan rela menerima kita, karena dosa kita sudah dibayar dengan nyawa-Nya sendiri, (Yoh 3:16)

saran gua, kalo mau pacaran, kenal dulu sama “kasih sayang” nya Tuhan, itu adalah modal yang gaakan pernah abis kalo kita taro kasih Tuhan di dalam hati kita, itu modal yang bisa bikin pacaran kita sehat, yang bisa bikin kita jauh dari dosa, it’s grace :smiley:

Ihihii brada yg di sana luthu dweh :smiley:
itu saran2 bwt diri sendiri yaw brada? :wink:
gut gut, sepertinya bro sudah memilih “PRINSIP” yg BIJAK ttg belajar “KASIH SAYANG”, sama sperti yg masih saia pelajari hingga detik ini :happy0062:

Dan mu’ub y, sepertinya bro kurang membaca comment saia dg baik, ndak menangkap MAKSUD saia
:smiley: Jangan2 bro ga kenal DIA_JC yg lagi ‘pacaran’ sama saia ? :wink:
Plis read again my comment :

Jgn bilank bro ga ngerti klo DIA_JC yg saia mention itu siave lg sih klo bukan Jesus Christ ? :coolsmiley: ;D (haduh 3x… geli gueh :cheesy:)

Kembali ke pertanyaan “Urgent” bro di awal yg terkesan “sangat butuh jawaban ASAP”, sepertinya bro sudah menentukeun “pilihan jawaban”, klo memang SENADA dg Prinsip ‘paulus jaman sekarang’ yg bro bicarakeun barusan, WELLDONE!.. welcome to the club! :angel:
Dan ndak perlu lg pusing2 soal pacaran ataw pelayanan, (hope it may encouraging u) coz saia & buanyaq anak2 Tuhan lainnya (termasuk yg bro ceritakeun di gereja) FINE2 saja, bahkan HAPPY memilih KEDUANYA (PAKET KOMPLIT ^^) = PACARAN sama JC dlm PELAYANAN bwt JC! and i tell u, ga ada yg seHARMONIS ‘PACARAN macam’ ini! :azn: :smiley: Kedua pilihan bro itu untuk JC dlu, hingga waktu-Nya tiba dimana qta DIA nyatakeun sudah ‘lulus didikan pacaran’-Nya’ happy0025:
Semoga bro betah & sabar ‘belajar’ dlu :slight_smile:
JBu

KAMUS:
JC is = udah taw kan siava? :wink:

Oia… sekalian maw nitib yg 1 ini y bro :slight_smile:

^Titiban dari yesHEis.com Indonesia (this is not JUNK!) bwt all anak muda yg (merasa komit) terpanggil dan ataw terpilih dalam kegerakan-Nya^
Hiasan anak muda adalah kekuatannya.
Pastiin kamu ga nyia-nyiain kekuatan di masa mudamu.
Jangan salah dalam menggunakan kekuatanmu.
Jangan menggunakan kekuatanmu untuk memuaskan hawa nafsu dan mengejar apa yang ditawarkan dunia.
Dan juga jangan melemahkan kekuatanmu dengan tinggal dalam kemalasan.
Maksimalkan kekuatanmu untuk Tuhan, maka Dia yang akan buat masa mudamu gilang-gemilang.

“Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena e ngkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu…”
(1 Tim 4:12)

JBus
Cheers JOYfully in JC_Jesus Christ only ^!^

haha iya kayanya itu post buat jawaban saya sendiri, berserah aja sama Tuhan deh :angel:

maap kalo salah paham, tapi postingan saya bukan buat bales postingan bro aja siih, yang penting ambil meaning nya aja :slight_smile: