Pelayanan Roh

2kor 4:17-18

17 Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.
18 Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

Pelayanan Roh
Disini kita melayani apa yang Tuhan kehendaki bukan berdasar pada rutinitas atau kebiasaan
yang berlaku hari demi hari , minggu demi minggu , bulan demi bulan dst …

Bukan lagi berdasarkan pada liturgi …
Ttp benar2 pelayanan yang berdasar apa yang Roh Kudus tuntun

Saya berikan contoh:

Tiba2 saja Tuhan katakan: " Nak , kau harus ke sana dan berdoa untuk orang itu !! ".
Maka kita yang mendapat tuntunan tersebut …taat dan mengerjakan apa yang sdh Roh Tuhan katakan.

Atau tiba2 Tuhan katakan : " Kau harus berdoa dan berpuasa untuk kota itu , agar kota itu terhindar dari bencana !!"

Dan kita melakukan spt yang Tuhan mau.

dalam pelayanan Roh ini, ini kita hanya melalukan tepat spt yang Tuhan kehendaki, stp kita melangkah bukan atas kemauan kita sendiri , ttp benar2 krn melalukan apa yang berkenan kepada Tuhan.

Pelayan2 roh ini dibutuhkan kepekaan :angel:

Tuhan Yesus memberkati :slight_smile:

Amin sis esther, tapi bukankah setiap kita yang mengaku percaya memang sudah harus memiliki kepekaan terhadap apa yang namanya “ROH KUDUS”?

Jadi sebenarnya jika hidup menurut Roh ya pasti dipimpin Roh, jadi tau kehendak Bapa. Terima kasih atas sarannya sis.

Tuhan beserta… :smiley:

Ayat di atas tdk ada hubungannya dgn pelayanan roh:
Ayat 17 maksudnya segala kesukaran yg harus dialami oleh para pengikut Kristus itu sangat ringan dibandingkan dgn kelimpahan kemuliaan yg akan kita peroleh pada masa yg akan datang, yaitu segala warisan sorgawi.
Ayat 18 sama sekali tdk bicara tt pelayaanan roh, hanya membandingkan apa yg dirasakan sbg kesukaran sekarang (karena yang kelihatan adalah sementara) dgn apa yg akan diperoleh pd masa yg akan datang ( sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal ).
GBU all

[email protected]

Terus terang saya selalu mencermati dan menelaah apa yang terjadi dan keluar sebagai pola pikirnya [email protected] di setiap trit yang berkaiatan dng suatu hal yang dikait-kaitkan supaya kesannya berpijak dari pola pikir spiritualitas keimannan Kristen…dan berusaha mencari rujukan -rujukannya dalam ayat-ayat dalam Alkitab…Dan setelah itu mencari pembenaran-pembenaran nya menurut logika-logika manusia ( teologi manusia / = bukan teologi alkitab yng benar ).
Contohnya dng judul trti seperti ini : " pelayanan roh "…?? dia TS mengambil ayat pijakannya dari 2 KOR 4 : 17-18 untuk mendukung buah pikirannya tsb. Padahal penafsiaran dari ayat itu sebagaimana yang disampaikan oleh [email protected] seperti itu …?? adalah menurut saya sangatlah keliru dan salah kaprah.
Kenapa salah kaprah…?? karena tidak ada kesusuaian konteks dan konsep yang benar dari makna sebenarnya ayat tsb dng konsep pola pikir yang dimiliki oleh [email protected] mengenai : istilah Pelayanan roh YANG DIYAKINI OLEH [email protected]

Menurut saya pribadi, [email protected] ini penuh dng buah pikiran-buah pikiran yang berkonsep sekuler ( paradigma dari agama diluar Kristen atau konsep-konsep diluar pola pikiran Alkitab orang kristen )…Tapi diusahakan untuk dimasukan dalam konsep berpikir secara Alkitabiah…semuanya dalam masalah roh dan roh…Sama halnya dalam masalah pembahasan “perkawinan roh”…Ehhh…sekarang ke maslah pelayanan roh…??

Jika memang peminatan tsb menjadi kesukaan dari [email protected]…ya itu adalah haknya bukan…?? Tapi sekali lagi semuanya harus lebih hati-hati dlam memberikan tanggapannya jika tidak berpedoman /beracuan…malah nantinya terjebak dalam kesesatan atau tidak menuju pada Damai Sejahteranya Tuhan YESUS KRISTUS, TAPI MALAH SALING MELEMPAR MAKI DAN HUJAT…Karena dari awalnya saja sudah bukan berpijak pada akar permasalahan yang ditampilkan untuk bahan bahasan itu ( sbg judul trit )…dari dalam Alkitab.

Dalam hal ini bukan berarti kita tidak boleh membahas ini dalam diskusi ini…dan sayapun menjadi menyingkir menonton…?? Hhehehe…tentu tidak…Hanya saja, saya tergelitik untuk memberi lebel saja pada [email protected] ini…

Salam GBU…

2 Korintus 3:
6 Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan.
7 Pelayanan yang memimpin kepada kematian terukir dengan huruf pada loh-loh batu. Namun demikian kemuliaan Allah menyertainya waktu ia diberikan. Sebab sekalipun pudar juga, cahaya muka Musa begitu cemerlang, sehingga mata orang-orang Israel tidak tahan menatapnya. Jika pelayanan itu datang dengan kemuliaan yang demikian
8 betapa lebih besarnya lagi kemuliaan yang menyertai pelayanan Roh!
9 Sebab, jika pelayanan yang memimpin kepada penghukuman itu mulia, betapa lebih mulianya lagi pelayanan yang memimpin kepada pembenaran.
10 Sebenarnya apa yang dahulu dianggap mulia, jika dibandingkan dengan kemuliaan yang mengatasi segala sesuatu ini, sama sekali tidak mempunyai arti.
11 Sebab, jika yang pudar itu disertai dengan kemuliaan, betapa lebihnya lagi yang tidak pudar itu disertai kemuliaan.

Mungkin untuk ayat lebih cocok ini ya? kalau kurang cocok, maaf.

Boleh ikut nanya ya? kalau dari ayat2 ini berarti ada 2 setidaknya pelayanan. Nah perbedaannya apa ya?
Trims.

Lihat ayat 17, hubungkan dgn ayat 8
3:17 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.
Semua pelayanan yg benar2 utk Tuhan adalah pelayanan Roh, bukan pelayanan daging,
karena yg diberitakan adalah kemerdekaan & pembenaran secara rohani.
GBU

menurut saya sih ga usah ditambah2 Roh… karena nantinya menjadi bingung… pelayanan dalah pelayanan… segala bentuk pelayanan yang kita lakukan untuk TUHAN… TUHAN sudah pasti berkenan… apapun itu… dari hal yang terkecil sekalipun… seperti membantu orang tua, menyapa tetangga, menjadi anggota keluarga yang baik… dan lain lain…

Semoga bermanfaat…
TUHAN YESUS memberkati…

kamsud nya apaan ye +_+
melakuken pelayanan di dunia roh gituan ya, melayani dlm mimpi pengliatan ntar ketemuan di alam roh gitu @@?

dlm Alkitab… paulus juga mengatakan :
2Co 3:8 betapa lebih besarnya lagi kemuliaan yang menyertai pelayanan Roh! :smiley:
jadi bukan ditambahai dan nambahi yaq :wink:

klo kita peka akan suara Roh Kudus … tentu … kita ngga akan berbuat dosa kali ya :smiley:

ya ada juga pelayanan daging… yaitu pelayanan yang ngedasar pada keinginan kita sendiri bukan keinginan Tuhan

Krnitu setiap kita terlibat dlm pelayanan itu metinya kita tanya dengan Pribadi yang kita layani : " Tuhan mau aku ada dimana ?"

bukan… aku mau melayani disini saja , atau aku melayani yang ini saja :smiley: itu pasti dari daging …krn ngedasar pada diri kita sendiri …

sepertinya ga klik nih dengan apa yang saya maksudkan… ^^

klo ngga klik mau digimanakan lagi ?? :smiley:

saya hanya ingin menambahkan… jangan sampai anda salah mengerti tentang apa yang tertulis… mengapa paulus mengatakan demikian… apapun yang kita lakuakan… jika kita tidak menempatkan TUHAN yang utama… itu bukanlah pelayanan… itu adalah pemenuhan kepentingan diri sendiri… itu adalah perhitungan…itu adalah bisnis… pelayanan yang sebenarnya adalah menempatkan TUHAN/KASIH didalam hati kita sebagai yang utama… dimana apapun yang kita lakukan dan dimanapun… jika hati kita memanggil… jika belas kasih itu terasa… lakukanlah apa yang bisa kita lakukan untuk kepentingan sesama manusia… untuk kepentingan orang banyak… itulah kehendak TUHAN…itulah pelayanan yang sebenarnya… dan paulus lebih menyebut dengan pelayanan roh… sebutan itu digunakan hanya untuk menyindir para pelayan2 TUHAN yang sudah tidak melayani TUHAN lagi… jadi hati2lah karena sekarang ini banyak jemaat2 yang melayani karena kepentingan pribadi… dan mereka bukan sedang melayani… tapi sedang memenuhi keinginan diri sendiri… itulah yang disebut selubung…

Semoga bermanfaat…
TUHAN YESUS memberkati…

masa
:onion-head33:

ayat tersebut bukan menunjukkan pelayanan Roh.

Sebuah pertanyaan : gimana cara taunya kapan Roh Kudus tuntun, kapan itu dorongan dari kamu sendiri?

Harus ada guideline bukan? Masakan cuma ‘lebih peka’?

spy ngerti ROH KUDUS tuntun… ya … harus sering ajak komunikasi Dia …
Roh Kudus jangan di diamkan saja… ttp ajak ngomong … mua apapun lapor ke Roh Kudus

So? Untuk temen2 yang merasa gak pernah komunikasi dengan Roh?
Coba deskripsikan bagaimana kamu bertemu dan berkomunikasi dengan Roh Kudus.

contoh :
Tuhan Roh Kudus… aku hari ini mau berangkat kerja …semua ada dlm pimpinanMU
Tuhan Roh Kudus… jalanne macet … aku mau lewat yang jalan mana ??
Tuhan Roh Kudus… ini custumer koq ngga bayar2 hutang … sdh aku tagih2 blm bayar juga…
aku mesti bgm?

Itu contoh komunikasi dg Roh Kudus…

ttp klo dalam pelayanan Roh …
Itu nanti Tuhan akan beri penglihatan … dan dr penglihatan itu saya akan tanya ke Tuhan maksudnya apa penglihatan itu ??
Tuhan suruh apa… saya kerjakan …

Atau Tuhan tiba2 berkata … kamu hubungi temanmu (si A) tanyakan kabarnya…
saya tinggal ngikut aja apa yang Tuhan suruhkan …(biasanya klo spt itu … teman / orang yg sy hub sdg hopeless)

Okay, aku lebih concern yang kedua.
Dari mana kamu tau, misalnya ‘tanyakan kabar si A’ itu dari Roh Kudus atau suara hati kamu?