Pelayanan USHER/Penyambut Jemaat

Keknya pelayanan yg satu ini sering kali tidak dilihat padahal sangat penting lho
Sebagai penyambut jemaat aku rasa mereka ada responsibility untuk menunjukan bahwa jemaat itu disambut dengan rasa sukacita, penuh perhatian dan dengan semangat.

Tetapi seringkali org2 yg pelayanan usher ini melupakan poin2 tersebut. Akibatnya ya jemaat bisa saja merasa tidak d sambut. Simple aja, klo salam genggam mata tidak memandang si jemaat yg d salami tp memandang jemaat -after- jemaat yg d salami. Ato contoh lain, nyalamin tp kek cuma sekedar nempelin tangan (kek ga niat salaman). Ato juga kadang ada usher2 yg cm nyalamin diem sunyi senyap ngggggg…ggggg…

Bukan berarti saya mengatakan bahwa jemaat dtg untuk merasa d terima/d salami saja (Jemaat tetap hrs datang ke greja dengan alasan yg benar yakni Memuji dan Memuliakan nama Tuhan). Hanya saja, bayangkan jika yg d salami adalah orang luar yg sedang mencari tahu ‘what is christianity’ ato apalah…Sebagai usher aku rasa mereka hrs memberikan kesan yg mendalam sebagai saudara sesama umat beragama. Apalagi klo ada usher yg hapal nama2 tiap jemaat, wah TOP dah (<-- rada susah klo buat gereja yg jemaatnya ribuan) :slight_smile:

Kenapa kita pelayanan itu kan dasarnya dari hati kita yang menyembah Tuhan. Sudah pasti harusnya ada dorongan dari hati untuk kita memberikan yg terbaik buat Tuhan. Begitu juga hal nya dengan pelayanan. Sekecil apapun pelayanan kita itu, harusya kita lakukan dengan sepenuh hati dan one step further. Hal ini lah yg sering kita bilang ‘passion’.

GBU

hihihhh itu mahh msh biasa, sist ato bro y ini? :ashamed0004:
kmrn smpt ibdh di **** nda gtu jls itu seksi apa, tp yg pst smpt kget jg pas dy blg gini k tmnku yg br slsai dr toilet *tlg jgn bulak balik y ~ twinggg ngmng dlm ati, ini skolahann y? knp tdk blh bulak balik hahha :cheesy:, trs nda gitu lm krn tmn2 yg lain blm dtg krn hny ad tasny aja, dy blg *tdk bisa d booking y, tmptny hrs di isi tdk bisa di booking2 ~ hahhha yg ini mlh tmbh buat kuesel abiss rekk mmg e ini bioskop? smpt mo kluar lg, cm d ingtkn kl dy jg mnusia biasa yg pst SALAH :smiley: d sinilah buah2 roh kita d uji, mo lht kkurangan org trs ato ttp memandang Tuhan Yesus nya :slight_smile:

gw jg pernah koq kek gereja **** yg ruame nya minta ampon…d situ usher nya selalu ngeliatin kursi2nya, pokknya klo kosong tp cm tas cm blh kosong 10min, lbh dr itu bakal d kasih k org lain…behhhh
Tapi yah memang itulah tugas usher sih ya untuk memastikan penggunaan kursi efisien dan tidak ada yg kosong (alias tersia-siakan). Yah klo aku sih prinsipnya booking tmpt g masalah, but once PW sudah di mulai, bookingan kursi itu sdh selayaknya hilang (ini dlm kasus org yg d bookingkan terlambat datang). Klo memang maw dpt kursi ya hrs nya dtg pagian dong, gitu aja…

Gereja ane sih kapasitasnya cm 150 org, maklum greja kecil. Jadi ya untuk masalah kursi sih tidak terlalu jd masalah. yah benernya tiap2 gereja beda masalah sih ya…

hm… komen dikit yah… tp please no heart filling, ini hanya pendapat sy… :slight_smile:
sy ga tau yg anda maksud gereja mana dan ga berminat menebak2 jg. tp setau sy biasanya kalau di gereja yg jemaatnya banyak dan kursi terbatas, sering terjadi hal yg anda bilang, terutama yg ttg ga boleh booking. sebenarnya sih ya masuk akal juga. klo mau dpt kursi ya datang pagian. masa org yg sudah datang lebih pagi malah tidak bisa mendapatkan tempat yg lbh baik dibanding yg datang telat? dan sebenarnya bukan cuma itu saja… balik lg hrsnya masing2 jemaat bertanya lg pada diri sendiri, buat apa ke gereja. kita ke gereja bukan hanya sekedar kewajiban kan… kita ke gereja untuk bertemu sama Tuhan kita, Raja di atas segala raja. harusnya sikap kita menghormati dunk? disiplin itu yg diperlukan. anggap aja spt kita mau ketemu presiden, apakah kita akan membuat pak presiden menunggu kita?
ya jg pernah mengalami hal spt yg anda alami tp biasa sy mengalaminya klo lg ikut acara kkr besar… ya memang agak sedikit kesal jg kalau spt itu, tp memang demikian hrsnya. kalau mau dpt yg baik ya hrs ada harga lebih yg dibayar. :slight_smile:

untuk yg tentang ditegor ga boleh bolak balik, itu biasanya untuk alasan ketertiban dan menghargai orang yg berbicara di depan. kalau anda pernah berada pada posisi sebagai pembicara di depan umum (entah di dpn kelas atau saat meeting) anda pasti tau rasanya. sedikit banyak, orang yg bersliweran akan mengganggu konsentrasi baik si pembicara ataupun orang2 yg disekitarnya. dan karena ini di gereja, sudah pasti kita sudah seharusnya menghormati kehadiran Tuhan, dan salah satunya ya dengan tidak bolak balik. ada baiknya kalau bisa ke toilet sebelum dan sesudah ibadah dimulai. kalau di gereja sy, ini sudah mulai diajarkan di anak2 sekolah minggu (yg sudah agak besar - sekitar sd) ya mskp kalau di ibadah umum tetap aja banyak yg msh suka bolak balik. sebelum cerita dimulai, anak2 ke toilet dulu, selama cerita dibagikan, mereka tidak ada yg ke toilet. dan lama2 mereka jadi tau sendiri, saat ibadah dimulai, sebaiknya mereka tidak bolak balik ke toilet. :slight_smile:

saya setuju sekali dengan pendapat bahwa pelayanan usher itu pelayanan yg sebenarnya penting tp banyak yg tdk menganggapnya. dan itulah yg jd masalahnya… mrk yg pelayanan usher kadang ga menjalankan perannya dengan benar. :char12: dan spt yg Mogun bilang, hal tersebut pasti ada efeknya kepada jemaat yg hadir.
setuju lagi sama yg Mogun bilang, sekecil apapun pelayanan kita, lakukan itu dengan sepenuh hati. Ingat, mata Tuhan melihat apa yg kita perbuat. Dia tau dan memperhitungkan sekecil apapun sesuatu yg kita lakukan untukNya dengan sungguh2 dan tidak dengan bersungut2. :slight_smile:

aloo bro, untuk nmr 1. ak nda blg kt dtg telatt lhoo ;D tp tmnku msh ad d toilet posisiny pas br dtg itu, jd hny ad tasny saja, llu kl ad orgny dn hny d tgl k toilet, tasnya mesti kt apakan? dn msh bnyk bngku yg kosong kq :cheesy:
2. posisiny ibdh blm mulai kq bro, blm mulai pujian pnyembahan, aplg pmbicara :char11: kita dtg 30 menit lbh awal :slight_smile:

yg pd intiny share sy ini, agar saat kt bribdah ttp memandang Tuhan jngn pd playan2 Tuhan yg pst mlakukan ksalahan, no other purpose ^.^V

Gendernya kan Female, kok dipanggil bro…hahahah…

Menurutku, point-point penyambut jemaat:

  1. Ramah, itu sangat penting supaya orang merasa nyaman
  2. Mungkin bisa membantu mencarikan tempat duduk, dan nunjukin jalan (misalnya yang barung datang belum tau toilet ada di mana)… :slight_smile:

wah, klo yg kyk gtu lom pernah tau sih… hrsnya klo tasnya bukan tas org yg disampingnya sih ga masalah ya saat dibilang lg di toilet… kan hrsnya usher bisa liat jg itu tas milik org yg disampingnya atau beneran lg ke toilet…
n biasanya hrsnya klo sblm ibadah dimulai ga masalah bolak balik, kecuali klo memang penuh bgt sampai mengganggu org2 yg baru mau dtg.
yah, mgk itu kebijakan dr pemimpin usher gereja itu kali yaa… :slight_smile:
btw, i’m female sis, not male… :coolsmiley: