Pemahaman Matius 22:1-14

22:1. Lalu Yesus berbicara pula dalam perumpamaan kepada mereka:
22:2 “Hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja, yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya.
22:3 Ia menyuruh hamba-hambanya memanggil orang-orang yang telah diundang ke perjamuan kawin itu, tetapi orang-orang itu tidak mau datang.
22:4 Ia menyuruh pula hamba-hamba lain, pesannya: Katakanlah kepada orang-orang yang diundang itu: Sesungguhnya hidangan, telah kusediakan, lembu-lembu jantan dan ternak piaraanku telah disembelih; semuanya telah tersedia, datanglah ke perjamuan kawin ini.
22:5 Tetapi orang-orang yang diundang itu tidak mengindahkannya; ada yang pergi ke ladangnya, ada yang pergi mengurus usahanya,
22:6 dan yang lain menangkap hamba-hambanya itu, menyiksanya dan membunuhnya.
22:7 Maka murkalah raja itu, lalu menyuruh pasukannya ke sana untuk membinasakan pembunuh-pembunuh itu dan membakar kota mereka.
22:8 Sesudah itu ia berkata kepada hamba-hambanya: Perjamuan kawin telah tersedia, tetapi orang-orang yang diundang tadi tidak layak untuk itu.
22:9 Sebab itu pergilah ke persimpangan-persimpangan jalan dan undanglah setiap orang yang kamu jumpai di sana ke perjamuan kawin itu.
22:10 Maka pergilah hamba-hamba itu dan mereka mengumpulkan semua orang yang dijumpainya di jalan-jalan, orang-orang jahat dan orang-orang baik, sehingga penuhlah ruangan perjamuan kawin itu dengan tamu.
22:11 Ketika raja itu masuk untuk bertemu dengan tamu-tamu itu, ia melihat seorang yang tidak berpakaian pesta.
22:12 Ia berkata kepadanya: Hai saudara, bagaimana engkau masuk ke mari dengan tidak mengenakan pakaian pesta? Tetapi orang itu diam saja.
22:13 Lalu kata raja itu kepada hamba-hambanya: Ikatlah kaki dan tangannya dan campakkanlah orang itu ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.
22:14 Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih.”

seperti yg saya berulang kali katakan, konteks sangat penting
tanpa konteks kita akan mengartikan ayat melenceng dari arti yang dimaksud oleh penulis
saya bisa berikan contoh yg jelas mengenai hal tsb.

konteks yg ada pada matius 22 :

  • injil matius adalah surat yang ditulis oleh matius, bukan sebuah buku panduan yg tidak butuh alur cerita
  • YESUS sedang bicara dengan orang israel, bukan dg non Yahudi
  • ayat2 sebelumnya mat 21:28-32 perumpamaan tentang penolakan israel
  • ayat2 sebelumnya mat 21:33-46 perumpamaan tentang penolakan israel
  • ay 22:15. orang-orang Farisi ingin menjerat YESUS dengan suatu pertanyaan
    jelas sekali akan aneh bila 22:1-14 tidak bicara tentang penolakan israel,
    surat matius ini akan menjadi lompat2 tanpa alur cerita yg runtun

sehingga :
ay 3-5 : israel menolak panggilan KRISTUS melalui nabi2 nya
ay 6 : israel yg membunuh nabi2, termasuk yohanes pembaptis
ay 7 : israel dibuang, bukankah mereka dlm penjajahan romawi saat itu?
ay 8-10 : keselamatan dibuka untuk non Yahudi
ay 11-13 : siapa yg menjadi Kristen tanpa mengerti arti penebusan KRISTUS atas dosanya(tanpa mengerti apa itu pesta shg tidak berpakaian pesta) dia akan dibuang
ay 14 : Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih

ayat terakhir adalah kesimpulan inti cerita yaitu keselamatan diberikan kepada bangsa lain karena banyak orang israel yang dipanggil tetapi sedikit diantara mereka yg dipilih

ayat terakhir tidak menunjuk ke orang yg tidak berpakaian pesta karena :

  • akan keluar dari konteks cerita yaitu penolakan israel
  • bila merujuk satu (sedikit) “orang yg tidak berpakaian pesta”
    maka ay 14 harusnya berbunyi : “Sebab banyak yang dipanggil, tetapi satu(sedikit) yang ditolak”,
    bukankah yg ditolak hanya satu orang dalam perumpamaan tsb?

kesimpulan : ayat tsb bicara tentang penolakan israel atas Kristus, bukan bicara tentang orang kristen yg murtad

jadi kesimpulannya apa…? :mad0218:

=====
coba terangkan kesimpulan kamu [ie. calvinist] ttg ayat yang kamu salin tsb…! :mad0218:

terimakasih telah mengingatkan saya, sudah saya update post #2

Nah, sekarang kamu jelaskan…!
Kapan Orang2 Dipanggil…?
A. Sebelum Dunia Dijadikan
B. Setelah Dunia Dijadikan

====

Kapan Orang2 Dipilih…?
A. Sebelum Dunia Dijadikan
B. Setelah Dunia Dijadikan

=====
Apakah Pemanggilan Allah tersebut diluar ‘DAULAT’ Allah…?

Silakan…!

helooo… :smiley6600: mana TS nya nih… :coolsmiley:
saya lagi tunggu jawaban TS, atas pertanyaan si Limited edition nih… :char11:
dipersilahkan utk TS menjawab pertanyaan lawan diskusinya… :happy0062:

maaf pertanyaan anda diluar konteks pembahasan, kecuali anda bisa jelaskan apa hubungan pertanyaan anda dg ayat2 diatas

Tuhan memberkati

Apanya yang diluar Konteks yah…? ;D

liat, ini saya kutip dari Alkitab yang kamu posting…!
Matt 22:14 “Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih.”

Sekarang saya bertanya :
Kapan Orang2 Dipanggil…?
A. Sebelum Dunia Dijadikan
B. Setelah Dunia Dijadikan

====

Kapan Orang2 Dipilih…?
A. Sebelum Dunia Dijadikan
B. Setelah Dunia Dijadikan

=====
Apakah Pemanggilan Allah tersebut diluar ‘DAULAT’ Allah…?

Silakan…!

mengapa anda pakai pertanyaan tanpa beri langsung argumentasi anda yg menyerang?
bukankah itu menunjukkan kelicikan anda?
perbaiki cara posting anda kalau anda ingin jadi berkat buat orang lain dan mau berdisuksi secara fair
kecuali tujuan anda hanya untuk menang debat memang itulah yg harus anda lakukan

jawaban saya :
dipanggil setelah dunia dijadikan, dipilih sebelum dunia dijadikan

tetapi ayat tsb tdk menyatakan urutan mana yg dulu mana yg kemudian (saya sudah tahu kemana arah pertanyaan anda selanjutnya)
ayat tsb hanya ingin mengkontraskan antara yg dipanggil dan yg dipilih

Shalom

Taukah sodara ayat yang saya bold biru itu ternyata berbicara mengenai perjamuan kawin Anak Domba?
Perumpamaan pada ayat sebelumnya mengenai umat israel yang menolak Tuhan YESUS berbeda konteks dengan perumpamaan tentang pada pasal 22

Perumpamaan sebelumnya mengenai umat israel yang menolaknya

Uniknya di pasal 22 Tuhan YESUS ingin mengatakan bahwa orang-orang Kristen juga akan menolak perjamuan kawinNya

Itulah sebabnya di ayat 14 Tuhan YESUS berkata

22:14 Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."

Singkatnya konteks perumpamaan tentang kebun anggur dan perjamuan kawin adalah 2 konteks yang berbeda

Dan menurut saya, anda memaksakan sekali pemahaman sodara bahwa konteks perumpamaan ayat tersebut untuk orang israel

Mengingat perumpamaan tentang orang israel sudah dibahas pada perumpamaan sebelumnya

Sebenarnya Tuhan YESUS ingin memperingatkan kita (umat Kristen ) bahwa kita harus selalu taat pada perintahNya , jika tidak kita akan bernasib sama dengan bangsa israel yang dicampakkan Allah

Jika terhadap bangsa israel yang merupakan cabang asli saja Tuhan tidak sayang memotong mereka dari akar , apalagi kita yang merupakan cangkokan dari cabang asli?

Roma 11:21

11:21 Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, Ia juga tidak akan menyayangkan kamu.

Tuhan YESUS ingin kita menarik pelajaran dari israel , agar selalu taat . bila kita tidak taat kita juga akan bernasib sama seperti israel

1 Korintus 10:1-6

10:1 Aku mau, supaya kamu mengetahui, saudara-saudara, bahwa nenek moyang kita semua berada di bawah perlindungan awan dan bahwa mereka semua telah melintasi laut.
10:2 Untuk menjadi pengikut Musa mereka semua telah dibaptis dalam awan dan dalam laut.
10:3 Mereka semua makan makanan rohani yang sama

10:4 dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu ialah KRISTUS.
10:5 Tetapi sungguhpun demikian Allah tidak berkenan kepada bagian yang terbesar dari mereka, karena mereka ditewaskan di padang gurun.
10:6 Semuanya ini telah terjadi sebagai contoh bagi kita untuk memperingatkan kita, supaya jangan kita menginginkan hal-hal yang jahat seperti yang telah mereka perbuat,

Ibrani 3 :17-18

3:17 Dan siapakah yang Ia murkai empat puluh tahun lamanya? Bukankah mereka yang berbuat dosa dan yang mayatnya bergelimpangan di padang gurun?
3:18 Dan siapakah yang telah Ia sumpahi, bahwa mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Nya? Bukankah mereka yang tidak taat?

Tuhan YESUS ingin memperingatkan kita , jika kita tidak taat kita akan bernasib sama seperti israel

Salam

bolehkan anda menjelaskan apa dasar anda menyimpulkan bahwa konteksnya berbeda?

seperti yang saya tulis sebelumnya :

  • yang ditolak ada berapa? satu

22:14 Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."

kalau yg ditolak hanya satu harusnya berbunyi
22:14 Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit(satu) yang ditolak

justru sebaliknya tidak masuk akal kalau perumpamaan bukan tentang yahudi,
karena injil ini ditulis untuk orang yahudi sehingga perumpamaan pasti mengarah kepada yahudi

ini saya copas dari wikipedia :

Jika Injil Markus ditulis untuk orang Romawi dan Injil Lukas untuk Teofilus dan semua orang percaya bukan Yahudi, maka Injil Matius ditulis untuk orang percaya bangsa Yahudi.

Latar Belakang Yahudi dari Injil ini tampak dalam banyak hal, termasuk:

  • ketergantungannya pada penyataan, janji, dan nubuat Perjanjian Lama (PL) untuk membuktikan bahwa Yesus memang Mesias yang sudah lama dinantikan;
  • hal merunut garis silsilah Yesus, bermula dari Abraham (Matius 1:1-17);
  • pernyataannya yang berulang-ulang bahwa Yesus adalah “Anak Daud” (Mat 1:1; Mat 9:27; Mat 12:23; Mat 15:22; Mat 20:30-31; Mat 21:9,15; Mat 22:41-45);
  • penggunaan istilah yang khas Yahudi seperti “Kerajaan Sorga” (yang searti dengan “Kerajaan Allah”) sebagai ungkapan rasa hormat orang Yahudi sehingga segan menyebut nama Allah secara langsung, dan
  • petunjuknya kepada berbagai kebiasaan Yahudi tanpa memberikan penjelasan apa pun (berbeda dengan kitab-kitab Injil yang lain).

Shalom

Bukankah sudah saya katakan , kata kuncinya adalah “perjamuan kawin ?”

Salam

jadi kesimpulan anda hanya berdasar pemkaian istilah yang sama?

dasar saya :

  • injil matius ditulis untuk orang yahudi
  • yg diajak bicara saat itu : imam-imam kepala dan orang-orang Farisi (21:45)
  • orang2 farisi ingin menjerat YESUS setelah mendengar perumpamaan tsb. (22:15)
  • uraian saya ttg “22:14 Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih.”

sangat tidak masuk akal bila YESUS memberikan perumpamaan yg tidak berhubungan dengan israel

Shalom

Jika sodara menafsirkan sedikit adalah “satu” hanya karena hanya ada satu orang pada perumpamaan itu yang tidka memakai pakaian pesta
Sesungguhnya tafsiran sodara terlalu dipaksakan

Makna dari pakaian pesta itu adalah ketaatan dari orang Kristen

Orang yang tidak memakai pakaian pesta itu digambarkan sebagai orang Kristen yang tidak taat

Perumpamaan ini mempunyai hubungan yang erat dengan perumpamaan 5 gadis bijaksana dan 5 gadis yang bodoh

Dimana 5 gadis yang bodoh adalah wujud penggambaran umat Kristen yang tidak taar dan gadis yang bijaksana adalah wujud penggambaran dari umat Kristen yang taat.

Jika sodara menafsirkan itu bangsa yahudi , jelas akan sangat kacau sekali , karena yang mempunyai hukum taurat tertulis hanyalah bangsa israel sendiri (bukan banyak bangsa)

Sangat bertentangan dengan dengan" banyak dipanggil sedikit dipilih " ,

Sebab pada awalnya Tuhan hanya merencanakan keselamatan untuk bangsa israel

Jika awlanya keselamatan hanya untuk bangsa israel (satu bangsa ) , kemanakah sisa bangsa lain ?

Bukankah “banyak dipanggil ?” kemanakah banyak bangsa ini?

Jelas tidak mungkin itu bangsa israel

Perumpamaan yang cocok untuk bangsa israel adalah yang ini

Markus 12:10

12:10 Tidak pernahkah kamu membaca nas ini: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru:

Salam

Dan yang saya aneh , bagaimana sodara bisa merubah kata dari "dipilih " menjadi "ditolak ?

Minta pencerahan bro

Shalom

Saya sudah cek untuk ayat 15

Sodara lihat lagi di alkitab sodara , bahkan ayat 15 sudah menjadi bab baru , dan tidak ada hubungannya dengan ayat 1-14

Ayat 15 sudah sangat jelas beda waktu dan berbeda tempat

Baca lagi bro

Saya sudah mendapat kesan anda memaksakan bunyi ayat itu

“Bahkan ayat 15 sudah berbeda tempat dan waktu”

Jadi sangat tidak benar bahwa ahli taurat ingin menjerat Tuhan Yesus setelah mendengar perumpamaan itu

Salam

Pakaian pesta bicara tentang kekudusan. Mereka yang tidak mengenakan pakaian pesta, adalah mereka yang tidak mencuci jubahnya dengan darah anak domba.

banyak koq ayat pendukung yang bicara tentang itu… :slight_smile:

kalau Tuhan ingin menyatakan bahwa “banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih” menujuk pada orang yg berpakaian pesta,
Tuhan tidak akan lalai membuat perumpamaan yg berisi “banyak yg tidak berpakaian pesta”

Matius 25:1-23 tentu saja lain, karena saat itu Tuhan sedang berbicara kepada murud2nya
bukan kepada imam dan farisi

seperti yg saya tulis sebelumnya ada 4 dasar :

  • injil matius ditulis untuk orang yahudi
    - yg diajak bicara saat itu : imam-imam kepala dan orang-orang Farisi (21:45)
    - orang2 farisi ingin menjerat YESUS setelah mendengar perumpamaan tsb. (22:15)
  • uraian saya ttg “22:14 Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih.”

saya setuju Markus 12:10 untuk bangsa yahudi

Shalom

Jika tujuan sodara ingin mengatakan bahwa dengan menjadi Kristen sudah pasti selamat

Silahkan jawab yang satu ini

Menurut anda perumpamaan 5 gadis bijaksana dan 5 gadis bodoh untuk orang Kristen atau israel ?

Salam