pemahaman teologis

mau tny, kira2 bagaimana pemahaman teologis ttg Lukas 6:37-38, atau sbnrnya apa sich yg Lukas mw katakan dr pembacaan tersebut???

Waduhh tanyanya ke yang sekolah theologia ya… saya hanya bantu ayatnya aja yahhh… ^^

P. Baru: Lukas: 6
6:37. “Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.
6:38 Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.”

  1. Ayat dlm Lukas 6:37 ini lebih jelas pada Matius 7:1-5
    7:1 “Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.
    7:2 Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.
    7:3 Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?
    7:4 Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu.
    7:5 Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu.”
    Dlm ayat2 tsb Tuhan YESUS mengecam kebiasaan kita dlm mencela kesalahan org lain, dgn mengabaikan kesalahan sendiri. Kita harus sesuai dgn standard kebenaran Allah dulu sebelum dpt layak menegur org lain.

  2. Lukas 6:38 Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."
    kalau kita mau peduli dgn org lain yg perlu ditolong, maka seolah kita yg mempiutangi Tuhan , utk itu Tuhan akan membayar (membalas) nya dgn kadar seberapa kita berbelas kasih kpd sesama kita. Semakin kita memberinya dgn hati yg berbelas kasih maka semakain besar pula Tuhan akan membalasnnya.
    Semoga sedikit dpt memberikan penjelasan, GBU

Matius 7:12 :“Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

nie ayat pas banget… , thanks bro.
Syalom :afro:

inti dari Lukas 6:37-38 adalah “jangan menghakimi”, menghakimi berasal dari kata Yunani " krino" artinya memilah-milah. dengan kita memaafkan orang lain maka sebenarnya kita melepaskan kesembuhan bagi diri kita sendiri. penelitian membuktikan bahwa orang yang tidak mau memaafkan resiko terhadap penyakit kanker, dan bila kita mengampuni orang lain kita melepaskan juga berkat bagi diri kita dan Tuhan tidak akan menghakimi kita juga

:afro: Tuhan memberkati