pembaptisan

mau tanya donk… pembaptisan itu apa ya…??? kata temen saya… pembaptisan baru bisa di lakukan setelah 6 bulan belajar di gereja… benarkah.??? dan… sebaiknya waktu yg tepat bagi remaja ke gereja itu kapan.??? tolong info nya… thx before… :angel: :afro: :happy0025:

Sebenarnya, pembaptisan /Baptisan Air itu adalah sebagai pengakuan percaya Tuhan Yesus di depan umum/jemaat.
Keselamatan seseorg diterima saat ybs mengakui Yeus sbg Tuhan & Juruselamat, kemudian perlu ditindak lanjuti dgn Baptisan Air.
Tahap utk mengikuti Baptisan Air ini berbeda disetiap denom tergantung aturan masing2. Ada yg menentukan 3 bulan, atau 6 bulan.
Masa 3bln /6 bln itu utk memberikan pelajaran2 sehubungan dgn kekristenan spt: apa itu pertobatan, Baptisan air dsb.
Masa pembelajaran ini diperlukan agar ybs bisa mengerti apa itu menjadi kristen, dan seterusnya dapat beradaptasi dgn pengajaran lainnya yg diberikan gereja.
GBU

wajib kah pembaptisan itu.??? :mad0261: :ashamed0004: makasii info nya… :coolsmiley: :ashamed0004:

Sebagai org yg sdh mengaku percaya Yesus maka wajib utk di baptis.
Sesuai dgn apa yg dikatakan oleh Tuhan Yesus dlm Markus 16:16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

Baptisan Air itu sbg lambang bahwa seseorg telah dikuburkan dan dibangkitkan dlm kematian Kristus,
shg dpt mengalami kehidupan yg baru yg sdh ditebus oleh kematian Kristus.
Roma 6:4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.
GBU

selamat pagi Angela,

Baptisan sudah dijelaskan dengan baik oleh bro Paul.

Waktu 3 atau 6 bulan tergantung peraturan internal gereja masing-masing. Intinya bukan di waktu itu, tetapi pada TANGGUNGJAWAB. Orang yang dibaptis (yang bukan kanak-kanak/bayi) harus mengerti tentang baptis itu, maknanya, dan konsekuensinya, karena Baptisan adalah SAKRAMEN KUDUS yangs angat sakral, sehingga ketika gereja membaptis, gereja sudah memperoleh kayakinan bahwa ia MENGGUNAKAN KUASA ILAHI BAPTISAN dengan tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

sederhananya, POLISI/DINAS LLAJ tidak akan memberikan SIM kepada anda sebelum mereka tahu anda capable/sanggup mengemudi kendaraan dengan baik dan selamat. Mengapa, karena hal mengemudi itu mengandung tanggungjawab anda baik kepada diri anda sendiri, maupun kepada masyarakat dengan siapa anda berhubungan nanti.

tetapi analogi ini tidak persis / tepat benar karena SIM bicara tentang kemampuan sedangkan Baptisan bicara tentang KEANGGOTAAN , karena Baptisan bukan Surat Ijin, tetapi lebih semacam TANDA MASUK KERAJAAN ALLAH :). Anda memiliki tanda itu menandakan anda sudh ada di dalamnya.

Nah PENGAJARAN 3 atau 6 bulan itu perlu dalam membantu Angela memperjelas pengertian anda tentang KEANGGOTAAN KERAJAAN ALLAH tadi.


Mengenai kapan sebaiknya remaja ke Gereja, gereja terbuka setiap saat. Gereja adalah tempat dari mana Angela mendapatkan pengajaran tentang Injil TUHAN YESUS. Dalam kaitan dengan ini, gereja biasanya membagi-bagi berdasarkan MINAT dan KELOMPOK UMR. Umumnya Sekolah Minggu, Remaja, Pemuda dan Dewasa.

Gereja buklan untuk orang Dewasa, tetapi untuk semua orang termasuk anak2 dan remaja.

Itulah sebabnya untuk remaja yang berdasarkan psikologis umurnya memiliki MINAT, TINGKAT PENGETAHUAN yang sangat KHAS, sedangkan berita di Gereja umumnya untuk Dewasa, sehingga khusu tingkat umur Anak-2 dan Remaja, diberikan PENGAJARAN INJIL YANG SESUAI kebutuhan mereka.

Jadi sebagai Remaja, Angela boleh hadir dalam Pelayanan Kategorial untuk Remaja.

Dan jika Angela adalah tergolong Remaja yang senang dengan kedewasaan berpikir, maka tidak ada salahnya duduk dalam Gereja mendengarkan khotbah dan mengikuti ritual ibadah umum. :afro:

Salam

Babtisan zaman sekarang adalah tanda sudah menjadi anggauta suatu denom

GBU

jangan lupa, wajib babtis SELAM

bukan model babtisan yang lainnya.

Tapi ritual babtis selam yang diadakan di gereja gereja penganut babtisan SELAM [b] TIDAKLAH ALKITABIAH

Tuhan yesus memberkati

Han

itu hanya katamu saja .

bukan kata alkitab.

Coba dimana " Kata Alkitab " yang menggambarkan babtisan selam seperti yang dilakukan oleh denom denom penganut babtisan Selam.

GBU

silahkan baca alkitab dan direnungkan.

anu - itu looo, Yohanes Pembabtis membabtis di sungai yordan. ehhh, betul gak ya ? :ashamed0004: :tongue:

Nah itulah dia , main komment tapi ngga bisa ngebuktikan bahwa Ada ayat yang menunjukan bahwa babtis selam yang dilakukan denom sekarang itu Alkitabiah

GBU

[email protected]

Wadduuhh…???

PEMAHAMAN SEPERTI INILAH YANG MENGHANCURKAN KEKERISTENAN SECARA KHUSUS…( dari dalam kristen sendiri…!!)Dan bunyi pernyataan [email protected] 2 seperti itu adalah bentuk opini penyesatan secara jelas…Artinya, itu adalah opini yang salah kaprah…

Salam GBU…

Lho kenapa ??? bukankah kenyataannya memang demikian ?
orang baru dinyatakan menjadi anggauta suatu denom jika sudah dipermandikan/dibabtis

jika belum maka dikatakan simpatisan saja.
dan satu denom menyatakan babtisan denom lain tidak sah lah
jadi babtisan sekarang sudah cuma jadi tanda anggauta suatu denom saja

lagi pula cara babtisnya juga sudah jauh dari alkityabiah

GBU