Pembela agung

Pembela agung

Dalam rangka mengingat Kenaikan Yesus , Kita melihat beberapa manfaat dari kenaikan Tuhan Yesus ! Kita pernah mempelajari beberapa manfaat ;

• “ Adalah lebih berguna bagi kamu , jika AKU pergi , Sebab Jikalau AKU tidak pergi , Penghibur itu tidak akan datang kepadamu , tetapi jikalau Aku pergi , AKU akan mengutus DIA kepadamu . “ ( Yohanes 16 : 7 ) Manfaat Kenaikkan , Umat Tuhan akan disertai Roh Kudus yang tinggal didalam hidupnya selama-lamanya !

• “ Takkala IA naik ketempat tinggi , IA membawa tawanan –tawanan ; IA memberikan pemberian-pemberian kepada manusia. “ ( Efesus 4 : 8 ) Ini berbicara Yesus telah menawan musuh kita agar tidak menjadi kendala bagi kita lagi dan Kenaikan Tuhan sebagai Pemenang memberikan hadiah-hadiah bagi kita . Berlawanan pada umumnya raja yang menang perang biasanya membawa hadiah kemenangan , Yesus sebaliknya justru memberi hadiah-hadiah bagi kita umatNya .

Manfaat lain dari kenaikan-Nya

Ibrani 7 : 25 “ Karena itu IA sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh DIA datang kepada Allah . Sebab IA hidup senantiasa untuk menjadi pengantara mereka . “
Lewat ayat ini kita mengetahui manfaat lain dari kenaikkan Tuhan ;

  1. Keselamatan yang Yesus berikan kepada manusia SEMPURNA karena menyangkut semua aspek kehidupan , kutuk dosa nenek moyang dimasa lalu , dimasa sekarang dipulihkan jiwani dan jasmani seperti yang Tuhan sampaikan lewat para NabiNya dimasa lalu ( P.L ) Kisah para Rasul 3 : 21 . dimasa yang akan datang dibebaskan dari murka Allah Roma 5 : 9

• Keselamatan yang Tuhan berikan kepada manusia SEMPURNA dengan pengertian tidak perlu ditambah usaha , pekerjaan manusia didalamnya , manusia hanya tinggal menerima saja apa yang sudah Yesus lakukan dikayu salib lewat IMAN ( percaya ) bahwa Yesus telah menyelesaikan semua yang dibutuhkan manusia , Efesus 2 : 8-10 .

• Mereka yang percaya kepadaNya akan dibawa untuk bersuka cita karena Tuhan akan membawa kepada MASA DEPAN yang sempurna , Sebab Tuhan membawa hidup umatNya melintasi gunung dibumi ini dengan kendaraan KEMENANGAN . Yesaya 58 : 14 ; 2 Korintus 2 : 14 .

  1. Yesus telah menyelesaikan dengan SEMPURNA semua aspek dosa yang menjadi penghalang manusia bisa datang kepada Allah , Oleh kuasa darahNya manusia dibenarkan dan dilayakkan untuk datang mendekat kepada Allah BAPA . ( Roma 3 : 24-26 ) bahkan oleh kuasa darahNya membuat kita dilayakkan menjadi keluarga Allah . ( Efesus 2 : 19-21 ) Untuk memahami hal ini lebih jauh lagi , kita belajar lewat gambaran apa yang telah Imam Besar dalam PL lakukan dengan korban bakaran dari burung tekukur . Imamat 1 : 14-17

• Sama seperti imam besar menghilangkan bulu burung setelah membunuh burung itu , Yesus juga ( dengan kuasa darahNya ) sudah menghapus dosa manusia , semerah kirmizi menjadi putih seperti salju ( Yesaya 1 : 18 ) mencabut sampai seakar-akarnya ( bukan cuma mencabuti dosa , sedang akarnya masih ada ) Tetapi Yesus telah menghapus semua akar dosa kita seperti ketidak percayaan ( ragu-ragu ) dan sikap hidup egois , kedagingan , semua telah dicabut Tuhan Yesus sehingga hidup kita berkenan dipersembahkan dihadapan BAPA !

• Burung-burung dibawa ke imam besar sebagai korban bakaran ; asap korban bakaran berbau harum dihadapan Tuhan , Gambaran Umat bisa berkenan dihadapan BAPA dan doa-doa bisa " Terbang kepada Tuhan " Maksudnya saat berdoa kepada BAPA dalam nama Yesus , doa kita jadi berkenan dan Tuhan Yesuspun akan mendukung doa kita ( sebagai pembela ) agar doa kita dikabulkan untuk kemuliaan namaNya !

  1. Sebab IA hidup sebagai pengantara senantiasa , Ini berbicara Saat ini Yesus selalu menjadi Pengantara / pembela yang selalu berdoa syafaat bagi kita , Ini berbicara ;

• Yesus saat ini memang duduk di sebelah kanan Bapa tetapi bukan menganggur melainkan menjadi pengantara ( pembela ) bagi kita dari segala tuduhan, dakwaan iblis , ( Zakharia 3 : 1-2 ; Wahyu 12 : 10 )

• Yesus menjadi pembela bagi doa-doa yang kita naikkan supaya Bapa mengabulkan untuk kebaikan kita . Yesus dengan SEMPURNA mendampingi dan membela umatNya untuk memenuhi kebutuhan manusia yang datang ( Berdoa ) kepada Allah !

Didalam sebuah negara yang menegakkan supremasi hukum sebagai landasan berbangsa dan bernegara , membuat profesi Pengacara ( advokat ) sangat menjanjikan , karena banyak job kasus seperti korupsi dari tingkat menteri sampai rakyat biasa , gugatan hukum atas hak milik tanah , hak asuh anak , sampai mengambil beberapa cacao , kayu kering , pisang dikebun orang , Semua bisa diajukan sebagai masalah hukum dan akhirnya menjadi konsumsi berita media dan bahan pansus sidang parlemen diberbagai negara didunia ini ! Sayang jaminan “ Keadilan hukum “ didunia menjadi abu-abu ( salah benar membingungkan karena selalu ada celah hukum yang dimainkan ) siapa berduit jadi pemenang , wong cilik jadi korban . ( sampai ada kotak koin untuk membela yang lemah )

Jaminan “ Pembelaan Tuhan Yesus “

Saat Yesus berdiri di depan kubur Lazarus , Dia mengatakan ;

• Yohanes 11 : 41 , " Bapa , AKU mengucapkan syukur kepada-MU , karena ENGKAU telah mendengarkan AKU . “ Sebagai Pembela agung suara Yesus selalu didengarkan BAPA .

• Yohanes 11 : 42 , “ AKU tahu , bahwa ENGKAU selalu mendengarkan AKU , “ Yesus berdoa dengan kalimat tersebut karena tahu bahwa apa yang DIA katakan ( doakan ) akan dikabulkan BAPA , bahkan sebelum Lazarus bangkit dari kuburan . Semua itu dengan tujuan supaya Umat Tuhan Percaya , bahwa BAPA yang mengutus Yesus sebagai juruslamat manusia . ( dimasa kini supaya umat tahu Yesus menyediakan diri sebagai Pembela Agung )

Ibrani 4 : 14 , “ Karena kita sekarang mempunyai Imam besar Agung , yang telah melintasi semua langit , yaitu Yesus , Anak Allah , baiklah kita teguh berpegang kepada pengakuan Iman kita . “ ayat ini menjelaskan atau memberi gambaran apa yang terjadi ketika kita berdoa ,

• Yesus sebagai Imam besar akan menjadi pengantara ( pembela ) bagi kita , Karena Yesus telah melintasi segala langit ( langit berbicara Yesus telah menaklukkan kekuasaan dan dimensi segala roh )

• Itulah sebabnya marilah kita berpegang kepada pengakuan Iman bahwa Yesuslah pembela Agungku yang akan menyelesaikan masalah , persoalan hidupku sampai tuntas !
Jadi kita tidak perlu memiliki doa yang indah , kalimat yang menyentuh hati atau minta dukungan seorang hamba Tuhan yang hebat untuk mendoakan kita !

• Sebab Kita dapat berdoa langsung karena BAPA melihat hidup kita sudah “ Berkenan dihadapanNya “ oleh darah Yesus ( hidup kita dibungkus darahNya ) dan Yesuspun menjadi pengantara untuk mendukung doa-doa yang kita panjatkan kepada BAPA !

• Atau mungkin karena begitu berat beban hidup , kita bisa berkata , " Tuhan Yesus, aku tidak tahu apa lagi yang harus kukatakan … mohon menjadi pengantara / syafaat bagi saya ." Dan ketika Yesus memberikan sentuhan-Nya membuat doa kita dikabulkan BAPA !

Yesus Memahami pergumulan manusia

Ibrani 4:15 “ Sebab Imam besar yang kita punya , bukanlah Imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita , sebaliknya sama dengan kita , Ia telah dicobai , hanya tidak berbuat dosa . “

• Ketika Tuhan Yesus sebagai manusia dibumi bisa merasakan kelemahan , pergumulan dan perasaan manusia , bahkan IA juga mengalami berbagai tantangan dan ancaman dalam hidupNya , Yesus tetap berharap kepada BAPA sehingga doaNya dikabulkan ! Ibrani 5 : 7 .

• Jadi ketika kita sedang mengalami ujian hidup ( masalah anak , kebutuhan hidup , usaha pekerjaan mengalami kendala , atau dalam pelayanan mengalami ujian berat ) jangan mudah mengeluh apalagi putus asa , tetapi tetaplah berharap kepada Yesus sebab Yesus tahu pergumulan dan persoalan hidup kita , DIA peduli DIA mengerti dan DIA mau membela kita dihadapan BAPA agar segera kita mengalami kemenangan dan kelepasan dari beban persoalan hidup !

Bayangkan seandainya ada pemilu untuk memilih seorang politisi baru yang mewakili daerah lingkungan kita dan menemukan bahwa ia tidak akrab dengan kebutuhan dan masalah daerah , kita pasti akan bertanya –tanya ;

• Apakah orang ini benar-benar bisa mewakili kita?
• Apakah dia tahu apa-apa tentang kondisi kehidupan kita?
• Apakah dia terbiasa dengan berbagai tantangan yang dihadapi keluarga di sini?
• Bisakah dia membantu masuknya anak saya ke salah satu sekolah di sini ?

Saya yakin bahwa Anda akan memilih seseorang yang benar-benar memahami pergumulan dan tantangan kehidupan kita dan untuk mewakili dan memperjuangkan !

Dengan cara yang sama , saya memberitahukan bahwa Yesus saat hidup dibumi tahu dan ikut merasakan apa yang menjadi pergumulan dan kebutuhan hidup manusia , walau saat ini IA duduk di sebelah kanan Bapa disorga tetapi IA ;

Tetap memperhatikan dan memperdulikan kita bahkan menjadi pembela yang memahami betul apa yang kita alami , Sebab ketika di bumi Yesus mengetahui setiap pergumulan manusia sehingga Ia dapat mengidentifikasi diriNya dengan kita dalam segala hal . Yesus adalah Allah , tetapi di hadapan Bapa sebagai “ Pembela “ untuk memperjuangkan persoalan hidup kita .

Mungkin saat ini anda merasa bahwa tidak ada yang mengerti perjuangan hidupmu , tetapi itu tidak benar , Sebab Dia tahu persis apa yang menjadi pergumulan hidupmu dan Dia berempati ( ikut merasakan ) dengan pergumulan dan persoalan anda karena Yesus walau telah dicobai dalam segala hal seperti kita , namun bisa melewatinya tanpa berbuat dosa . Itulah sebabnya kita patut mengandalkan Yesus dalam perjalanan hidup kita !

Satu hal yang perlu kita tahu ,

Tidak ada dari antara manusia yang telah dicobai dalam segala hal . Tetapi Allah mengijinkan Yesus untuk dicobai dalam segala hal sehingga bisa mengerti dan mengidentifikasi diriNya dengan perjuangan setiap persoalan manusia di bumi ini . Dia bisa disentuh oleh kemanusiaan , kelemahan , air mata , kekecewaan , kesedihan … semua persoalan hidup manusia !

Ibrani 4:16 , “ Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri tahta kasih karunia , supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya . “
Kebenaran ini mengajarkan , menganjurkan kita untuk ;

• Dengan penuh keberanian menghampiri tahta kasih karunia supaya kita menerima rahmat kebaikan-kebaikanNya bukan penghakiman , berani datang kepada Allah BAPA supaya mendapat rahmatNya , karena darah Yesus yang telah membenarkan seluruh aspek hidup kita . Roma 3 : 24-26 .

• Kalau kita diperhadapkan kasus dan datang kepengadilan tanpa pembela yang handal hati kita pasti ciut , tetapi kalau kita didampingi oleh pengacara ( pembela yang handal / terkenal ) kita jadi percaya diri , demikian juga saat kita datang menghampiri Tahta Tuhan untuk mndapat kasih karuniaNya , datanglah dengan penuh keberanian jangan bimbang atau ragu ! karena kita didampingi oleh pengacara agung Yesus Kristus namanya !

• Mendapat pertolongan pada waktunya , Ini berbicara kita harus tekun dalam berdoa , ( karena mengandalkanNya sebagai satu-satunya penolong ) jangan putus asa , sebab waktu mendapat pertolongan adalah sesuai waktuNya ( walau terkadang tidak terlalu cepat , tetapi juga tidak pernah terlambat ) sebab waktu Tuhan bukan waktu kita !

Itulah manfaat Kenaikkan Tuhan Yesus , semua dengan sempurna sudah diselesaikanNya bagi kita ;

• Kepastian diselamatan dari murka Allah yang akan datang ,
• jaminan kuasa darahNya yang membuat kita berkenan ,
• hebatnya menjadi Pembelaan dihadapan Allah bagi kita selama-lamanya .

Sekarang kita bisa mendekat ke takhta kasih karuniaNya untuk mendapat rahmatNya bukan penghakiman karena kita sebagai anggota KeluargaNya ! Amin .