Pemilihan yang bersyarat

kayak nya “sarapan pagi” benci banget sama si calvin… wkwkwkkwkwkwk… dari page 1 postnya nyebut2 si calvin mulu. tapi saya bingung sama jawabannya.
kalo saya simpulkan jawaban sarapan pagi :

  1. Allah milih bangsa Israel karena ketaatannya.
  2. keselamatan tidak terbatas bangsa israel
  3. cuma orang2 tertentu yg d pilih Allah sejak semula. (saya baru ngeuh ternyata lagu rohani kau telah memilihku sebelum dunia d bentuk itu lagu sesat… OMG pdhl lagunya enak. ternyata lagu nya s calvin juga toh)

Kasih karunia Allah terbesar bagiku, bukanlah memilihku untuk diselamatkan, tapi…

Yesus Mau Manti untuk menjadi jalan Keselamatanku.

Masalahnya orang jadi suka-suka mendefinisikan sendiri apa itu ‘loncat dari kapal’. Yang satu bilang kalau berbuat dosa ini, itu artinya sudah loncat dari kapal, yang lain bilang kalau melanggar firman Tuhan yang ini, artinya sudah loncat dari kapal.

Makanya semua jadi semau gue. Itulah hasil dari teolog semitik abad 21 ;D ;D

Saya tidak melihatnya sebagai masalah pemilihan bersyarat atau tidak bersyarat, tidak perlu rumit-rumit mikirnya, karena syarat keselamatan adalah : Percaya dan taat kepada Yesus sesusai Nats :

Yoh 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yoh 3:36 Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.".

Apakah Orang yg tidak percaya Yesus bisa selamat?

ada yg ora mudeng… saya ga mau ikut debat calvin vs armenian, ga ada ujungnya.
jelasin dikit latar belakang nya :

“unconditional election” itu bagian dari doktrin calvin. jadi menurut pemahaman calvin, manusia sudah mati secara rohani setelah adam dan hawa memakan buah terlarang. (mati ya bukan sekarat). nah dalam kondisi yg mati secara spiritual itu, maka untuk manusia bisa selamat, Bapa terlebih dahulu yg menghidupkannya, baru seseorang bisa memiliki iman kepada Yesus. ayat nya kalo ga salah ada yg bunyi nya gini : tidak ada seorang pun yg dapat datang kepada Ku jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa… - kata Yesus

nah secara tidak langsung / tersirat, itu lah proses “pemilihan” nya.
apa yg d tanyakan TS adalah : syarat apa yg membuat kita bisa d tarik oleh Bapa. sehingga kita bisa memiliki iman kepada Yesus?

sedangkan kubu anti calvin (alias armenian) nya bilang gini : manusia itu ga mati secara rohani, cuma sekarat, kayak orang sakit. jadi semua manusia punya kemampuan untuk beriman kepada Yesus. jadi proses nya Yesus membukakan tanganNya, kita menyambutNya. dan gak percaya ada pemilihan itu, ato pemilihan itu cuma berlaku bagi orang tertentu, bukan semua orang percaya.

yang bener2 kasihan itu adalah orang Kristen yang menganggap golongan orang Kristen itu sendiri hanya ada 2 :
Calvin dan Armin

yg bikin miris itu : orang yg sampe nganggap doktrin lain sebagai ajaran sesat dan gak layak d sebut doktrin Kristen sampe d taro d sub forum non Kristen.

pernyataan saya adalah doktrin tersebut tidak alkitabiah

dan memang itulah apa adanya

wong pencetusnya aja belum tentu ada di sorga
kenapa ga ikutin tulisan rasul saja, yang udah jelas tu rasul udah ada di sorga
daripada tulisan teolog ga jelas

Terima kasih atas penjelasannya,

Apa tanda-tanda seseorang sdh dipilih/ (apakah itu conditional atau un-conditional).
Apakah saya cukup diam-diam saja dgn harapan sdh dipilih? toh kalau tdk dipilih percuma juga berbuat sesuatu.
Mohon pencerahannya.

Pertanyaans aya blm dijawab, apakah orang yg tdk percaya Yesus bisa selamat?

yg mana ya mas??
penasaran
minta tolong link threadnya dong
:slight_smile:

yg cuma percaya d mulut aja ga selamat, apa lagi yg ga percaya.
tidak ada seorang pun yg dapat datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku - kurang lebih gitu ayat nya.

yah Kekristenan punya ampir 34ribu denom, dan semuanya merasa masing2 adalah yg benar. makanya saya males debat yg mana yg bener, karena masing2 punya penafsiran nya sendiri dan masing2 merasa benar. dan lagi apa yg d debatin bukan wilayahnya kita, tapi wilayah kerja Allah. malah yg ekstrem pengakuan iman rasuli aja d debatin ato status ketuhanan Yesus.

https://forumkristen.com/index.php?board=76.0 tuh judulnya Forum Terbuka bagi NonKristen.

kalau saya bilang sih denom kristen cuma 42an gitu koq

dan ingat
saya tidak menyatakan diri paling benar

saya bilang apa yang diajarkan Calvin itu prinsipnya bertentangan dengan apa yang diajarkan Alkitab secara keseluruhan

itu saja
ga lebih
ga kurang

jadi jangan nambah2in sendiri

Doktrin keselamatan yang dikenal banyak orang memang cuma Calvinist dan Armenian.

Misalnya kalau anda di tanya ”apakah anda Calvinist atau Armenian?” lalu anda menjawab “oh bukan, saya bukan termasuk kedua-duanya, saya berasal dari golongan kristen alkitabiah”Kemudian anda akan di tanya lagi “apakah anda percaya keselamatan bisa hilang?” Nah jawaban anda itu akan membuat anda masuk kategori yang mana. Kalau anda percaya keselamatan bisa hilang ya berarti anda Armenian dan kalau tidak percaya keselamatan bisa hilang ya anda Calvinist.

Sampai saat ini saya tidak tahu kalau ada doktrin keselamatan kristen yang lain selain yang dua itu. Karena apapun yang orang percaya menurut saya pasti masuk salah satu dari kedua doktrin itu.

Ya pasti banyak kita yang tidak suka dibilang penganut doktrin ini dan itu, tapi bagaimanapun kedua doktrin ini secara umum menggambarkan dengan mudah apa yang kita percayai tentang keselamatan.

Begitu juga sebaliknya. Coba anda baca buku dan dengar khotbah orang Calvinist seperti John Macarthur dia juga bilang orang kharismatik sesat habis.

wong pencetusnya aja belum tentu ada di sorga kenapa ga ikutin tulisan rasul saja, yang udah jelas tu rasul udah ada di sorga daripada tulisan teolog ga jelas

Tulisan rasul itu sendirikan tafsirannya beda-beda. Kalau dari beberapa postingan yang saya baca anda percaya pre-trib rapture. Yang pasti menurut anda atau pendeta anda itu ngikutin tulisan rasul. Lalu bagaimana orang yang tidak setuju yang bilang pre-trib rapture itu tidak alkitabiah berdasarkan tulisan rasul? Kan kedua-duanya pasti merasa kesimpulan mereka berdasarkan tulisan rasul. Yang benar yang mana? Kan tergantung penafsiran seseorang

Ini pertanyaa sangat penting.

Buat saya pribadi sih doktrin election itu bagi mereka yang percaya memberikan penghiburan bagi orang kristen, karena di dalam hidup ini terlalu banyak penderitaan dan masalah yang kita hadapi, yang kadang kita tidak mengerti, yang mungkin bisa membuat kita gila atau bunuh diri kalau kita tidak mengenal Tuhan. (Kesaksian kristen itu tidak selalu seperti kesaksian di acara kristen di TV:) Tapi karena kita percaya bahwa Tuhan memilih kita, kita juga percaya bahwa apapun yang terjadi itu akan mendatangkan kebaikan. Dan doktrin election ini juga membuat kita rendah hati yang membuat kita semakin mengasihi Tuhan.

Anda harus uji diri anda terlebih dahulu apakah anda sudah benar-benar telah mengalami regenerasi (lahir kembali)? Karena itu tanda yang paling jelas kalau kita di pilih Tuhan. Ada beberapa tanda-tanda yang jelas dari orang yang telah dilahirkan kembali. J.C Ryle menulis tentang tanda-tanda dilahirkan kembali yang sangat bagus menurut saya dan juga singkat. Bisa baca disini:

http://jcryle.net/2010/07/18/the-6-marks-of-regeneration/

Atau coba lihat kotbahnya Paul Washer, dia khotbah di seminari, tapi dia speertinya tidak percaya kalau semua yang dengar khotbahnya sudah benar-benar kristen

Paul Washer: Do you TRULY know the Lord?

Kalau merasa belum mengalami kelahiran kembali tapi anda punya kegelisahan tentang keselamatan anda, kegelisahan itu mungkin datang dari Tuhan. Alkitab juga berkata carilah Tuhan selagi Ia berkenan untuk ditemui.

Mungkin karena yg ditanya pengetahuannya baru sampai “situ”.

Saya pernah ditanya hal yang sama, iseng-iseng saya jawab, Katolik. Si penanya cuma manggut-manggut terus pergi. Padahal saya sudah siap kalo ada pertanyaan lanjutan seperti di atas.

Asumsi saya, Sampai saat ini di atas adalah detik Anda memposting tanggapan tersebut.

Pertanyaannya adalah, sudahkah Anda membaca ajaran-ajaraan para Bapa Gereja (Katolik) yang berhubungan dengan keselamatan Kristen? Nah, ajaran-ajaran tersebut sudah ada ribuan tahun sebelum Doktrin Calvin dan Arminian dan tidak mengakomodir salah satu maupun salah duanya.

... Kalau seseorang membaca tulisan-tulisan dari St. Agustinus, maka kita melihat bahwa St. Agustinus mempunyai pandangan yang seimbang antara pentingnya rahmat dan kehendak bebas.

Pada waktu ia melawan paham sesat Pelagianisme yang terlalu menekankan hal kehendak bebas manusia, maka dia menekankan rahmat (grace). Sebaliknya pada waktu ia melawan paham sesat Manichaeisme, yang seolah menekankan adanya takdir yang ditentukan dari Atas tentang sekelompok orang yang mengalami pencerahan/ suci dan sekelompok lainnya yang tidak, maka St. Agustinus menekankan pentingnya kehendak bebas manusia, untuk menyatakan bahwa setiap manusia sesungguhnya dibekali dengan kehendak bebas yang sama untuk dapat menolak kejahatan, berbuat kebaikan dan bertumbuh dalam kekudusan.

Dengan kata lain, St. Agustinus memahami pentingnya rahmat Allah dan kehendak bebas manusia untuk menuntun manusia pada keselamatan. Dia menuliskan “Dia yang menciptakan kamu tanpa kamu, tidak dapat membenarkan kamu tanpa kamu.” (St. Augustine’s Sermon 169, 13).

Selengkapnya di SINI.

Setelah membaca kutipan di atas, apakah sekarang Anda jadi tahu?

Tetapi tentunya itu tidak berlaku untuk Gereja Katolik kan?

itulah makanya saya bilang orang2 seperti anda itu kasihan
membatasi Tuhan hanya kedalam 2 golongan
Tuhan yang menciptakan milyaran manusia ternyata dalam otak anda hanya mampu menghasilkan 2 golongan manusia

baik Calvin ataupun Armin
masing2 punya kebenarannya sendiri
but not whole truth
ekstrim kiri dan ekstrim kanan ya sama2 ga benar

semua orang bebas berpendapat
namun jika anda mau membahas point2 tersebut disini dipersilahkan juga koq
kita kan disini hanya bahas dan menyesuaikannya dengan alkitab

kalau soal rapture, itu memang dari awal juga saya udah katakan : itu doktrin dan tafsiran
lagipula itu ga prinsipil, emang penting banget gitu?
ga setuju ya udah, saya pribadi juga ga bilang saya pasti benar
yang pasti benar ini nih : berjaga2lah senantiasa
mau apapun doktrin rapturenya itu intinya koq
alkitab menyatakan demikian, mengerti betul tentang rapture ga bakalan membantu anda untuk terangkat

mas,
coba cek thread staternya siapa
dan back groundnya apa
kl TS backgroundnya bukan kristen ya otomatis dia tidak boleh masuk ke sub forum lain
hanya bisa di forum terbuka tsb mas
contohnya

itu ts nya odading
bukan penganut kristen Trinitarian mas
makanya disitu posnya
gitu loch

kasihan sekali anda
kenapa anda tidak coba belajar lagi tentang kristen2 yang lain
anehnya anda bisa langsung memasukkan kristen yang non calvinist ke dalam armenian
sedangkan jelas2 kedua2nya di tolak oleh si penjawab

itu ibarat ditanya kepada orang lain , anda no 2 atau no 3
lalu dijawab, bukan saya no 1
lalu anda jawab
kalau anda bukan no 2 berarti anda no 3
itu logical fallacy mas