Penderita Migren?

Sudah bertahun2 sy hidup dgn kondisi ini. Sy tdk tahu ini kondisi apa, biasanya sy cuma anggap ini sakit biasa saja dan biasanya dikasih oleh dokter obat2 pusing dan maag namun suatu hari sy iseng mengingat2 sakit2 yg sering sy alami dan sy merangkumnya, ternyata sakit sy itu selalu hampir sama yaitu pusing2, mual, kelelahan, dll. Sy menduga2 setelah mencari info lewat internet. Beberapa kondisi yg hampir sepert ini adalah migren, maag, lemah jantung, kanker darah, kanker otak. Sy sharing aja manatau ada di FK ini yg jg menderita penyakit kronis spt ini. Intinya penyakit ini (seharusnya) tidak mematikan tapi cukup menyiksa, namun bisa dikendalikan jika kita mampu menjaga kesehatan.

Jadi begini deskripsi dari kondisi ini:

  1. Ini tanda yg paling signifikan: pusing yg sangat berat (tidak seperti sakit kepala biasa). Sering tidak mempan dengan obat2 sakit kepala maupun obat maag. Dan parahnya adalah pusingnya itu bikin kita gak tidur (gak bisa tidur).
  2. Detak jantung tidak beraturan dan kelelahan.
  3. Kurang gairah dan semangat.
  4. Tekanan darah rendah.
  5. Disertai dengan gangguan pencernaan, mual/kembung, kehilangan nafsu makan, mencret. Dan muntah2 jika sudah sangat berat.
  6. Kadang2 disertai sakit tenggorokan dan sariawan/bibir pecah2.
  7. Akan menjadi lebih buruk jika mencoba tetap beraktivitas. Harus istirahat di tempat tidur.

Biasanya akan sembuh sendiri setelah 48 jam (atau dua hari setelah datangnya sakit tersebut)

Pemicunya: karena stress/depresi, bisa karna salah makan misalnya makanan berlemak/santan di saat perut kosong, kurang tidur, kurang minum air putih, cuaca dingin, berpikir terlalu keras, dll.

Sy hampir selalu mengalami migren setiap bulannya, kadang ringan kadang berat dan jg pernah sampe opname di RS.

Kalau sy lalai sedikit saja dalam menjaga kesehatan maka pasti kondisi seperti itu datang.

Tanya dikit, bray :

Apakah elo ada gangguan pada telinga, seperti berdenging?

Sudah priksa gigi? Gigi graham bungsu udah keluar?

Detak jantung yang tidak beraturan itu yang bahaya bro
kalau itu terjadi secara konsisten bro harus segera cek ke dokter khusus jantung

pusing yang sangat berat bisa jadi dari gigi bungsu yang menekan, tapi seharusnya ngga menyebabkan detak jantung yang tidak beraturan

sisanya mungkin bro punya riwayat sakit maag

@Henhen: thanx sob atas petunjuknya…
Penyakit ini seolah2 sebulan minimal ada sekali kena… Hari sabtu, 01 Okt lalu sy mulai feeling kalo migren (atau apalah ini?) bakalan datang lagi… Karna hari sabtu itu sy mulai sedikit ga enak tenggorokan. Dan puncaknya kemarin hari minggu (02 Okt), sy bangun dengan kepala pusing, mual dan gejala yg telah sy tulis di atas. Sy minum obat bodrex dua kali ga mempan (jam 9 pagi dan jam 13.30). Pusing dan mualnya ga bisa ditahan, mau coba minum obat paracetamol lagi tapi pikirku percuma aja, malamnya sy paksain tidur/istirahat dengan kondisi pusing. Trik yg menurutku sedikit manjur (mengurangi pusing) adalah dengan memijat2 kepala sendiri dengan minyak gosok cap beruang.

Kenapa sy malas ke dokter? Karena pengalaman sy kalo uda kena migren: obat2an dokter ga (banyak) membantu, solusinya cuma satu yaitu banyakin tidur, tidur dan tidur (baca: istirahat), walaupun tidur pun agak susah/ga nyenyak paksain aja tidur dan banyak minum air putih.

Sesuai dengan analisa dan pengalaman sy, skrg ini sudah hampir 48 jam sejak sy (sejak sabtu siang/sore) merasa kedatangan migren, skrg perlahan2 pusing dan mualnya mulai berkurang sedikit demi sedikit.

Sekedar info aja buat teman2 sekalian manatau anda atau teman anda kena yg seperti sy alami.

pertanyaan :

  1. ada tanda2 tertentu gt sebelum muncul tuh migren???
    misal tiap kecapekan atau misalnya kaya datang bulan cewe gt tiap tgl sekian atau tiap beberapa hr… ada gak???
    2.sakitnya tiba2 atau bertambah pelan2?
    3.obat yang pernah dicoba dikonsumsi apa aja??
    hmm trus kedokter apa? umum? selalu?
    pernah coba ke dokter sarap eh saraf? atau penyakit dalam? atau yang lebih spesifik?
  1. Ga ada tanda2 yg spesial sih, cuma ya itu, sy kayak punya “sense” atau feeling khusus kalo merasa mau kedatangan penyakit itu. Sebelum itu datang, sy biasanya merasakan perut ga enak, kayak mual2/kembung/masuk angin gitu. Tanda ini sering terjadi. Biasanya dia ga datang sendiri tapi karena dipicu. Pemicunya ya itu salah satunya adalah seperti sebelumnya sy bilang: sy kadang lalai dalam menjaga kondisi badan. Kalo kecapekan maka kemungkinan besar langsung kena penyakit sakit kepala ini. Jadi intinya adalah sy ga bole kecapekan. Pemicu lain: kena air hujan, terlalu lama kena AC, cuaca dingin, dll.
  2. Sy rasa sih segala penyakit itu ga mungkin tiba2 langsung sakit. Susah sy deskripsikan karena istilah tiba2 atau pelan2 itu agak subjektif. Mungkin bisa dikatakan perlahan. Kepala yg paling siginifikan. Kepala pelan2 memanas/demam, terasa berat, kayak ditekan2 gitu, pusing kemudian badan yg sebelumnya sehat perlahan2 menjadi lemas ga bertenaga, detak jantung kayak orang kecapekan, terus BAB-nya sangat cair sekali. Semakin parah tingkat sakit kepala-nya maka semakin cair BAB-nya. Pernah sy BAB air semuanya (99% air).
  3. Seingat sy: sanmol, ciprofloxacin, vitamin, dan obat2 gangguan pencernaan (muntah-mencret-maag).

haha sarap lain lagi artinya…

Pengen jg sekali2 ke dokter spesialis sakit kepala/saraf. Selama ini di dokter umum aja.

1.brt kl blh di kronologiskan ketika kecapekan kk jadi py feeling ttg si tersangka bernama migrain it… stlh merasa kemudian kejadianlah beneran… tapi membaik setelah beberapa wkt beristirahat??? btl kah bgt??
kl ya jadi it hy kaya semacam sinyal tubuh untuk bikin kk berhenti memaksakan diri… at least semoga bgt…
2.dari tandanya artinya mslh bkn hy pada si migrain??? tp yang paling ganggu si migrain?
3. dari merk obat yang tertulis ak cm ngeliat obat demam standart sih… memang ga ada yang membantu mengurangi si migrain…
hmm kl ada wktbke dokter saraf aja kak…
walaupun dugaankubhy berupa sinyal tubuh tp lbh baik dipstikan…
dokter saraf untuk dapet gelarnya lbh mhl dan lama hrusnya pengetahuan obatnya lbh maju… siapa tau ngefek kl dr dktr saraf…

ntar kalao da dapet obat baru kabar2 lg yak… =D