"Penerus Rasul Petrus"

ITB Matthew 8:14 Setibanya di rumah Petrus,
Yesuspun melihat ibu mertua Petrus terbaring karena sakit demam.

KJV Matthew 8:14 And when Jesus was come into Peter’s house,
he saw his wife’s mother laid, and sick of a fever. (Mat 8:14 KJV)

Dalam ayat di atas, dituliskan bahwa Petrus memiliki Ibu mertua.
Dalam Alkitab KJV malah dituliskan his wife’s mother > Petrus memiliki istri

Yang menjadi pertanyaan,

  1. Mengapa kemudian mereka yang mengaku sbg penerus Rasul Petrus tidak boleh memiliki istri/tdk boleh menikah?
  2. Sejak kapan aturan itu dibuat? utk tujuan apa?
  3. Apakah dinilai bahwa Rasul Petrus itu pelayanannya kurang sempurna karena beristri?
  4. Pernahkan Tuhan Yesus menegur Petrus karena beristri?

Silakan sharing dan diskusikan,
Thx, JBU all

Apakah tdk ada yg tahu tt penerus Rasul Petrus?
Rasanya sering banget yg mengklaim gerejanya di atas dan sbg penerus rasul Petrus

Ya tentu tahu lah…
Tapi memang ketentuan “selibat” itu terjadi belakangan…

Silakan anda bantu mereka

Ya, ga’ apa itu pilihan kok… dan itu bukan dosa.

YESUS pernah menyatakan ada kaum “sida-sida” (orang yang tidak kawin) karena Kerajaan Surga (selibat), lihat: Matius 19:12.
Yohanes Pembaptis, Paulus (dan YESUS) bisa menjadi contoh “kaum sida-sida karena Kerajaan Surga”. Saya tidak pernah menyalahkan pelayan Tuhan yang selibat (secara pribadi ataupun komunitas), karena memang itu tidak dapat dipersalahkan.

Tapi jangan lupa kalau mereka menggunakan sebutan penerus Petrus, ajaran Petrus
Petrus tdk menganut selibat, dia juga tdk mengajarkan selibat

Selibat bukan suatu pokok iman Katolik, melainkan tuntutan hukum Gereja yang mengatur cita-cita tentang hidup klerus Katolik. Tidak menjadi masalah kok. Banyak pendeta juga tidak mau nikah.

Saya pikir dia ini (pembela_ku) ini hanya cari masalah yang sebenernya bukan masalah…

Tuntutan Hk gereja yg mengacu kemana? bukankah acuannya Rasul Petrus?
Banyak pdt atau ada, dan itu bkn karena tuntutan gereja
Jadi masalah karena menganggap penerus Rasul Petrus

Coba kamu tampilkan links/situs Katolik yg mengatakan “acuannya Rasul Petrus”?

silakan lihat saja di FK ini gimana mereka mengklaim
ditunggu lama2 kirain bisa jawab :slight_smile:

mas pembela…

maap ya mas… saya juga pengen tanya nih…

mas pembela ini pengikut Yesus apa bukan?

nah… kalau mengaku pengikut Yesus…

saya tanya:
menurut mas Yesus beristri dan ber-anak nggak?

nah… mas Pembela ada rencana beristri dan ber-anak engga?

Bukan jawab malah nanya yg gak relevan lagi :mad0261:

wah… maaf ya mas… kalau mas pembela masih belum bisa melihat relevansi-nya…

coba saya bantu jelaskan lagi yah…

  1. Kalau mas pembela merasa bahwa pengikut Petrus itu harus kawin karena Petrus itu kawin yang dibuktikan oleh adanya ibu mertua nya…

maka…

  1. Mas pembela yang merasa sebagai pengikut Yesus langsung, apakah merasa perlu kawin atau tidak, yang didasarkan pada kawin/tidak-nya Yesus…

Nah…
mudah-mudahan sudah kelihatan lebih jelas relevansi-nya ya…

mohon bisa di jawab to the point ya mas… cuma IYA atau TIDAK aja kok…

enggak usah repot-repot pakai kalimat-kalimat lain kok mas…
maaf ya… kalau ternyata masih belum jelas lagi… nanti saya perjelas lagi deh…

GRK itu berdiri diatas ajaran Petrus kan?
Liat saja Trit2 yg bahas Matius 16:18 itu
semua member katolik tdk setuju kalo gerejanya berdiri diatas ajaran Kristus
kok sekarang nyinggung2 Kristus, udh mau bertobat?

wah… saya cuma berani nya bertobat kepada Tuhan mas…
ngapain juga berobat kepada mas pembela?

btw…
pertanyaan saya itu bukan siapa berdiri dimana mas…

maaf ya… saya post lagi…
siapa tahu mas pembaca enggak sempat baca:

[b]1. Kalau mas pembela merasa bahwa pengikut Petrus itu harus kawin karena Petrus itu kawin yang dibuktikan oleh adanya ibu mertua nya…

maka…

  1. Mas pembela yang merasa sebagai pengikut Yesus langsung, apakah merasa perlu kawin atau tidak, yang didasarkan pada kawin/tidak-nya Yesus…[/b]

mudah-mudahan kali ini mas pembela sudah berkenan menjawab to the point, alias: IYA atau TIDAK

itu kan close-ended question lho mas…
jadi engga perlu jawaban yang mutar muter gitu…

yuk tobat bareng mas?
saya sih banyak dosa…
engga tahu mas pembela apakah ada dosa yang hendak di-tobat-kan atau engga ya?

Anda yang pertama mengusungnya ke diskusi ini, kok sekarang malah ngga mau bertanggungjawab.

Hayo dong jawab pertanyaan saya jangan seperti anjing yang ekornya masuk kedalam !

Apa yg harus dipertanggung jawabkan?
gw cuma nanya, kan selama ini mereka bangga sbg gereja yg didirikan diatas Petrus
kalo kamu anjing buntung buntut kali ya jadi gak keliatan arahnya :smiley:

Itu tujuan utamanya adhominem = TIDAK MENJAWAB.

Ya udah, ngga maju2 juga kalau debat sama kamu.

Lagian kamu gak bisa jawab cuma carmuk doang kan?

Petrus juga gak suruh berdoa di depan patung Maria. :slight_smile:

GBU