Pengakuan Iman Protestan!

Katolik mengimani Kesatuan Hipostatik (Pengakuan Iman)
Calvinis juga (Pengakuan Iman)
Lutheran juga (Pengakuan Iman)

Kesatuan Hipostatik:

“Anak Allah, Pribadi yang kedua dalam Trinitas, yang adalah Allah yang sejati dan kekal, se-Zat dan setara dengan Sang Bapa, setelah genap waktunya mengenakan tabiat manusiawi[a] bersama segala sifat hakiki dan kelemahan umumnya, namun tanpa dosa, ketika Dia di kandung oleh kuasa Roh Kudus dalam kandungan Anak Dara Maria, dari zatnya. Caranya begitu rupa, sehingga dua tabiat utuh, sempurna, dan berbeda, yaitu keAllahan dan kemanusiaan, dipertautkan secara tidak terpisahkan dalam satu Pribadi, tanpa perubahan, pembauran atau pencampuran. Pribadi itu adalah Allah sejati dan manusia sejati, namun satu Kristus, satu-satunya Pengantara antara Allah dan manusia.”

Predestination:

“Oleh keputusan Allah, demi pernyataan kemuliaan-Nya, beberapa orang dan malaikat[a] dipredestinasi untuk kehidupan yang kekal, beberapa lagi telah dari semula telah ditentukan untuk kematian yang kekal. Malaikat-malaikat dan orang-orang yang telah dipredestinasikan dan dari semula ditentukan dengan demikian itu, ditunjukkan secara khusus dan penunjukan itu tidak mungkin diubah. Jumlah mereka begitu pasti dan definitif, sehingga tidak dapat ditambahkan atau dikurangkan.”

Menolak Paus Roma, lalu mengangkat diri menjadi Paus sendiri:

"Tidak ada Kepala Gereja selain Tuhan Yesus Kristus. Paus di Roma pun tidak dapat menjadi kepalanya dalam arti apapun. Sebaliknya, Dia yang adalah Anti- Kristus, manusia durhaka yang harus binasa, yang meninggikan diri di dalam Gereja melawan Kristus dan melawan segala yang disebut Allah. Semua sinode atau konsili sejak zaman para rasul, baik yang am maupun yang khusus, dapat keliru dan banyak di antaranya memang keliru. Oleh karena itu, mereka tidak boleh dijadikan sebagai patokan iman atau praktik, tetapi harus dipakai sebagai sarana pembantu dalam kedua bidang itu.

"Tuhan Yesus, sebagai Raja dan Kepala Gereja-Nya, telah mengangkat pemerintah didalamnya, yang berada di tangan para pejabat Gereja,dan yang berbeda dengan pemerintah negara. Kepada para pejabat itu diserahkan kunci-kunci Kerajaan Surga. Olehnya mereka berwewenang mengampuni atau tidak mengampuni dosa-dosa, menutup Kerajaan itu, melalui Firman dan disiplin gereja, bagi orang yang tidak menyesal, dan membukanya, melalui pelayanan Injil dan pembebasan dari tindakan disiplin, bagi orang berdosa yang menyesal, masing-masing sebagaimana dituntut oleh keadaan. Agar semua tujuan itu tercapai dengan lebih baik, para pejabat Gereja harus mengambil tindakan berupa teguran, larangan sementara untuk mengambil bagian dalam perayaan sakramen Perjamuan Malam Tuhan, dan pengucilan dari Gereja, sesuai dengan sifat kejahatan orang yang bersangkutan dan dengan ganjaran yang layak ia terima."

“Hanya dua sakramen yang ditetapkan oleh Kristus Tuhan kita dalam Injil, yaitu Baptisan dan Perjamuan Malam Tuhan. Keduanya tidak boleh dilayankan selain oleh seorang pelayan Firman yang diteguhkan dengan cara yang sah.”

Diluar Alkitab tidak ada keselamatan.

Salam

Noted. Save and closed :smiley:

Salam

Silahkan diklarifikasi.

Salam

Bagian ini coba diposting dengan lebih lengkap, jangan dicomot sebagian, supaya jelas konteksnya.
Kemungkiinan konteksnya dalam penggembalaan, bukan mengangkat diri menjadi seperti Paus.

Huahahahahahaha… ;D :2funny:

Itu linknya ada, kamu klik, baca, resapi lalu apa bedanya dengan Katolik! :2funny:

Nih bonus:

Pengakuan Iman Belgic

Article 18, The Belgic Confession (1561), contains in part, "Therefore we confess, against the heresy of the Anabaptists who deny that Christ assumed human flesh from his mother.

:2funny: :2funny: :2funny: :2funny: :2funny: :2funny: :2funny:

Tidak bisa dipungkiri bahwa Protestan dimulai Marthin yang adalah pastor Gereja Katolik.

Wajar saja jika awal mulanya masih menggunakan tata cara liturgi, tradisi yang sama dengan tempat dimana Marthin mengabdikan hidupnya sekian lama.

Salam

Diluar Yesus Kristus tidak ada keselamatan. Tks

Pengakuan iman dibuat pada tahun 1600an, Calvin dan Luther tahun 1400an - 1500an, jadi ratusan tahun setelah si luther dan calvin barulah pengakuan iman dibuat oleh protestan!

Pengakuan Iman:


Confession of faith

  1. A formulary containing the articles of faith; a creed.

  2. Confession of faith a formal public avowal of religious beliefs

  3. A religious denomination or sect united by a common system of beliefs

  4. An organized religious group sharing the same beliefs and doctrines.

  5. A public declaration of your faith.

[1350–1400; Middle English (< Anglo-French) < Latin]

Statement of belief, in particular a statement of faith that describes the beliefs shared by a religious community. Religious creeds are not intended to be comprehensive, but to be a summary of core beliefs. The term “creed” can also refer to a person’s political or social beliefs, or is sometimes used to mean religious affiliation.

One of the most widely used creeds in Christianity is the Nicene Creed, first formulated in AD 325 at the First Council of Nicaea. It was based on Christian understanding of the Canonical Gospels, the letters of the New Testament and to a lesser extent the Old Testament. Affirmation of this creed, which describes the Trinity, is generally taken as a fundamental test of orthodoxy for most Christian denominations. The Apostles’ Creed is also broadly accepted. Some Christian denominations and other groups have rejected the authority of those creeds.

Muslims declare the shahada, or testimony: “I bear witness that there is no god but (the One) God (Allah), and I bear witness that Muhammad is God’s messenger.”

Whether Judaism is creedal has been a point of some controversy. Although some say Judaism is noncreedal in nature, others say it recognizes a single creed, the Shema Yisrael, which begins: “Hear, O Israel: the LORD our God, the LORD is one.”

Salam

Ngaku beriman kpd kristus,
tapi kalau yg dilakukan tdk sesuai dgn Firman-Nya maka itu adalah sia2, Ibaratnya spt saksi dusta.
pengakuan iman harus berdasarkan Alkitab, bukan ajaran2 yg disetarakan
penyebutan nama2 manusia dlm doa merupakan penyangkalan iman kpd Kristus

Latar Belakang

Gereja mendapat tugas dari Kristus untuk mengabarkan ajaran Kristus kepada seluruh makhluk (Markus 16 : 15), karena itu maka Gereja merasa perlu untuk memiliki suatu rumusan singkat yang merangkum seluruh ajaran Kristus agar bisa diungkapkan dan diingat semua orang. Rumusan ini disebut Symbolon karena merupakan rumusan yang menjadi tanda iman yang bisa diketahui semua orang. Dengan adanya rumusan tersebut, diharapkan “supaya kamu seiya sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir” (I Korintus 1 : 10).

Sebagai Tubuh Kristus yang terlihat, Gereja dan umatnya diharapkan tidak hanya untuk memiliki iman yang sama tetapi juga untuk menyatakan iman dengan cara yang sama. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan (Roma 10 : 10). Rumusan itu sendiri diharapkan bisa bertindak “sebagai contoh ajaran” (II Timotius 1 : 13). Karena itu para katekumen wajib mengucapkan pengakuan iman sebelum mereka dibaptis dan orang yang telah dibaptis wajib mengucapkan pengakuan iman sebelum mereka menerima krisma ataupun sidi.

Pengakuan Iman Protestan

:black_small_square: Confessio Augustana / Confessio Fidei Exhibita Invictissimo Imperatori Carolo Quinto Caesari Augusto in Comiciis Augustae (1530)
:black_small_square: Confessio Hafniensis (1530)
:black_small_square: Confessio Saxonica / Repetitio Augustanae Confessionis sive ut dicitur Confessio Doctrinae Saxonicarum Ecclesiarum (1551)
:black_small_square: Confessio Vuirtenbergica / Confessio Piae Doctrinae / Die Würtembergische Repetitio der Augsburgischen Confession (1551)
:black_small_square: Confessio Mansfeldensis / Confessio et Sententia Ministrorum Verbi in Comitatu Mansfeldensi de Dogmatis Quorumdam Proximo Triennio Publice Editis (1565)
:black_small_square: Confessio Antverpiensis / Confessio Ministrorum Iesu Christi in Ecclesia Antverpiensi quae Augustanae Confessioni Adsentitur (1566)
:black_small_square: Die Schwabische Confession / Schwebischer Kirchen Begriff zu Einer Heilsamen Union in Religionsachen (1574)
:black_small_square: Confessio Ecclesiarum Pomeraniae de Vera Praesentia Corporis et Sanguinis Domini Nostri Jesu Christi in Sacramento Coenae (1582)
:black_small_square: Panindangion Haporseaon Huria Kristen Batak Protestan (1951)
:black_small_square: Panindangion Haporseaon Huria Kristen Batak Protestan (1996)
:black_small_square: Confessio Fidei in quam Iurare Cives Omnes Genevenses et qui sub Civitatis Eius Ditione Agunt Iussi Sunt Excerpta e Catechismo quo Utitur Ecclesia Genevensis (1536)
:black_small_square: Confessio Tetrapolitana / Confessio Quatuor Civitatum / Confessio Argentinensis / Confessio Argentorati / Confessio Suevica (1530)
:black_small_square: Confessio Gallica / Confessio Fidei Gallicana / Gallicarum Ecclesiarum Confessio / Confession de Foi et Discipline Ecclésiastique des Églises Réformées de France (1559)
:black_small_square: Confessio Scotica Prior / Confessio Fidei et Doctrinae per Ecclesiam Reformatam Regni Scotiae Professae / Scoticana Confessio Fidei Ordines Regni Scotiae Omnesque in illo Regno Profitentes Iesum Christum Sanctumque eius Evangelium Nativis suis Popularibus Aliisque Regnis et Nationibus una cum ipsis Eundem Christum Iesum Profitentibus Gratiam Misericordiam et Pacem a Deo Patre Domini Nostri Iesu Christi cum Spiritu Recti Iudicii et Salutis Comprecantur (1560)
:black_small_square: Confessio Belgica / Confession de Foy Faicte d’un Commun Accord pour les Fidèles qui Conversent ès Pays-Bas Lesquels Désirent Vivre Selon la Pureté de l’Évangile de Nostre Seigneur Jésus-Christ (1561)
:black_small_square: Confessio Fidei Ioannis Sigismundi Electoris Brandenburgici (1614)
:black_small_square: Confessio Bohemica Prior / Confessio Fidei ac Religionis Baronum ac Nobilium Regni Bohemiae Serenissimo ac Invictissimo Romanorum Bohemiae etc. Regi Viennae Austriae sub Anno Domini 1535 Oblata (1535)
:black_small_square: Confessio Bohemica Posterior / Confessio Bohemica hoc est Confessio Sanctæ et Christianae Fidei Omnium Trium Ordinum Regni Bohemiae Corpus et Sanguinem Domini Nostri Iesu Christi in Coena sub Utraque Specie Accipientium (1575)
:black_small_square: Confessio Scotica Posterior / Generalis Confessio Verae et Christianae Fidei et Religionis Secundum Dei Verbum et Acta Nostrorum Parlamentorum qui Regia Maiestas eiusque Familia Aliique Varii ad Dei Gloriam Bonumque Omnium Exemplum Subscriperunt (1580)
:black_small_square: Confessio Czengerina / Confessio Hungarica / Vera Confessio ex Verbo Dei Sumpta et in Synodo Czengerina Uno Consensu Exhibita et Declarata (1557 atau 1558)
:black_small_square: Confessio Fidei Westmonasteriensis / Confessio Fidei in Conventu Theologorum Authoritate Parliamenti Anglicani Indicto Elaborata Eidem Parliamento Postmodum Exhibita Quin et ab Eodem Deindeque ab Ecclesia Scoticana Cognita et Approbata / The Humble Advice of the Assembly of Divines Now by Authority of Parliament Sitting at Westminster Concerning a Confession of Faith with the Quotations and Texts of Scripture Annexed (1646)

:black_small_square: Zwinglii Fidei Ratio / Ad Carolum Romanum Imperatorem Germaniae Comitia Augustæ Celebrantem Fidei Huldrychi Zwinglii Ratio (1530)
:black_small_square: Zwinglii Fidei Expositio / Christianae Fidei ab Huldrycho Zwinglio Predicatae Brevis et Clara Expositio ab Ipso Zwinglio Paulo Ante Mortem Eius ad Regem Christianum Scripta (1531)
:black_small_square: Confessio Basileensis Prior / Confessione Fidei Basileensis Ecclesiae / Confessio Mühlhusana (1534)
:black_small_square: Confessio Helvetica Prior / Confessio Basileensis Posterior / Ecclesiarum per Helvetiam Confessio Fidei Summaria et Generalis in Hoc Aedita quod de ea Existimare Piis Omnibus Liceat (1536)
:black_small_square: Confessio Helvetica Posterior (1566)
:black_small_square: First London Baptist Confession of Faith / A Confession of Faith of Seven Congregations or Churches of Christ in London which are Commonly but Unjustly Called Anabaptists (1644)
:black_small_square: Midland Confession of Faith / Sixteen Articles of Faith and Order Unanimously Assented to the Messengers Met at Warwick (1655)
:black_small_square: Somerset Confession of Faith / A Confession of the Faith of Several Churches of Christ in the County of Somerset and some Churches in the Counties Near Adjacent (1656)
:black_small_square: Second London Baptist Confession of Faith / A Confession of Faith put Forth by the Elders and Brethren of many Congregations of Christians Baptized upon Profession of Their Faith (1677)
:black_small_square: A True Confession of the Faith and Humble Acknowledgment of the Allegiance which we her Majesty’s subjects falsely called Brownists, do hold towards God and yield to her Majesty and all other that are over us in the Lord (1596)
:black_small_square: A Short Confession of Faith in Twenty Articles by John Smyth (1609)
:black_small_square: A Declaration of Faith of English People Remaining at Amsterdam in Holland (1611)
:black_small_square: Pengakuan Iman Schleitheim / Das Schleitheimer Täuferbekenntnis / Brotherly Union of a Number of Children of God Concerning Seven Articles (1527)
:black_small_square: Pengakuan Iman Waterland / Praecipuorum Christianae Fidei Articulorum Brevis Confessio (1580) dari John Ries dan Lubbert Gerardi.
:black_small_square: Pengakuan Iman Prussia / Confessio aut Breves et Simplices Fidei Articuli illorum Mennonistarum in Borussia qui Vulgo Clarici Vocantur / Confession oder Kurzes ein Faltiges Glaubensbekenntniss der Mennoniten in Preussen die Man die Clerken Nennt (1678)
:black_small_square: Pengakuan Iman Dordrecht / Confession des Christlichen Glaubens (1632)

Kredo protestan antar satu denominasi dengan denominasi lain saling berbeda satu sama lain, bahkan banyak kredo protestan dibuat untuk mengutuk kredo, iman atau doktrin denominasi lain, contohnya:

Pengakuan Iman Reformed.

Article 18, The Belgic Confession (1561), contains in part, "Therefore we confess, against the heresy of the Anabaptists who deny that Christ assumed human flesh from his mother.

Kredo ini dibuat untuk mengutuk denominasi Anabaptis yang dianggap bidat atau heresi oleh Reformed (kalvinis)

Secara umum, umat Protestan Magisterial (e.g. Lutheran, Kalvinis, dan Anglikan) menerima Kredo Para Rasul, Kredo Nikea Konstantinopel, dan Kredo Athanasius (Gereja Katolik). Sedangkan umat Protestan Radikal menolak mengenai status ketiga credo tersebut. :2funny:

Salam

Salah satu Kredo protestan yang paling terkenal justru menolak, mengutuk dan menyatakan Paus Roma adalah antikris, lalu kemudian mengangkat diri para pendeta menjadi Paus juga:

Pengakuan Iman Westminster

"Tidak ada Kepala Gereja selain Tuhan Yesus Kristus. Paus di Roma pun tidak dapat menjadi kepalanya dalam arti apapun. Sebaliknya, Dia yang adalah Anti- Kristus, manusia durhaka yang harus binasa, yang meninggikan diri di dalam Gereja melawan Kristus dan melawan segala yang disebut Allah. Semua sinode atau konsili sejak zaman para rasul, baik yang am maupun yang khusus, dapat keliru dan banyak di antaranya memang keliru. Oleh karena itu, mereka tidak boleh dijadikan sebagai patokan iman atau praktik, tetapi harus dipakai sebagai sarana pembantu dalam kedua bidang itu.

"Tuhan Yesus, sebagai Raja dan Kepala Gereja-Nya, telah mengangkat pemerintah didalamnya, yang berada di tangan para pejabat Gereja,dan yang berbeda dengan pemerintah negara. Kepada para pejabat itu diserahkan kunci-kunci Kerajaan Surga. Olehnya mereka berwewenang mengampuni atau tidak mengampuni dosa-dosa, menutup Kerajaan itu, melalui Firman dan disiplin gereja, bagi orang yang tidak menyesal, dan membukanya, melalui pelayanan Injil dan pembebasan dari tindakan disiplin, bagi orang berdosa yang menyesal, masing-masing sebagaimana dituntut oleh keadaan. Agar semua tujuan itu tercapai dengan lebih baik, para pejabat Gereja harus mengambil tindakan berupa teguran, larangan sementara untuk mengambil bagian dalam perayaan sakramen Perjamuan Malam Tuhan, dan pengucilan dari Gereja, sesuai dengan sifat kejahatan orang yang bersangkutan dan dengan ganjaran yang layak ia terima."

“Hanya dua sakramen yang ditetapkan oleh Kristus Tuhan kita dalam Injil, yaitu Baptisan dan Perjamuan Malam Tuhan. Keduanya tidak boleh dilayankan selain oleh seorang pelayan Firman yang diteguhkan dengan cara yang sah.”

Banyak bener pengakuannya umat protestan ya .hehehe
Tapi coba jelaskan secara ringkas isi nya ,Confessio Augustana saja sulit saya meringkasnya.

Saya justru lebih menyukai Pengakuan Iman Westminster:

"Tidak ada Kepala Gereja selain Tuhan Yesus Kristus. Paus di Roma pun tidak dapat menjadi kepalanya dalam arti apapun. Sebaliknya, Dia yang adalah Anti- Kristus, manusia durhaka yang harus binasa, yang meninggikan diri di dalam Gereja melawan Kristus dan melawan segala yang disebut Allah. Semua sinode atau konsili sejak zaman para rasul, baik yang am maupun yang khusus, dapat keliru dan banyak di antaranya memang keliru. Oleh karena itu, mereka tidak boleh dijadikan sebagai patokan iman atau praktik, tetapi harus dipakai sebagai sarana pembantu dalam kedua bidang itu.

“Tuhan Yesus, sebagai Raja dan Kepala Gereja-Nya, telah mengangkat pemerintah didalamnya, yang berada di tangan para pejabat Gereja,dan yang berbeda dengan pemerintah negara. Kepada para pejabat itu diserahkan kunci-kunci Kerajaan Surga. Olehnya mereka berwewenang mengampuni atau tidak mengampuni dosa-dosa, menutup Kerajaan itu, melalui Firman dan disiplin gereja, bagi orang yang tidak menyesal, dan membukanya, melalui pelayanan Injil dan pembebasan dari tindakan disiplin, bagi orang berdosa yang menyesal, masing-masing sebagaimana dituntut oleh keadaan. Agar semua tujuan itu tercapai dengan lebih baik, para pejabat Gereja harus mengambil tindakan berupa teguran, larangan sementara untuk mengambil bagian dalam perayaan sakramen Perjamuan Malam Tuhan, dan pengucilan dari Gereja, sesuai dengan sifat kejahatan orang yang bersangkutan dan dengan ganjaran yang layak ia terima.”

“Hanya dua sakramen yang ditetapkan oleh Kristus Tuhan kita dalam Injil, yaitu Baptisan dan Perjamuan Malam Tuhan. Keduanya tidak boleh dilayankan selain oleh seorang pelayan Firman yang diteguhkan dengan cara yang sah.”

Sebagai salah satu Kredo protestan yang paling terkenal justru menolak, mengutuk dan menyatakan Paus Roma adalah antikris, lalu kemudian mengangkat diri para pendeta menjadi Paus juga dengan jalan hanya para pendeta dapat mengampuni dosa dan hanya para pendeta yang boleh menyelenggarakan Perjamuan Kudus.

Salam

@Malaikat

Itu yang dikutip di atas, pengakuan iman atau caci maki?
Kalau pegakuan iman koq bunyinya penuh caci maki dan kebencian sih?

lho…
coba bandingkan dengan Yel-yel motivasi organisasi MLM…

pasti mirip, yaitu: penuh provokasi dan membakar diri dll…

itu kan termasuk motivasi salesmanship…

Mungkin malah lebih tepat dengan yel yel agama tetangga saat mau bakar gereja, kalee ya

;D ;D

o iya,
jadi inget…

udah pada bentuk “Laskar Pembela Kristen” belum ya?

hehe…

Begitulah iman mereka, itulah sebabnya iman saya menuju Roma.

Salam