Pengampunan dulu baru pertobatan, atau Pertobatan dulu baru Pengampunan??

Pengampunan dulu baru pertobatan, atau Pertobatan dulu baru Pengampunan??

:slight_smile:

Pertobatan > Pengampunan

Kisah Para Rasul 2:38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Kisah Para Rasul 5:31 Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa.
GBU

Amsal 28:13
Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.

Mengakui dan meninggalkan kesalahan adalah langkah awal, setelahnya mendapat kemurahan (pengampunan). Dalam NIV, ditulis, ‚ÄúWhoever conceals their sins does not prosper, but the one who confesses and renounces them finds mercy.‚ÄĚ Sedangkan KJV menulis ‚ÄúHe that covereth his sins shall not prosper: but whoso confesseth and forsaketh them shall have mercy.‚ÄĚ Hal ini digambarkan seperti perumpamaan ‚Äúanak terhilang‚ÄĚ, seperti juga kisah Daud berdosa yang diampuni (mendapatkan kemurahan) setelah mengakui dan menyesal.

Mazmur 32:5
Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: ‚ÄúAku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku,‚ÄĚ dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku. Sela

Doa Bapa Kami:
‚Äú‚Ķ dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami‚ÄĚ

11:25 Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu."
11:26 (Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu.)

Adding (IMHO):

1:13 Di dalam Dia kamu juga‚Äďkarena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu‚Äďdi dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan ROH KUDUS, yang dijanjikan-Nya itu.
1:14 Dan ROH KUDUS itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

1. Mendengar firman kebenaran
Rm. 10:17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.
Rm. 10:8 Tetapi apakah katanya? Ini: ‚ÄúFirman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu.‚ÄĚ Itulah firman iman, yang kami beritakan.
Why. 3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

2. Ketika ‚ÄúPERCAYA‚ÄĚ
Yoh. 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;
Mat. 10:38 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.
1Kor. 6:17 Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.
Yoh. 7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."
Yoh. 7:39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.

  • Tuhan Yesus dalam Bapa adalah Sang Kasih, Sang Kebenaran, Sang Terang‚Ķ benar-benar 3OMNI bersama2 BAPA‚Ķ
    Jadi imho makna ‚Äúpercaya‚ÄĚ:
  • Trust Kebenaran, and He will transform kita menjadi kebenaran,
  • Trust Kasih, and He will transform kita menjadi kasih, kita dibebaskan dari ego yang kita bentuk sendiri ttg siapa kita, bayangan diri sendiri‚Ķ you is you, me is me‚Ķ Saat kita diubahnya menjadi kasih‚Ķ self kita adalah kasih‚Ķ state bayi baru lahir yg nda kenal egois, yg selalu menginginkan yang rohani dan susu murni‚Ķ seperti state Adam/Eve before falls yg diciptakan oleh Allah menurut gambar Firman(Tuhan Yesus)‚Ķ
    Adam/Eve bukan Tuhan… Hanya satu Tuhan yaitu Tuhan Yesus… Adam/Eve hanyalah image-Nya termasuk kita semua.
  • Trust Terang, and He will transform kita menjadi terang bagi saudara2 yg lain‚Ķ
    Ketika self kita diubah… terasa indah banget… damai, sukacita… kadang speaking in tongue memuliakan Allah… sungguh!

3. dimeteraikan ROH KUDUS
Why. 3:7 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.
Why. 3:8 Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.
Why 3:18 maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.
Why. 14:12 Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.

4. Sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah
Why 3:21 Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.
Gal. 3:29 Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah.
Gal. 5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
1Kor. 9:21 Bagi orang-orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku tidak hidup di luar hukum Allah, karena aku hidup di bawah hukum Kristus, supaya aku dapat memenangkan mereka yang tidak hidup di bawah hukum Taurat.
Yak. 1:12 Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.
1Ptr. 5:4 Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.

hm, pertanyaannya menarik bro…

kalau buat saya

1) Pengampunan ‚ÄĒ> 2) pertobatan ‚ÄĒ> 3)diampuni

krn Pengampunan sdh tersedia untuk semua org, sebelum org itu meminta… saat meminta maka pengampunan diberikan (ini yg d sebut diampuni)
kl pertobatan dulu lalu kemudian pengampunan, Tuhan Yesus ga bakal lahir-lahir

*contohnya Niniwe Vs Sodom-gomora:

Pengampunan Allah sudah tersedia dan tergantung pihak manusia bertobat / tidak…

begitu :slight_smile:

Maaf menyela ya bro… jika konsepnya begitu, maka following logic:
1) Pengampunan ‚ÄĒ> 2) pertobatan [s]‚ÄĒ> 3)diampuni[/s]
Sudah diampuni sejak semula, apanya lagi yg mesti diampuni, ya kan ?

Mungkin kalo boleh sy koreksi, prosesnya gini:

  1. Kehendak Allah untuk mengampuni (masih dalam Mind Allah) ‚ÄĒ> 2) manusia bertobat ‚ÄĒ> 3) barulah diampuni.

betul nda bro ? :slight_smile:

:afro: :happy0062: :slight_smile:

terus menurut km Tuhan Yesus dikayu salib untuk siapa? orang yg sudah bertobat? :slight_smile:

terlalu banyak ayat, ga ngerti poinnya… seharusnya mengerucut… ^^

bagaimana dengan wanita yg kedapatan berzinah… :rolleye0014:

nah anak yg hilang contoh y baik sekali, coba resapi lagi… jika anda jadi bapa nya… apakah pengampunan mu terbatas pada pertobatan anak mu? :slight_smile:

ya, cb resapi lagi doa perkataan Tuhan Yesus ini…
Ia yg berkata, dan tak hanya berkata… Ia lakukan apa yg Ia katakan… untuk pertama kali di dunia…
‚ÄúIa mengampuni kita terlebih dahulu di kayu salib, seperti yg Ia katakan‚Ķ‚ÄĚ :slight_smile:
dan kita mengikuti jejak Nya… kita sudah diampuni untuk jg mengampuni :slight_smile:

God bless

[quote="pa_ul post:2, topic:181057"] [b]Pertobatan > Pengampunan[/b]

Kisah Para Rasul 2:38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia ROH KUDUS.

Kisah Para Rasul 5:31 Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa.
GBU

[/quote]

[b]Yang dibahas di Yohanes 8:3-11 itu perbandingan antara Hk.Taurat vs Hk. Kasih[/b] Dlm Hk.Taurat tdk ada pengampunan, yg ada hukuman, walaupun ada pertobatan/pengakuan Dlm Hk.kasih ketika seseorg sdh mengakui (tdk menyangkal) dosanya, maka akan ada pengampunan Perempuan yg berzinah itu tdk melarikan diri dan tdk berdalih ketika kedapatan berzinah ini bentuk pengakuan bahwa dia memang bersalah & berdosa Inilah yg membuat pengampuan diberikan oleh Tuhan Yesus, dgn pesan "jangan berbuat dosa lagi" GBU

Ya dan Amin… Kemuliaan bagi BAPA dan Anak Domba Allah… :afro:
Thanks ya bro, dah kasi pencerahan sehingga sy dapat melihat dari sudut ‚ÄėPengampunan ‚Üí Pertobatan‚Äô.
:afro:
Secara, cara kerja KASIH memang beda dgn cara kerja ADIL… tapi keduanya SATU…
Luk. 23:34 Yesus berkata: ‚ÄúYa Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.‚ÄĚ Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya.

18:21 ‚Ķ‚ÄúTuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?‚ÄĚ
18:22 Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.

Mat. 12:7 Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah.

Mat. 5:24 tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.

Luk. 17:3 Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia.
* Sehingga ayat Lukas diatas prosesnya tetaplah kita memaafkan dulu saudara kita dalam hati… kasihi saudara kita… dan karena kita mengasihi, kita tegor mereka agar mereka tahu apa yg mereka perbuat… dan jika mereka menyesal, baru kita katakan dgn mulut.
Jika mereka tidak menyesal, tetaplah kita maafkan dan doakan dalam hati…

[i]* Sebab jika prosesnya kita baru mengampuni setelah mereka menyesal, otomatis kontradiksi dgn sifat Tuhan dalam BAPA yg maha Kasih dan ajaran-Nya yg lain…

  • Jika prosesnya kita baru mengampuni setelah mereka menyesal, artinya selama mereka belum menyesal‚Ķ kita terus menyimpan kesalahan mereka dalam hati‚Ķ[/i]

Sungguh… semakin kita memaafkan saudara yg bersalah pada kita dgn tulus, semakin kita diubahnya menjadi kasih… semakin indah segala disekitar kita… our awareness, self bukan lagi conditional dalam ego melainkan menjadi bebas…
semakin terang mata kita memandang segala sesuatu…

God Bless…

pengampunan itu diberikan pada semua orang … itu adalah benar…
namun apakah dosa2 orang2 tersebut terampuni…??? itu yang jadi pertanyaan…
Sebab seseorang itu baru bisa terampuni jika orang itu bertobat… dan jangan salah… karena makna pertobatan yang benar adalah ketika seseorang itu menjaga dirinya tetap terampuni sampai tujuan hidupnya selesai…

gimana cara melarikan dirinya?? ada ide? :slight_smile:
kedapatan berzinah… gmn cara berdalihnya? ada ide? :slight_smile:

Gbu

iya c :afro:, tp yg saya maksud yg diampuni, bukan yg mengampuni… hehe :slight_smile: :slight_smile:

ga ngerti sama kalimat terakhir? :slight_smile:

hmmm, ya sudah… Tuhan Yesus dikayu salibnya nanti saja ya, kalau kita semua sudah bertobat… :slight_smile:

God bless

hmmm…

Begini aja…

TUHAN memberikan jalan untuk manusia agar bisa kembali kepadaNYA… itu adalah benar… (kehidupan TUHAN YESUS sampai kematianNYA/pengampunan)

namun jalan itu dipakai atau dijalani oleh seseorang, itu adalah pilihannya (pertobatan)…

dan hanya orang2 yang berjalan di jalan itu sampai garis akhir yang bisa bertemu BAPA…(inilah yang disebut menjaga dirinya tetap terampuni)

jadi misalnya sudah setengah jalan terus menyimpang dan tersesat ga kembali2 lagi… sampai akhir… maka ga akan bertemu dengan BAPA… ketemunya yang lain…

Itulah makna pengampunan dan pertobatan yang saya ketahui…

Semoga bermanfaat…
TUHAN YESUS memberkati…