PENGARUH budaya Kerajaan Allah ?? ( Culture influence by Kingdom of God )

Budaya , Culture sangat MEMPENGARUHI kehidupan manusia dan sangat sulit diubah , contoh , budaya suku-suku yang ada di Indonesia yang begitu banyak ragamnya sangat mempengaruhi seluruh lini kehidupan masyarakatnya , demikian juga untuk menjadi GEREJA SEHAT tergantung dari budaya apa yang mempengaruhi hidup jemaatnya , apakah dalam pengaruh budaya DUNIA , pengaruh doktrin yang dibuat manusia atau doktrin Alkitab murni yang mempengaruhi kehidupan rohaninya .

HIDUP DILUAR KRISTUS , IA DALAM PENGARUH “ KERAJAAN ANGKASA “

Efesus 2 : 1 - 7 .

• Kebenaran Firman Tuhan ini dimulai dengan dua perbedaan kata KAMU dan KAMI , Kamu untuk mewakili orang-orang bukan Yahudi , ( manusia umumnya ) Kami untuk orang Yahudi , ( Umat yang sudah ditebus Yesus ) baik kamu maupun kami semuanya perlu waspada bagaimana posisi hidupnya apakah masih dibawah pengaruh kuasa KERAJAAN ANGKASA atau sudah ada dalam pengaruh kuasa KERAJAAN SORGA .

• Ayat tersebut memberitahu betapa mengerikan hidup tanpa KRISTUS baik untuk umat Tuhan maupun manusia pada umumnya , karena hidup tanpa Kristus berarti , hidup dibawah penguasa kerajaan angkasa , yaitu yang sekarang sedang bekerja diantara orang-orang durhaka . Hidup dibawah pengaruh Kerajaan angkasa , menunjuk kuasa setan , iblis sebagai penguasa roh diudara , kerajaan setan , musuh Tuhan , Yoh 15 : 18-19 ; 2 Kor 12 : 7 ; 1 Tes 2: 18 ; Efe 6 : 12 ; 1 Yoh 4 : 4 menyaru sebagai malaikat terang , 2 Kor 11 : 13-14 . Berbicara juga hidup didalam hawa nafsu daging bawaan dosa Adam , hidup seperti itu akhirnya akan dimurkai Allah !

Hidup diluar KRISTUS , hidup didalam dosa dan pelanggaran FirmanNya , kata dosa disini dalam bahasa Yunani adalah Hamartia , kata itu biasanya digunakan bagi para pemburu binatang karena artinya adalah MELESET dari sasaran , jadi kalau seseorang hidup diluar KRISTUS ia meleset dari rencana Tuhan bagi hidupnya ! kata lain dosa yang digunakan Paulus adalah Paratoma maksudnya adalah PELANGGARAN atau TERGELINCIR jatuh !

Tetapi kalau umat Tuhan mau hidup dalam KRISTUS dengan SUNGGUH-SUNGGUH , ia akan dibebaskan dari pengaruh kuasa kerajaan angkasa , hidupnya akan dipulihkan dalam segala sesuatu agar melalui hidupnya bisa memancarkan Kemuliaan Allah dan diakhir hidupnya kelak ia akan tinggal bersama YESUS dalam Sorga .

Pada umumnya kita memiliki pengertian salah tentang dosa yaitu hanya bagi mereka yang merampok , pembunuh , pemabuk , penjahat dllnya . Akibatnya kalau TIDAK melakukan hal-hal tersebut merasa nyaman , merasa bukan orang berdosa , sedangkan Firman Tuhan mengatakan setiap umat Tuhan yang salah sasaran dari rencana Tuhan maka umat Tuhan itu berdosa !

DOSA , HAMARTIA , PARATOMA ADALAH

a. Tidak mencapai target dalam hidup , Seorang berkeluarga tentu memiliki target kesejahteraan keluarganya , Suami menjadi berkat bagi istrinya , mendorong dan mendukung istrinya menjadi wanita bijak dan istri menjadi berkat bagi suaminya , mendirong dan mendukung sumainya sampai menjadi pria sejati . Orang tua menjadi berkat bagi anaknya dengan menanamkan disiplin atas segala tingkah laku dan kehidupan rohani anaknya tidak melakukan pembiaran , dampaknya anaknya bisa mengucap syukur atas kebaikan dan pengorbanan orang tuanya dan menyayangi dan menghormati orang tuanya .

b. Penghalang karier sebagai karyawan atau pegawai negeri , tidak bekerja sesuai ketentuan jam yang disepakati dengan perusahaan dan merasa nyaman saja tidak merasa bersalah atas pelanggaran kesepakatan jam kerja , ia memanipulasi jam-jam kerja hanya untuk kepentingan pribadi , akibatnya tidak mengalami promosi dari kantornya !

c. Sebagai umat Tuhan tidak memenuhi rencana , kehendak Nya ,
memenangkan jiwa-jiwa , bersaksi bagi Kerajaan Allah , berguna sebagai TUBUH KRISTUS , menyimpan talenta yang Tuhan berikan dalam hidupnya , semua itu pelanggaran atau berdosa , dalam keadaan berdosa tidak mungkin Tuhan menggenapi janji-janjiNya dan memberkati usaha dan kariernya .

Jadi dosa adalah KEGAGALAN umat untuk mencapai TUJUAN hidupnya dan apa yang Tuhan sudah tetapkan dalam hidupnya sebagai umat pilihanNya .

Bersambung …


AKIBAT HIDUP DIDALAM PENGARUH KERAJAAN ANGKASA

1. Akan mati dalam dosa karena tidak bisa melepaskan pengaruh dosa dari hidupnya ,

a. Dosa merusak kemurnian hidup manusia yang awalnya diciptakan Tuhan tanpa dosa , dosa tinggal secara permanen dalam hidup manusia , walau manusia tidak menginginkannya , tetapi setiap saat muncul keinginan berbuat dosa ! Roma 7 : 24 .

b. Dosa memusnahkan cita-cita untuk hidup baik , dalam kehidupan orang pada umumnya saat melihat kejahatan atau dosa merasa muak , kemudian godaan timbul untuk melihat lagi walau awalnya merasa ngeri , sama seperti orang merasa ngeri melihat film horror , tetapi ada godaan untuk ingin melihatnya lagi . Awalnya seseorang berbuat dosa ia merasa tidak nyaman , tetapi kalau terus dilakukan ia merasa nyaman dan akhirnya perbuatan baik tidak dilakukan !

c. Dosa memperbudak hidup seseorang , seseorang yang pernah melakukan perbuatan dosa pada awalnya ia merasa bersalah , tetapi akhirnya ia tidak bisa melepaskan diri dari kebiasaan dosanya , bahkan menjadi kebutuhan atau diperbudak oleh dosanya , ada pribahasa yang mengatakan ; Menabur PERBUATAN membuahkan kebiasaan , menabur KEBIASAAN membuahkan watak , karakter menabur WATAK , karakter dan membuahkan NASIB … “

d. Sumber dosa adalah keinginan daging dan bujukan iblis , Sebab iblis dengan berbagai cara menggoda manusia untuk berbuat dan melakukan dosa agar manusia tidak hidup dalam pimpinan ROH Kudus , akibatnya banyak umat Tuhan tidak mengalami perubahan hidupnya karena selalu ada pertentangan antara kehendak daging dan kehendak Roh , Galatia 5 : 17 . Akibatnya tanpa sadar umat makin jauh dari rencana dan kehendak Tuhan bagi hidupnya .

e. Hidup dikuasai hawa nafsu atau hal-hal yang terlarang dan buruk , kalau manusia hidupnya dituntun oleh hawa nafsunya dan tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya sesungguhnya ia sudah diperbudak oleh hawa nafsunya dan ujungnya pasti kehancuran , maut masa depan dan menanggung aib yang memalukan seumur hidupnya . Amsal 14 : 12 .

Dosa bersifat membunuh , memusnahkan kemurnian , menghambat perbuatan baik , dosa yang pada mulanya mengerikan akhirnya akan dilakukan tanpa perasaan cemas lagi , manusia begitu dikuasai oleh dosa , sehingga ia tak dapat membebaskan diri dari dosanya . Tetapi kalau umat mau hidup dalam KRISTUS akan memberikan KUASA untuk hidup benar dan baik ! Roma 7 : 25 .

2. Ditandai dengan keterikatan hidup dengan patokan – patokan dunia masa kini seperti ;

a. Dunia mengajarkan mata ganti mata , kamu memukul akan saya balas dengan bunganya , artinya tidak ada pengampunan sama sekali , sedangkan Tuhan mengajarkan ampuni kesalahan yang dilakukan orang kepadamu , kalau kita tidak bisa mengampuni orang yang bersalah kepada kita maka kita masih dibawah pengaruh penguasan angkasa yang bekerja didunia ini .

b. Dunia mengatakan kasih adalah suatu kelemahan , Tuhan mengatakan hukum kedua yang terutama adalah mengasihi sesamanya seperti mengasihi diri sendiri , tentunya dengan TULUS seperti burung merpati tetapi CERDIK seperti ular , kalau tidak hidupnya akan dimanfaatkan orang yang tahu kelemahan orang Kristen yang tidak memahami kasih dengan benar .

c. Hidup sebagai umat yang ada didalam KRISTUS , mendapat aliran kasih dan kuasaNya sebagai rasa syukur seharusnya diwujudkan dengan berbuat sesuatu yang menyenangkan hati Tuhan dalam wujud ikut terlibat dalam berbagai macam PELAYANAN .

d. Sayang banyak orang KRISTEN tidak memahami arti pelayanan sehingga sekalipun ikut dalam pelayanan , tetapi hidupnya tidak sesuai dengan kehendak Tuhan . Buah hidupnya tidak memuliakan nama Tuhan , pelayanan model seperti itu bisa mendatangkan hukuman lebih besar karena tahu kebenaran tetapi tidak melakukannya ! Matius 7 : 15-23 .

Kehidupan didalam KRISTUS yang sungguh-sungguh akan membawa perubahan hidup umat makin hari makin nampak perubahan hidupnya semakin indah dan berkenan baik dimata manusia maupun dimata Tuhan .

  1. Ditandai dengan ketidak taatan akan kehendak Tuhan , sedangkan Tuhan menggunakan banyak cara menyatakan kehendakNya agar manusia dibebaskan dari kuasa angkasa , seperti ;

a. lewat hati nuraninya ( rohnya ) yang dapat mendengar suara ROH KUDUS .
b. lewat kebenaran Firman yang tertulis dalam Alkitab .
c. lewat Kotbah yang disampaikan dimimbar , radio , T.V dllnya .

Bersambung …


Tetapi manusia yang hidup diluar KRISTUS ia lebih suka hidup menurut jalan-jalannya sendiri , akhirnya tidak melakukan kehendak Tuhan dalam hidupnya , sehingga tidak tahu jalan-jalan Tuhan yang akan membawa hidupnya dalam pemulihan segala sesuatu , dibawa kepadang rumput yang hijau dan air yang tenang atau masa depan penuh pengharapan !

4. Manusia yang tinggal didalam pengaruh Kerajaan angkasa akan mendatangkan murka Allah ;

a. Tidak bisa menghapuskan rasa sakit hatinya karena dikoreksi hidup dan tingkah lakunya , sehingga kena murka Allah selama didunia , kalau tidak juga bertobat maka akan kena murka Allah dalam kekekalan . Matius 5 : 24-26 .

b. Manusia yang sudah menyusahkan hati Tuhan dengan perbuatannya dan hawa nafsunya sendiri sering tidak mau juga bertobat , malah menyalahkan orang lain bahkan kepada Tuhan yang dalam pandangannya tidak peduli kepadanya . Wahyu 16 : 9 .

c. Kolose 1 : 21-22 . DiJemaat Kolose kembali Paulus mengatakaan akan hal ini ,
Jika kita hidup jauh dari KRISTUS maka kita akan kena murka Allah .

Kolose 1 : 21-22 . Kembali Paulus mengatakan akan hal ini , Jika kita hidup jauh dari KRISTUS maka kita memusuhiNya dari hati dan perbuatan dimata Tuhan jahat , Tetapi bagi kita yang mau menyatu didalam KRISTUS kita diperdamaikan kembali untuk menempatkan kita kudus dan tak bercacad dan bercela dihadapanNya !

Efesus 2 : 4 – 7 . Kebenaran Firman Tuhan ini menjelaskan , dengan rahmat , kasihNya yang besar , menghidupkan kita bersama-sama bagi yang hidup dalam KRISTUS , sekalipun kita dimata Tuhan telah MATI karena dosa , Oleh kasih karunia kita akan diselamatkan ! dibebaskan dari pengaruh kuasa kerajaan angkasa oleh IMAN yang merupakan ANUGRAH ALLAH dan kelak kemudian hari akan tinggal bersama-sama dengan Kristus disorga . Karya Allah yang SEMPURNA menghasilkan kemenangan dan kebebasan bagi manusia dengan SEMPURNA juga !

1. Manusia dengan segala cara ingin membebaskan diri dari dosa dan kuasa dosa dalam hidupnya tetapi tidak bisa , kadang bisa mengendalikan tetapi hanya sementara , sehingga dalam hatinya berteriak , Aku manusia celaka ! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini ? Syukurlah kepada Allah ! oleh YESUS KRISTUS , Tuhan kita . Roma 7 : 24 - 25 .

a. Barangsiapa ada didalam KRISTUS ia akan merasakan kelegaan dan kedamaian karena KasihNya yang memberi kepastian PENGAMPUNANNYA dan KUASA yang memberikan jaminan kemenangan dalam hidupnya untuk mengatasi dosa dalam hidupnya . Roma 8 : 37 .

b. Kasih dan hormat kita kepada KRISTUS membuat kita TAAT kepada kehendakNya dan membuat kita dikasihi Tuhan juga . Kebenaran yang ditaati akan menuntun kita untuk mengalami segala keindahan hidup didalamNya . Mazmur 25 : 14 .

2. Manusia yang mau hidup dalam KRISTUS dan berjalan dalam kehendakNya ia akan mengalami kemerdekaan dari kuasa dosa yang selama ini mengikat hidupnya dengan sempurna karena KUASANYA yang bekerja sempurna didalam hidup kita yang TAAT melakukan KEBENARAN Firman . Yohanes 8 : 32 .

a. Ketidak taatan akan kebenaran Firman yang membuat seseorang tidak mengalami perubahan dan tidak akan mengalami pemulihan dalam hidupnya karena masih dikuasai manusia lamanya .

b. Ketaatan akan kebenaran FirmanNya saja yang akan membawa hidup umat dalam segala kemuliaanNya .

3. Oleh kasih karuniaNya yang melimpah-limpah dan sesuai dengan kebaikanNya , pada masa yang akan datang kita akan dibangkitkan dan tinggal bersama-sama dengan DIA akan mewarisi kerajaan Sorga yang mulia !

Mari kita intropeksi apakah yang mempengaruhi kehidupan kita selama ini ? budaya DUNIA , manusia lama DAGING dengan segala hawa nafsunya atau budaya KERAJAAN ALLAH yang dominan mempengaruhi gaya hidup dan pola hidup kita !? Kita tahu dampak dan akibatnya dari pengaruh budaya hidup tersebut , Marilah kita ambil keputusan sebelum terlanjur semakin dalam pengaruh budaya dalam hidup kita dengan pertolongan ROH KUDUS semua menjadi mudah asal kita mau terbuka dihadapan Tuhan , “ KETERBUKAAN AWAL PEMULIHAN “ Amin .


:scorpius:ªƙªsίђ ya saya benar2 diberkati, merefresh ulang kerohanian saya. TUHAN YESUS BERKATI :angel: