Pengaruh Zoroastrianisme atas Yudaisme

Adakah yang dapat menjelaskan penelitian sarjana antara laim Morton Smith mengenai pengaruh Agama Persia / Zoroastrian atas Yudaisme :

Zoroastrian ------------------ Yudaisme

  1. Ahura Mazda ------------------Tuhan
  2. Perantaranya Ahura Mazda: Spenta Mainyu ------------------ Roh Kudus
  3. mengatur jagad raya dgn malaikat ------------------ idem
  4. Ahriman, musuh Ahura Maza ------------------ Setan
  5. Dunia melakukan regenerasi ------------------ idem
  6. Kerajaan sempurna ------------------ idem
  7. Kedatangan penyelamat / messiah ------------------ idem
  8. Kebangkitan orang mati ------------------ idem
  9. Kehidupan kekal ------------------ idem
  10. Ahura Mazda menurunkan wahyu kepada Zoroaster di gunung suci ------------------ Tuhan menurunkan wahyu kepada Musa di gunung suci
  11. Aturan penyucian membuang kenajisazn di kitab Avestan Vendidad ------------------ mirip Kitab Imamat
  12. Enam Periode Penciptaan Alam ------------------ 6 hari penciptaan di Kitab Kejadian
  13. Umat manusia berasal dari Meshya (pria) & Meshyana (wanita) ------------------ Adam & Hawa
  14. Keluarga Yima di Vira satu-satunya selama dari air bah ------------------ Keluarga Nuh satu-satunya yang selamat
  15. Sepasang mahkluk terbaik dari tiap jenis ------------------ binatang2 yang dibawa bersama Nuh
  16. 3 anak penerus Yima : Airya, Sairima dan Tura ------------------ 3 anak Nuh : Sem, Ham dan Yafet

Kebalik, Zoroaster justru mewarisi “tradisi Abraham” :smiley:

[u][b]Zoroastrianism[/b][/u] (zɒroʊˈæstri.ənɪzəm) is a religion and philosophy based on the teachings of [u][b]prophet Zoroaster (also known as Zarathustra, in Avestan) [/b][/u]and was formerly among the world's largest religions. It was probably founded [u][b]some time before the 6th century BCE in Persia (Iran)[/b][/u]. The term Zoroastrianism is, in general usage, essentially synonymous with Mazdaism (the worship of Ahura Mazda, exalted by Zoroaster as the supreme divine authority).
http://en.wikipedia.org/wiki/Zoroastrianism
[u][b]Abraham[/b][/u]: Born: 1948 Anno Mundi ([u][b]early 2nd millennium BCE[/b][/u]) Mesopotamia (Irak)
Abraham [u][b]2000 BCE[/b][/u], lebih dahulu [u][b]1400 tahun dari Zarathustra, pendiri Zoroaster[/b][/u] :D
Istri: Sara, Hagar, [u][b]Ketura[/b][/u] Keturah: [i][b]Keturah or Ketura [/b][/i](Hebrew: קְטוּרָה, Modern Ktura Tiberian Qəṭûrā ; "Incense"). In the eighteenth century, some writers believed that Keturah was the ancestor of African peoples, [u][b]thereby explaining the similarities between some African and Jewish customs[/b][/u]. Olaudah Equiano cites John Gill's claim to this effect in his Interesting Narrative. Reb Yakov Leib HaKohain states (as part of Donmeh West teaching) that [u][b]the children of Keturah moved Eastwards[/b][/u] and were ancestors to the religions of Hinduism, Buddhism and Shinto, [u][b]which then should be counted as Abrahamic religions.[/b][/u] Zimran [u][b]Zimran[/b][/u] (Hebrew: זִמְרָן ; "vine dresser; celebrated; song;"), also known as [u]Zambran[/u]. "Abraham contrived to settle them in colonies; and [u][b]they took possession of Troglodytis and the country of Happy Arabia, as far as it reaches to the Red Sea[/b][/u]." Abraham, in all probability, tried to keep them apart from Isaac to avoid conflict while fulfilling God's commission to spread out and inhabit the globe. For such reasons Zimran has also been tentatively identified by some with[u][b] the Arabian town of Zabran[/b][/u], between Meeca and Medina. Son: [u][b]Abihen, Molich, Narim[/b][/u]
Keturunan Abraham melalui Keturah lah yang menurunkan agama-agama yang mirip dengan Yahudi, melalui Abihen, Molich, Narim yang tersebar di Timur Tengah, Afrika dan Asia :D

oh syukurlah kalo begitu :slight_smile:

Sejauh yang saya pahami, pengaruh persia atau babilonia terjadi ketika israel mengalami pembuangan kebabel. Sebelum itu belum terjadi kontaminasi secara signifikan. Dan kalau diperhatikan baik baik maka yehezkiel, daniel, yesaya, dan beberapa nabi lain ada untuk menekan pengaruh itu bahkan berusaha menentangnya. Tetapi kelihatannya tidak benar2 sukses meskipun mereka sudah berusaha semampu mereka. Karena talmud tetap saja berlaku dan dimulai disusun sejak pembuangan ke babel. Dan dijaman Tuhan, Yesus gak pernah menyebut tentang pengaruh itu malah sama sekali gak mau menyinggungnya malah lebih menekankan kitab2 yesaya. Jadi pengaruh itu sangat mungkin ada setelah pembuangan kebabel tetapi tidak pada “alkitab” tetapi pada talmud nya. Sehingga mempengaruhi tata kehidupan dan tata ibadah mereka dikemudian hari.