[Pengetahuan Umum] Hot Cross Bun & Pretzel

Mumpung bentar lagi Paskah, aku mo share tntg hot cross bun. Hot cross bun adalah bun manis yg terbuat dari ragi, kismis, atau sultan, sering juga dengan buah"an kering atau buah citrus yg dikasih gula, dan diatasnya diberi tanda cross atau tanda silang. Tanda silangnya dibuat bisa dari macam" ;; campuran tepung dan gula, icing, etc. Biasanya hot cross bun dimakan pada saat Good Friday atau Jumat Agung.

Di banyak negara dengan sejarah Kristen, biasanya buns dimakan pada Jumat Agung dengan tanda palang yg melambangkan peristiwa penyaliban. Namun pada masa pra-Kristen, meskipun penggunaan nama “hot cross bun” dikenal setelah tahun 1733, hot cross bun dipercaya dimakan oleh para Saxons dalam rangka penghormatan kepada dewi mereka, Eostre (tanda palang melambangkan bulan yg dibagi 4). Eostre diperkirakan juga merupakan asal dari istilah Easter. Beberapa mengklaim juga bahwa Yunani menandai kue dengan tanda palang jauh lebih dulu ketimbang para Saxons.

Banyak variasi dari hot cross bun ini sendiri di berbagai negara seperti misalna coklat, white chocolate, buah"an, meski hot cross bun tradisional sendiri masih populer.

Di Australia dan Inggris sendiri hot cross bun dijual hampir setiap hari dalam tahun, non stop. Pernah suatu hari ada seorang pendeta Australia enggak suka, karena menurutnya hot cross bun dijual untuk masa" sekitar Paskah - Good Friday. Jadi dia pergi ke supermarket dan menghancurkan roti" hot cross bun yg dijual disana :smiley:

wow nice info sis fair… menambah pengetahuan…

btw kalo gag salah pretzel jg ada kaitan dgn lenten season…

Kurang tau kalau tentang pretzel. Mgkn Calvin bisa share tntg pretzel :slight_smile:

ok, :smiley:

Pretzel

Masa prapaskah merupakaan saat yang digunakan untuk berpuasa, berpantang, bermatiraga, dan berdoa selama 40 hari sejak rabu abu hingga sabtu suci tidak termasuk hari minggu, yang bertujuan untuk mempersiapkan diri menuju hari raya paskah. Kebanyakan umat Krsten di beberapa negara, mempunyai beberapa tradisi seputar masa prapaskah, yang umumnya ditandai dengan pantang terhadap berbagai makanan seperti roti beragi, pantang daging, dll.

Pretzel merupakan makanan yang yg cukup identik dengan masa prapaskah. Pretzel tidak mengandung susu, mentega, keju, telur, atau daging. secara tradisional merupakan makanan yang biasa dikonsumsi oleh umat Gereja perdana. Nama Pretzel berasal dari kata (bracellae) atau tangan-tangan kecil yang menggamparkan posisi tangan umat yang berdoa dengan menyilangkan tangan mereka di depan dada. dari kata bracellae itu umat di wilayah Jerman mendapatkan kata Pretzel.

Sebagai tambahan mengenai tangan berdoa seperti juga bagi mereka yg belum bisa menerima komuni harus meyilangkan kedua tangan didepan dada ketika menuju altar persis bentuk pretzel. Selain itu, karena pretzel yang umumnya tidak mengandung ragi, mengingatkan kita kepada hosti ketika komuni yang juga roti tanpa ragi.
lihat gambar :

Di beberapa wiyalah Eropa, Pretzel hanya dihidangkan pada masa Prapaskah, dan tetap menjadi menu yang sangat cocok dengan masa Prapaskah karena mengingatkan umat untuk selalu berdoa pada masa ini. Gambar pertama dan Tulisan mengenai pretzel berasal dari abad V dan disimpan di Perpustakaan Vatikan No. 3867, Vatican Library.

Namun, pretzel saat ini sudah menjadi kudapan yang umum, dan dapat ditemui sepanjang tahun, tidak harus menunggu masa prapaskah.

Wah ini thread mantab :afro: …bisa tahu informasi roti-rotian jadinya…Terimakasih :happy0062:

Ooo baru tau ternyata pretzel itu dibentuk mirip kayak posisi tangan gt haha D:

Yup betul sekali, btw judulnya di edit ya, hehe :smiley: