Pengikut Kristus tidak harus mempercayai Trinitas

Aneh, hari2 ini makin banyak orang Kristen yang pemikirannya sempit, menuduh sesat kepada orang yang tidak mempercayai doktrin trinitas. Banyak pula pendeta yg pemikirannya sempit karena hal ini.
Alasan mengapa orang Kristen tidak wajib mempercayai doktrin trinitas karena demikian:

Pertemuan Nicea adalah pertemuan yang sangat diragukan karena ketidak konsistenan data. Penguasa Roma Konstantin memanggil semua uskup ke Nicea, jumlahnya sekitar 1800 uskup. Dari jumlah ini sekitar 1000 orang dari timur dan 800 orang dari barat. Namun, jumlah yang hadir lebih sedikit dan tidak diketahui pasti berapa. Eusebius dari Kaisaria menghitung 250, Athanasius dari Alexandria menghitung 318, dan Eustatius dari Antiokia mencatat 270 orang. Mereka bertiga hadir pada konsili ini. Belakangan Socrates Scholasticus mencatat lebih dari 300 orang dan Evagrius, Hilarius, Hieronimus dan Rufinus mencatat 318 orang.

Konstantin bukan seorang Kristen. Menurut dugaan, ia belakangan ditobatkan, tetapi baru dibaptis pada waktu sedang terbaring sekarat. (Jadi saat merumus doktrin trinitas dia masih KAFIR).

“Konstantin sendiri menjadi ketua, dengan aktif memimpin pertemuan dan secara pribadi mengusulkan… rumusan penting yang menyatakan hubungan Kristus dengan Allah dalam kredo yang dikeluarkan oleh konsili tersebut, ‘dari satu zat dengan Bapa’… Karena sangat segan terhadap kaisar, para uskup, kecuali dua orang saja, menandatangani kredo itu, kebanyakan dari mereka dengan sangat berat hati.”
(Aneh, Orang KAFIR memimpin umaat Kristen dan mencoba-coba merumuskan doktrin yang selama ini kita agung-agungkan)

Karena itu, peran Konstantin penting sekali. Setelah dua bulan debat agama yang sengit, politikus kafir ini campur tangan dan mengambil keputusan demi keuntungan mereka yang mengatakan bahwa Yesus adalah Allah. Tetapi mengapa? Pasti bukan karena keyakinan apapun dari Alkitab. “Konstantin pada dasarnya tidak mengerti apa-apa tentang pertanyaan pertanyaan yang diajukan dalam teologi Yunani,” kata A Short History of Christian Doctrine. Yang ia tahu adalah bahwa perpecahan agama merupakan ancaman bagi kekaisarannya, dan ia ingin memperkuat wilayah kekuasaannya.

Setelah Konsili Nicea, perdebatan mengenai pokok ini terus berlangsung selama puluhan tahun. Mereka yang percaya bahwa Yesus tidak setara dengan Allah bahkan mendapat angin lagi untuk beberapa waktu. Namun belakangan, Kaisar Theodosius mengambil keputusan menentang mereka. Ia meneguhkan kredo dari Konsili Nicea sebagai standar untuk daerahnya dan mengadakan Konsili Konstantinopel pada tahun 381 M. untuk menjelaskan rumus tersebut.
Konsili tersebut menyetujui untuk menaruh roh kudus pada tingkat yang sama dengan Allah dan Kristus. Untuk pertama kali, Tritunggal Susunan Kristen mulai terbentuk dengan jelas.

Tetapi, bahkan setelah Konsili Konstantinopel, Tritunggal tidak menjadi kredo yang diterima secara luas. Banyak orang menentangnya dan karena itu mengalami penindasan yang kejam.

Baru pada abad-abad belakangan Tritunggal dirumuskan dalam kredo-kredo yang tetap. The Encyclopedia Americana mengatakan : “Perkembangan penuh dari ajaran Tritunggal terjadi di Barat, pada pengajaran dari Abad Pertengahan

Jadi pada intinya: Trinitas tidak Alkitabiah, Trinitas adalah Doktrin manusia bahkan orang Kafir turut campur tangan, ada tragedi kelam ketika ada orang2 yang tidak setuju dengan trinitas, mereka dibunuh.
Jadi pengikut Kristus tidak diwajibkan mempercayai Trinitas, karena Kristen Alkitabiah adalah, Percaya pada Yesus sebagai Juruselamat, Messias, Anak Tuhan (YHVH) dan mengikuti segala FirmanNya.

Amin bro, silakan anda bergabung di thread “Natal” bro, nanti anda juga mengerti yang disebut Alkitabiah atau tidak. Daripada “ngoceh” tentang pertemua A dan pertemuan B, lebih baik kita back to Bible.

Siap jadi pelaku firman? Urus remah-remah terusss anda ini… :mad0261:

ini forum diskusi atau forum ejek-ejekan??
aduh masih ada orang Kristen kayak gini :mad0261:
intelektual dikit kenapa sih

Bukankah anda yang melakukannya?

Jadi apa saya yang mengejek? Mohon dicerna dulu postingan saya. Anda itu cuma urus remah-remah, iman Kristen bukan Trinitas. Kalau anda bukan Kristen wajar tidak tau.

Semoga berkenan… :slight_smile:

Tepat, iman Kristen bukan Trinitas, justru itulah saya membuat postingan ini agar saudara seukuwah semakin terbukan dan jangan berpikir sempit.
Hmm, jadi anda Kristen juga toh??

Di KTP saya tertulis begitu…mungkin sebentar lagi diganti Trinitas. Tapi itu tidak masalah, yang penting sayayakin Yesus Tuhan saya… :slight_smile:

silahkan asal jangan menuduh orang lain sesat hanya karena tidak menganut paham Trinitas :mad0261:

Tidak baik mengancam, lebih baik memberi… ;D

Ada benarnya. :afro:
Trinitas ini tidak kepake oleh para nabi, Yesus, dan para rasul. Baru dimunculkan ratusan tahun kemudian oleh orang-orang yang tidak bergaul karib dengan Allah.

GBU

masuk akal juga sih bro…

lagian Orang yang mempercayai Trinitas juga TIDAK HARUS pengikut Yesus kan ya?

Syalom

Damai bagi FKers

Saudara-saudariku, SEMUA UMAT BERIMAN KRISTIANI WAJIB PERCAYA KEPADA AJARAN MENGENAI TRITUNGGAL MAHAKUDUS !!!

WAJIB!!!

Tidak percaya kepada ajaran Tritunggal adalah BIDAT!!!

DOGMA Tritunggal (Una Substantia Tress Personae) adalah ajaran yang berasal dari Alkitab, dan juga dipercaya oleh gereja dan para rasul.

MITOS : AJARAN TRITUNGGAL MAHA KUDUS BERASAL DARI KAISAR SANTO KONSTANTINE DAN BARU DIRUMUSKAN PADA KONSILI NIKEA/KONSTANTINPEL 1!!!
INI ADALAH SALAH BESAR!!! KEBOHONGAN!!! INI adalah mitos dar kaum sekulir atheis, para sarasen (urang islam) dan para Bidat Unitarian.

AJARAN MENGENAI TRITUNGGAL SUDAH ADA SEBELUM KONSILI NICEA/KONSTANTINOPEL 1!!! DAN BUKAN BERASAL DARI KAISAR SANTO KONSTANTINE AGUNG!!! Iman kepada Allah Tritunggal telah ada sejak zaman Gereja abad awal, karena didasari oleh perkataan Yesus sendiri yang disampaikan kembali oleh para murid-Nya.

Demikianlah, syalom.

yah karena semua orang merasa pemikirannyalah yang paling benar, jadi gak aneh

GBU