Penginjilan EE (Evangelism Explosion)

Ada yang pernah denger soal EE ( Evangelism Explosion) ?

uda bbrp taon q denger dimana2 pada ngomongin EE, tap tiao gw tny mrk pada bengong jelasin inti EE itu sendiri.

ada yang bilang ini adalah sebuah bentuk penginjilan pribadi.
ada yang bilang ini adalah metode yg bagus.
ada yang bilang ini adalah penting untuk dipelajari semua orang yang akan menginjili orang.

tapi, banyak juga yang komen negatif.

ada yang bilang ini adalah metode yang kuno banget.
ada yang bilang ini adalah cara yang gak asik.
ada yang bilang ini gak efektif untuk masa kini, yang dilingkupi pola pikir posmodernisme.

so, any comment?

EE itu apa yah?jelaskan dunk…hehe

pertamax gan…hehe

ups, sori bro, ^^ ok…ini sedikit penjelasan soal EE, krn aku sendiri belum paham seratus persen soal ini.

EE (Evangelism Explosion) adalah sebuah metode penginjilan pribadi yg dirumuskan oleh DR. James Kennedy pada tahun 1962 di Florida (USA). Tujuan EE adalah membuat orang Kristen lancar ber-PI, mengingat bahwa injil haruslah di kabarkan oleh setiap orang percaya ke seluruh bumi.
Dalam mempelajari metode EE, biasanya ada trainer khusus dari tim EE yang melatih peserta selama masa training.
EE mengkondisikan peserta mengalami kemantapan saat pergi bersama dan menyaksikan pembimbing menyampaikan Injil.

Beberapa hal yang identik dengan metode EE adalah pertanyaan-pertanyaan berikut :

  1. Jika anda mati saat ini, apakah anda yakin anda akan masuk surga ?

  2. Jika Ya, menurut anda, mengapa Tuhan mengijinkan anda untuk masuk surga?

Nah kedua pertanyaan tersebut adalah pertanyaan kunci di setiap pelaksanaan metode EE.

Intinya, pertanyaan2 tersebut adalah start awal, yg nantinya diharapkan akan diakhiri oleh pengakuan percaya oleh orang yang di-PI oleh kita.

Namun aku secara pribadi kurang sreg dengan metode ini. mungkin karena aku memang kurang tahu soal EE.

Lagipula, akhir2 ini ada kabar bahwa metode EE tidak tepat, dan ada metode lain yang lebih pas.

Itulah sedikit yg aku tahu tentang EE ini. aku sempat membaca beberapa sumber, salah satunya adalah link ini :http://www.pemudakristen.com/news/ee.php . silahkan dikunjungi untuk lebih memahami soal EE.

berarti kupernah diEE dunc ma kakak dan temanteman dulu…

hum… menurutku lebih baik PI dg tindakan kita, dg kasih nyata.

kayaknya cocok tuh salesman merangkap penginjil EE. pasti berhasil.

oo gt toh namanya EE…

hmm mnrt gw sih fine2 aja kok PI spt itu…yg penting jiwa2 bertobat… mgkn ini dilakukan jika kita ke daerah yg gak dikenal dan hanya bentar doank di daerah tsb… sehingga kita ga bisa tunjukkan dalam tindakan…

gayanya mirip SY…hehe. dateng ke rmh satu-satu…

@cicil: basically i agreed ama sista Cicil, tp yg kemudian jd pertimbanganku selanjutnya adalah gimana menekankan pada orang lain bahwa tindakan kita, perbuatan kita, dan seluruh hidup qt adalah penginjilan? soalnya, orang baik kn bukan cuma kita. banyak juga org dari agama lain yang mgkin jauh lebih baik daripada kita. +_+

@L3C : iy bro, q jg ngerasa kok kyk sales banget gitu… padahal keselamatan kan bukan barang dagangan. lagipula, bagi kelompok Kristen yang meyakini Predestinasi, otomatis seharusnya EE bukanlah pilihan dalam menginjili kan?

@steavan : nah bro, q setuju jika hal ini dilakukan di tempat asing, lebih lg jika pendudukx mayoritas tidak mengenal Kristus, dan jg TIDAK memeluk AGAMA LAIN. tapi akan berbeda kondisinya jika metode ini dilakukan di kota besar. lebih parah lagi jika metode ini diterapkan pada sesama orang Kristen (studi kasus di sebuah perguruan tinggi negeri di kota M, Jatim).

Nah, itu sebabnya bro & sist… adakah metode penginjilan lain yang bisa kita lakukan jika kondisinya seperti yang aku sebutin diatas?
Sebagai pengikut Kristus, jelas gak mungkin kan kita lewatkan perintah JC yang satu ini…?
:slight_smile:

hmm… crita dikit yah tntang EE di kmpus q…
dulu aq pernah d ajarin seh cara EE d kmpus q… tp klo d liat2 dari cara nya seh terlalu memaksa jawaban dr orng yg kita EE… krn lawan kita harus menjawab “ya” baru bisa lanjut ke ilustrasi berikutnya… kalo tidak mk stuck dstu dah… dan cara ini terlalu terpatok dengan teori…
kl mnurut q bagus seh, tp kita hrs fleksibel dgn lawan bicara kira…

@adwinu : hm, gt y bro…
iy jg c low q pikir2 lg, brarti tanpa jawaban seperti yg uda ditentukan, maka bakal mandek sampai situ daonk…
kira2 bro adwinu pny masukan metode penginjilan lain g? thx b4.

EE adalah salah satu metoda pengInjilan, yg menurut sy padat dan terarah.
Biasanya kita mengawali dg pertanyaan2 umum dulu dlm membina “pembicaraan”, dilanjutkan dg 2 pertanyaan diagnotik spt yg disampikan oleh rekan Chanonejc dg maksud sampai dimana tingkat pemahamannya ttg kabar baik.
Jawaban mrk itu, nantinya akan memberikan ilustrasi2 yg sesuai. Biasanya ada 2 jawaban pd umumnya yaitu : tidak yakin akan keselamatan…berarti arahnya memakai ilustrasi tertentu, sdgkan jawaban lainnya yakin akan keselamatannya tapi tidak berdasarkan Yesus… nah utk ini diberikan ilustrasi yg beda.

Sy tdak sedpt dg bro Steavan yg beranggapan gaya2 spt SY mendatangi rmh2… EE tdk terikat tempat, waktu…bs dilakukan dimana saja, tempat terbuka, ttp sebaiknya org per org
Metoda EE tetap menghargai org lain, tdk memaksa, memang metoda ini mempunyai step2 yg mengarah dan membuat pendengar mengarah kpd Yesus sbg Tuhan dan Juruselamat.

Bro & sis…mungkin akan lbh terasa keunggulan EE jk mendengar langsung mengenai metoda ini, sy yakin deh bagus sekali :afro:

yg gw mksd disini mirip SY itu bukan krn mereka hanya rmh ke rmh tp lbh ke arah keberanian kita utk mendatangi org satu per satu scr langsung…hehe

Siip…maju trus bro :happy0062:

sama2 maju bro…

tp EE bener perlu muka tembok bgt… jujur gw masih rada takut…takut ditolak, dimarahin atau bahkan dimusuhin…bahkan bagi traktat aja masih deg2an… :’(

Menurut pencetusnya… EE hanyalah sebuah metoda…

dan sejauh pengamatan saya, hanya bisa digunakan kepada mereka yang pernah mendengar injil…

yang membuat sebagian orang tidak menyukai EE karena arogansi para pengajarnya yang seakan-akan pertobatan hasil karya mereka…

Data Statistik Agama:

Tahun 2000

  1. Islam 86,1%
  2. Kristen 8,7%
    (Katolik, Orthodox & Protestan)
  3. Hindu 1,8%
  4. Lainnya 3,4%
    (Budha, Animisme, Konfusianisme, Yahudi)

Tahun 2006

  1. Islam 88 %
  2. Kristen 9 %
    (Katolik, Orthodox & Protestan)
  3. Hindu 1,8%
  4. Lainnya 1,2%
    (Budha, Animisme, Konfusianisme, Yahudi)
    NB: Indonesia adalah Negara Islam Terbesar di Seluruh Dunia.

Dalam waktu 6 tahun (dari tahun 2000 s/d 2006) Kristen di Indonesia hanya berkembang 0,3%, jadi hanya 0,05% per tahun, apapun metode penginjilan di Indonesia masih belum dapat dikatakan sebagai “Ledakan Penginjilan”. Yang sering terjadi adalah perpindahan kandang domba secara besar-besaran dan bergantian dari kandang satu ke kandang lain sehingga “kelihatannya” terjadi Revival, namun yang sebenarnya tidak demikian…

Harusnya “Evangelikal/Penginjilan” ditujukan khusus bagi Non-Kristen atau Kristen yang mati rohani (tidak pergi ke Gereja manapun) bukan pada Kristen yang telah memiliki Gereja.

Best Regard,
Daniel FS

Tdk sepdt bro,… krn metoda pengInjilan ini berlaku utk org yg belum mengenal Yesus sbg juruslamat dan juga utk meneguhkan org2 yg blum yakin akan keselamatan.
Dan pengInjilan ini tetap mengandalkan kekuatan Tuhan dlm menyampaikannya, bukan karena kemampuan dari personil2.

Sy juga melihat bhw EE blm mencapai sasaran.
EE ini mengambil sistem MLM (org per org) yg diharapkan agar org yg sdh mendpt kabar baik dpt meneruskan kpd org lain yg belum mendengar kabar baik, sesuai dengan perhitungan deret tambah.
Tp tdk utk “memindahkan Jemaat”, krn EE ini dilakukan dalam seluruh denominasi

@chanonejc :
mnurut q seh penginjilan yg bagus tu kesaksian hidup kita…
jadi bagaimana hidup kita sebenarnya… jadi bagaimana hidup kita berpengaruh pada sekitar kita.
apa kita membuat sekitar kita jadi baik atau buruk, dan byar orang sekitar kita yg melihat bahwa ada perbedaan di dalam orang2 percaya…

coz byak orng2 yg melakukan penginjilan tp di lingkungan masi ngomonk kotor, dll…
akhirnya muncul kata2 " orang Kristen kok gitu"…dll…

Data Statistik Agama:

Tahun 2000

  1. Islam 86,1%
  2. Kristen 8,7%
    (Katolik, Orthodox & Protestan)
  3. Hindu 1,8%
  4. Lainnya 3,4%
    (Budha, Animisme, Konfusianisme, Yahudi)

Tahun 2006

  1. Islam 88 %
  2. Kristen 9 %
    (Katolik, Orthodox & Protestan)
  3. Hindu 1,8%
  4. Lainnya 1,2%
    (Budha, Animisme, Konfusianisme, Yahudi)
    NB: Indonesia adalah Negara Islam Terbesar di Seluruh Dunia.

Dalam waktu 6 tahun (dari tahun 2000 s/d 2006) Kristen di Indonesia hanya berkembang 0,3%, jadi hanya 0,05% per tahun, apapun metode penginjilan di Indonesia masih belum dapat dikatakan sebagai “Ledakan Penginjilan”.

hm, aq jd berpikir, apakah sebenernya kita sebagai umat kristen uda melakukan penginjilan? inti penginjilan adalah memenangkan jiwa kan? ato cm sekedar mengabarkan aja?

emang sih, selama ini aq berusaha mengabarkan injil dengan model yg seperti bro adwinu bilang, dengan seluruh hidup kita. tapi jika melihat data yg aq kutip dari bro daniel FS, rasanya gak ada metode penginjilan yang efektif untuk dilakukan di Indonesia.

ato kah ini memang uda kehendak JC jika orang percaya di Indonesia cukup dibawah level 10% aja?

:huh:

Yang sering terjadi adalah perpindahan kandang domba secara besar-besaran dan bergantian dari kandang satu ke kandang lain sehingga "kelihatannya" terjadi Revival, namun yang sebenarnya tidak demikian...

Harusnya “Evangelikal/Penginjilan” ditujukan khusus bagi Non-Kristen atau Kristen yang mati rohani (tidak pergi ke Gereja manapun) bukan pada Kristen yang telah memiliki Gereja.

bro Daniel, apakah ini artinya kita hrs menginjili org dari agama lain? selain itu, brarti kita msh blm melakukan penginjilan?

8% tu orang Kristen loh…
sedangkan bro chanonejc bilang orang percaya di Indonesia

1 hal yg aku inget dari ajaran EE… d akhir tu kita menuntun lawan kita untuk berdoa penyerahan… dan kita percaya bahwa orang tersebut diselamatkan.

dan masalah 8% orang Kristen di Indonesia itu menurut sapa? sensus?
temen q ad beberapa beragama " I dan B"… tp dia percaya dan ke gereja…
terus pembantu di rumah temen q… jg bukan Kristen, tp tiap sabtu ke gereja dan dia percaya…

penginjilan tu memberitakan kabar baik… dari jaman dahulu dalam Alkitab jg selalu memberitakan tentang kabar baik tentang keselamatan… dan yang percaya ikut dan yang tidak percaya tetap tinggal…

ya gtu seh mnurut saya… kl ad sala d koreksi yach :ashamed0004:

hum… jd mikir…
tugas kita Mat 28:19,20…