Penginjilan Frontal SSY @Kopo, Bandung

Dear FK-ers,

Kira-kira 2 minggu yang lalu saya travelling ke Bandung, kebetulan ada keperluan meeting customer dan janjian dengan kawan di daerah Bandung Selatan, tepatnya di Miko Mall, Jl. Raya Kopo.

Secara tak sengaja saya melihat di lantai dasar depan Gramedia persis tangga turun arah menuju toilet, ada sekitar 5 orang bapak/ibu yang rupanya penganut Saksi Yehova yang membuka lapak meja di lokasi yang cukup strategis untuk mempropagandakan ajarannya.

Buku-buku, literatur, flyer, ditumpuk rapi berjajar di atas meja tersebut, juga saya lihat 1 X-Banner dengan gambar Yesus, Alkitab, SSY, berikut website linknya.
Jika ada orang lewat, mereka hanya diam-diam saja tapi siap-siap memperhatikan.
Begitu orang lewat tersebut tertarik perhatiannya, misalnya lihat-lihat bacaan di mejanya, mereka langsung siap menyapa dan tersenyum mempersilakan pengunjung untuk mengambil bahan bacaan yang tertata di meja tersebut, dan mereka pun siap untuk bertukar pikiran.

Moral of the story:
Di kota dan wilayah yang notabene mayoritas muslim (Bandung), mereka berani menyewa tempat strategis dan mengambil resiko mewartakan kepercayaan mereka secara frontal tanpa rasa takut bakal menyinggung toleransi beragama.

Anehnya saya perhatikan cukup banyak orang dari berbagai kalangan termasuk yang berjilbab yang juga ikut lihat-lihat tanpa ada complain (apakah mungkin karena tahu ini ajaran bidat Kristen).

Sementara sebagian orang yang sungguh-sungguh Kristen lainnya, cenderung takut-takut dan lebih memilih bersaksi hanya dengan cara indirect samar-samar saja, yaitu melalui kesaksian hidup baik di tengah dunia ini…

Mereka PASTI berani, karena jika nantinya ada isu kristenisasi, yang diserang adalah golongan kristen mainstream. Ini sudah sering terjadi. Yang melakukan “penginjilan” adalah SSY, tapi yang gerejanya dibakar adalah gereja mainstream.

Salam

Emang begitu kelakuan mereka, sampai semua orang pikir umat Kristen suka memaksakan penginjilan. Terkadang mengkhawatirkan kelakuan mereka.

Salam… :slight_smile:

Ada lagi faktor yang berperan dalam hal ini, yaitu penyiaran berita yang tendensius (misalnya dari situs semacam VOA-Im dan Ar-R*h). Mereka sering mempublikasikan artikel yang provokatif tanpa benar-benar mengecek sumbernya.

Salam

Aneh, saya ada kenalan dari keluarga SSY tapi fine2 saja, ramah (td nya ga tau tapi ketika saya tanya2 gerejanya, terang2an ngaku dari SSY tapi ga fanatik gitu). Bahkan anaknya jika ketemu jodoh dari karismatik diperbolehkan menikah. Dan SSY tidak se-horor story yang sudah saya baca ketika melihat mereka langsung (belum sering ketemu sih) cuman karna sudah dikata bidat ya saya jaga jarak, ya hanya bisa berdoa dulu aja dan tetap berteman sih.

Padahal sama-sama nyembah Yesus, dan saya punya buku cerita dari SSY di design dengan indah dan biasa2 aja bacanya kecuali tentang donor darah dan natal mereka tdk akui itu yang saya pahami dan tentang surga ada perbedaan sudut pandang.

Dan Untuk pak TS sesuai topiknya, keberanian SSY dalam menginjil saya memang salut. Yang saya rasakan banyak ketemu Kristen radikal (bukan SSY) jaman saya kul, masuk dunia kerja ya gitu deh seperti pak TS katakan melalui kesaksian hidup dan tdk frontal bukan karna takut juga tapi untuk nemuin fokus pd Kristus itu ga mudah. Asal kita fokus dan komit akan apa yang hendak kita kerjakan pasti bisa. Banyak mereka keseret dengan pekerjaan dan berkeluarga akhirnya kehilangan fokus dalam Kristus. Makanya pasangan kudu seide sepaham dalam Kristus penting banget jadi ketika berkeluarga masih bisa tetap fokus dalam melayani Tuhan sungguh. Namun yang sevisi dalam Kristus banyak kesaksian indah yang bisa mereka share dr hidup mereka.

.
Waduh… ulah SSY ini kalau di ibaratkan peribahasa itu kira2 seperti,
.
Tdk ikut makan nangkanya tapi kena getahnya. Atau …
.
Anak polah bapak kepancal atau …
.
Lempar batu sembunyi tangan atau …
.
Tidak ikut makan di suruh bayar atau…
.
Karena nila setitik rusak susu sebelanga.

Saya baru dengar kalau ada gereja mainstream dibakar akibat disulut aksi penginjilan SSY, bahaya juga ya, thanks infonya. Seandainya jika yang terjadi demikian, SSY Indonesia harusnya dimintai keterangan/klarifikasi pula oleh kepolisian, bukankah mereka sekarang sudah resmi di Indonesia, bukan organisasi underground yang tidak bisa dilacak pemuka-pemukanya.

(terakhir yang di Temanggung itu, disinyalir SSY tapi belakangan diklarifikasi bahwa Antonius bukan SSY dan ybs memang terbukti melakukan penistaan agama secara direct vulgar yang akhirnya berujung pada aksi anarkis massa).

Anyway, sisi lain yang ingin saya highlight dari thread ini (tanpa bermaksud menjadikan aksi SSY di atas sebagai contoh atau prototype) adalah semangat penginjilan dari orang-orang Kristen mainstream. Jika kita flash back ke masa-masa awal gereja, mereka berani menyampaikan kabar baik ke seluruh dunia sekalipun saat itu mayoritas di daerah tersebut didominasi oleh agama Yahudi, pagan Yunani/Romawi, dsb. Maksud saya, metode ekstrem kiri frontal tidak bijak, tapi metode ekstrem kanan toleransi pasif pun juga jangan.

Pengalaman saya dulu pernah ikut event penginjilan, sebenarnya banyak sekali orang cukup terbuka dengan berita Injil asalkan kita menyampaikannya dengan cara sopan dan tidak frontal (dengan catatan jika terjadi penolakan, kita harus sopan meminta maaf jika hal tersebut mengganggu).
Secara jumlah, masih lebih banyak orang yang bersedia mendengarkan dibanding segelintir yang resisten. Respon seperti: “Ah, saya hidup jauh dari Tuhan, agama saya agama KTP, hidup saya-keluarga saya kacau, dsb.” itu banyak… Tuhan, kasihanilah mereka…

@PoppyPurity:
Setahu saya SSY tidak mengakui keilahian Yesus, ini pokok & letak utama kebidatannya.

Tak perlu menjual Alkitab seperti gaya tukang obat kaki lima macam SSY tsb. krn cuma dikutuki orang2 yg tdk seiman.

Matius 5 (16) Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

HalleluYah

Menurutku perlu juga, karena Injil sendiri isinya harus kita sampaikan, tentang Penebusan Kristus dan keberdosaan manusia tapi ga perlu jualan macem2 SSY.

apakah penginjilan frontal seperti ini efektif?
rasa2nya sih tidak
paling orang tertarik baca2 tapi ya sudah asal tau

Ada bukti atau bro hanya menuduh tanpa dasar bahwa ada gereja di bakar akibat orang-2 SSY?

Dulu ada beritanya. Cuma sudah lama sekali, sehingga saya tidak bisa mencantumkan sumbernya.
Sebagai informasi, nontrinitarian hanya boleh diskusi di Forum Terbuka.

Tambahan info: Postingan nontrinitarian di topik ini akan dihapus. Silakan baca dan patuhi peraturan forum Board: Nontrinitarianisme - NonTrinitarian - ForumKristen.com

Salam