Penglihatan pribadi vs penglihatan massal

Sepertinya tiap denom protestan akan punya penglihatan neraka yang berbeda-beda (sesuai doktrin atau pengalaman pribadi sang sumber kesaksian) tapi mengacu kepada Alkitab yang sama. Silakan diuji saja dengan apa yang dinyatakan dalam Alkitab. Jika menemukan hal yang bertentangan dengan Alkitab, silakan pilih mana yang mau diikutin, Alkitab atau isi kesaksian.

Pertanyaan yang timbul, kenapa yang dijadikan medium adalah anak-anak atau remaja? Apakah karena mereka masih polos dan belum banyak dosa? Namun tentu ini akan bertentangan dengan pemegang doktrin TULIP, Total Depravity.
Ataukah karena Yesus sudah berputus asa akan umatNya yang sudah berusia dewasa?
Namun didalam Alkitab sendiri tidak ada penulis kitab/surat yang belum akhil balig. Semuanya adalah orang yang sudah dianggap dewasa dan matang.

Ada penglihatan lain dari seorang anak cewek Indonesia, penganut Oneness Pentacostalism, bahkan dengan disertai nama2 malaikat segala. Gerejanya terkenal di Bandung. Bukunya juga sudah banyak beredar.

Dari GKR sendiri ada penglihatan yang diberikan kepada tiga anak gembala yang masih kecil di Fatima di tahun 1917. Paling tidak ada 3 saksi yang bisa saling memvalidkan penglihatan masing-masing, daripada kesaksian tunggal, dimana hanya anak itu sendiri yang melihat dan menafsirkan.

BTW, ada kejadian spektakuler di Zeitoun, Mesir, di tahun 1968 dan bahkan 2010 kemarin, yaitu penampakan sinar-sinar yang diyakini sebagai Bunda Maria di Gereja Koptik Mesir.

http://www.zeitun-eg.org/

Paling tidak, yang menyaksikan ada lebih dari sekedar ribuan orang, dari berbagai latar belakang agama, sehingga jauh dari kesan subyektifitas. Sekalipun dikritik sebagai delusi massal, apakah itu tidak lebih baik daripada sekedar mengikuti delusi individual? Paling tidak, the more, the merrier.

Ya itu mengingatkan saya pada penampakan penampakan di trans TV , disaksikan oleh jutan pemirsa. Apakah itu arwah maria, entahlah, who knows.

GBU

Video yang menarik,

ternyata penampakan Maria yang di Al waraq itu (katanya) bohongan.

Debunking Mary Apparition in Warraq, Egypt

Yang baru 3 tahun aja ternyata bohongan, apalagi yang sudah 2000 tahun ya?
Apa tidak kemungkinan besar itu delusi masal sekelompok manusia yang katanya melihat ada orang lain bangkit dari kematian?

:smiley:

Jangankan orang yang ngaku melihat arwah maria yang bergentayangan. Yang ngaku lihat UFO juga banyak.

GBU

Mungkin Yesus termasuk sejenis UFO karena bisa terbang ke langit.

Saat kita berjalan melalui lorong gelap dan pajang, terkadang angin yang bertiup diantara sela-sela bulu tangan kita membuat merinding dan selanjutnya mereka kebanyakan berfikir ada hantu disini.

Saat kita berjalan dan melihat sesuatu dibawah, disudut ruangan bergerak. Segera kita menduganya tikus, walau kadang hanya cicak. Tetapi saat kita melihat sesuatu di langit disalah satu gugusan bintang dimalam hari bergerak, kita tidak memiliki memory untuk dibangkitkan selain UFO bagi orang yang menolak spiritual dan malaikat bagi yang sering mendengar cerita malaikat dan setan bagi pemburu hantu atau acara realita show sejenisnya.

Tidak semua penampakan itu dapat didefinisikan dengan benar, sebagian adalah hasil dari imajinasi manusia yang dicocokan dengan memory yang mereka terima selama ini tentang apa yang dianggap benar.

Di Bali saat bersama keluarga kita pernah melihat cahaya hijau melayang diatas langit bergerak cepat sisi kanan ke sisi kiri. Kita semua melihatnya dan saat kita sharekan dengan orang Bali mereka menyatakan sering melihat hal itu dan itu biasanya adalah ilmu misktik dukun-dukun Bali. Bahkan saudara saya pernah melihat awan bertempur???

Sulit disebutkan apakah yang kita lihat karena itu disebut “unidentified flying object” atau benda melayang yang tidak dapat diidentifikasikan.

Jadi apakah pernyataan orang Bali bahwa itu adalah “ilmu mistik dukun-dukun Bali” tidak dapat dibenarkan?

[email protected]

Kata YESUS…berbahagialah bagi orang yang tidak melihat namun tetep percaya…

Sekarang venomenanya adalah “”" ada penglihatan …"", baik yang dialami secara pribadi maupun dialami secara massal…?? Namun disitu semua orang diharapkan untk menafsirkannya dalam segi alasan konkritnya , yaitu mencari tau apa sebetulnya urgensi dan siknifikansainya jika dilihat dalam aspek dunia spiritualitasnya…??
Begitukan yang di inginkan oleh " TS" brooRoderick…di trit ini…?? hehehehe…( mohon maaf jika saya salah… ).

Salam GBU

Lha tapi, kenyataannya Yesus menampakkan diri, menyuruh murid-muridNya memegang Dia.
Apa itu lantas jadi salah?

Lha mata yang lihat kebangkitan Yesus itu matanya para murid, apakah lantas mau di-gebyah uyah, “Berbahagialah mereka yang tidak melihat tetapi percaya,” menjadi “tidak usah melihat saja juga tidak apa-apa, karena tidak penting”?

Apakah demikian maksud bro Phroz ini?

Urgensinya?
Ya jelas to bro, bahwa yang ghoib, yang klenik, yang misterius, itu eksis…
Nyata…
Bukan sekedar dibuat-buat alias digawe-gawe.

Begitu bro Phroz…

Ingat banyak penampakan/ penglihatan palsu

GBU