Penjelasan Rengkarnasi/tumimbal lahir dalam Kristen

sesuai judul di atas
saya mau menanyakan apakah ada yang di sebut tumimbal lahir/rengkarnasi dalam ajaran kristen ?

mohon pencerahannya yah all :smiley:

Thx

Maksudnya “Lahir Kembali”?

Yang kita percaya sih adalah Hidup Kekal bukan Lahir Kembali.

yang mana ketika kita meninggalkan dunia ini; kita akan hidup kekal bersama Yesus di surga (Atau dilemparkan ke nyala api yang tidak pernah padam dan terjadi penyiksaan kekal)

GBU. :angel:

reinkarnasi itu tidak ada… yang ada lahir baru…

kalo di kristen ya lahir baru itu ada,

tapi kalo reinkarnasi, cuman ada di pilim2 cina…( vampire2 gitu…wkwkkwk )

bener ngga sih…?? haha…

:afro: yup lahir baru yang mana berbicara tentang roh kita yang mati dan dilahirkan kembali.

ikutan jawab doonk… :slight_smile:

pertama, tumimbal itu sendiri - saya baru pertama kali ini denger.

Kalo rengkarnasi, belon pernah denger juga - tapi kalo yg mirip2 kata tsb, saya pernah denger : reinkarnasi.

jadi pingin ikut nanya malah … ;D :

itu di kerajaan 1000 taon, penghuni2nya bentuk jasmani ato rohani ya ?
kalo “kembali” menjadi jasmani - maka saya rasa bisa dikatakan didalam keKristenan ada pengertian ttg reinkarnasi… dimana Yesus sendiri kan disebut inkarnasi ?

salam.

Pengajaran reinkarnasi menurut ajaran agama Buddha:
Reinkarnasi berarti inkarnasi (penjelmaan) kembali suatu makhluk yang telah mati ke tubuh yang baru. Dalam agama Buddha, tidak ada istilah penjelmaan kembali bagi suatu makhluk yang telah mati dan memasuki tubuhnya yang baru. Agama Buddha hanya mengenal kelahiran kembali (rebirth). Dalam pengertian reinkarnasi, roh (jiwa) seseorang yang telah mati berpindah ke tubuh yang baru. Di sini, roh dianggap suatu substansi yang kekal yang berpindah dari satu tubuh ke tubuh yang lainnya.
Dalam konsep Buddhis, tidak dikenal istilah ‘roh (jiwa) yang kekal’ karena agama Buddha menganut konsep anatta (tanpa roh). Tidak ada suatu diri yang kekal yang berpindah setelah kita mati. Yang ada hanyalah suatu energi (berbentuk kesadaran penyambung) yang meneruskan kehidupan berikutnya. Ibarat Api lilin yang diteruskan dari satu lilin ke lilin yang lain, Api lilin itu sendiri tidak berpindah, karena lilin-lilin sebelumnya tetap menyala, melainkan karena adanya kondisi (sumbu lilin) yang memungkinkan lilin-lilin berikutnya menyala. Demikian pula kita terlahir kembali karena masih adanya sumbu kehidupan (kemelekatan).

Ajaran inkarnasi juga dikenal di dalam agama Hindu:
Dalam agama Hindu kita mengenal adanya suatu hukum sebab akibat atau kausal yang disebut dengan Karma Pala, yaitu hukum sebab akibat, hukum aksi reaksi, hukum usaha dan hasil yang berlaku untuk seluruh alam semesta. Kalau kita berbicara masalah hukum pasti tidak terlepas dari norma2, kaidah2 yang dipakai untuk mengatur baik hubungan antar manusia dengan yang maha kuasa, hubungan antar manusia, hubungan manusia dengan alam, hubungan antara manusia dengan negara sehingga semua dapat berjalan dengan harmonis. Suatu kejadian adalah akibat dari suatu peristiwa yang saling terkaitan. Setiap ada suatu peristiwa atau kejadian pasti melalui suatu proses, demikian pula kehidupan umat manusia, sebelum manusia lahir pasti ada suatu proses, menurut kepercayaa agama Hindu bahwa kelahiran manusia adalah suatu proses Reinkarnasi atau Punarbawa (Samsara).
Reinkarnasi.
Reinkarnasi sama artinya dengan Punarbawa atau Samsara. Punarbawa berasal dari bahasa sansekerta dari kata Punar yang artinya kembali dan Bawa yang artinya lahir. Jadi Punarbawa adalah suatu kepercayaan tentang kelahiran yang berulang ulang atau suatu proses kelahiran yang biasa disebut dengan penitisan, reincarnatie atau samsara.
Kalau ada kelahiran berulang ulang berarti ada kematian yang berulang ulang atau hidup yang berulang ulang. Memang kedengarannya aneh tetapi nyata, kelahiran dapat terjadi berulang ulang beberapa kali tanpa batas.
Didalam Bhagawad Gita Krisna mengatakan : Wahai Arjuna, Kamu dan Aku telah lahir berulang ulang sebelum ini, hanya aku yang tahu sedangkan kamu tidak, kelahiran sudah tentu akan diikuti oleh kematian dan kematian akan diikuti oleh kelahiran.
Melalui Atman sebagai percikan Brahman, makluk dapat menikmati kehidupan.Akibat Atman maka ada kehidupan didunia ini dan Atman dalam proses menghidupkan akan ber pindah pindah dan berulang ulang dengan menggunakan badan yang berbeda beda melalui Reinkarnasi (punarbawa/samsara) yaitu penjelmaan kembali sebagai makluk.

Kekristenan TIDAK MENGAJARKAN tentang reinkarnasi sebagaimana Firman Tuhan dalam
Matius 13:49-50 katakan
49 Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar, 50 lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

Yohanes 5:24-29
24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup. 25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup. 5:26 Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri. 27 Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia. 28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya, 29 dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.

II Petrus 2:9 maka nyata, bahwa Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman.

kiranya tanggapan ini menjadi berkat bagi anda.
Tuhan Yesus memberkati anda

Bro dading, mungkin maksudnya mbal tumimbal kaleee… Tumbal udah tuch Yesus diSalib sebagai Tumbal agar seluruh manusia SELAMAT masuk SURGA hehehe… :smiley: ;D
Let’s we imagine memasuki pemerintahan Ratu Adil 1000 Th YESUS Kristus di BUMI ! Penghuni Buminya JASMANI darah dan daging ( seperti kita sekarang )… kan aku bilang itu setelah melewati masa aniaya Antikris dan cawan Murka Allah jadi ya manusia sisa2nya lah. Nah kalau yang memerintah Gimana, kan udah rapture ? balik lagi ( sebelum kau tanya aku tanya duluan hehehe :cheesy:) jawabnya mengenakan Tubuh Kemuliaan seperti ADAM sebelum jatuh dalam dosa ! atau Tuhan YESUS setelah kebangkitannya . makannya tetap oreg tempe , telor asin , french fries, hot dog, cap cay, kee kian, kwetiaw dll apapun makannya minumnya Teh … hehehe ;D, nggak usah norak ya pakai nanya ntar yang memerintah kawin ama yang diperintah gimana ? Puyeng Nungging hehehe :mad0261: :cheesy: udahlah ding kumaha mangke… yang penting sicu jadi Gubernur mau nggak ? :afro: apa mau jadi Dan satpol PP juga boleh wkwkwkwk Buru ding ambil formulir pendaftaran , udah mau ditutup loh yang SELAMAT GRATIS yaitu masa KASIH KARUNIA hehehe :angel: ( I am REALLY SERIOUS nich ) :happy0025:

Tumimbal lahir dalam kepercayaan Buddha dikarenakan belum mencapai pencerahan…

sementara dalam krsiten tidak ada kata “mencapai pencerahan” ataupun “tumimbal lahir”
melainkan seseorang (manusia) hanya memiliki 1 kesempatan untuk hidup

tidak ada reinkarnasi dalam wujud lain selain manusia, karena hanya manusia yang memiliki akalbudi untuk memahami tentang sesuatu

mungkin beberapa orang menyangka “pencerahan” dan “keselamatan” sebuah konsep yang sama hanya berbeda nama & pengajaran…

padahal Konsepnya jauh berbeda, kami umat Kristen percaya tentang kehidupan sesudah kematian adalah Surga dan Neraka

dimana Surga bukanlah nirwana (yg terikat jg oleh karma),
surga adalah suatu tempat suci yang tidak seorangpun dapat memasukinya jika tidak ada Anugrah dari Sang Empunya…

sedikit penjelasan tentang karma, ini agak mirip… konsep awalnya “apa yg ditabur itulah yg dituai”

NB: salam kenal Liev… ^^

dalam pemahaman saya, 1000th itu ada umat yg dibangkitkan dr kematian dengan tubuh yg berbeda dr manusia biasa, ada jg manusia yg mati tp tdk dibngakitkan, dan yg diperintah adalah manusia biasa

Yesus inkarnasi → Tuhan berwujud diri menjadi manusia dengan semua prosesnya (termasuk lahir) tetapi Dia bukan dilahirkan kembali

satu2nya konsep yg agak mirip dengan reinkarnasi adalah Lahir Baru dimana seseorang percaya mau meninggalkan perbuatannya yang lama dan menjalani kehidupan yang Baru (Bersama Yesus)

jawaban gangga setara dgn gara89 :

dalam pemahaman saya, 1000th itu ada umat yg dibangkitkan dr kematian dengan tubuh yg berbeda dr manusia biasa, ada jg manusia yg mati tp tdk dibngakitkan, dan yg diperintah adalah manusia biasa

tak lanjutin yg lebih jauh ya kronologinya :),
bagaimana dgn penghuni2 Yerusalem baru ?
apakah gangga/gara89 akan tetap sbg pribadi spt yg sekarang ?
(cie i lah… pokoknya saya anggep gangga/gara89 juga salah satu penghuni YB (=Yerusalem baru), dehhhh… :slight_smile: )

salam.
PS : hati2… nanti saya akan tanya, berapa lama YB tsb berdiri/bertahan ?..hahahaha ;D

kekristenan tidak mengenal istilah reinkarnasi…
ajaran kekristenan yg benar adalah : manusia hidup didunia hanya satu kali saja, mati lalu dihakimi pada saat kiamat… :happy0062:

Ibrani 9:27. Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi,

Wahyu 20:12. Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.

Wahyu 20:15. Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

BRo Dading,
Orang yang memasuki Yerusalem Baru itu udah Eternal memasuki Keabadian sebagaimana Penciptaan ADAM padamulanya adalah untuk hidup ABADI , kan adam gara2 jatuh dalam dosa maka upah dosa adalah MAUT alias Koit alias Mati. ;D
Nah kalau pertanyaannya sampai berapa lama YB ? adalah penggambaran back to Heaven so ABADI bro… lagian si Iblis dan pengikutnya udah dibuang ke NERAKA dan ABADI nggak keluar2lagi Bro !
Thanks & JBU.

penjelasan ‘pribadi yang seperti sekarang’ itu maksudnya apa bro?

“Orang yang memasuki Yerusalem Baru itu udah Eternal memasuki Keabadian sebagaimana Penciptaan ADAM padamulanya adalah untuk hidup ABADI ,”-----
Apakah kehidupan abadi menawarkan pembebasan dari semua perbuatan dosa kembali ?

ikut baca ya

Kristen tidak mengenal reinkarnasi.

Terjawab?

Shalom Koh Along,
Mungkin Koh Along baca dulu mengenai Alkitab lengkap ( nggak sepotong-sepotong ) janji KESELAMATAN dalam Kristus YESUS itu adalah untuk Hidup Kekal ( ABADI ) kembali ke SORGA ( kita percaya sebenarnya Kita ASALnya dari SORGA, jadi kembali ke SORGA ) tapi apa bila menolak KESELAMATAN ya Hidup Kekal juga cuma di NERAKA ! Kalau ngkoh Along Baca di Wahyu 20 itu di jelaskan kerajaan Maut tempat IBLIS dan para pengikutnya pada penghakiman AHIR dibuang KE NERAKA ( konsep kekristenan NERAKA sebenarnya diadakan bukan buat manusia ! tapi UNTUK IBLIS nah kalau manusia nya mau ikut Iblis ya ikutan masuk NERAKA, ok ?! ) kalau tanya " kehidupan ABADI menawarkan pembebasan dari semua perbuatan dosa kembali ?" jawabannya setelah Pengadilan TAHTA PUTIH tidak ada lagi perbuatan DOSA , semua pangkal DOSA udah dibuang ke NERAKA ( Kan IBLIS dan Para pengikutnya ABADI di NERAKA nggak Kluyuran lagi kaya sekarang ) dan kehidupan di SORGA menurut INJIL adalah bukan masalah kawin mawin atau pun hal-hal Duniawi lagi ini Above Duniawi … dan saya Tegaskan kembali ini bukan RE INKARNASI ! Kehidupan ABADI bersama TUHAN YESUS bukanlah Reinkarnasi ! Tapi KASIH KARUNIA ( Amazing Grace ) gitu loh Koh Along…
YESUS Blessing.

"semua pangkal DOSA udah dibuang ke NERAKA ( Kan IBLIS dan Para pengikutnya ABADI di NERAKA nggak Kluyuran lagi kaya sekarang ) "-------
Ya itu sebab luar dosa…
Maksud saya bagaimana anda bisa meyakini dari dalam manusia yang sudah lahir baru di bumi yang baru bisa hidup harmonis, hidup dijalan tuhan… Dsb…
Ingat,karakter, kualitas masing-2 manusia baru itu berbeda-2… Apa yang membuat mereka tidak lagi berwill hendak berbuat dosa lagi…
Masih ada freewill kan ?

itu namanya bro along menanyakan apakah Tuhan bisa salah menilai pribadi manusia yg akan dipilih masuk surga.

yg masuk surga/YB kan yg udah lulus uji/ fit and proper test , dan Tuhan menilai manusia sampai hati mereka yg paling dalam jadi ga bakalan salah.

Rm. 2:16 Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh KRISTUS YESUS.