Penjelasan tentang Patung Yesus

Saya masih belum paham dengan adanya pembuatan patung2 Yesus …
apakah ada perintah pembuatan patung Yesus yang dijadikan sebagai symbol?
bukankah pembuatan patung itu dilarang dalam Alkitab?

Saya melihat jawaban2 administrator disini banyak menggunakan dari isi ayat dalam perjanjian lama untuk membenarkan ajaran kristen tapi kenapa ada banyak juga surat2 perintah dalam perjanjian lama yang malah dilanggar ya salah satunya ya tentang pembuatan patung ini … patungnya besar2 lagi :afro: ;D

belum ada yang jawab :’(

Saya hanya bisa menjawab dengan ini, bro:

Mat 24:4 Jawab Yahshua kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!
Mat 24:5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.

Terutama ayat 5, banyak orang mengira bahwa “berkata: ‘Akulah Mesias’” berarti orang itu mengaku dirinya sebagai Yahshua. Padahal dalam susunan kalimat seperti itu (keseluruhan ayat 5) ada arti lain yang bisa didapat yaitu:

“si penyesat datang memakai nama Yahshua dan mengakui Yahshua sebagai Mesias, tapi hanya sampai di situ.” Selanjutnya yang dilakukan adalah “menyesatkan.”

Sama seperti pembuatan patung Yahshua, yang terang-terangan dilarang YHWH tapi masih juga dilanggar dengan berbagai alasan.

BJ Tan: berarti artinya warga kristen bener2 udah melanggar yah … ;D

Setahu saya yang senang membuat patung itu Katholik, bro.

Hihihih…yang membuat patung ityu kebanyakan seniman-seniman yang atheis…namun mereka sangat senang dengan atau menggandrungi cerita cerita di Alkitab…dan seperti itulah ekspresi mereka dalam mengaktualisasikan
bentuk kekagguman mereka terhadap cerita di Alkitab…Apakah mereka menyadari bahwa semua itu ( membuat patung ) adalah melanggar perintah dalam Alkitab…?? Hhehehe…bukan disitu intinya bagi mereka…dan nonsen bagi mereka.
Nahh…kemudian para manusia-maniusia yang merasa telah rohani dan mau menunjukan hidup agamisnya…?? maka mereka memanfaatkan patung-patungtsb unt mengekspresikan aktualisasi kerohaniannya supaya dapat dicirikan oleh orang diluar dirinya / komunitasnya…
Jadi jka ada yang saling menyalahkan…?? ya saling melempar batu sembunyi tangan saja semua nya…
Satu pihak merasa tidak membuat patung dan yang buat sendiri…memnag merasa tidak ada kepentingan dalam keyakinannya…selain profesinya sebagai seniman saja…lain kepentingan yang bukan urusannya…
Sehingga dimana ada demand pasti ada…??? MUNGKIN DAPAT ANDA JAWAB SENDIRI…LAH…[email protected]

Salam…

Ts…
Kalau anda meletakan lukisan pacar anda dikamar dan tiap malam ngbrol2 dengan tuh foto pasti anda tau resikonya???hehehe
Membuat patung, gambar Yesus menurut ku sah-sah aja asal kita memperlakukanya hanya sebagai benda mati!

Pembuatan patung sebagai wujud kasih pada TUHAN… apa yang menjadi masalah…??? kemampuan, intelektual kita yang kita miliki adalah berasal dari TUHAN… selama digunakan untuk memuji nama TUHAN… TUHAN sudah pasti berkenan… jika ada yang menyembahnya itu baru bermasalah… biasanya patung2, lambang2 seperti itu dibentuk dan digunakan untuk ikon2 religius… bukan yang lain… jadi jika ada orang yang mencibir, meremehkan, menghina, menuduh… biasanya itu hanya orang2 yang belum mengerti… apalagi bagaimana proses pembuatannya…

yang sepanjang pengetahuan ane dalam alkitab sich ntu dilarang… tapi kan dalam kristen ntu kite kagak boleh nafsirin sembarangan ntu alkitab, musti diserahin ama gereja… :rolleye0014:
ya mirip-mirip ame islam juge, nafsirin al-quran kan musti ame yang ahlinye… alias para ahli tafsir ntu… :mad0261:

nah menurut hemat ane, jangan bikin pertanyaan yang kagak-kagak dah … ato pertanyaan yan tentang perbandingan ritual antara agama islam ama kresten… dua-dua nye ritualisme nya mah kagak ada yang rasional kebanyakan nye… jadi dah kaga usah didebatin masalah yang begituan mah… malah debat kusir jadinye :coolsmiley:

mohon maaf klo ade kate2 yang kurang berkenan :angel:

maaf-maaf kate nech mas bro rennanti, menurut ane kagak perlu kite debatin masalah ritual antar agama… kagak jelas juntrunyan nya … kagak intelek … kagak rasional… semua agama ntu ritual nya pada kagak masuk akal… :char12:
jd menurut hemat ane sich dah kagak usah diperpanjang masalah ritual… bakalan debat kusir ame saling jelek-jelekin kagak bermutu dah … :’(

Ya betul, dari awal TS juga sudah mempertanyakan hal yg tidak bermutu, padahal di agama lain juga demikian, nanti ujung-ujungnya ke Katholik lg… ;D

syieepppp… matur suwun mas bro… :afro:
yang penting menurut ane mah kite adu argument tentang konsep dengan disertai ame bukti alkitab nye ato bukti al-quran nye… soal ritual mah ane jamin semua agame bakalan punye hal-hal yang kagak rasional dan kadang-kadang menggelikan, baik islam,kristen,budha, hindu, dll… yang terpenting mah kite masing-masing share pandangan kite biar kite makin terbuka wawasan ke-ber-agamaan kite… :azn:
yang islam juga musti memahami apa pemahaman kristen, yang kristen juga musti memahami pandangan islam… biar kagak terhasud ame para pemimpin agame yang picik and punye kepentingan pribadi tapi ngatasnamain agame nye… :wink:
nah perkara mo islam ato kristen, itu pilihan tergantung ame diri masing2… kagak boleh paksa-memaksa urusan “iman” mah … :angel:

[email protected]

Kok semua narasi yang anda selalu buat…?? kok selalu bertentangan dng keimannan Kristen ya…?? Dan selalu bertentangan dng Ajaran Alkitab…??
Jelas dalam ajaran di Alkitab tidak pernah bicara secara gamblang dan jelas bahwa : " PEMBUATAN PATUNG SEBAGAI WUJUD KASIH PADA TUHAN…??? Ini tuhan yang manadolo [email protected]…??? Ini namanya ajaran : " B I D A T "…!!! AJARAN PAGAN…achh…!!!

Maaf…kalau saya mengatakan , bahwa anda [email protected] ini bukan orang kristen ach…!!! tapi seorang nonK…
Karena isi komen anda bukanlah bernuansa bahasa Alkitab atau bukanlah bahasa keimannan dari pengetahuan Alkitab… Atau anda bukan sebagai Orang yang sudah membaca Alkitab…Tetapai anda punya pola pikir secara sekuler…
Tapi tidak ada sangkut pautnya sama sekali dng pengetahuan dalam Alkitab…HEHEHHEHE

Slam GBU

Renungkanlah brooo… contoh… seseorang yang diberikan talenta untuk bersuara bagus dan dia mempersembahkan suaranya dengan menyanyikan lagu2 untuk kebesaran TUHAN… apakah dilarang…??? Nah sekarang kembali ke masalah patung… seseorang yang diberi talenta untuk berkarya membuat patung… lalu dia dengan segala potensinya membuat karya berdasarkan visi yang diberikan oleh TUHAN… dan mewujudkan visi tersebut menjadi patung yang indah… contohnya patung malaikat TUHAN…

segala yang terlihat akan menjadi baik jika kita mengetahui intinya bahwa segala sesuatunya itu berasal dari TUHAN dan dengan menikmati segala keindahan, keagungan yang tercipta melalui buatan tangan manusia… kita akan mengetahui bahwa segala keindahan itu berasal dari TUHAN dan itu juga akan mengingatkan kita bahwa TUHAN itu MAHA BESAR, AGUNG, dan MULIA…

Seperti yang saya tuliskan… akan menjadi masalah jika kita menyembah patung tersebut… namun ingatlah… jangan salahkan patungnya… atau pembuatnya… namun tanyakanlah pada penyembahnya…^^

sekali lagi itu pendapat saya pribadi…
bila anda mengatakan saya tidak pernah membaca alkitab… itu hak anda…
sampai anda mengatakan saya bukan kristenpun itu hak anda…
namun yang pasti TUHAN mengetahui apa yang saya perbuat…
dan segala yang saya lakukan ini untuk TUHAN…

bila anda mengatakan tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan pengetahuan dalam alkitab… hmmm… yang kutahu alkitab bukan untuk dibaca dengan harafiah… namun dimengerti…

Sekali lagi itu pendapat saya pribadi…
Perbedaan pendapat dalam diskusi itu wajar…
Kita disini saling belajar dan menguatkan…

Semoga bermanfaat…
TUHAN YESUS memberkati…

maaf mas bro… klo yang ane baca n ane pahami dalam alkitab, pembuat patung ntu dilarang … :mad0261:

Keluaran 20: 4-5: Janganlah membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit diatas atau yang ada dibumi dibawah, atau yang ada didalam air di bawah bumi. jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya :coolsmiley:

nah untuk urusan patung sich, maaf-maaf kate n jangan tersinggung ye, ane sih memilih untuk berkeyakinan bahwa membuat patung ntu dilarang dalam alkitab :angel:

ya itu sah2 saja brooo…
sebenarnya membaca alkitab itu harus dimengerti… tempatkan dasar kasih di dalam hati anda… maka anda bisa mengaplikasikannya kedalam kehidupan anda…

Sekarang cobalah anda renungkan… apa bedanya lukisan, gambar, relief, tablet, arca(patung)… semua sama… untuk menggambarkan sesuatu yang bisa dilihat… hanya bedanya yang satu tulisan, yang satu 2 dimensi, yang satu timbul, yang satu 3 dimensi… itu yang pertama…

Bagi saya segala karya yang dibuat oleh tangan manusia adalah patung… termasuk segala simbol2 yang ada di bumi ini… sekarang kita fokus pada agama… Kristen memiliki simbol salib… jika anda lebih mengutamakan dilarang memuat patung… jadi salib pun tidak boleh dibuat… gedung pun dilarang dibangun… bahkan sampai segala perkakas yang kita gunakan sehari2 tidak boleh anda gunakan… itu yang kedua…

kita kembali ke pasal itu… hendaknya membaca itu mengertilah secara keseluruhan… jika anda mengambil hanya pada kalimat pertama saja dan secara harafiah… tentu akan berbenturan dengan segala aspek kehidupan kita… namun bila kita mengerti semua secara keseluruhan… kita dapat mengambil intinya… yaitu jangan membuat patung untuk disembah… mengapa kita bisa mengambil kesimpulan tersebut… bacalah ayat yang berikutnya… “sebab Aku, TUHAN Allahmu, adalah Allah yang cemburu” … ingatlah pada kata cemburu… cemburu bisa terjadi karena kita tidak setia… berarti TUHAN akan cemburu jika kita beribadah tidak hanya pada TUHAN saja melainkan hal lain… dalam hal ini adalah benda(patung)… jika kita membuat patung untuk keindahan, hiasan… apakah TUHAN akan cemburu…??? Sekarang kita ambil contoh dalam berpacaran… jika anda memiliki kekasih… namun anda cuekin dan lebih asik berjam2 bermain IPAD… apakah kekasih anda tidak akan cemburu…??? bedakan jika IPAD tersebut hanya untuk mengisi waktu luang dan tidak lama, untuk membaca, untuk kegunaan aplikasi lainnya… dalam hal ini apakah bedanya IPAD dan patung …???

sekarang kita ambil contoh nyata dalam alkitab… jika anda ingin menerapkan pasal itu… kita kembali ke jaman daud dan salomo… dengan segala hiasan kerajaan dan isinya… apakah anda yakin di dalam kerajaan mereka tidak ada patung…???

Ini hanya pendapat saya saja…
Wajar dalam berdiskusi itu berbeda pendapat…
Semoga bisa menjadi masukkan buat teman2…
TUHAN YESUS memberkati…

@purba
Aku setuju ama lmbagi dan tampaknya bro sedikit terlalu jauh menilai sodara kita itu, pemikiran kita kdg mmg terbatas mendefenisikan ttg Tuhan ttp bukan berarti kita tidak mengenalNYA, harus memperhatikan banyak hal baru kita berani ambil kesimpulan (menurut kita).
Kelemahan diskusi dlm fk ini yg tidak mau disadari adl kurangnya menghormati lawan diskusi kita shg ini membuat alur diskusi jd tdk baik.

Passion of chris adl cth sederhana seseorang memerankan Yesus dan menurutku ini tdk salah asal kita mmg melihat, memperlakukan org itu hanya manusia saja. Ttp ketika kita menempatkanya sebagai Tuhan maka sesungguhnya kita membuat berhala.

Spt kata moderator fk ini memenangkan orang itu lebih penting dari pada memenangkan debat!

Bukan berarti saya adl pendebat yang baik disini ttp yg benar adl belajar utk introspeksi diri bagaimana cara berdiskusi ku yang lalu-lalu.

Oh ya cocok gak jokowi nyapres 2014?? Hahahahah

1.Siapa yang bilang harus ada lambang bulan bintang diatas masjid?
2.Siapa yang bilang harus cium batu suci di ka’bah? :rolleye0014:

yah memang kata org katolik sih itu buat konsentrasi padahal itu kan dilarang itulah katolik klo kristen protestan mah gk coy

[email protected]

Jika apapun yang dikatakan oleh seseorang …untuk menilai orang lain akibat dari hasil apa yang dikatakan atau dilakukan orang tsb ( misalnya anda )…lantas anda mengatakan : " itu hak saya "…memang betul…!!!
Tapi bukan sekedar karena itu hak saya maka saya berkata begitu loh…brooo…!! Tapi dikarenakan anda mengaku
KRISTEN TAPI …PERKATAAN ANDA DAN ARGUMENT ANDA …?? Malah…SANGAT JAUH DARI pribadi seorang Kristen…!!
Artinya tidak ada pembelaan yang konteksnya anda memiliki rasa tanggung jawab terhadap isi Firman Kristus dalam Alkitab itu sendiri…??
Itu yang mengerikan bagi saya…karena bukan karena essensi isi ucappan anda …tapi ucapan itulah yang mencerminkan kepada yang membacanya bahwa anda secara tidak sada berbicara / berargument secara sekuler…sehingga anda menjadi seorang yang bukan sebagai saksi Kristus…sama sekali… Dan saya anggap anda tidak punya keberanian disitu uintuk menyatakan diri sebagai saksi KRISTUS bukan…??
Karena jelas ucapan anda bertentangan dng Firman Tuhan, sekalipun itu anda katakanadalah pandangan pribadi ( yang nota bene pandangan sekuler…bukan pandangan Alkitabiah…sbg murid Tuhan YESUS kRISTUS )…

BAHKAN ITU YANG PERLU ANDA RENUNGKAN BROO.@IMBAGI…Jangan anda berkelit…tapi kenyataannya ucapan dan pandangan anda sudah dapat mengindikasikan bahwa anda bukan seorang KRISTEN…!!.( MOHON MAAF )…

Salam GBU…