Penolong yang Lain

@False-hope: sosoknya ya Roh Kudus itu. Dia sudah datang. Baca saja Kisah Para Rasul, bab Hari Pentakosta.

Salam.

Yoh 14:
16 καγὼ ἐρωτήσω τὸν πατέρα καὶ ἄλλον παράκλητον δώσει ὑμῖν, ἵνα ᾖ μεθ’ ὑμῶν εἰς τὸν αἰῶνα, 17 τὸ πνεῦμα τῆς ἀληθείας, ὃ ὁ κόσμος οὐ δύναται λαβεῖν, ὅτι οὐ θεωρεῖ αὐτὸ οὐδὲ γινώσκει· ὑμεῖς γινώσκετε αὐτό, ὅτι παρ’ ὑμῖν μένει καὶ ἐν ὑμῖν ἔστιν.

sebenarnya jawaban sudah ada di ayat 17

terjemahan indonesia sptnya kurang pas dg memakai kata ‘seorang’

bandingkan dg terjemahan inggris : another comforter

ayat 17 menyebut bahwa parakletos tadi adalah : pneuma atau roh – jelas penuma atau roh ini adalah beda dengan manusia apapun , dimanapun dan kapanpun, sebab dia adalah roh, dan bukan seseorang [dalam pengertian manusia]

kalau pertanyannya tetap mengejar :

siapakah parakletos ini?

ayat 17 menjawab :

dia adalah pneuma alias roh

segala tafsir yang mengarah bahwa parakletos adalah manusia dg sendirinya gugur oleh ayat 17.

salam

Saudara ku, penjelasan saudara diatas, Sangat Baik sekali, tetapi yang sangat disayangkan dalam penjelasan saudara disini, saudara tidak menjelaskan siapa kebenaran itu, sehingga dengan demikian, penjelasan saudara menjadi kabur, tetapi jika saudara mengangkat topik, Apakah Roh Kudus adalah Roh Kebenaran, maka menurut saya, yang pertama sekali harus saudara jelaskan adalah : Siapakah Roh Kudus itu dan Siapakah Kebenaran itu ?

Nah, Untuk Roh Kudus, mungkin tidak perlu lagi saya jelaskan disini, tetapi tentang Kebenaran itu, seperti dalam penjelasan saudara diatas, “TERNYATA” saudara melupakan “SATU HAL” yang merupakan “INTI” dari pembahasan disini, yaitu : Yohanes 14 : 6, yang berbunyi … Akulah Jalan dan KEBENARAN dan Hidup …==> Sehingga dengan Fakta dalam Yohanes 14 ayat 6, maka sudah dapat ditarik suatu kesimpulan, bahwa Roh Kebenaran itu adalah Yesus sendiri. ==> Jadi karena Roh yang dimiliki oleh Yesus adalah Roh Kudus, maka sekarang dapat diketahui dengan mudah, bahwa : Roh Kebenaran itu adalah IDENTIK dengan Roh Kudus.

Salam Kasih dalam Damai.

Jesuit:
saya setuju dgn dgn pernyataan YESUS
14:6 Kata YESUS kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

jelas sekali tujuan dr penyampaian ayat diatas agar para murid2 dapat mengenal BAPA dgn baik sebagaimana dijelaskan dlm ayat selanjutnya

14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."

maaf tolong koreksi kalo saya salah karena saya awam tp penggunaan kata SEKIRANYA menunjukan YESUS ragu2 kepada muridnya benar2 mengenal BAPA…lihat bunyi ayat selanjutnya " Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." pernyataan ayat tersebut jelas menyindir halus murid2nya sendiri karena penggunaan kata DIA sudah pasti merujuk kepada BAPA(TUHAN) langsung terbukti di ayat selanjutnya

14:8 Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.”
14:9 Kata YESUS kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

dan ayat selanjut

14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.
14:11 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;
14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."

adalah penegasan YESUS sebagai UTUSAN dan BAPA sebagai PENGUTUS

bahkan di ayat selanjutnya YESUS memohon kepada muridnya untuk mengasihinya dgn menuruti segala perintahnya

14:15"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

knapa tidak yakin kah YESUS dgn murid2 nya?

14:16[b] Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

[/b]
jd menurut saya ayat diatas adalah untuk “precaution” (jaga-jaga) seandainya apa yg telah disampaikan YESUS kepada muridnya tidak tepat sasaran, dari apa sebenarnya yg diajarkan YESUS sesungguhnya

siapa penolong yg lain ??bgmn dgn Yosan??menurut saya sudah memahami apa sebenarnya apa yg diajarkan YESUS kepada murid2 nya

dan ini semua berhubungan dgn nubuat kiamat mengenai YESUS datang kedua kalinya dmn bukanlah jasad YESUS sesungguhnya datang ke bumi tp justru ajaran2 yg sesungguhnya akan datang lg …benarkah??silakan tanya pd umat Kristen TAUHID kenapa mereka lahir :happy0025:

14:6 Kata YESUS kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
makanya diawal saya setuju dgn ayat Yohanes 14:6
SAlam Damai :happy0025:

Seorang PENOLONG....apakah dia itu seorang manusia bro false? Saya rasa tidak. Karena sampai saat ini...setelah kedatangan YESUS yang pertama....belum ada seorang manusia pun yang lahir dan hidup menemani umat manusia sampai selama-lamanya saat ini.

Jadi sangat lemah untuk menganggap seorang Penolong itu berupa seorang manusia.

kenapa tidak? selama orang tersebut diinginkan oleh ALLAH ? RK=RB =PENOLONG

l. "... dan Ia (Johannes Sang Pembaptis) akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya." (Injil-Lukas 1:15)

2. "... dan Elisabeth pun penuh dengan Roh Kudus," (Injil -Lukas l:41)

3. "Dan Zakaria, ayahnya, penuh dengan.Roh Kudus." (Injil - Lukas 1: 67)

Sesudah Kelahiran KRISTUS (A.C.):

4. "... Roh Kudus ada di atasnya (Simon)." (Injil - Lukas 2: 25)

5. "Dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya (YESUS)." (Injil - Lukas 3: 22)

walaupun harus diuji terlebih dahulu sesuai dgn ayat dibwh

"Saudara-saudaraku yang terkasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. " (Injil - 1 Yohanes 4:1).

tumben bro blon bobo lg nunggu donlotan cloud

Salam Damai

tambahan keraguan2 YESUS terhadap murid pilihannya ternyata ada juga di

  "Yesus berkata kepada mereka (murid muridnya), 'Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?' ..." (Injil - Matius 8: 26)


 "... dan Yesus berkata kepadanya (Petrus): 'Hai orang yang kurang percaya' ..." (Injil - Matius 14: 31 ).
*

  "... Dia (Yesus) berkata kepada mereka (murid-muridnya): kamu yang kurang percaya, 'Mengapa kamu memperbicangkan'." (Injil - Matius 16: 8).
*

  "Lalu kata-Nya kepada mereka (murid-muridnya), Dimanakah kepercayaanmu?" (Injil - Lukas 8: 25)

oh…gitu…ya? :rolleye0014: situ aja ya bro…sekalian kasi tanggapan ya boss? tentu keragu-raguan manusiawi kok…apakah menurut charity YESUS tdk mengetahui apa-apa tentang ajaran2 nya di masa yg akan datang??coba simak apa arti dr ayat ini???menurut saya masih berhubungan dgn postingan ayat-ayat Yohanes dipost saya sebelumnya

b Yesus berkata, “Dari Adam sampai Yohanes Pembaptis, di antara orang yang dilahirkan perempuan, tidak ada yang lebih besar dari Yohanes Pembaptis, maka janganlah berpaling dari pandangan matanya. Tetapi aku berkata bahwa barangsiapa di antaramu menjadi seperti seorang anak, dia akan mengetahui kerajaan dan akan lebih besar dari Yohanes.” (Bdk Mat 11:11; Luk 7:28)[/b]
http://www.ioanesrakhmat.com/2008/01/injil-thomas-114-ucapan-yesus.html

Ada banyak nubuatan tentang RK yang TIDAK BISA digenapi nabi M.

bisa di share disini char???selama based on alkitab ga salahkan???

Salam Damai :happy0025:

Saudara ku, banyak kalangan yang memandang Yohanes 14 ayat 6, dengan pandangan yang keliru, dimana kekeliruan ini terjadi, sebab Isi dari Yohanes 14 ayat 6 itu, “DIBACA”, seakan-akan tidak ada tanda penghubung “DAN” disana, sehingga pada waktu menafsirkannya, terjadi kekeliruan yang fatal.

Saudara ku, Yohanes 14 ayat 6, adalah “INTI” dari Kitab Injil, atau dengan kata lain, Yohanes 14 ayat 6 adalah Inti dari semua Ajaran Yesus Kristus, ==MENGAPA==? ==> Mari kita lihat penjelasannya dibawah ini.

Yohanes 14 ayat 6, “HARUS DIBACA DENGAN PENEGASAN KATA PENGHUBUNG DAN”, sehingga Yohanes 14 ayat 6, dapat kita uraikan sebagai berikut :

Yohanes 14 ayat 6 :“Akulah Jalan DAN Kebenaran DAN Hidup”…, dimana kalimat tersebut, dipakai kata penghubung “DAN”, sehingga Ayat tersebut dapat kita uraikan menjadi :

1). Akulah Jalan.
2). Akulah Kebenaran.
3). Akulah Hidup.

Nah, Ketiga pernyataan Yesus ini, adalah “INTI” dari semua Ajaran Yesus, dan juga merupakan Jawaban Siapakah Yesus itu ? ==> Mari kita bedah ayat-ayat tersebut, sebagai berikut :

1). Akulah Jalan ==> Memiliki makna, bahwa “HANYA YESUS” satu-satu nya jalan untuk mencapai keselamatan.
2). Akulah Kebenaran ==> Bahwa Yesuslah YHVH yang telah menjadi Manusia ==> Mengapa ? Sebab “KEBENARAN” yang sesungguhnya adalah YHVH itu sendiri.
3). Akulah Hidup ==> Bahwa Yesuslah YHVH yang telah menjadi manusia ==> Mengapa ? Sebab Sumber dari segala kehidupan adalah YHVH, sehingga pernyataan Yesus yang menyatakan bahwa Ia adalah Hidup, membuktikan bahwa Ia adalah YHVH yang telah menjadi manusia.

Nah saudara ku, berdasarkan ke-3 pernyataan tersebut diatas, maka ke-3 pernyataan tersebut diatas, memiliki “HUBUNGAN DAN KAITAN LANGSUNG” dengan 3 Eksistensi Allah, yaitu :

1). Akulah Jalan ==> Eksistensi Allah sebagai Utusan, yang disebutkan dengan Anak.
2). Akulah Kebenaran ==> Eksistensi Allah sebagai Sumber dari segala yang ada, karena itu Ia Disebut sebagai “KEBENARAN”, dimana Eksistensi Allah disini, disebutkan sebagai Bapa.
3). Akulah Hidup ==> Eksistensi Allah sebagai Roh yang memberikan Kehidupan, yaitu Roh Kudus, karena itu Roh Kudus disebut juga sebagai “PEMBERI KEHIDUPAN”.

Nah saudara ku, ke-3 pernyataan Yesus ini adalah “INTI DARI AJARAN YESUS”, dimana dengan pernyataan tersebut, secara "TEGAS" Yesus telah menyatakan siapa diri-Nya, dan untuk mempertegas Siapa diri Yesus itu, maka Yesus menjelaskan secara detail pada ayat-ayat selanjutnya. ==> Artinya : Yohanes 14 ayat 7 - 31, adalah Penjelasan secara detail tentang Makna dari Yohanes 14 ayat 6, seperti apa yang telah saya uraikan diatas. ==> JADI INI TIDAK BOLEH DIBALIK, dengan kata lain, BUKAN Yohanes 14 ayat 6, yang menjelaskan Yohanes 14 : 7 - 31, tetapi sebaliknya.

Jadi saudara ku, Secara Inplisit dan Eksplisit, Yohanes 14 ayat 6, dapat juga ditulis kira-kira demikian, yaitu : "Akulah Utusan atau Anak ( Jalan ), Akulah Bapa atau Pengutus b,[/b] Akulah Pemberi Hidup atau Roh Kudus ( Hidup ).

Jadi sekarang jelaslah kepada kita, "TERNYATA" berdasarkan Yohanes 14 ayat 6, Yesus itu adalah : Bapa, Anak dan Roh Kudus.

Salam Kasih dalam Damai

Jesuit:
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

nah kalo yg diatas gmn ?? bisa dijelaskan versi bro?? karena saya da jelaskan versi saya :happy0025:

salam damai

Saudara ku, seperti pada penjelasan saya sebelumnya, dimana saya katakan bahwa Yohanes 14 : 7 - 31, adalah merupakan penjelasan Yesus terhadap perkataan-Nya pada Yohanes 14 : 6, maka Yohanes 14 ayat 16 ditujukan untuk perkataan Yesus dalam Yohanes 14 : 6 yang mengatakan … Akulah Hidup…

Nah saudara ku, mengapa telah terjadi perdebatan yang panjang dan telah berlangsung selama 2.000 Tahun, terhadap permasalahan disini ? sebab banyak Denom Kristen yang telah “KELIRU” menafsirkan Siapakah Yesus itu, dimana kekeliruan ini telah membawa manusia pada “KEBINGUNGAN-KEBINGUNGAN”, tentang Hakekat dan Eksistensi Allah, dimana jika kita memahami, bahwa : Yesus itu adalah YHVH yang benar-benar telah menjadi manusia, maka permasalahan disini tidak akan pernah timbul.

Jadi saudara ku, jika kita memahami bahwa Yesus itu adalah YHVH yang benar-benar telah menjadi manusia, maka kita akan mudah untuk memahami perkataan Yesus dalam Yohanes 14 : 16 tersebut, yaitu : Sebagai Manusia yang sama dengan saya dan saudara, maka perkataan Yesus akan meminta kepada Bapa adalah Benar, sebab KEDAGINGAN Yesus itu, TIDAK DAPAT DISAMAKAN DENGAN ALLAH, sehingga didalam KEDAGINGAN tersebut, Yesus berkata, bahwa Ia akan meminta kepada Bapa ( Allah ). ==> Nah, hal ini tidak berarti bahwa perkataan “Seorang Penolong yang lain”, pada Yohanes 14:16 tersebut, ditujukan untuk mengatakan seorang manusia yang lain, sebab seperti pada penjelasan saya diatas, bahwa Yohanes 14 : 7 - 31 adalah suatu penjelasan terhadap perkataan Yesus di Yohanes 14:6, Artinya : Perkataan Yesus pada Yohanes 14:16 tersebut, ditujukan untuk menjelaskan kepada murid2 pada saat itu, bahwa Ia akan datang kembali sebagai Penolong yang lain yang berasal dari pada Bapa. ==> Mengapa Yesus tidak langsung saja mengatakan pada ayat 16 tersebut, dengan perkataan bahwa : Ia akan datang kembali sebagai penolong yang lain, untuk menyertai murid2 sampai selama-lamanya ? ==> Nah, jika Yesus mengatakan hal tersebut, maka akan timbul nanti di pemikiran murid2, bahwa Yesus itu tidak akan mati. ==> Jadi saudara ku, Yohanes Pasal 14 ini, pada dasarnya adalah Penjelasan Yesus, bagai mana YHVH itu telah menjadi manusia, yaitu : Diri-Nya sendiri ( Yesus ) dan kemudian bagaimana YHVH itu akan kembali datang untuk menyertai semua orang2 percaya dengan Roh YHVH itu sendiri.

Nah, Yohanes 14 : 16 ini, sering sekali dijadikan dasar oleh manusia untuk menyatakan, bahwa Yesus bernubuat akan kedatangan “Seorang Penolong” yang lain setelah Yesus, sebab disana Yesus mengatakan perkataan “SEORANG”, sehingga melahirkan pemikiran yang keliru. Mengapa ? ==> Karena didasarkan pada ke-2 hal dibawah ini, yaitu :

1). Yesus TIDAK MUNGKIN akan menggunakan perkataan “Penolong Yang Lain itu” dengan perkataan “ALLAH PENOLONG YANG LAIN” ataupun "ROH PENOLONG YANG LAIN", sebab jika hal ini dikatakan oleh Yesus, maka akan timbul pemikiran, bahwa : Ada Allah yang lain, selain Diri-Nya atau bahwa ada Penolong yang lain selain Diri-Nya.

2). Perkataan Yesus tersebut, TIDAK DAPAT diartikan sebagai suatu “NUBUATAN” terhadap adanya penolong yang lain, selain diri Yesus, sebab Yohanes 14:16 tersebut, ditujukan untuk menjelaskan Yohanes 14:6. ==> Artinya : Perkataan Yesus tentang seorang Penolong yang lain, adalah untuk menjelaskan Eksistensi Roh Kudus yang terdapat pada Yohanes 14:6, seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya.

Salam Kasih dalam Damai

@Jesuit:

Saudara ku, seperti pada penjelasan saya sebelumnya, dimana saya katakan bahwa Yohanes 14 : 7 - 31, adalah merupakan penjelasan YESUS terhadap perkataan-Nya pada Yohanes 14 : 6, maka Yohanes 14 ayat 16 ditujukan untuk perkataan YESUS dalam Yohanes 14 : 6 yang mengatakan … Akulah Hidup.
.

setuju bro :afro: makanya saya coba menjelaskan versi saya

Nah saudara ku, mengapa telah terjadi perdebatan yang panjang dan telah berlangsung selama 2.000 Tahun, terhadap permasalahan disini ? sebab banyak Denom Kristen yang telah[b] "KELIRU"[/b] menafsirkan Siapakah YESUS itu, dimana kekeliruan ini telah membawa manusia pada[b] "KEBINGUNGAN-KEBINGUNGAN", [/b] tentang Hakekat dan Eksistensi Allah, dimana jika kita memahami, bahwa : YESUS itu adalah YHVH yang benar-benar telah menjadi manusia, maka permasalahan disini tidak akan pernah timbul.

Jadi saudara ku, jika kita memahami bahwa YESUS itu adalah YHVH yang benar-benar telah menjadi manusia, maka kita akan mudah untuk memahami perkataan YESUS dalam Yohanes 14 : 16 tersebut, yaitu : Sebagai Manusia yang sama dengan saya dan saudara, maka perkataan YESUS akan meminta kepada Bapa adalah Benar, sebab KEDAGINGAN YESUS itu, TIDAK DAPAT DISAMAKAN DENGAN ALLAH, sehingga didalam KEDAGINGAN tersebut, YESUS berkata, bahwa Ia akan meminta kepada Bapa ( Allah ). ==> Nah, hal ini tidak berarti bahwa perkataan “Seorang Penolong yang lain”, pada Yohanes 14:16 tersebut, ditujukan untuk mengatakan seorang manusia yang lain, sebab seperti pada penjelasan saya diatas, bahwa Yohanes 14 : 7 - 31 adalah suatu penjelasan terhadap perkataan YESUS di Yohanes 14:6, Artinya : Perkataan YESUS pada Yohanes 14:16 tersebut, ditujukan untuk menjelaskan kepada murid2 pada saat itu, bahwa Ia akan datang kembali sebagai Penolong yang lain yang berasal dari pada Bapa. ==> Mengapa YESUS tidak langsung saja mengatakan pada ayat 16 tersebut, dengan perkataan bahwa : Ia akan datang kembali sebagai penolong yang lain, untuk menyertai murid2 sampai selama-lamanya ? ==> Nah, jika YESUS mengatakan hal tersebut, maka akan timbul nanti di pemikiran murid2, bahwa YESUS itu tidak akan mati. ==> Jadi saudara ku, Yohanes Pasal 14 ini, pada dasarnya adalah Penjelasan YESUS, bagai mana YHVH itu telah menjadi manusia, yaitu : Diri-Nya sendiri ( YESUS ) dan kemudian bagaimana YHVH itu akan kembali datang untuk menyertai semua orang2 percaya dengan Roh YHVH itu sendiri.

oic bukan jd bukan yohanes 1:1 saja ya??

Nah, Yohanes 14 : 16 ini, sering sekali dijadikan dasar oleh manusia untuk menyatakan, bahwa YESUS bernubuat akan kedatangan[b] "Seorang Penolong" [/b] yang lain setelah YESUS, sebab disana YESUS mengatakan perkataan [b]"SEORANG",[/b] sehingga melahirkan pemikiran yang keliru. Mengapa ? ==> Karena didasarkan pada ke-2 hal dibawah ini, yaitu :
betul karena itu saya perlu diskusi dgn anda, untuk bisa memahami alur pikiran anda :ashamed0002:
1). YESUS [b]TIDAK MUNGKIN[/b] akan menggunakan perkataan "[b]Penolong Yang Lain itu[/b]" dengan perkataan [b]"ALLAH PENOLONG YANG LAIN"[/b] ataupun "[b]ROH PENOLONG YANG LAIN",[/b] sebab jika hal ini dikatakan oleh YESUS, maka akan timbul pemikiran, bahwa : Ada Allah yang lain, selain Diri-Nya atau bahwa ada Penolong yang lain selain Diri-Nya.

saya bisa mengerti karena itu adalah salah satu fondasi kenyakinan anda dan saya hanya mencoba memaparkan versi akal pikiran saya berdasarkan apa yg saya baca dlm Injil anda… bukan berdasarkan kenyakinan saya loh bro :happy0025:

2). Perkataan YESUS tersebut, [b]TIDAK DAPAT[/b] diartikan sebagai suatu [b]"NUBUATAN" [/b] terhadap adanya penolong yang lain, selain diri YESUS, sebab Yohanes 14:16 tersebut, ditujukan untuk menjelaskan Yohanes 14:6. ==> [b]Artinya[/b] : Perkataan YESUS tentang seorang Penolong yang lain, adalah untuk menjelaskan Eksistensi Roh Kudus yang terdapat pada Yohanes 14:6, seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya.

saya juga bisa mengerti karena jalan keselamatan harus via dia(YESUS) tanpa terkecuali karena itu bagian dari pondasi kenyakinan anda jd bentuk penolong2 lain harus digugurkan

Salam Kasih dalam Damai
Salam Damai dlm YESUS juga :happy0025:

False: dunia tidak dapat melihat Dia. Kira2 nabi anda kliatan ga ya? DIA akan mengingatkan akan perkataanKu. Stiap pengikut nabi M, kira2 LEBIH INGAT kata2 Yesus ato nabi anda y? Sori g ada ayat AKnya. Ada di kitab Yohanes. Ini baru 2. Yang laen akan kluar klo ini terjawab.

okay artinya situ da tau donk say? kalo anda ngoceh sm anak TK atau SD jelas belum tau apa itu AMBIGU :cheesy: atau mungkin itu satu2 ayat yg tidak termasuk katagori AMBIGU? :ashamed0002:

[u][b] dunia tidak dapat melihat Dia. Kira2 nabi anda kliatan ga ya? DIA akan mengingatkan akan perkataanKu.[/b][/u]
Ada di kitab Yohanes
semoga anda tidak memasukan ayat :

3:13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.
3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,

begitu pula yg ini Kitab Ulangan
18:18 seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.
18:19 Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.

Salam Damai :’(

Saudara ku, seperti apa yang telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa Inti dari semua Ajaran Yesus, terdapat dalam Yohanes 14 : 6, yaitu : Akulah Jalan DAN Kebenaran DAN Hidup. ==> Nah, Inilah yang menjadi DASAR UTAMA dari Ajaran Yesus, dimana berdasarkan Dasar Utama inilah, dikembangkan semua Bangunan dari Ajaran Yesus, sehingga berdasarkan Yoh 14:6 ini juga, kita akan dapat “meneliti” semua Firman Allah dengan benar.

Demikian juga halnya terhadap Yohanes 1 ayat 1, dimana Firman Allah yang ada pada Yohanes 1 ayat 1, jika kita bandingkan dengan Yohanes 1 ayat 14 dan dengan Yohanes 14 : 6, maka akan dapat kita lihat, bahwa Firman Allah pada Yohanes 1 : 1 tersebut, ditujukan untuk menjelaskan “Siapakah Jalan” yang ada pada Yohanes 14 : 6. ==> “Jalan” yang dimaksut dalam Yohanes 14 : 16, adalah Firman yang telah menjadi manusia pada Yohanes 1 : 14. ==> Dan Firman yang ada pada Yohanes 1 : 1 juga ditujukan untuk menjelaskan “Akulah Kebenaran” yang ada pada Yohanes 14 : 6, Mengapa ? Sebab Firman Allah itu adalah KEBENARAN ( Yohanes 17 ayat 17 … Kuduskanlah mereka dalam kebenaran, Firman Mu adalah Kebenaran.

Nah, siapakah Firman Allah yang disebutkan dalam Yohanes 17 : 17 sebagai suatu KEBENARAN itu ? ==> Maka untuk menjawab pertanyaan ini, kita dibawa kepada Yeremia 51 ayat 57, yang mengatakan bahwa … Firman Sang Raja, yang YHVH semesta alam NAMA-NYA ( dalam Cetakan yang lain disebutkan sbb : Firman Sang Raja, NAMA-NYA YHVH semesta alam ), jadi berdasarkan Yeremia 51 ayat 57 tersebut, “TERNYATA” Firman yang disebutkan dalam Yohanes 1 ayat 1 dan Firman yang adalah Kebenaran pada Yohanes 17 : 17, yang ditujukan untuk menjelaskan “KEBENARAN” dalam Yohanes 14 : 6 tersebut, “TERNYATA BERNAMA YHVH”.

Selanjutnya, Yohanes 1 ayat 1, juga menjelaskan perkataan Yesus yang menyatakan “AKULAH HIDUP” yang ada dalam Yohanes 14 : 6. Mengapa ? Seperti dalam penjelasan diatas, Firman itu bernama YHVH, dimana YHVH ini adalah Allah yang disembah oleh Bangsa Israel dan merupakan Allah atas seluruh bumi ( Yesaya 54:5 … Yang Maha Kudus Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi …) ==> Ternyata YHVH itulah Allah, dimana Allah itu adalah Roh ( Yohanes 4 : 24 … Allah itu adalah Roh ).==> Nah, karena Allah itu adalah Roh, maka SUDAH PASTI, kalau Roh yang dimiliki Allah itu BUKANLAH ROH JAHAT, tetapi ROH KUDUS.==> Roh Kudus inilah yang memberikan Kehidupan ( Yohanes 6 ayat 63 … Rohlah yang memberi hidup…), Nah, karena Roh Kudus itu yang memberikan Kehidupan, maka Roh Kudus itu juga disebutkan sebagai Roh Kehidupan, dimana hal ini adalah sesuai dengan Fakta pada penjelasan diatas, bahwa Roh Kudus itu adalah YHVH, karena YHVH-lah yang telah memberikan kehidupan kepada seluruh alam semesta. ==> Nah, Sesuai dengan Matius 1 ayat 20, maka Roh yang dimiliki oleh Yesus adalah Roh Kudus, artinya : Roh yang dimiliki oleh Yesus adalah YHVH itu sendiri, jadi karena Roh Yesus adalah YHVH itu sendiri, maka Kehidupan yang dimiliki oleh Yesus adalah KEHIDUPAN-NYA sendiri, Artinya : YHVH yang menjadi Roh dari pada Yesus, memiliki Hidup-Nya sendiri dalam wujut Roh Yesus, dimana YHVH ini yang telah menjadi Roh Yesus memberikan Kehidupan sendiri bagi Manusia Yesus, itulah sebabnya Yohanes 5 : 26, mengatakan … Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam Diri-Nya sendiri, demikian juda DIBERIKANNYA ANAK MEMPUNYAI HIDUP dalam Diri-Nya sendiri…==> Jadi, seperti pada penjelasan diatas, bahwa Roh Kudus itu lah yang memberikan Kehidupan, dimana Roh Kudus ini yang menjadi Roh dari pada Yesus, maka setiap orang yang percaya kepada Yesus, akan diberikan Roh Kudus yang akan memberikan Hidup Kekal ( Yohanes 3 : 16 … supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh Hidup Kekal …) ==> Nah, Dikatakan HIDUP KEKAL, karena Roh Kudus yang memberikan Kehidupan dan yang menjadi Roh dari pada Yesus ini, akan diberikan oleh Yesus pada setiap orang yang percaya kepada-Nya, untuk menjadi “JAMINAN” kepada setiap orang percaya, bahwa mereka akan Hidup Kekal, sebab Roh Kudus inilah yang merupakan Roh Kehidupan.==> Jadi saduara ku, seperti penjelasan diatas, maka dapat kita lihat sekarang, bahwa Yohanes 1 : 1, ditujukan untuk menjelaskan Akulah Hidup dalam Yohanes 14 : 6.

Nah, kembali kepada permasalahan Yohanes 14 : 16 … Aku akan meminta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepada mu seorang penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya…, pada dasarnya, seperti apa yang telah saya jelaskan sebelumnya kepada saudara dan juga seperti pada penjelasan diatas, maka maksut dari perkataan “Seorang Penolong yang lain”, TIDAK DITUJUKAN UNTUK ADANYA PENOLONG YANG LAIN DILUAR YHVH.==> Mengapa ? seperti apa yang dikatakan pada Yohanes 14:16 tersebut, bahwa Yesus akan meminta kepada Bapa, seorang penolong yang lain, yang akan MENYERTAI MURID / ORANG-ORANG PERCAYA SAMPAI SELAMA-LAMANYA, tidak mungkin berasal dari manusia, sebab manusia itu TIDAK ABADI, tetapi Hanya YHVH lah yang KEKAL dan ABADI, sehingga “seorang penolong yang lain” dalam Yohanes 14 : 16 tersebut, ditujukan untuk EKSISTENSI YHVH pada wujut lain, yaitu : ROH KUDUS., ==> Nah, karena Roh Kudus itu adalah Roh Yesus, maka 'Penolong tersebut" tidak mungkin diberikan oleh Yesus, sebelum Yesus bangkit, sebab Roh Kudus itu,masih menjadi Roh dari pada manusia Yesus, hal ini adalah sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Yesus dalam Yohanes 7 : 39 …Yang dimaksutkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu BELUM DATANG, karena Yesus BELUM DIMULIAKAN …Dimuliakan disini, memiiki pengertian Yesus BELUM bangkit dari kematian.

Jadi saudara ku, sekarang dapat kita tarik suatu kesimpulan, bahwa maksut dari perkataan Yesus pada Yohanes 14 : 16 yang dipermasalahkan disini, TIDAK MUNGKIN DITUJUKAN UNTUK SESEORANG YANG BERASAL DARI MANUSIA, sebab Yohanes 14 : 16, menyatakan dengan TEGAS, bahwa Penolong yang lain tersebut, akan MENYERTAI MANUSIA SAMPAI SELAMA-LAMANYA, ( SEORANG PENOLONG YANG ABADI DAN KEKAL) jadi berdasarkan Fakta dan semua penjelasan diatas, maka Roh Penolong yang lain, yang dimaksutkan oleh Yesus dalam Yohanes 14 : 16, adalah ROH KUDUS yang bernama YHVH dalam Eksistensi Sejatinya, yaitu : Roh Kudus.

Salam Kasih dalam Damai

bold kedua : seperti engkau

ini kalau mau dibuat thread terpisah saja

bold pertama : kubangkitkan

just (another) thinking - Yesus (di)bangkitkan(kan) dari antara orang mati

:d

salam

buat saudara ku jg Jesuit_DM :happy0025: saya ucapkan terimakasih sebelum nya.

Saudara ku, seperti apa yang telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa Inti dari semua Ajaran YESUS, terdapat dalam Yohanes 14 : 6, yaitu : [b]Akulah Jalan DAN Kebenaran DAN Hidup. [/b]==> Nah, Inilah yang menjadi DASAR UTAMA dari Ajaran YESUS, dimana berdasarkan Dasar Utama inilah, dikembangkan semua Bangunan dari Ajaran YESUS, sehingga berdasarkan Yoh 14:6 ini juga, kita akan dapat "meneliti" semua Firman Allah dengan benar.
setuju, karena itu adalah tugas setiap nabi dan Rasul dlm mewartakan Tuhan Yg Maha Esa kepada Umat manusia.
Nah, kembali kepada permasalahan Yohanes 14 : 16 .. Aku akan meminta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepada mu seorang penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya.., pada dasarnya, seperti apa yang telah saya jelaskan sebelumnya kepada saudara dan juga seperti pada penjelasan diatas, maka maksut dari perkataan "Seorang Penolong yang lain", TIDAK DITUJUKAN UNTUK ADANYA PENOLONG YANG LAIN DILUAR YHVH.==> Mengapa ? seperti apa yang dikatakan pada Yohanes 14:16 tersebut, bahwa YESUS akan meminta kepada Bapa, seorang penolong yang lain, yang akan MENYERTAI MURID / ORANG-ORANG PERCAYA SAMPAI SELAMA-LAMANYA, tidak mungkin berasal dari manusia, sebab manusia itu TIDAK ABADI, tetapi Hanya YHVH lah yang KEKAL dan ABADI, sehingga "seorang penolong yang lain" dalam Yohanes 14 : 16 tersebut, ditujukan untuk EKSISTENSI YHVH pada wujut lain, yaitu : ROH KUDUS., ==> Nah, karena Roh Kudus itu adalah Roh YESUS, maka 'Penolong tersebut" tidak mungkin diberikan oleh YESUS, sebelum YESUS bangkit, sebab Roh Kudus itu,masih menjadi Roh dari pada manusia YESUS, hal ini adalah sesuai dengan apa yang dikatakan oleh YESUS dalam Yohanes 7 : 39 ..Yang dimaksutkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu BELUM DATANG, karena YESUS BELUM DIMULIAKAN ..Dimuliakan disini, memiiki pengertian YESUS BELUM bangkit dari kematian

kenapa tidak? manusia memang tidak ada yg abadi, bgm dgn ajaran nya?bukah kah pohon yg baik menghasilkan buah yg baik pula.
ok, bgmn dgn RK di bawah ini ???

l. “… dan Ia (Johannes Sang Pembaptis) akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya.” (Injil-Lukas 1:15)

2. "... dan Elisabeth pun penuh dengan Roh Kudus," (Injil -Lukas l:41)

3. "Dan Zakaria, ayahnya, penuh dengan.Roh Kudus." (Injil - Lukas 1: 67)

Sesudah Kelahiran KRISTUS (A.C.):

4. "... Roh Kudus ada di atasnya (Simon)." (Injil - Lukas 2: 25)

5. "Dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya (YESUS)." (Injil - Lukas 3: 22)

tidak kah menutup kemungkinan lain bahwa RK juga akan muncul untuk generasi setelah YESUS??

Jadi saudara ku, sekarang dapat kita tarik suatu kesimpulan, bahwa maksut dari perkataan YESUS pada Yohanes 14 : 16 yang dipermasalahkan disini, TIDAK MUNGKIN DITUJUKAN UNTUK SESEORANG YANG BERASAL DARI MANUSIA, sebab Yohanes 14 : 16, menyatakan dengan TEGAS, bahwa Penolong yang lain tersebut, akan MENYERTAI MANUSIA SAMPAI SELAMA-LAMANYA, ( SEORANG PENOLONG YANG ABADI DAN KEKAL) jadi berdasarkan Fakta dan semua penjelasan diatas, maka Roh Penolong yang lain, yang dimaksutkan oleh YESUS dalam Yohanes 14 : 16, adalah ROH KUDUS yang bernama YHVH dalam Eksistensi Sejatinya, yaitu : Roh Kudus.
loh kenapa tidak?manusia memang tidak abadi hanya tetapi ajaran yg dibawa anak manusia itulah yg abadi, menurut anda acara "potong kambing" dr agama tetangga itu abadi ga bro?menurut anda ritual "khitan" itu abadi ga bro?

Salam damai :happy0025:

False: lha… Apa ada yang salah dengan kata Anak Manusia? Ambigu? Pertanyaan saya belon dijawab. Arti ga kliatan itu apa buat anda? Gampang kan. Tinggal ntar dicocokan sama AK. Ajaran yang dianut anda lebih condong mengingatkan anda pada siapa? Nabi M ato Yesus? Jika nubuatan RK adalah nabi M, tentu 2 hal ini akan sesuai dengan spesifikasi nabi anda dan ajarannya. Simple kan…

ok char bisa kasi ayat-ayat nya mungkin saya yg salah tanggap kalo ga keliatan ayat nya

Salam Damai

Joh 14:26
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Joh 14:17
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Joh 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Joh 14:17
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

oh ini toh, napa kamu ga bwa ayat lengkapnya charity sayang?takutkah??moso cuman sepotong

False:[b] dunia tidak dapat melihat Dia. Kira2 nabi anda kliatan ga ya? DIA akan mengingatkan akan perkataanKu[/b]. Stiap pengikut nabi M, kira2 LEBIH INGAT kata2 YESUS ato nabi anda y? Sori g ada ayat AKnya. Ada di kitab Yohanes. Ini baru 2. Yang laen akan kluar klo ini terjawab.
@fernire:thanks, @charity: mari kita simak ayat nya tetapi[b] [b][u]Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku,[/b] Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu[/u].[/b]

ada berapa banyak kata “diutus” dlm Alkitab anda? tentu bro juga bisa mengerti apa makna dan maksudnya, kata DIUTUS tersebut. lalu kenapa kok ada “future-tense” nya yach?harap maklum deh boss, namanya juga nubuat. :azn: mangajarkan sesuatu?namanya jg nabi, pasti membawa ajaran Ilahi boss. dan akan mengingatkan kamu akan semua yg telah kukatakan kepadamu?kesimpulannya? nabi tersebut bukan membawa ajaran baru hanya meluruskan apa yg ada di taurat, Zabur dan Injil ?

Joh 14:17
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

ya begitulah boss kalo cuman liat “hukum pancung, poligami, darah Yahudi halal Dll” tanpa liat konteks ga bakalan keliatan boss charity :azn: loh kok dunia aja ga melihat dan mengenal, kenapa ente mengenal dia???karena anda telah diperkenalkan oleh YESUS di dlm kitab Injil nya , bgmn mau lanjut “seperti Musa” :smiley:

Salam Damai dlm YESUS :happy0025:

false: yah… maklum…OL pake hape… ga nutut pulsanya klo pake ayat… mari kita bahas… liat bold merah… MENGINGATKAN SEMUA YANG KUKATAKAN… kembali lagi ke pertanyaan dasar… jika nami M adalah kegenapan nubuat RK, apakah anda lebih ingat kepada Yesus ato nabi M saat anda menjalankan perintah2 dalam agama anda… siapa teladan anda… udah kliatan kan???

konteks apaan bro?? emang arti kata dunia tidak melihat itu apa menurut bro False?? kan anda belum berpendapat soal ini…wah… klo bicara nubuat kan harus ke depan bro… jangan ngomongin Musa, Adam, Nuh dll… masak Yesus waktu bilang kasihilah musuhmu itu berlaku surut?? hahaha… :ashamed0004: sudah abiz bangsa Israel bro disikat musuh2nya…

nah… pertanyaan ini belum terjawabkan… ini padahal baru 2 nubuatan…