Penolong yang Lain

Joh 14:26
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Joh 14:17
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Joh 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Joh 14:17
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

oh ini toh, napa kamu ga bwa ayat lengkapnya charity sayang?takutkah??moso cuman sepotong

False:[b] dunia tidak dapat melihat Dia. Kira2 nabi anda kliatan ga ya? DIA akan mengingatkan akan perkataanKu[/b]. Stiap pengikut nabi M, kira2 LEBIH INGAT kata2 YESUS ato nabi anda y? Sori g ada ayat AKnya. Ada di kitab Yohanes. Ini baru 2. Yang laen akan kluar klo ini terjawab.
@fernire:thanks, @charity: mari kita simak ayat nya tetapi[b] [b][u]Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku,[/b] Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu[/u].[/b]

ada berapa banyak kata “diutus” dlm Alkitab anda? tentu bro juga bisa mengerti apa makna dan maksudnya, kata DIUTUS tersebut. lalu kenapa kok ada “future-tense” nya yach?harap maklum deh boss, namanya juga nubuat. :azn: mangajarkan sesuatu?namanya jg nabi, pasti membawa ajaran Ilahi boss. dan akan mengingatkan kamu akan semua yg telah kukatakan kepadamu?kesimpulannya? nabi tersebut bukan membawa ajaran baru hanya meluruskan apa yg ada di taurat, Zabur dan Injil ?

Joh 14:17
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

ya begitulah boss kalo cuman liat “hukum pancung, poligami, darah Yahudi halal Dll” tanpa liat konteks ga bakalan keliatan boss charity :azn: loh kok dunia aja ga melihat dan mengenal, kenapa ente mengenal dia???karena anda telah diperkenalkan oleh YESUS di dlm kitab Injil nya , bgmn mau lanjut “seperti Musa” :smiley:

Salam Damai dlm YESUS :happy0025:

false: yah… maklum…OL pake hape… ga nutut pulsanya klo pake ayat… mari kita bahas… liat bold merah… MENGINGATKAN SEMUA YANG KUKATAKAN… kembali lagi ke pertanyaan dasar… jika nami M adalah kegenapan nubuat RK, apakah anda lebih ingat kepada Yesus ato nabi M saat anda menjalankan perintah2 dalam agama anda… siapa teladan anda… udah kliatan kan???

konteks apaan bro?? emang arti kata dunia tidak melihat itu apa menurut bro False?? kan anda belum berpendapat soal ini…wah… klo bicara nubuat kan harus ke depan bro… jangan ngomongin Musa, Adam, Nuh dll… masak Yesus waktu bilang kasihilah musuhmu itu berlaku surut?? hahaha… :ashamed0004: sudah abiz bangsa Israel bro disikat musuh2nya…

nah… pertanyaan ini belum terjawabkan… ini padahal baru 2 nubuatan…

false: yah... maklum..OL pake hape.. ga nutut pulsanya klo pake ayat... mari kita bahas... liat bold merah... MENGINGATKAN SEMUA YANG KUKATAKAN... kembali lagi ke pertanyaan dasar.. jika nami M adalah kegenapan nubuat RK, apakah anda lebih ingat kepada YESUS ato nabi M saat anda menjalankan perintah2 dalam agama anda.. siapa teladan anda... udah kliatan kan???

konteks apaan bro?? emang arti kata dunia tidak melihat itu apa menurut bro False?? kan anda belum berpendapat soal ini…wah… klo bicara nubuat kan harus ke depan bro… jangan ngomongin Musa, Adam, Nuh dll… masak YESUS waktu bilang kasihilah musuhmu itu berlaku surut?? hahaha… ashamed0004 sudah abiz bangsa Israel bro disikat musuh2nya…

nah… pertanyaan ini belum terjawabkan… ini padahal baru 2 nubuatan…


@charity
Joh 14:26
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

bro ayat yg saya bold merah pd kalimat ‘KAMU’ saya pikir untuk anda. kenapa? karena pd saat si M menerangkan seluruh ajaran2 tauhid kepada saya. dlm hal ini anda sebagai pihak yg melihat dan mendengar untuk mencari tahu apakah sesuai dgn perkataan YESUS dlm Injil anda atau tidak? seandainya terjadi banyak persamamaan bukankah hal itu akan mengingatkan anda bahwa YESUS pun pernah berkata sama(sesuai dgn ayat Joh 14:26 ) seandainya tidak ada persamaan ucapan antara M dan YESUS silakan saja anda bilang nubuat Joh 14:26 salah alamat. menjawab pertanyaan anda diatas YESUS dan M menyembah Tuhan(ALLAH) yg sama begitu pula dgn saya, mereka berdua adalah nabi n rasul yg harus saya jadikan Teladan seandainya hanya satu dr mereka yg saya pilih, maka gugur sudah rukun Iman saya no.4 :
[b]Iman kepada Rasul-rasul Allah

* Mencontoh perjuangan para Nabi dan Rasul dalam menyebarkan dan menjalankan kebenaran yang disertai kesabaran[/b]

pertanyaan buat anda charity, apakah ada persamaan ajaran YESUS dan M ??jawaban anda menentukan nubuat ayat diatas terpenuhi atau tidak

Salam Damai :happy0025:

apa nabi nya jg mengingatkan perkataan Yesus mengenai darah-Nya yang ditumpahkan untuk pengampunan dosa?

kalo mau konsisten dengan perkataan Yesus bahwa utusan tersebut harus mengajarkan SEMUA yang diajarkan Yesus, harusnya termasuk mengenai penebusan dosa jg :slight_smile:

kalo gitu rukun imannya jadi ngga mungkin dijalankan dunk, soalnya kalo percaya Nabi yang mengatakan bahwa darah-Nya tercurah untuk pengampunan dosa berarti mengingkari ajaran nabi berikutnya yang mengatakan bahwa itu bukan darah-Nya, melainkan darah orang lain yang dimiripkan… @_@

ato berarti ada salah satu nabi yang bohong…

harus percaya pada nabi yang mana?

padahal meskipun bohong harus dipercaya juga?

salam.

False: saya udah tebak jawaban anda… Hehe… Kita mikir simpel aja. Jika nubuatan RK adalah nabi M, maka setiap ajaran nabi M mengingatkan saya pada ucapan Yesus. Saat saya difitnah orang, saat saya dibenci ato apapun, jika nabi M adalah RK,maka setiap ajarannya mengingatkan akan ucapan Yesus. Tapi maaf, perijinan 4 istri, suami diijinkan memukul istri, kawin siri, menikahi anak umur 9 tahun SAMA SEKALI TIDAK MENGINGATKAN SAYA KEPADA YESUS. Nah… Simpel kan… Coba deh tanya k semua teman2 anda yang Kristen. Apabila mereka mendengar SEMUA ajaran nabi anda, apakah itu mengingatkan mereka akan ucapan YESUS?

Persamaan ajaran? Pasti adalah… BUDHA,HINDU,KRISTEN,ISLAM, KONGHUCU… Pasti ada yang sama… Terus klo ADA YANG SAMA, mau mengait2kan dengan RK? Sidharta Gautama juga RK? nabi anda juga RK? Congfusius juga RK? haha… Kabeh ae… Sekalian pendiri Ahmadiyah,SSY,Mormon… Jadi RK semua… Haha…

RK itu apa’an?
Rukun Kampung?

Alice: Roh Kudus… Sori saya OL pake hape… Jadi harus pinter2 maen singkatan… Haha… Semoga tidak menyinggung iman sist Alice.

Saudara ku, saya dapat memahami makna dari pertanyaan saudara diatas, dimana saudara artikan, bahwa penolong itu adalah “Suatu Ajaran yang dapat bersifat kekal”, dimana tujuan dari pernyataan saudara adalah, “Untuk membenarkan Ajaran dari Kepercayaan tetangga”, tapi benarkah bahwa Ajaran dari kepercayaan tetangga sebelah akan BERSIFAT KEKAL ? Saya yakin TIDAK, sebab di Sorga sudah pasti tidak ada “K” sebagai tempat arah kita untuk berdoa. ==> Nah, dari Fakta ini, maka Maksut Penolong disana, tidak dapat dijadikan dasar untuk membenarkan Kepercayaan dari Agama tetangga sebelah.

Saudara ku, Jika kita lihat pernyataan Yesus pada Yohanes 16 : 16, tentang “PENOLONG YANG LAIN YANG KEKAL”, serta kita BANDINGKAN dengan Yohanes 16 : 18, maka sebenarnya, yang dimaksutkan dengan “PENOLONG YANG LAIN” dalam Yohanes 16:16, adalah YESUS SENDIRI, hal ini telah dinyatakannya dengan “TEGAS” pada Yohanes 16 : 18, yaitu : Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. AKU DATANG KEMBALI PADAMU.

Nah, dari Fakta di Yohanes 16 : 18, maka yang menjadi penolong yang lain dalam perkataan Yesus di Yohanes 16 : 16 adalah Yesus sendiri, tetapi Kedatangan Yesus kembali, untuk menyertai orang2 percaya, BUKAN dengan WUJUT MANUSIA YESUS - Nya, melainkan dengan WUJUT ROH KUDUS.

Jadi saudara ku, penjelasan saya diatas dalam hubungan dengan Dasar Utama Ajaran Yesus, di Yohanes 14 : 6 adalah sebagai berikut :

1). Akulah Jalan ==> Sebanding dengan Akulah Anak.
2). Akulah Kebenaran ==> Sebanding dengan Akulah Bapa.
3). Akulah Hidup ==> Sebanding dengan Akulah Roh Kudus.

Nah, Karena Yesus dalam Yohanes 14 : 6, mengatakan bahwa DIRI-NYA adalah : Anak, Bapa dan Roh Kudus, maka maksut dari perkataan Yesus pada Yohanes 16 : 16, tentang “PENOLONG YANG LAIN”, adalah Diri Yesus sebagai Roh Kudus ( sesuai dengan pernyataan Yesus didalam Yohanes 14 : 6 ).

Jadi saudara ku, berdasarkan Yohanes 14:6 ( seperti apa yang telah saya jelaskan sebelumnya kepada saudara ), maka SUDAH PASTI, bahwa Pernyataan Yesus dalam Yohanes 16 : 16, BUKAN ditujukan untuk Kepercayaan Tetangga sebelah, sebab dalam Ajaran Agama tetangga sebelah, PASTI TIDAK AKAN MENGAKUI Yohanes 14 : 6, yaitu : Yesuslah, ANAK, BAPA dan ROH KUDUS ( Akulah Jalan DAN Kebenaran DAN Hidup ).

Salam Kasih Dalam Damai

Saudara ku, apakah saudara yakin terhadap pernyataan saudara diatas, bahwa saudara akan mengimani apa yang diajarkan oleh Yesus juga ? sebab Ajaran Utama dari Ajaran Yesus yang ada dalam Yohanes 14 : 6, adalah Pernyataan Yesus, bahwa Yesus itulah yang dikatakan sebagai Anak, Bapa dan Roh Kudus, sehingga Yohanes 14 : 6, dapat juga dituliskan kira-kira demikian, yaitu : Akulah Anak ( Jalan ) DAN Akulah Bapa ( Kebenaran ) DAN Akulah Roh Kudus ( Hidup ).

Salam Kasih dalam Damai

charity:thanks saya pun juga sudah duga jauh sebelumnya coba simak post sya sebelumnya

ya begitulah boss kalo cuman liat [b]"hukum pancung, poligami, darah Yahudi halal Dll"[/b] tanpa liat konteks ga bakalan keliatan boss charity azn loh kok dunia aja ga melihat dan mengenal, kenapa ente mengenal dia???karena anda telah diperkenalkan oleh YESUS di dlm kitab Injil nya , bgmn mau lanjut "seperti Musa" char13

see sampai kapan pun ga bakalan keliatan charity karena anda lupa hukum yg paling utama
"Jawab JESUS: Hukum yang terutama adalah : Dengarlah wahai orang Israel, Tuhan kita adalah Tuhan yang Esa." (Markus 12:29)
hal senada juga dpt dijumpai di:Ulangan 6 ayat 4, Yesaya 43:10-11, Yesaya 44:6, Yesaya 45:18,Ulangan 4 ayat 35; Keluaran 8:10, Samuel II:7:22, Raja-raja I:8:23; Tawarikh I:17:20, Mazmur 86:8, Mazmur 113:4, Hosea 13:4; Zakharia 14:9.

terimakasih charity sudah mau berdiskusi dgn saya. pd akhirnya kembali lg ke Iman masing2 dmn “Untukmu Agamamu, Untukku Agamaku”.
(5) YESUS berkata, “Kenalilah apa yang ada di hadapan wajahmu, dan apa yang tersembunyi darimu akan dinyatakan kepadamu. Sebab tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi tidak akan dinyatakan.” (Bdk Mrk 4:22; Luk 8:17; Mat 10:26; Luk 12:2)

menurut bro charity seandainya yg saya bold biru itu untuk saya kira2 apa ya ?tar kalo seru kita bikin tret sendiri gmn?
Salam Damai :happy0025:

nb:yg lain nyusul pgn ngantor dulu nih :ashamed0004:

Saudara ku, apakah saudara yakin terhadap pernyataan saudara diatas, bahwa saudara akan mengimani apa yang diajarkan oleh YESUS juga ? sebab Ajaran Utama dari Ajaran YESUS yang ada dalam Yohanes 14 : 6, adalah Pernyataan YESUS, bahwa YESUS itulah yang dikatakan sebagai Anak, Bapa dan Roh Kudus, sehingga Yohanes 14 : 6, dapat juga dituliskan kira-kira demikian, yaitu : Akulah Anak ( Jalan ) DAN Akulah Bapa ( Kebenaran ) DAN Akulah Roh Kudus ( Hidup ).
Jesuit:sebenarnya mana yg lebih utama antara Yohanes 14:6 atau Dengarlah wahai orang Israel, Tuhan kita adalah Tuhan yang Esa." (Markus 12:29)

menurut bro YERUSALEM iru simbol buat apa ya?
4:20 Nenek moyang kami menyembah di atas gunung ini, tetapi kamu katakan, bahwa Yerusalemlah tempat orang menyembah."
4:21 Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.

@fernire:sebelum membahas masalah pengampunan dosa ada baik nya melihat
8:46 Siapakah di antaramu yang membuktikan bahwa Aku berbuat dosa? Apabila Aku mengatakan kebenaran, mengapakah kamu tidak percaya kepada-Ku?
sori kalo oot, saya hanya ingin mengatakan sejak membaca dr awal Yohanes 8:1-59 pesan moral yg sangat tinggi diajarkan YESUS dlm injilnya. so ga salah kalo dia salah satu Rasul yg wajib aku Imani

salam Damai :angel:

False: konteks? Konteks apa bro? Coba tanya deh semua orang Kristen… Apa ada yang mengatakan boleh memukul istrinya dalam keadaan tertentu. Ato adakah yang bilang Yesus mengajarkan boleh nikah lagi klo istrinya mandul,lari dll? Maap bro beberapa printah Yesus ada yang tidak dipengaruhi konteks. Makanya saya bilang jangan menyambung2kan nubuatan RK dengan nabi anda. KEJAUHAAN bro… Saya hargai agama anda. Tapi jika ingin mengait2kan RK dengan nabi anda,inilah hasilnya. RK adalah Roh Allah, nabi anda hanyalah manusia. MANA BISA DIBANDINGKAN…

Maap bro false,ayat selain di Alkitab tidak bisa saya komentari. Seperti halnya beberapa hadis yang tidak diakui agama anda. Klo mau perbandingan ayat,pake yang resmi aja. Anda pasti juga ga mau klo ada yang debat dengan anda pake referensi yang anda tidak akui bukan…

Bro False-Hope:
Roh Kudus adalah roh yang membawa kita kepada pengudusan. Roh ini bekerja di dalam manusia tetapi bukan manusia.
Demikian pula roh kebenaran (dalam bahasa Arab: Al-Amin) adalah roh yang membawa seseorang kepada kebenaran. Roh ini juga bekerja dalam diri manusia tetapi bukan manusia.
Kebenaran membawa pengudusan. Karena itu Roh Kudus adalah sama dengan Roh kebenaran.

Kalau tidak salah, Al-Qur’an pernah mengatakan bahwa dirinya diilhami oleh roh kebenaran (QS 26:193) dan roh kudus (QS 16:102). Berarti roh-roh ini jelas bukan seorang manusia.

Salam damai :happy0025:

False: saya tanya korelasi SEMUA ajaran nabi anda dengan SEMUA ajaran Yesus,anda jawab saya lupa hukum yang utama. Nyambung ga? FK bukan forum untuk menjelek2kan nabi anda. Tapi saat anda mulai memperhatikan detail nubuatan RK dengan detail ajaran nabi anda, terlihatlah perbedaannya. Apa yang saya katakan ada dalam kitab anda. Memang ada beberapa hukum yang melihat konteks,tapi ada juga yang tidak. Lihat nilai moralnya. Ini salah satu dasar pemikiran di FFI. agama tidak dilihat dari doktrin dan dogma, tapi dari nilai moralnya. Mereka tidak peduli apakah Yesus adalah Tuhan,tapi apakah nilai moralnya bisa diterima. Dan parameter yang sama juga diterapkan pada nabi anda. Hasilnya anda tau sendiri.

Perbolehkan saya menengahi pertikaian antara bro charity dan bro false-hope.

Kita mengetahui bahwa dunia yang kita tinggali dipenuhi dengan perbedaan budaya antar bangsa. Pada era globalisasi sekarang sekalipun perbedaan ini masih terasa apalagi pada jaman Al-Qur’an diturunkan. Perbedaan budaya ini menimbulkan perbedaan standar moral yang dijadikan ukuran untuk menilai baik buruknya perbuatan seseorang.

Al-Qur’an diturunkan pada bangsa Arab ketika budaya bangsa Arab masih berada pada keadaan yang rendah. Free sex adalah hal yang lumrah pada waktu itu. Jadi jika ajaran agama Islam memberlakukan poligami maka dampak yang terjadi adalah pengekangan perilaku seksual pada bangsa Arab. Pengekangan ini merupakan salah satu tanda dari usaha pengudusan.
Poligami dapat dikatakan menentang Roh Kudus bila diberlakukan pada masyarakat yang telah menganut asas monogami.
Jadi kita tidak dapat menilai benar tidaknya suatu aturan dengan berdasarkan bentuk lahiriahnya saja, melainkan kita harus jeli mengamati dampak moral yang ditimbulkannya.

Salam damai dalam Kristus

Maap bro Agus, saya ga bilang poligami benar ato salah. Bila ada kata2 saya seperti itu mohon diquote. Mau poligami,mukul istri, kawin sama anak 12 (Syekh P), itu urusan mereka. Tapi seperti saya bilang, RK akan mengingatkan akan ucapan Yesus. Dan nubuatan RK jelas tidak digenapi lewat nabi M. Saya ga bilang nabi M salah ato apapun. Tapi yang jelas dia bukan kegenapan nubuat RK. Itu aja. Bukan masalah benar salah. Mohon anda jeli.