Pentingkah arti sebuah perpuluhan???

Berarti ajaran Kristus dalam hal memberi persembahan belum dihapus ya…lho namun banyak yang mempergunakan ayat firman TUhan hanya dengan mati-Nya dikayu salib berarti telah dihapus juga persembahan kepada Tuhan, melainkan sebaliknya memberikan persembahan harus lebih dari orang orang Yahudi…dan contoh saja dalam ayat dibawa ini:

Efesus2:15a sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan HUKUM TAURAT dengan SEGALA PERINTAH dan KETENTUANNYA.

SIapa yang masih menjalankan Hukum taurat dan menyatakan bahwa taurat belum batal berarti menganulir kematian KRISTUS yang jelas telah membatalkan hukum taurat secara keseluruhannya, siapa yang hidup dibawh hukum taurat berada di bawah kutuk.

Dengan memakai ayat ini telah mengajarkan kita untuk tidak lagi membawa persembahan kepada Tuhan…apakah motivasinya ko malah bertoka belakang dengan ajaran Kristus dalam PB…Aneh aneh orang zaman PB mengaku percaya Kristus,mengabaikan yang lain…kita sebenarnya kalah ya…dengan janda memberikan seluruh nafkahnya yang kepada Tuhan…Gimana menurut Broo Misteri??

lam

Didalam perjanjian baru Tuhan yesus mengajarkan hukum yang baru yamg merupakan Hukum yang menjadi pedoman bagi orang yang hidup dibawah Kasih karuunia mengantikan hukum Taurat,
Hukum itu adalah hukum KASIH, yaitu Kasihi Tuhan ,dan Kasihi sesama manusia.
untuk orang orang yang masih dibawah hukum taurat maka PERPULUHAN masih di berlakukan, sedangkan bagi yang hidup dibawah kasih karunia tetunya perpuluhan sudah tidak berlaku lagi karena perpuluhan itu merupakan aturan hukum Taurat yang telah dibatalkan dengan kematian Yesus.
Yang ada , sekarang adalah Kolekte (jangan lagi disebut perpuluhan sebab nanti pengertiannya jadi campur aduk)
Kolekte ini merupakan persembahan SUKARELA yang tidak ada sangkut pautnya dengan penghasilan seseorang melainkan dari KERELAAN HATI. dan ini diperuntukan bagi GEREJA atau gereja (pembangunan/pemeliharaan gedung dan perlengkapannya dan juga untuk menggaji karyawan dan kehidupan Ht)
hidup didalam kasih karunia dipimpin oleh roh, jadi bila benar benar gereja membutuhkan dana yang besar dan perlu, maka tuhan akan mengirimkan Rohnya utuk menggerakan hati bagi donatur donatur untuk menyumbang gereja, yang jumlahnya mungkin saja lebih besar dari perpuluhan.
Tuhan Yesus menyuruh kepada perwira (dalam pB) untuk mencukupi diri dengan gajinya (tidak memeras masyarakat ataupun korupsi ),
demikian pula terlebih ,HAI perwira perwira Kristus(Hamba Tuhan dan pelayan kristus ),CUKUPKANLAH DENGAN GAJIMU(kolecte)
jangan memeras umat dengan memaksakan perpuluhan dengan ANCAMAN KUTUK BELALANG PELAHAP,
Jangan lagi mengelabui umat dengan mengatakan bahwa perpuluhan adalah buat Tuhan,(korupsi nama Tuhan)
Jangan lagi mengatakan bahwa yang tidak memberi perpuluhan adalah MENCURI KEPUNYAAN TUHAN.
karena hukum taurat telah batal dan kitab Para Nabi (Termasuk Nabi Malaekhi) berlaku sampai zaman Yohanes.
, sekarang Zaman Yohanes telah lewat

P. Baru: Lukas: 16a
16:16 Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes;

Tuhan Perjanjian Baru Tidak lagi butuh uang atau persembahan ,sebab persembahan yang layak dan sempurna telah dilakukan yesus melalui kematian dan Darahnya yang mahal,
tuhan yesus menajarkan jika hendak memberi kepada tuhan (sebagai ucapan syukur atau amal apapun) hendaknya diberikan kepada Saudara yang paling hina (orang miskin dan yang butuh pertolongan )

Demikian,
semoga bisa menjadi jelas tentang pengajaran Kristus (bukan pengajaran musa dengan Tauratnya)

Tuhan Yesus Memberkati
han

Kolektekan sama aja recean…masa’ memberi recean, itu sangat kurang dari pesepuluhan dari orang Yahudi, seharus lebih dari persepuluhan orang Yahudi, itu ajaran yang benar…recean…recean…memalukan recean kasi TUhan, itu penghinaan tau’ ng’?!..

Shalom

Baca kitab ibrani jika ingin tau jawabannya apakah perpuluhan itu wajib atau tidak
Jangan mau ditipu/disesatkan oleh “penganut kasih karunia palsu” yang tidak paham sama sekali tentang kitab ibrani

Baca dolo deh kitab ibrani sampe tuntas
Perpuluhan itu ditujukan untuk "Imam "

Silahkan lihat siapa “Imam Besar” kita di kitab ibrani
Jangan mau ditipu/disesatkan sama orang-orang yang tidak paham kitab ibrani

Salam :slight_smile:

Didalam perjanjian Baru Tuhan tidak memandang Nilai uang tapi nilai kerelaan hati orang yang memberikan nya
Uang RECEHAN bahkan Mungkin PICISAN sang janda miskin lebih dihargai oleh Tuhan Yesus karena diberikan dengan rela hati, Tidak ada istilah memalukan bagi TUHAN karena sesungguhnya Uang seberapun besarnya Tidak dibutuhkan Tuhan.
Telah ada satu persembahan darah yang Mahal dari putranya sendiri yang sudah sangat memuaskan Hatinya.
Semoga semua Orang kristen bisa memahaminya bahwa seberapaun besarnya uang yang anda berikan tidaklah berarti dimata tuhan apalagi kalau mau dibandingkan dengan Darah yesus yang mahal melalui kematiannya dikayu salib, Hargailah kematian yesus yang telah MEMBATALKAN TAURAT (TERMASUK PERPULUHAN )

Tuhan yesus memberkati
Han

Apa benar ni bang Upildewa, mana ayat Ibraninya…penasaran deh?

Shalom

Baca ibrani pasal 7
Maka sodara akan tau perpuluhan wajib atau tidak

Salam :slight_smile:

Penjelasannya secara ekspositori bisa dibaca di http://www.sarapanpagi.org/melkisedek-vt262.html#p22060

Kalo dibaca bener, kita tahu “persepuluhan” yang dimaksud bukan membicarakan hukum yang berlaku bagi umat Kristus.

Shalom

Saya masih ingat penjelasan sodara tentang "typology " dan “anty-tipe”

Typology = Abraham memberikan perpuluhan kepada melkisedek
Anti-tipe = Umat Kristen memberikan perpuluhan juga kepada Imam Besar kita yaitu KRISTUS YESUS

Salam :slight_smile:

Itu pengertian versi pendeta2 yang biasanya di type-type gereja “bapak-anak-mantu” :slight_smile:

Sayangnya saya tidak punya gereja dan saya hanya jemaat biasa
Dan saya bukan orang yang selalu berpikiran negative terhadap orang

Lho kok sekarang malah ga bisa jawab ?
Bukankah tepat pengertian saya ?

Ibarat sudah tak terbantahkan :slight_smile:

Salam :slight_smile:

Jawaban saya panjang lebar ada di http://www.sarapanpagi.org/melkisedek-vt262.html#p22060

sebenarnya tidak ada ayat-ayat dalam PB yang bisa dijadikan legitimasi pungutan persepuluhan.

Silahkan bantah typology dan anti-tipe saya berdasarkan kitab ibrani (ini bukti ayat)

Dan saya juga tidak melihat adanya ayat yang bisa melegitimasi bahwa perpuluhan hilang

Salam

Melkisedek adalah typologi kemamatan Kristus, Kristus adalah Anti-type nya

Persepuluhan tidak ada hukumnya, apalagi Melkisedek juga tidak menyatakan persepuluhan itu sebagai hukum.
Kalau Abraham memberi “sepersepuluh” dari hasil rampasan itu, ia berikans ecara sukarela, bukan berdasarkan hukum sebagaimana ditetapkan Musa.
Jadi ada persembahan sebagai persembahan sukarela
adapersembahan yang dilaksanakan karena hukum menyatakan itu berlaku.

Abraham adalah free-giver (tidak berdasarkan hukum yang mengikat)
Persepuluhan versi Musa adalah hukum, kalo ngga’ ngasih, dia perampok kata Maleakhi (ayat favorit para pendeta model gereja “bapak-anak-mantu”)

Shalom

Kesimpulan sodara di bawah ini hanyalah asumsi sodara , tidak ada dasar yang cukup kuat

Tetapi, Yesus Kristus tidak identik dengan Melkisedek!

Keimaman Melkisedek hanyalah typology keimaman Yesus Kristus.

seperti halnya kenabian Musa adalah typology kenabian Yesus
kepahlawanan Yosua adalah typology kepahlawanan Yesus
juga tahta Daud merupakan typology tahta Kristus, dimana Yesus adalah Raja dari Israel rohani (orang-orang percaya)
Peristiwa Abraham mengorbankan anaknya yang tunggal, merupakan typology dari Yesus sebagai Anak Domba Allah.

Walaupun Melkisedek dan para nabi menggambarkan pelayanan Kristus (typology pelayanan Kristus) tentu saja mereka tidak boleh disamakan dengan Kristus.

Jelas - jelas sodara sudah mengakui anti-tipenya

Tapi anehnya sodara memaksakan pemahaman sodara sendiri dengan mengatakan bahwa "tetapi Kristus Yesus tidak identik dengan melkisedek "

Inilah yang saya maksudkan “merubah-rubah arti injil tanpa dasar yang kuat agar cocok dengan pemahaman pribadinya/doktrin/pengajarannya”

Bahkan sodara tidak membantah bahwa Kristus adalah anti-type dari melkisedek , namun sodara membentuk pemahaman sendiri agar sesuai

Salam

Shalom

Bukan hanya melkisedek . Tapi israel yang memberikan perpuluhan kepada lewi juga merupakan typologynya

Typology= israel memberikan sepersepuluh kepada lewi yang notabenenya imam
Anty-tipe=umat kristen memberikan perpuluhan kepada Kristus yang notabenenya imam

Salam

Type atau Typology adalah Kias, Melkisedek adalah “type”, anti-type nya Kristus

Tidak tepat jika Anda mengganggap bahwa persepuluhan itu juga “type”, apalagi jika menganggap “type” berlaku sebagai hukum di Perjanjian Baru.

HUKUM itu berkata ya dan tidak. Berlaku atau tidak sama sekali.

Hukum Taurat Musa menetapkan “persepuluhan sebagai hukum” dan orang Kristen tidak berdasarkan Hukum Taurat.

Tidak ada ayat di dalam Perjanjian Baru yang dapat dijadikan dasar “hukum penetapan Persepuluhan di dalam gereja”.

Dan sodara juga tidak punya dasar alkitab yang kuat untuk mengatakan perpuluhan hilang(tidak ada)

Sedangkan dalam kitab ibrani jelas , bahwa KRISTUS adalah Imam Besar (dasar alkitabnya masih ada )

Ibrani 7: 17

7:17 Sebab tentang Dia diberi kesaksian: “Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya, menurut peraturan Melkisedek.”

Terakhir , jika sodara tidak senang dengan perpuluhan hanya karena pendetanya itu korupsi

“Itu adalah urusan pendeta tersebut dengan Tuhan , dia sudah punya hakimnya .Saudara tidak usah capek-capek mengurusi para pendeta yang korupsi . Yang penting jalankan saja kewajiban masing-masing di hadapan Tuhan”

Salam :slight_smile:

Anda belum paham apa yang dimaksud dengan typology
Penjelasannya bisa dibaca di http://www.sarapanpagi.org/tipologi-vt1235.html#p3861

Typology adalah kias/ parafigur/ gambaran yang nantinya digenapi oleh YESUS KRISTUS

Typology Abraham mengorbankan Ishak diganti dengan darah domba, digenapi dengan darah “Anak Domba Allah” YESUS KRISTUS.
Typology darah anak domba Allah para peristiwa Paskah (penutup tulah ke-10), digenapi dengan darah “Anak Domba Allah” YESUS KRISTUS di peristiwa paskah Kristiani.
Dan seterusnya…

Hukum persepuluhan bukan “typology” apalagi jika Anda anggap penggenapannya juga melakukan hukum persepuluhan juga.
Itu namanya penerapan hukum Perjanjian Lama dijadikan berlaku di Perjanjian Baru.

Paham?

Bro Upil,

Kalau di PL Persembahan / Korban Bakaran berupa Materi, apakah di PB tetap berupa Materi? ataukah lebih dalam dari itu artinya …

PL → PB

Sunat Lahiriah → Sunat Hati
Korban Bakaran → Persembahan Hidup Kita

Tapi
Persepuluhan Materi Ke Melkisedek → Persepuluhan materi ke Yesus ??? apakah Yesus masih dalam wujud materi?

Terus kenapa Yesus-nya berubah jadi Pendeta yah :smiley: