penyembuhan alt

Dear all
Umumnya orang sakit akan pergi berobat ke RS atau dokter kalau secara medis tidak sembuh maka mereka mulai mencari pengobatan alternativ : obat herbal ; atau pergi kepergi ketempat orang yg punya kemampuan menyembuhkan . Contoh seseorangbyg patah tulang yg tidak punya biaya operasi maka dia pergi ke tempat penyembuhan alternative " sangkal putung" dan menjadi sembuh .
Dalam case diatss bolehkah orang Kristen berobat ke tempat2 penyembuhan alternativ?
Apakah setiap penyembuh alternativ selalu punya ilmu yg bertentangan dg iman /ajaran Kristen ?

Bgmn pendapat fkers? Tq
Salam

Tak semua penyembuhan alternatif salah

Gampangnya lihat saja cara menyembuhkannya itu bagaimana, apakah harus menyembah sst, atau menyimpan jimat, atau disuruh ke laut mempersembahkan sesajen, minum air mantera, dst

Selama tak bertentangan dengan Firman Tuhan tak bisa dikatakan salah

Ehhhm, batasannya harus jelas, apa yang disebut sebagai pengobatan alternative, atau pengobatan berdasarkan akal-akalan saja.

Kalau saya tidak mau pusing, yang namanya sakit ya ke dokter, kalau pengobatan yang gak jelas gak mau lah, urusan sakit koq coba-coba. He he he he

Kita perlu mengetahui kategorisasi dalam pengobatan alternatif.
Dalam buku Basic Questions on Alternative Medicine: What Is Good and What Is Not? pengobatan alternatif dibagi menjadi lima macam:

1 Complimentary therapies: berkaitan dengan gaya hidup, misalnya diet dan olah raga
2 Scientifically unproven therapies: misalnya pengobatan herbal
3 Scientifically questionable therapies: bertentangan atau belum terbukti secara ilmiah
4 Life energy therapies: mengasumsikan adanya energi vital yang dapat diatur
menggunakan tehnik tertentu
5 Quackery and fraud therapies: penggunaan kuasa kegelapan secara eksplisit.

Di antara kategori di atas,
Nomer 1 dan 2 tidak menimbulkan masalah spiritual apapun.
Nomer 4 dan 5 jelas tidak boleh dilakukan oleh orang Kristen.
Nomer 3 harus dipikirkan secara kritis.

Bagi saya justru yang no.3 itu yang paling penting.

Dan no.6. yakni penipuan demi mendapatkan keuntungan.

:smiley:

Lalu apakah penyembuhan dalam suatu kebaktian yg juga merupakan salah satu penyembuhan non medis / alternative yg dilakukan beberapa pendeta bahkan kadang jarak jauh lewat tv (walaupun tidak ilmiah sama sekali) adalah pasti datangnya dari Tuhan? Dan sah bagi iman Kristiani?

@brc
Apakah anda blm pernah mengalami penyembuhan dari suatu ritual gereja ? Bukankah dokter dan paramedis hakekat ilmunya sama dengan yg dimiliki oleh orang2 dari non medis ? Bedanya hanyalah bhw yg dikatakan medical itu tertulis dan diformalkan dlm sekolah2 , sedang yg non medis sebetulnya sama memerlukan pengajaran bertahun hanya tidak diformalkan . ( contoh sederhana dukun beranak setelah diformalkan lewat penyuluhan mereka mendapat keabsahan untuk menangani persalinan)

Salam

Itu jangan dikategorikan penyembuhan alternatif

Itu mujizat kesembuhan

Ini memang hal yang akan selalu jadi kontroversial

Kalau saya pribadi menilainya apakah nama Yesus dimuliakan atau tidak
Lalu lihat buahnya, apakah membawa pertobatan kepada Yesus atau tidak

Apakah bisa dibuktikan secara ilmiah, misalnya ada data medis sebelum ‘kesembuhan’ dan data medis setelah ‘kesembuhan’?

@brc Apakah anda blm pernah mengalami penyembuhan dari suatu ritual gereja ? Bukankah dokter dan paramedis hakekat ilmunya sama dengan yg dimiliki oleh orang2 dari non medis ? Bedanya hanyalah bhw yg dikatakan medical itu tertulis dan diformalkan dlm sekolah2 , sedang yg non medis sebetulnya sama memerlukan pengajaran bertahun hanya tidak diformalkan . ( contoh sederhana dukun beranak setelah diformalkan lewat penyuluhan mereka mendapat keabsahan untuk menangani persalinan)

Salam

Belum.
Dokter sama ilmunya dalam hal apa nih? Ilmu medis jelas beda dong.
Pelatihan tentu bisa dianggap sama, tetapi apakah pelatihan yang diberikan mengikuti standar yang baku atau bisa diubah ubah?

[email protected]

Menurut anda sendiri apa sih definisinya penyembuhan alternatif itu…??

Apakah itu selalu berkaitan dng mistik. ghoib, klenik…?? atau tidak berkaita dng itu semua…??

Salam GBU…

@purba
Inti yg dipertanyakan adalah apakah ilmu2 yg dimiliki oleh penyembuh2 pengobatan alternative itu mengingkari iman Kristiani or tidak .
Misal : hypno therapy , reiki; eft or seft ; orang sakti ( maksudnya mengoperasi orang dg cutter dan hanya diusap lgsg menutup kembali - orang Kristen) dll . Tetapi bukan dimaksudkan dg dukun2 ygbakar kemenyan yg pakai perewangan .

Salam

Soal tulang patah, secara alami akan menyambung dengan sendirinya. Anda kedokter juga sama seperti sangkal putung akan dibiarkan sampai sambung dengan sendirinya. Kecuali jika patahnya parah, harus diberi penguat logam ditanam didalamnya agar tidak bergesar.

Pada pengalaman orang yang ke tepat pengobatan alternatif, saat ia kedokter pada kejadian yang serupa. Dokter menunjukan beberapa tulang yang tersambung dengan tidak benar (tidak pada posisi yang tepat) dan memang tulang patah itu bekas dari ‘sangkal putung’. Demikian juga semua pengalaman patah anda bisa tidak perlu ke dokter atau ‘sangkal putung’ akan menyambung dengan sendirinya. Masalahnya ada pada posisi menyambungnya, kalau dokter menggunakan pemindai tulang dan alternatif pakai ilmu raba dan teknik tradisional.

Jadi sebenarnya sama saja, lebih aman ke dokter.

Menjadi berbeda saat alternatif itu adalah dukun. Sebab mereka bukan saja menempatkan tulang pada tempatnya dan membiarkan tubuh menyambungnya secara alami, tetapi mereka menggunakan kekuatan gaib dalam proses penyembuhannya. Misalkan pada kenalan teman, kondisi patah remuk disana sini, dan saat dibawa kesana hanya butuh satu jam, keluar dari kamar sudah berjalan. Besok sudah beraktifitas normal.

Boleh saja pnyembuhan alternatif tp jangan yg klenik or supranatural or metafisika.
Yg bgituan ga bener-bener sembuh, cuman pindah lokasi aja.

Yang boneng Bro, apa boleh minta alamatnya utk saya pelajari apakah benar gaib atau tidak nya.

Lokasinya mungkin pindah keluar tubuh gak Siip?

Boleh. Yang jelas, janganlah pergi ke tempat pengobatan alternatif yang menggunakan kuasa gelap. Janganlah pergi ke tempat pengobatan alternatif yang menggunakan herbal + ritual tertentu. Karena yang seperti itu, kalaupun sembuh. Sembuhnya bersyarat. Bahkan yang lebih berbahaya adalah tanpa disadari, orang tersebut sebenarnya sudah mengadakan perjanjian dengan kuasa gelap untuk ditukar dengan kesembuhan. Padahal kelihatannya ritualnya sederhana. Dan tidak mencurigakan.

Kalau mau, sebaiknya ikut KKR. Banyak juga yang mengalami kesembuhan.

  1. Elo keliling ke Kampung2 di Jakarta entar juga nemu deh yg pasang Plang … Ahli Patah Tulang
  2. Nah biar AFDOL dan elo tahu apakah benar gaib atau tidak nya. elo manjat Pohon Kelapa dan setelah ketinggian kira2 10 meter elo lompat dengan Tangan ke bawah sebagai Penopang saat jatuh ditanah. Begitu terdengar bunyi Krek -pletak tanda ada tulang yg PATAH, buruan deh datang ke Ahli Patah Tulang tsb dan elo dapat deh Pengalaman Sejati yg TAK TERLUPAKAN itu ! :cheesy: :coolsmiley: :happy0062:

Nah sebagai seorang yg menggunakan kekuatan Supra Natural yg ditunjukkan Tuhan dari PENCERAHAN , entar elo terheran2 deh melihat CARA PEMERIKSAAN Supra Natural yg dilakukan sehingga betapa Penyakit yg tidak ditemui dokter dan kebingungan menyembuhkannya TERNYATA dengan Diagnosa & Therapy Supra Naturalnya malah SEMBUH TOTAL dengan Biaya Murah Meriah.
Misalnya :
Penyanyi BEKE’N Titik Puspa SEMBUH dari Kankernya dengan Therapy Gelombang Theta menggunakan Kemampuan Tubuh menyembuhkan diri sendiri dengan Mendaya Gunakan System Imunitas yg sudah ada didalam diri tiap manusia.

http://www.thetahealingworldwide.com/index.html

Hal ini terjadi juga pada Penyanyi Senior Titik Puspa yg saat dirawat di Hospital in Singapore, suatu hari seakan mendapat “panggilan untuk Go Home to Indonesia” serta rupanya bertemu dengan seorang Ahli Theta Healing yg mengajarkannya untuk mempraktekkannya secara Meditasi Theta Healing, sesuai Infotaintment tgl 26 Juli 2010 sore hari disalah satu TV Swasta.
Ia yg di vonis menderita Kanker Rahim Stadium 2 oleh dokter2 di Singapore, pada Pemeriksaan terachir dinyatakan BERSIH, baik secara Pemeriksaan menggunakan Penyinaran, Papsmear dan Scaning the body.

Ini baru SATU Point Contoh.
Ada lagi Diagnosa Supra Natural lainnya yg disebut Diagnosa Kinesiology , elo klik aja deh Websitenya … www.appliedkinesiology.com.au/
http://www.icak.com/

Juga Therapy Phytobiophysics , dll !

@octa
Ah loe, nanti diturut sungguh jatuh diri lantas gimana? Ya kalo tangan patah kalo leher gimana ? Apalagi kalo jd terbelah dua gimana ?
Hehehe becanda jangan becanda eh begadang jangan begadang ding
hehehe lagi

Salam hehe

‘Kan ada yg NANYA tetang Supra Natural itu sih makanya Aye’ iseng NGELEDEKIN bahwa ada Kekuatan atau Ilmu Supra Natural itu. Kalau Nemu dan Tatap Muka langsung dengannya akan aye’ tunjukkin bahwa dengan Ilmu Kinesiology yg Lebih CANGGIH dari Alat Kedokteran Mutakhir bisa diadu kecanggihan dan Ketepatannya !

1.kalau dituruti ya Patah deh tulang Lengan bawahnya !
2. Kalau Lehernya yg PATAH,ya pindah deh ke Alam Baka sebab Sumsum Tulang Belakangnya yg bagian dari SSP=Susunan Syaraf Pusatnya PUTUS
3.Elo kira,dia itu Barang Pecah Belah kek Piring Makan ,apa ?
Yudas aja yg mayatnya jatuh ke Jurang gara2 Tali Gantunganya PUTUS cuma ususnya TERBURAI sobek kulit perutnya tergores tajamnya Batu Cadas gak sampai Terbelah Dua tubuhnya !
Numpang NANYA Bro gimana CARA nya:
becanda tetapi jangan becanda eh
begadang tetapi jangan begadang :cheesy: :mad0261:

Ah itu mah untuk canda2an aja biar gak dituruti nasehat loe utk coba jatuhkan diri itu yg jg candaan itu hehehe itu lho spt nasehat pake biji kedondong untuk menggaruk tenggorokan sakit .

Salam canda Kristiani !