[Per10an 1 = Ulangan 14:22] Per10an tiap 1 tahun sekali (bukan tiap 1 bulan)

Ulangan 14 : 22 - LAI-TB

Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan
sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu,
tahun demi tahun.

Ulangan 14 : 22 - LAI-BIS

"Setiap tahun kamu harus menyisihkan
sepersepuluh dari seluruh hasil tanahmu.

Ulangan 14 : 22 - Amplified bible

You shall surely tithe all the yield of your seed produced by your field each year.

sumber
http://alkitab.otak.info/index.php?hal=lihatPasal&injil=5&pasal=14&ayat=22#22

[b]

Kenapa ada Gereja yg menarik per10an tiap 1 bulan sekali ?

Bukankah Gereja yg menarik per10an tiap 1 bulan tersebut tidak mematuhi Ulangan 14:22 ?

[/b]

saya coba berpendapat…

kl dari penulisan ayat Akitab yg anda kutip…

Ulangan 14 : 22 - LAI-TB

Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan
sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu,
tahun demi tahun.

Ulangan 14 : 22 - LAI-BIS

"Setiap tahun kamu harus menyisihkan
sepersepuluh dari seluruh hasil tanahmu.

itu artinya berikan sepersepuluh dari seluruh pendapatanmu /tahun, bener ga?

misalny
pendptan kita per tahun 2011 itu 12 juta…
maka persepuluhan kita itu 1.2 juta toh…

sbnrnya sama saja hitungannya kl itu dilakukan perbulan…
dengan penghasilan per tahun 12 juta(case yg sama)
jadi pendapatan per bulannya itu 1 juta…
nah sepersepuluhnya dari pendptan kita tiap bulannya itu 100 ribu…
kl dkali 12 bulan maka hasilnya sama yaitu 1.2 juta…

mnrt gw sih nda masalah persepuluhan dilakukan setahun atau sebulan skali…toh jumlahnya jg sama kecuali kl jumlahnya beda :slight_smile:

@repento:
ke mana aja kau, kok baru nongol…haha…kangen jg gw membaca tulisan2 u…

Betul sih, jumlahnya diatas kertas akan sama kalau diberikan setahun sekali ataupun sebulan sekali selama setahun .

tapi bedanya adalah kalau diberikan sebulan sekali atau bahkan kalau diberikan tiap minggu atau tiap hari akan memakan ongkos transport dan waktu
(istilah sundanya :BEAK KU ONGKOS)apalagi kalau persepuluhannya sedikit (sundanya MALIK TEKOR) .-)
ayat dibawah ini juga mengatur supaya efisien (irit ongkos )
Ulangan
14:24 Apabila, dalam hal engkau diberkati TUHAN, Allahmu, jalan itu terlalu jauh bagimu, sehingga engkau tidak dapat mengangkutnya, karena tempat yang akan dipilih TUHAN untuk menegakkan nama-Nya di sana terlalu jauh dari tempatmu,
14:25 maka haruslah engkau menguangkannya dan membawa uang itu dalam bungkusan dan pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu,

GBU :
Han

apa maksudnya sepersepuluh penghasilan sebulan dibayarkan satu kali saja dalam setahun?

gaji 2jt/bulan, jadi bayar perpuluhan 200rb. sekali saja dalam 1 tahun. artinya 200rb/tahun?
apa rela?

melanjutkan postingan gw…

mnrt gw sih,
lbh enak mana bayar persepuluhan per-bulan atau persepuluhan/tahun…

gaji/bulan 2juta kl persepuluhan per bulan 200ribu sedangkan persepuluhan per tahun 2.4 juta…

coba kl gaji lbh gede misalnya 100 juta…
persepuluhan/bulan 10 juta…sedangkan persepuluhan per tahun 120 juta…

mgkn jumlahnya sama tp kl di gelontorkan dalam waktu bersamaan, gw yakin berat banget…

apa maksudnya bukan salah satu bulan saja dalam satu tahun? penghasilan 2 juta, berarti perpuluhan 200rb saja. di salah satu bulan dam satu tahu, atau bisa diringkas: 200rb/tahun?

Ulangan 14 : 22 - LAI-TB

Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan
sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu,
tahun demi tahun.

Ulangan 14 : 22 - LAI-BIS

"Setiap tahun kamu harus menyisihkan
sepersepuluh dari seluruh hasil tanahmu.

apakah ini kata seluruh di ayat tsb mengarah pada sebulan aja bos??
:slight_smile:

oo, gitu ya… ok deh… thx info… tp mungkin juga panennya setahun sekali… ? heheh… :slight_smile:

Salam damai.

Bro Repento…Pakar Keuangan Gereja. :happy0144:

GBU

ya baguslah ada yang mengingatkan.

Karena sudah terlalu banyak penyimpangan2, terutama terjadi pada “gereja2 baru” dengan modus gereja keluarga, bapak jadi gembala, nyonya pegang duit gereja, anak/mantunya/ adeknya/ ponakannya jadi co-pastor…
Ini gereja dipakai kerajaan bisnis pribadi keluarga… sungguh menyedihkan gereja2 model itu.
Mereka itu, asal bisa khotbah, bisa kesaksian yg seru2, entah bener entah ngarang pokoknya asal seru bisa bikin “gereja baru” deh :frowning:

Yang sudah mengerti penyimpangan2 ini jangan lagi mau ditipu pendeta2 model begituan…

:slight_smile:

Yang di-diskusikan disini

bukan mengenai jumlahnya,

melainkan

Periode Waktunya

Jadi supaya diskusi tidak keluar topik

Harap diingat-ingat, kita tidak membahas mengenai jumlahnya,

Sementara Alkitab jelas menuliskan
SETIAP 1 TAHUN SEKALI

Kenapa masih ada Gereja yg menarik per10an
SETIAP 1 BULAN SEKALI (biasanya Minggu ke-1 atau Minggu ke-2) ?

Jadi Mana yang lebih benar ?

ALKITAB (SETIAP 1 TAHUN SEKALI) atau Aturan Gereja (SETIAP 1 BULAN SEKALI) ?

dimana ada urusan duit… disana ada rep-per :smiley:

kalau ada yang bilang biar urusan pendeta sama tuhan gimana? saya yg penting bayar, selesai!

@onde2lumut

wuakakakak…seperti postingan saia sebelumnya

sudah pasti org yg melakukan itu telah diperhitungkan dalam perbuatan dosa tersebut—sebagaimana

tertulis dalam Alkitab.:slight_smile:

Kenapa ada Gereja yg menarik per10an tiap 1 bulan sekali ?
Bukankah Gereja yg menarik per10an tiap 1 bulan tersebut tidak mematuhi Ulangan 14:22 ?

Shalom bro,
Benar juga yg Bro bilang biar nggak OOT ini bukan masalah besarnya nilai persepuluhan tapi pada KETAATAN pada Ulangan 14: 22 , atau mungkin dari rekan2 FK ada yang tahu Firman Tuhan yang menyatakan persepuluhan TIAP BULAN ? kalau menurut aku jadi realize kalau Durasi Persepuluhan = durasi Zakat Fitrah pada ‘tetangga’( hanya besarnya cuma 2.5 % hehehe ) tapi sebagai MANUSIA apa yg dibilang Bro Steavan ada benarnya " mgkn jumlahnya sama tp kl di gelontorkan dalam waktu bersamaan, gw yakin berat banget…" yah memang ini sebenarnya TUHAN cuma mau lihat KeTAATan kita, dan bila dijadikan sekaligus maka juga jadi " GODAAN" bagi manusia jadi lebih berat… ( Manusia pada dasarnya ketika melihat suatu JUMLAH yang Besar maka akan lebih berpikir hitung-hitungan ama TUHAN !) inilah yang mungkin mengakibatkan Gereja menerima persepuluhan tiap Bulannya ! atau kalau berdasar Psikostatistik maka manusia akan memiliki kecenderungan gagal " taat" lebih besar apabila memberikan dalam durasi 1 tahun ( baik itu jemaatnya ataupun bagi pendetanya ) daripada kecenderungan berhasil “taat” lebih besar memberikan dalam durasi 1 bulan ! menurut aku masalah persepuluhan semua kembali pada masing2 individu hal KESADARAN ( bahwa Maleakhi 3:8 Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: “Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?” Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus!) dan KETAATAN / SETIA pada FirmanNYA . urusan mamon ini memang banyak membuat kejatuhan sampai Tuhan YESUS sendiri bilang di Lukas 16:11 Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya? .
Thanks & JBU

@Gangga

Yang di-diskusikan disini

bukan mengenai jumlahnya maupun ketaatan,

melainkan

Periode Waktunya

Jadi supaya diskusi tidak keluar topik

Harap diingat-ingat, kita tidak membahas mengenai jumlah atau ketaatan,

Sementara Alkitab jelas menuliskan
SETIAP 1 TAHUN SEKALI

Kenapa masih ada Gereja yg menarik per10an
SETIAP 1 BULAN SEKALI (biasanya Minggu ke-1 atau Minggu ke-2) ?

Jadi Mana yang seharusnya dipegang ?

ALKITAB “Firman Tuhan”
SETIAP 1 TAHUN SEKALI

atau

Aturan Gereja “firman kata-kata manusia”
SETIAP 1 BULAN SEKALI
?

OMONGAN PENDETA GEREJA atau ALKITAB ?

Pilihan kembali ke masing-masing individu

1 tahun sekali…??

Mirip THR nih… ;D

sundul gan…

menunggu jawaban dari member yg PRO-Pe10an yang biasanya Setor Bulanan

yang di-diskusikan disini

bukan mengenai jumlahnya maupun ketaatan,

melainkan

Periode Waktunya

[b]

Kenapa ada Gereja yg menarik per10an tiap 1 bulan sekali ?

Bukankah Gereja yg menarik per10an tiap 1 bulan tersebut tidak mematuhi Ulangan 14:22 ?

[/b]

waiting for reply…