Perang Mulut dalam hati

Bro and sist sekalian…
Aku sering bgt ngalamin kaya gini: tiba-tiba muncul pertanyaan2 dalam hatiku sendiri yang seakan-akan mencoba memanipulasi kepercayaanku terhadap Tuhan. Jadi aku jawab dah prtanyaan2 yg timbul tsb. Dan terjadilah tanya jawab didalam hatiku.
Dari situ aku jadi bingung, dari mana pertanyaan2 itu muncul? karena aku ngerasain banget kalau yang bertanya itu bukan dari hatiku.
Malahan pertanyaan/pernyataannya sering mencela Tuhanku, yang bikin aku jadi takut seraya minta ampun dalam hati atas pernyataan tsb.
Jadi gimana menurut Bro/Sist sekalian, ini normal atau gimana?

percayalah bro, kalo "suara"2 yang membuatmu ragu akan Tuhan bukan berasal dari Tuhan, karena “suara” itu berusaha meruntuhkan imanmu. Kalo itu suara Tuhan, pasti akan menguatkan imanmu :slight_smile:

Kayanya normal-normal saja bro…ada ungkapan semakain tinggi kita naik, semakin besar angin menerpa. Semakin kita bertumbuh dalam Kristus semakin besar pula tantangannya. Tantangan dan rintangan itu bisa dari mana-mana datangnya, termasuk dari dalam diri kita sendiri…Oleh karena itu semakin besar tantangan itu semakin kita berserah dan melekatkan diri pada Tuhan.

Salam

Hihhihhiii… setiap mendengar atau membaca “perang mulut”, di benak saya yang terbayang adalah berciuman antarmulut. “Wong” perang mulut saya artikan sebagai menggunakan mulut sebagai alat berperang. Mulut memerangi mulut, maka terjadilah ciuman antarmulut. Mulut diadu dengan mulut. Hihhihhiii… perang mulut.

apa maksudnya seperti berpikir di luar kotak iman / tanpa kacamata keyakinan?

kalau seperti itu, saya juga sering. hal yg wajar, normal dan cukup menyenangkan untuk mengisi waktu luang, menurut saya. dan menurut saya (lagi), ini suatu proses pendewasaan iman dan cara berpikir dari Tuhan.

That’s Right Bro…Thanx

[quote author=budiman777 link=topic=40483.msg552854#msg552854 date=1321606969]
Kayanya normal-normal saja bro…ada ungkapan semakain tinggi kita naik, semakin besar angin menerpa. Semakin kita bertumbuh dalam KRISTUS semakin besar pula tantangannya. Tantangan dan rintangan itu bisa dari mana-mana datangnya, termasuk dari dalam diri kita sendiri…Oleh karena itu semakin besar tantangan itu semakin kita berserah dan melekatkan diri pada Tuhan.

Kalimat anda menguatkan saya bro…Arigatho :afro:

Awkhhh Disgusting… :onion-head27:

Saya setuju dgn anda,
So there’s no more fear in me after all…Thank You
Cmiwww

dalam hati itu ada 3 suara : 1.suara hati kita 2. suara Tuhan/ROH KUDUS 3. suara iblis

Apakah suara hati kita bisa bekerjasama dengan suara Tuhan dan bekerjasama dengan suara ibli secara bersamaan, sis?

Dimana letaknya suara hati itu dalam tubuh kita? Ataukah berada dalam pikiran kita, atau berada di luar tubuh kita?

Thanks atas pencerahannya.

Syalom

suara hati ... ya ada dlm hati dunk

t 15:18 Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.

apa yang keluar dr mulut itu adl peintah dr pikiran , diman apikiran yang dipengaruhi oleh dlm hati

Hati yang mana menurut anda : Hati yang Hepar/Liver atau hati yang jantung (Heart) ?

Kalau menurut saya sih ada dalam otak/pikiran kita.

dlm batin

Ngga ada tuh organ tubuh bernama bathin

:smiley:

Lantas rohani ada di mana sis?
Jangan bilang lagi di kantor ya, he he he

:tongue:

Disebelah mana bagian jasmani rohani itu berada sis?
Otak, jantung, hati, ginjal, usus, lambung, paru paru?

Nahhh

:azn:

Sungguh, saya belum ngerti sis…

:’(

ada thesis - antithesis - synthesis.
trio kwek2 ini yg menjaga perkembangan ilmu pengetahuan manusia dalam segala bidang, dari ilmu eksak sampai ilmu Tuhan. :slight_smile:

wajar2 saja…
saya sendiri sering mengalami…
pertentangan bathin,hati,nurani,pikiran,dll…
menurut saya karena memang…
“musuh yg terberat adalah diri sendiri”

:slight_smile: GBu

hari nurani itu ada dlm jiwa manusia (dlm jiwa itu ada : batin , hati nurani , perasaan dll ) hati ini diberikan Tuhan kpd setiap manusia bisa memiliki kasih kpd sesamanya

Untuk mengasihi Allah maka Allah akan memberikan hati nurani yang baru serta roh yang baru (hidup )
tanpa ini motivasi manusia akan melenceng (tidak tulus)

Tetapi, dimana letaknya jiwa manusia itu dalam tubuh kita sis ?

menurut pandangan saya,
letak jiwa,nurani,bathin,kata hati kecil,dll
jika di telusuri secara biologi rasanya akan sulit di jwb,
tetapi itu lebih di rasakan secara naluri jika itu memang ada,.
tetapi itu berpulang pada penilaian setiap pribadi yg merasakannya,… ^^

Setahu aku Jiwa itu : Pikiran - Perasaan - Kehendak

Coba Perhatikan:

- kalau ada orang yang berenang di jalan raya (dia pikir jalan raya kolam renang) pasti dibawa ke rumah sakit jiwa. Jiwanya sakit - Kalau ada orang yang sebentar-sebentar tertawa sebentar2 nangis (perasaannya gak jelas) pasti cepat2 tu di bawa ke rumah sakit jiwa. - Kalau ada orang yang pengennya lari-lari ke sana-sini, habis lari2 ngobrak-abrik tempat sampah, terus lompat-lompat ngak karuan (kehendaknya terganggu). pasti juga orang tu di bawa ke rumah sakit jiwa.

Kesimpulan gw: Jiwa kita itu adalah pikiran, perasaan dan kehendak kita sendiri.
;D

:afro: kesimpulan yg bagus broo…
tetapi menyambung pertanyaan dr bruce ttng letak jiwa menurut ilmu biologi…
dimana letaknya?

Jadi, kalau ada orang yang kehilangan kakinya, berarti ia kehlangan sebagian dari jiwanya sis, begitukah?

:tongue:

Justru itu yang ingin saya tanyakan kepada anda sis, sehubungan dengan pernyataan anda ini lho :

dr ujung kepala smp ujung kaki

:smiley: