PERANG SALIB.

Apa pandapat anda mengenai perang salib yang terjadi pada abad ke 11.

Kalau anda setuju, apa alasannya
dan
Kalau anda tidak setuju, apa alasannya.

Mohon tanggapan anda.

apa itu perang
kenapa perang
perang tidak baik
membunuh = dosa
perang adalah dosa

kalau menilai zaman lampau yg telah terjadi dgn mengenakan kacamata zaman sekarang, kita dgn mudah:

  1. menyatakan gak setuju, kerna kasih, pipi kanan berikan pipi kiri dll (mengenakan kacamata zaman sekarang menilai zaman lampau).
    [jika konsisten maka dikehidupan sehari2 org yg ngomong begitu harus never self-defense; termasuk gak boleh jadi pengacara, dimaling gak boleh lapor polisi, dll].
  2. menyatakan bhw org2 yg terlibat didalamnya blah blah blah (negatif)… padahal mungkin aza mereka gak punya pilihan lain dlm menyelesaikan masalah kecuali dgn perang (note; konteks zaman).

kalau menilai zaman lampau yg telah terjadi dgn mempertimbangkan berbagai faktor ie; kondisi sosio, geografi, politik, religi, dll faktor yg sesuai dgn kondisi jaman pertengahan… dan dalam konteks; wa gak tau apa yg akan terjadi (crusade 2, 3, 4,…):

  1. ANDAI wa terlahir di zaman itu, dan wa terlahir sebagai pria yg sihat fizik… wa kemungkinan besar mau jadi prajurit.
    ;D ;D ;D

namun secara ajaran rohani tetaplah:
Just as people do not enter a war in order to enjoy war, but in order to be saved from war, so we do not enter this world in order to enjoy this world, but in order to be saved from it. People go to was for the sake of something greater than war. So we also enter this temporal life for the sake of something greater: for eternal life. And as soldiers think with joy about returning home, so also Christians constantly remember the end of their lives and their return to their heavenly fatherland.
- (St. Nicholas of Serbia, Thoughts on Good and Evil)

Klo mbah gimana ? :tongue: Saya udah lupa mbah awal mula kenapa Perang Salib terjadi… Mungkin bisa diterangin secara singkat dan padat…

Tidak setuju,

Seharusnya tidak terjadi kalau semua orang melakukan Firman Tuhan.

Shalom,

Itu perintah Tuhan?

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU, Jericho, J.

Walah mbah, udah terjadi kok baru minta persetujuan. Gini aja mbah… untuk saat ini orang kristen perlu pasukan kristen nggak mbah buat jaga2 penindasan yang semakin membabi buta dan akan demikian terus
setelah jaman reformasi ini. Setuju nggak mbah ??

Shalom,

Mungkin untuk justifikasi.

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU< Jericho, J.

Saya tidak akan berbicara banyak, sebab nanti akan memberi pengaruh kepada pendapat anda sekalian.

Jang jelas kira tahun 1090, paus Urban II, menggugah hati umat kristen untuk menyerbu Israel.

Demikian, Shalom.

;D waduh, ini mah terlalu padat dan singkat mbah… karena enggak hidup di jaman itu, mendingan netral aja dh org gak tau penyebab sebenarnya dan motivasi sebenarnya para tokoh yang terlibat. Harus buka-buka buku sejarah dulu waktu masih di SMP ni soalnya… :char11:

Anda sekalian boleh berpendapat bebas, saya tidak berhak membenarkan atau menyalahkan.

Disini saya hanya mau memberi gambaran sesuai dengan sejarah yang ada.
Kita semua tahu bahwa Mesir, Israel, Jordan, Libanon, Syria, Turkey, adalah awal kekristenan tumbuh.
Berhubung orang kristen tidak pernah melawan islam maka daerah tsb sampai sekarang dikuasai islam, orang kristen banyak menderita dan jumlahnya semakin sedikit.

Pada saat terjadinya perang salib yaitu pada tahun 1095, islam sudah menguasai pantai utara Afrika, Mesir, Israel, Jordan, Libanon, Syria, Turkey, sebagian Yunani, sebagian Spanyol.
Dan mereka terus berusaha memperluas daerahnya untuk mengembangkan islam.
Posisi gereja di Roma sudah dikelilingi oleh islam dan Constantinopel juga sudah diujung tanduk, tinggal tunggu waktunya saja untuk diserbu sama islam dari Turkey.
Kota suci Yerusalem sudah 500 tahun dikuasai oleh islam, dan yang terakhir setelah Yerusalem dikuasai oleh islam dari Mesir, para peziarah sudah tidak boleh masuk.
Semua peninggalan Yesus yang buat orang kristen sangat berharga, seperti kayu salib Yesus, mungkin sudah menjadi kayu bakar.

Pertanyaannya, apakah islam anda biarkan memasuki Italy, Perancis, Belanda dan seluruh Europa ?
Kalau islam berhasil masuk ke Belanda pada saat itu, maka kemungkinan besar anda bukan orang kristen lagi !

Setiap orang yang sehat memang anti perang, sebab perang selalu dikaitkan dengan membunuh, dan membunuh itu kejam dan dilarang oleh Tuhan.
Kalau kita baca Kitab Suci, lihat Musa sebelum memasuki tanah perjanjian mereka berperang, raja Daud selalu berperang membebaskan tanah perjanjian sehingga dia tidak sempat membangun Bait Allah.

Banyak orang tidak setuju dengan perang salib, sebab mereka mempunyai motifasi ingin menyalahkan paus dan gereja katolik, tanpa melihat latar belakang keadaan pada saat itu, seperti yang dikatakan oleh sdr,Seek d Truth itu benar.

Saya tidak tahu, apakah sdr. tobat dan sdr. Hen Hen, tetap mengukuhi pendapatnya setelah membaca kenyataan sejarah yang ada.
Ingat betapa menderitanya umat kristen yang sekarang berada di Mesir, Turkey, Libanon, Jordan dan Syria yang pada saat sekarang dikuasai oleh islam, gara-gara mereka tidak pernah melawan islam masuk.
Maka pertanyaan sdr.brosaiko juga benar, kita harus bersatu bentuk pasukan untuk melawan.
Mati tidak apa-apa, jangan seperti sekarang anak cucu mereka yang berada di Mesir, Syria, dsb. menderita gara-gara daerahnya dikuasai oleh islam.

Lho, pada jaman PL, umat israel berperang karena melakukan PERINTAH (Firman) Tuhan kan?

Mbah, ane yakin kalo pemimpin-pemimpin kristen di jaman itu sekaliber daud atau salomo, ga bakalan ada yang namanya perang salib.

Katanlah kalo cerita yg ada di film “Kingdom of Heaven” itu “benar”, ane ga heran perang salib itu terjadi.

Kalau Perang Armagedon ini pegimane’ ?
Wahyu 20 :
7 Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya, 8 dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut.
9 Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka,

Betul, berarti umat kristen yang ada Mesir, Libanon, Jordan, Syria, Turkey tidak menderita seperti sekarang.
Dan tidak perlu adanya perang salib lagi.

Ingat Smyrna Hollocaust, sebanyak 3,5 juta umat kristen di Armenia dan Syria dianiaya dan dibunuh dengan kejam.

Apa yang telah terjadi menjadi pelajaran bagi kita, untuk membuat kita lebih berhikmat dan bijaksana. Kita tidak dapat menyatakan setuju atau tidak setuju akan apa yang telah terjadi, tetapi kita mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut, baik yang mendatangkan kebaikan maupun yang membawa keburukan, agar kita belajar dari apa yang baik dan menghindarkan dari hal buruk. Dengan begitu dari generasi kepada generasi kita menghadirkan generasi yang berkwalitas dan semakin disempurnakan.

Adalah bijak membahas apa yang dapat kita pelajari dari peristiwa tersebut dari pada sekedar mengumpulkan kelompok yang pro dan kelompok yang kontra, disertai alasan-alasannya.

Ya, sekarang jaman PB, Yesus bilang kasihilah musuhmu, ampunilah orang yang bersalah kepadamu kalau tidak Bapamu juga tidak mengampuni kesalahanmu.

Pembalasan itu hak Tuhan.

Saya udah tau kenyataan sejarahnya, bagi saya baik Islam atau Kristen sama-sama ada salahnya
Kan saya bilang kalau semua orang melakukan Firman Tuhan, perang tersebut tidak perlu terjadi.

Dalam pengalaman saya peristiwa perang salib inipun suka dijadikan senjata untuk bilang bahwa kekristenan tidak konsisten, disuruh mengampuni musuh, tapi malah motto dalam perang salib itu yang membunuh orang kafir pasti masuk surga.

Bagaimanapun, damai itu lebih indah, kita harus lebih mengusahakan perdamaian.