Perbandingan LED Printer Vs Laser Printer

http://2.bp.blogspot.com/-BxQK0oEKkhI/UMWIEo-vfCI/AAAAAAAAAfk/kQM6NP1Wmhg/s1600/ledLaser.jpg

Ada banyak sekali jenis printer beredar di pasaran, tapi bila ditanya jenis Printer apa yang lebih unggul? Pasti hampir semua orang akan menjawab Laser Printer. Ya, itu karena Printer Laser memiliki cara kerja mirip mesin fotocopy. Tapi pernahkah Anda mencoba LED Printer? Jika belum, pada artikel kali ini kami akan ulaskan perbandingan LED Printer Vs Laser Printer. Agar Anda bisa menentukan mana yang lebih
baik.
:angel:
Proses printing

LED Printer
Proses printing pada LED printer hanya melalui 1 tahap, dimana sumber cahaya (LED) langsung diproses ke bagian drum. Drum inilah yang akan membuat proses print pada kertas.

Sumber Cahaya (Light Source ) dari printer LED berasal dari ribuan titik cahaya individual dari LED yang menuju pada drum dengan ukuran titik (dot) cahaya sebesar 34µm.

http://3.bp.blogspot.com/-__l_NT-c3ZY/UMWImzsT67I/AAAAAAAAAfs/mjPuvc1YRMw/s1600/LEDTech.jpg

:angel:
Laser Printer
Sedangkan pada Printer Laser proses printing harus melalui tujuh tahapan. Sumber cahaya (Laser) diarahkan pada lensa (untuk memfokuskan cahaya). Kemudian cahaya diarahkan ke reflector. Dari reflector cahaya menuju cermin (Mirror) untuk dibelokkan. Hasil dari proses ini adalah satu sumber cahaya (Laser) yang akan menggambarkan image pada bagian drum. Drum inilah yang akan membuat proses print setelah beberapa tahap di atas.

Sumber cahaya dari Laser Printer hanya berasal dari 1 sinar laser dan ukuran titik cahayanya sebesar 60µm.

http://4.bp.blogspot.com/-T16E5SYYVQc/UMWIxAcbd2I/AAAAAAAAAf0/JrWstua5kCk/s1600/LaserTech.jpg

:slight_smile:
Kesimpulan

Dilihat dari proses printing dapat kita simpulkan bahwa:

  1. LED printer lebih cepat dibandingkan Laser printer karena hanya melalui 1 tahap proses.
  2. LED Printer lebih efisien dan hemat listrik
    Hal ini dikarenakn moving parts / bagian-bagian yang bekerja pada Printer laser lebih banyak daripada printer LED, yang menyebabkan pemakaian daya juga lebih besar.
  3. Kualitas gambar dan akurasi hasil printing LED Printer lebih bagus karena light source dari printer LED berasal dari ribuan titik (Dot) cahaya individual yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan titik cahaya milik laser printer.
    :wink:

http://4.bp.blogspot.com/-KJuaKCEHTJA/UMWJK0Uy8gI/AAAAAAAAAf8/UgRylXmTYxQ/s320/LED-vs-Laser.jpg

LED Light Source (kiri) & Laser Light Source (kanan)

Printer
sumber dari : Printer Murah :happy0025: