Perbedaan Katolik dan Protestan

Berikut tanggapan orang2 tentang Katolik

umat Katolik tidak sepenuhnya mengerti bagaimana umat Protestan memandang gereja mereka (Katolik). “Ada lapisan tipis keramah-tamahan, dan dibawahnya ada rasa antipati yang besar.” Pendeta Alex John

sejak permulaan bahwa Gereja Katolik adalah suatu sekte, sistem agama yang semu yang membawa berjuta-juta orang tersesat. Selama bertahun-tahun saya mengajarkan tentang keburukan Gereja Katolik, Rosalind Moss

tetapi saya tidak percaya bahwa iman Katolik penuh dengan ajaran-ajaran yang tidak terdapat di Alkitab. Baiklah mungkin saya mau mengakui bahwa Katolik adalah sebuah Gereja Kristen, tetapi nyaris tidak memenuhi syarat (dan hanya karena saya ketemu seorang Katolik yang menunjukkan rasa tertarik akan Allah). Secara umum, saya merasa siapapun yang membaca dan percaya pada Alkitab akan menjauh dari iman Katolik. Saya berasumsi berjuta-juta orang Katolik karena terlahir sebagai Katolik, dan nyata bahwa mereka tidak tahu sama sekali tentang Alkitab. Saya kasihan kepada mereka dan saya berharap mereka suatu hari membaca Alkitab sendiri tanpa bantuan Sri Paus. Kalau itu terjadi, pasti status mereka akan segera berubah menjadi mantan-Katolik. Gary Hoge

Tetapi benarkah mereka telah mengenal GEREJA KATOLIK? Bagaimana tanggapan Imam Katolik terhadap orang2 yang membenci dan menyerang Gereja Katolik? Ini jawaban yang mungkin mewakili Gereja Katolik.

“Tidak ada seratus orang di Amerika Serikat yang membenci Gereja Katolik. Ada berjuta-juta orang, yang membenci apa yang secara salah mereka percaya sebagai Gereja Katolik - yang mana, tentunya, sangat berbeda.”
Uskup Agung Fulton

Sikap antipati kepada Gereja Katolik membuat saya menjadi ingat akan Firman Tuhan: "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. Yoh. 15:18

Dari semua yang saya baca tentang Katolik, sejarah, ajarah atauoun doktrin2nya, dari semua diskusi2 kita yang saya ikuti tentang perbedaan antara Protestan dan Katolik, akhirnya membawa saya sampai pada suatu kesimpulan, Bahwa; PERBENDAAN KATOLIK DAN PROTESTAN BUKAN SAJA PERBEDAAN DOKTRINIAL TETAPI JUGA CARA PANDANG.

Salam

setujuh bro clay :slight_smile:

hal ini lah yang selalu ramai dibicarakan di FK yaitu sola scriptura vs magisterium

sebab dengan “sola scriptura” saja => tidak ada pembimbing…
sehingga makna lebih banyak

apakah ini yang dimaksud ?
Rm. 5:20 Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah,

Bukankah sudah disadari bahwa antara Protestan dan Katolik memiliki perbedaan dalam doktrinal dan juga cara pandang.

Tetapi perbedaan itu tidak boleh menimbulkan kebencian dan antipati.
Tidak ada gunanya membenci dan antipati terhadap “organisasi”, bukankah yang berharga dan bernilai adalah oknum/pribadi?

Sedangkan untuk oknum/pribadi, apakah boleh membenci / antipati terhadap pribadi yang berbeda doktrin / cara pandang, bahkan untuk seorang musuh saja yang menganiaya kita, perintah Tuhan adalah untuk mengasihi mereka.

Tentu keliru, menganggap perbedaan dalam doktrinal dan cara pandang akan melahirkan “kebencian”.

Salam

Sikap Gereja Katolik dalam menanggapi pandangan Non-Katolik saya pikir sudah terwakili oleh pernyataan Uskup Agung Fulton:

“Tidak ada seratus orang di Amerika Serikat yang membenci Gereja Katolik. Ada berjuta-juta orang, yang membenci apa yang secara salah mereka percaya sebagai Gereja Katolik - yang mana, tentunya, sangat berbeda.”

Salam

Paulus pernah menasehati jemaat dikorintus krn menggolong2kan kristen menjadi gol apolos, kefas, paulus bahkan gol Kristus sendiri. Bukankah sejarah ini berulang kini? Bahkan semakin banyak hingga ribuan golongan. Seharusnya kita sama2 melihat ada yg salah bukan? Selanjutnya paulus menasehati adakah Kristus tepecah-pecah? Adakan paulus yg disalibkan? Adakah kamu dibabtis dalam nama paulus? Kita semua adalah bagian dari Kristus yg seharusnya tidak terkotak2 dalam berbagai golongan, kelompok, ataupun organisasi. Karena tubuh Kristus adalah organisme, hidup dan bergerak mengekspresikan diriNya sendiri. Mari kembali ke kesatuan tubuh yg seharusnya hanya satu. Gbu

Salam mas, thx atas ajakan untuk saling belajar dan tidak mengulang-ulang kesalahan agar kita kembali menjadi satu sebagaimana yang TUHAN kita inginkan dan doakan! supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Yoh. 17:21

Topik ini tidak saya maksudkan untuk memecah atau membentrokan antara Protestan dan Katolik, tetapi ajang sharing. Sebab setelah banyak membaca dan belajar saya menemukan bahwa sebenarnya perbedaaan yang paling mendasar antara Katolik dan Protestan adalah CARA PANDANG!

Sebagai CONTOH:

Katolik tidak pernah menganggap diri hebat dan kemudian mengabaikan ajaran2 Bapa Gereja, sebaliknya Katolik mau belajar dari pengajaran2 mereka. Sementara Protestan seringkali menganggap kecil tulisan2 dan pengajaran Bapa Gereja dengan dalih “akh mereka itu jg manusia”! Inilah bedanya, ada kesombongan yang tersembunyi yang tidak disadari disini, tanpa mereka sendiri sadari mereka juga manusia! Apa lebihnya dari Bapa Gereja yang telah mengajarkan dan mengabarkan Injil dengan Mati sebagai Martir. Karena mereka juga (Bapa Gereja) KITA hari ini Mengenal ALLAH yang benar!! Bayangkan jika ajaran ini tidak mereka jaga dan pertahankan, kira2 Allah yang bagaimana kita imani hari ini? Jika YESUS tidak menghendaki PETRUS ke Roma yg adalah pusat dunia yang akhirnya takluk oleh INJIL dan memudahkan penyebaran Injil, akankah kita mengenal TUHAN? Jangan2 kita masih penganut kepercayaan adat, kejawen dsb! Karena itu dengan menutup mata saya bersyukur oleh ketaatan para Martir Kudus yang telah menjaga Harta Pusaka Gereja yang hari ini kita terima yaitu pengenalan akan ALLAH YANG BENAR!

Banyak sekali umat Protestan meremehkan figur2 dalam Alkitab dan menganggap sepi peran mereka hanya karena Alkitab tidak menulis secara panjang peran mereka. Manusia bisa meremehkan hal-hal kecil tetapi TUHAN tidak pernah mengecilkan hal-hal kecil, sebab seeprti yang ia FIRMANKAN:

Luk. 16:10 "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.

Inilah yang membedakan KATOLIK dan PROTESTAN. Gereja Katolik bukan saja mengimani KRISTUS sebagai juru selamat, tetapi Gereja Katolik jg belajar dari teladan dan keutamaan dari figur Alkitab. Gereja2 Protestan sering sekali mempermasalahkan doktrin2 Gereja Katolik, tentang keperawanan Maria, api penyucian dst dst…

Jarang sekali Protestan fokus pada mempraktekan KASIH dalam dunia. Upaya menyelidiki Alkitab demi menghakimi Gereja Katolik akhirnya menjadi BALOK dimata mereka (Luk. 6:41). Sehingga tidak lagi melihat pentinggnya mengajarkan kekudusan perkawinan, menentang perceraian, menentang Aborsi dan menganggap itu sebuah kejahatan! Mengapa gereja2 non Katolik sering mengabaikan hal itu? Apakah hal2 itu dianggap perkara sepele dibandingkan menghakimi dan menentang doktrin2 Gereja Katolik?

Contoh paling sering ditampakkan pada diskusi kita ada pada cara pandang tentang peran Maria dan kehidupan Maria.

Sebagai Contoh Katolik mempertahankan doktrin yang dijarkan Bapa Gereja yang sesuai dengan ALKITAB tentang Keperawanan Maria dan memandang bahwa hal itu adalah keutamaan yang diberikan oleh TUHAN kepada Maria sebagai sesuatu yang ingin ia pertahankan, tetapi Non-KAtolik atau lebih seringnya PROTESTAN yang absen selama 1500 tahun lebih mempercayai pendapat mereka sendiri daripada pengajaran Bapa Gereja yang hidup pada masa Gereja perdana. Bagi PROTESTAN TIDAK MUNGKIN Maria melakukan itu! atau Kasarnya Tidak mungkin MAria tidak bersetubuh dengan Yusuf!

inilah yang saya maksud ketika saya menjelaskan dsini:

Katolik juga lmemilih setia dan tunduk kepada pengajaran2 para Bapa Gereja yang bersumber pada Alkitab dan Tradisi, tetapi Protestan lebih senang percaya pada pendapat mereka sendiri dan mengatakan Bapa Gereja Manusia bisa salah, tetapi lupa bahwa dirinya juga manusia yang belum tentu benar!! Di satu sisi PROTESTAN menyangkal dan menolak Infabilitas PAUS tetapi disisi lain ia MENGANUT INFABILITAS DIRI sendiri. PAUS BISA SALAH, BAPA GEREJA BISA SALAH, TETAPI SAYA TIDAK MUNGKIN SALAH, PENDAPAT SAYA BENAR!!

Inilah salah satu contoh cara pandang yang berbeda yg saya maksud dari sekian banyak perbedaan cara pandang Katolik dan Protestan.

Yang terakhir saya mengajak anda bersama2 mencoba mempraktekan kerendahan hati sebagaimana yang sama posting disini: BEBERAPA CARA MEMPRAKTEKKAN KERENDAHAN HATI - Renungan & Khotbah - ForumKristen.com

Salam

@all
Roma
14:10 Tetapi engkau, mengapakah engkau menghakimi saudaramu? Atau mengapakah engkau menghina saudaramu? Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah.
14:11 Karena ada tertulis: “Demi Aku hidup, demikianlah firman Tuhan, semua orang akan bertekuk lutut di hadapan-Ku dan semua orang akan memuliakan Allah.”
14:12 Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah.

jika begitu… perlukah membeda-bedakan protestan dan katolik?
bukankah semua percaya Yesus?

tentang segala perbedaan/pandangan setiap orang harus mempertanggung jawabkannya sendiri kepada Allah.

salam :slight_smile:

Setuju bro liberty, semua orang mempertanggung jawabkan sendiri2 dihadapan tahta Allah kelak. Saya berbicara bukan atas nama protestan ataupun katolik, tapi sebagai pengikut Kristus atau orang kristen. Menghargai bunda maria sah2 saja, tidak pun tidak ada yg memaksa. Ini kan iman seseorang. Tapi bila kembali ke ajaran firman apakah demikian adanya? Ingat cara pandang seseorang sangat beragam termasuk orang yg rohani. Jadi bagaimanakah membedakan ajaran yg benar dan sehat? Kembali kedalam roh kita yg kiri berbaur dengan Roh Kudus. Tanyakan Dia krn Dialah yg memerdekakan kita dan membawa kita kepada segala kebenaran. Gbu

alah… ga da angin yg bisa disimpan selamanya…

kalau orang ini akan terus berdebat tanpa ujung yg jelas…

cara pandang seseorang beragam, tetapi sama seperti satu tubuh tidak sama fungsi…

salam

Selama saya mengikuti diskusi tentang ajaran katolik maka saya simpulkan Roma katolik dan protestan beda dalam fondasinya.

Cara memperolah keselamatan dengan perbuatan dan iman dan protestan percaya keselamatan dengan iman.

Padahal doctrine keselamatan itu menurut pandangan saya adalah sangat mendasar.

Tidak boleh saling membenci tapi tidak boleh menutupi keadaan sebenarnya juga. Ya katakan ya tidak katakan tidak.
Ya beda katakan beda tidak beda katakan tidak beda.

Alkitab sebagai pedomannya saja sudah beda dengan adanya kitab2 deteronika, belum ditambah adanya kepercayaan Maria sebagai Ratu surga, lalu masalah purgatory, doa pada santo dan santa, doa pada malaikat dll

Pandangan Paus sebagai satu2nya kepala gereja yang sah yang mewakili Tuhan didunia, Pandangan satu2nya gereja yang didirikan Tuhan adalah gereja Katolik yang harus diketuai oleh Petrus dan penerusnya.

Masih ratusan perbedaan2 prinsip lain yang seharusnya kita katakan dengan jujur bahwa kita memang berbeda.

Berbeda tidak harus bermusuhan.

Yup benar sekali, masing2 anggota tubuh punya fungsi masing2. Tapi berfungsi dalam tubuh yang satu ya yaitu tubuh Kristus, bukan tubuh yg lain atau Kristus yg lain.

betul bro jack

tetapi diskusi yang bro maksudkan apakah itu benar “diskusi murni”?
menurut saya
diskusi adalah tanya jawab… yang bertujuan mencari titik temu…

tetapi banyak yang berusaha membenarkan “pendapat sendiri”,apakah itu diskusi?

salam :slight_smile:

bukan begitu bro santo…

maksud saya (jika benar tentang ayat itu)
hukum taurat ditambahkan => (menurut pengertian manusia)

salam :slight_smile:

Sepakat mas atas tanggapan mas diatas. Disini saya ingin share apa yang saya dapat dari mempelajari Katolik dan apa yang saya dapat dari forum ini tentang PENDAPAT UMUM ( kebanyakan tetapi tidak semua) mereka tentang Katolik, sehingga saya membuat tulisan ini sebagai sebuah kesimpulan penelusuran saya semata. Jadi bukan pandangan dari Gereja Katolik sendiri, mengingat sayapun masih terus belajar semua literatur Katolik sampai sekarang.

Jadi kesimpulan saya perbedaan antara Gereja Katolik dan Protestan terletak dari cara pandang atau juga cara masing2 orang mengimani TUHAN YESUS satu2na SANG JURUSELAMAT TIADA YANG LAIN.

Contoh2 yang saya tuliskan seperti KATOLIK menghargai peran istimewa MARIA dalam sejarah Keselamatan Manusia, sementara PROTESTAN dan non-KATOLIK lain menganggap tidak ada yang istimewanya dari peran itu. Sehingga KATOLIK mau belajar dari MARIA dan PROTESTAN tidak perlu belajar dari MARIA, khan sudah ada YESUS!! Ini FAKTA. ini UMUMNYA BERLAKU pada PROTESTAN. Saya tidak mengatakan mereka salah karena itu dan Katolik kemudian menjadi benar karena itu atau sebaliknya. Saya cuma menghadirkan Faktanya saja!

Contoh berikutnya Katolik menghargai dan tidak menganggap kecil pengajaran Bapa Gereja dan memilih taat kepada pengajaran Bapa Gereja yang bersumber pada ALKITAB, sementara Protestan CENDERUNG menganggap sepi ajaran para BAPA GEREJA dan lebih senang akan tafsiran diri mereka sendiri. Ini FAKTA yang umum berlaku di FK. Apakah dengan demikian KATOLIK benar dan PROTESTAN salah? Saya tidak mengatakan itu! Saya hanya menghadirkan fakta CARA PANDANG dan CARA MENGIMANI kedua agama ini berbeda.

Karena itu jangan kita menuduh iman orang lain lebih lemah dari iman kita, dan menyangka kita berada pada terang sementara mereka berada pada kegelapan:

I Yohanes 2:9 Barangsiapa berkata, bahwa ia berada di dalam terang, tetapi ia membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan sampai sekarang.

Dari perbedaan cara pandang itu janganlah sampai jatuh pada kebencian satu dengan yang lain, karena kita akan dikuasai oleh kegelapan yang membutakan mata batin kita hingga kita tidak lagi dapat melihat kebenaran.

I Yohanes 2:11 Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.

Salam

Saya ingin memakai fakta2 yang Anda sajikan, bro Clay:

Contoh2 yang saya tuliskan seperti KATOLIK menghargai peran istimewa MARIA dalam sejarah Keselamatan Manusia, sementara PROTESTAN dan non-KATOLIK lain menganggap tidak ada yang istimewanya dari peran itu. Sehingga KATOLIK mau belajar dari MARIA dan PROTESTAN tidak perlu belajar dari MARIA, khan sudah ada YESUS!! Ini FAKTA. ini UMUMNYA BERLAKU pada PROTESTAN. Saya tidak mengatakan mereka salah karena itu dan Katolik kemudian menjadi benar karena itu atau sebaliknya. Saya cuma menghadirkan Faktanya saja!

Contoh berikutnya Katolik menghargai dan tidak menganggap kecil pengajaran Bapa Gereja dan memilih taat kepada pengajaran Bapa Gereja yang bersumber pada ALKITAB, sementara Protestan CENDERUNG menganggap sepi ajaran para BAPA GEREJA dan lebih senang akan tafsiran diri mereka sendiri. Ini FAKTA yang umum berlaku di FK. Apakah dengan demikian KATOLIK benar dan PROTESTAN salah? Saya tidak mengatakan itu! Saya hanya menghadirkan fakta CARA PANDANG dan CARA MENGIMANI kedua agama ini berbeda.


Apakah karena Anda menganggap Protestan tidak menghargai peran Maria karena tidak memperlakukan secara istimewa dan terlihat seperti yang dilakukan oleh Katolik, menyebabkan Anda menganggap iman kami lebih lemah dari iman Anda dan rekan2 Katolik, dan juga menyangka Anda berada pada terang sementara kami berada pada kegelapan?

Apakah karena Anda menganggap Protestan tidak menghargai pengajaran Bapak Gereja dan memilih tidak taat, lebih menaati tafsir sendiri (menurut Anda), menyebabkan Anda menganggap iman kami lebih lemah dari iman Anda dan rekan2 Katolik, dan juga menyangka Anda berada pada terang sementara kami berada pada kegelapan?

Dan itu menyebabkan Anda membenci kami?

Salam

Apakah Katolik merasa dibenci? Apakah ada penganiayaan pada Katolik? Apakah Katolik merasa dikucilkan?

Tentu harus mengerti makna “membenci” sebelum mengeluarkan pernyataan bahwa ia dibenci dan menuduh orang lain melakukan tindakan membenci dia.

Salam

Baca yang saya bold Merah: Saya tidak mengatakan mereka salah karena itu dan Katolik kemudian menjadi benar karena itu atau sebaliknya. Saya cuma menghadirkan Faktanya saja!

Saya tidak mengatakan itu! Saya hanya menghadirkan fakta CARA PANDANG dan CARA MENGIMANI kedua agama ini berbeda.

silahkan baca sendiri disini:

http://felsztyn.tripod.com/germaninvasion/id8.html/

http://felsztyn.tripod.com/germaninvasion/id8.html/

http://www.angelfire.com/ok3/apologia/martyrs.html

http://www.tldm.org/News4/china.htm

http://www.churchinhistory.org/pages/booklets/zakar.pdf

http://www.tldm.org/news6/persecution.htm

Saya tidak berbicara tanpa dasar, dan ini bukan tuduhan!
Coba anda terjemahkan maksud dari situs ini lebih dahulu sebelum saya berikan begitu banyak hujatan ditujukan kepada Katolik dan doktrin2 gereja KAtolik:

http://www.pacinst.com/antichri.htm

http://alt.nntp2http.com/sci/tech/indonesian/2007/05/d849edb0e41d74936a632cbc7e48cf93.html

http://www.the-bible-antichrist.com/little-horn-is-antichrist.html

proof that the pope is the antichrist part 1

Nubuatan Abad Ini / Kembalinya Yohanes Paulus II
Kalau mau saya bisa tunjukan lebih banyak lagi situs2 yang dibuat dan buku2 yang diterbitkan untuk menyerang Gereja Katolik.

Karena itu sikap Gereja Katolik sangat terwakili oleh pernyataan ini: “Tidak ada seratus orang di Amerika Serikat yang membenci Gereja Katolik. Ada berjuta-juta orang, yang membenci apa yang secara salah mereka percaya sebagai Gereja Katolik - yang mana, tentunya, sangat berbeda.”
Uskup Agung Fulton

Karena mereka tidak tahu …

Karena itu seperti YESUS berdoa disalib Katolik WAJIB berdoa demikian : "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat. Luk. 23:34

Sikap antipati kepada Gereja Katolik membuat saya menjadi ingat akan Firman Tuhan: "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. Yoh. 15:18

Supaya tidak OOT lebih baik kita bahas perbedaan dari cara pandang KATOLIK dan PROTESTAN dalam mengimani YESUS.

Salam

Banyak sih perbedaan Kristen dan Katolik terutama doktrin/ajarannya.
Untuk saya pribadi iman saya lebih bertumbuh di Kristen (saya pernah lho belajar di Katolik). Soal kasih kalau kita sudah bertobat dan menerima Yesus sebagai Juruselamat, otomatis kita selalu ingin mengasihi (bukan karena Kristen tidak mementingkannya. Itu bonus.). Kita juga mementingkan iman dan perbuatan, sangat penting : menentukan kita masuk surga/tidak. The last but not the least : Kristen tidak memandang bahwa keselamatan milik manusia yang telah berbuat baik saja ; harus sudah bertobat dan mengakui Yesus sebagai juruselamat pribadi. Sia-sia dong iman kita kalo cuman sudah mengasihi, berbuat baik bisa masuk surga :happy0062: