Perbuatan mukjijat Yesus yang pertama

Yohanes 2:1-11

" Pada hari ketiga ada perkawinan di Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ;
Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu.
Ketika mereka kekurangan anggur, ibu Yesus berkata kepada-Nya: “Mereka kehabisan anggur.”
Kata Yesus kepadanya: “Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba.”
Tetapi ibu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan: “Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!”
Di situ ada enam tempayan yang disediakan untuk pembasuhan menurut adat orang Yahudi, masing-masing isinya dua tiga buyung.
Yesus berkata kepada pelayan-pelayan itu: “Isilah tempayan-tempayan itu penuh dengan air.” Dan mereka pun mengisinya sampai penuh.
Lalu kata Yesus kepada mereka: “Sekarang cedoklah dan bawalah kepada pemimpin pesta.” Lalu mereka pun membawanya.
Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu–dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya–ia memanggil mempelai laki-laki,
dan berkata kepadanya: “Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang.”
Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya."

perikop diatas mengisahkan mukjijat pertama yang diperbuat oleh Yesus.

apakah ada pelajaran lain yg bisa diambil dari kisah diatas?

thanks
Gbu

Dari sesuatu yang tidak berguna (air pembasuhan kaki) menjadi berguna (anggur paling enak) jika YESUS berkarya.

Yesus sanggup mengadakan

tidak ada yang mustahil bagi Yesus

lihat tulisan di atas yang warna merah

ya! perkawinan = pesta = suka cita
Yesus melakukan mujizat di tengah" pesta atau d tengah" orang" yang sedang bersuka cita

maka yang pertama yang ane tarik pelajaran adalah : bersuka citalah kita sesering mungkin, jangan sedikit persoalan atau sedikit ujian langsung cemberut…Yesus membuat mujizat di tengah pesta tandanya ia senang dengan suka cita. maka dari itu ia membuat mujizat…
hendaklah juga kita bersuka cita memuliakannya karena Bapa kita senang akan hal itu

yang ke dua : contoh : ikan dari lautan akan lebih bisa hidup dan berkembak biak apabila di habitatnya dilautan, apabila di pindahkan ke air tawar maka itu bukan lingkungannya. kemungkinan bisa mati ikan itu
sama dengan Yesus. ia berasal dari surga. surga penuh pesta dan suka cita. maka dari itu ia menghampiri setiap dari kita yang bersuka cita karena itu sama dengan llingkungan surgawi di mana Yesus berasal. amin

luar biasa!

jika saya boleh sedikit urun kata, mungkin tidak jika saya memperluas :

kita sebagai manusia, yg awalnya penuh dosa, perbuatan yg tidak baik, tapi kalau Allah berkehendak, kita pasti bisa diubahkan menjadi yang baik dalam setiap tindakan dan pemikiran dalam menjalani hidup ini.

??

apakah mungkin ada intisari lain yang dapat diambil lagi?

thanks
Gbu

betul!!

hanya Yesus yang sanggup!

thanks
Gbu!

motivasi yg bagus saudaraku!!

nah kalau yang ini saya punya pendapat sedikit berbeda :

jika kita berada dalam habitat dan lingkungan kita sendiri saja (sebagai murid Kristus), memang kita akan menjadi semakin kuat dan tekun.

tetapi sayang, dunia kita ini terdiri dari berbagai macam lingkungan dan habitatnya.
apakah jika berada di luar lingkungan / habitat kita, kita akan menjadi mati iman?

thanks
Gbu

analoginya nga ada yang lebih higienis…?? ;D ;D

di dalam kisah tersebut ada tokoh lain selain Yesus sendiri.
apakah ada sesuatu pelajaran yg bisa diambil? atau hanya mengisahkan mengenai mukjijat yang dikerjakan oleh Yesus?

thanks

Gbu

tergantung

Saya percaya bahwa merubah air menjdai anggur bukanlah mukjijat pertama Yesus. Maria dgn percaya diri meminta Yesus untuk merubah air menjadi anggur pasti sudah sering melihat yesus melakukan keajaiban2, walaupun tidak di depan umum.

Peristiwa itu terjadi sebelum Yesus di baptis, sehingga pastilah Yesus sudah “sakti” jauh sebelum peristiwa itu. Begitu juga “seharusnya” manusia2 lain, jika tidak tercemar oleh dosa Adam.

Salam

benar juga ya. Maria begitu confidence meminta pelayan untuk menuruti kemauan Yesus. Jadi seharusnya maria pernah melihat mujizat sebelumnya. Hanya saja. mujizat itu tidak tertulis

kesimpulan lainnya adalah, maria hanya manusia biasa, bukan seorang manusia divine (super woman spt yg dikira sebagian orang) . Maria tidak dapat berbuat apa apa, spt merubah air menjadi anggur, dll.

shallom. …

hemat banget nulisnya? he he he. …

mungkin ada sedikit pencerahan?
tergantung apa atau tergantung dmana gitu
:wink:

btw thanks.

Gbu.

boleh juga, tidak ada yg salah dengan apa yg anda percaya. soalnya banyak waktu dlm kehidupanNya sebelum kisah itu yg tidak tercatat.

tapi kata “percaya diri” sepertinya sedikit kurang cocok bagi saya, buat saya kok saya merasa lebih cocok dengan kata “iman”. gmana?

saya kurang jelas dengan maksud yg di atas nih. maksudnya gmana ya?

thanks

Gbu.

T : apakah ada pelajaran lain yg bisa
diambil dari kisah diatas?

J : ada, yaitu rencanakan dan persiapkanlah pesta pernikahan anda dengan sebaik mungkin… jika menggunakan jasa WO, pilihlah yang high qualified dan terpercaya, yang enak diajak share, yang udah expert, serta performx ok dan profesional, tapi sesuaikan jg dgn budget, agar hal-hal yang tidak diinginkan seperti tragedi perkawinan di kana tidak terjadi.

syaloomm…

[quote="simonsez post:11, topic:179492"] Saya percaya bahwa merubah air menjdai anggur bukanlah mukjijat pertama YESUS. Maria dgn percaya diri meminta YESUS untuk merubah air menjadi anggur pasti sudah sering melihat YESUS melakukan keajaiban2, walaupun tidak di depan umum.

Peristiwa itu terjadi sebelum YESUS di baptis, sehingga pastilah YESUS sudah “sakti” jauh sebelum peristiwa itu. Begitu juga “seharusnya” manusia2 lain, jika tidak tercemar oleh dosa Adam.

Salam
[/quote]

Gak juga, Maria malah bingung waktu melihat Yesus yg berumur 12 th sedang bertanya jawab dgn para ulama di Bait Allah. [b]Malah sebenarnya peristiwa inilah yg menjadi mujizat Yesus pertama, saat Yesus masih berumur 12 th.[/b] Lukas 2:47 Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya. 2:48 Dan ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya kepada-Nya: "Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau." 2:49 Jawab-Nya kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?" 2:50 Tetapi mereka tidak mengerti apa yang dikatakan-Nya kepada mereka. 2:51 Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya. GBU all

Nice…

mungkin bukan cm persiapan pesta pernikahan aja y bro, apapun yang akan kita lakukan hendaklah dipersiapkan dengan matang dan bijaksana yah?
tapi yg pertama seharusnya adalah berdoa dulu mohon bimbingan dariNya.

gitu kali y?

btw lg promosi WO?

wk wkk wk…

thanks

Gbu.

Buat saya pribadi, dlm kisah ini yg paling berkesan adalah:
Tetapi ibu YESUS berkata kepada pelayan-pelayan: “Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!”
Pelayan2 itu melaksanakan apa yg diperintahkan Yesus, maka terjadilah mukjizat itu. Dan hal tsb berlaku buat kita2 sekarang ini, jika kita melaksanakan apa yg dititahkanNya, dan Percaya dan Mengimani Yesus seutuhnya, maka hal2 yg baik akan terjadi dlm kehidupan kita.

Salam.

shallom bro…

karena anda kayaknya fokus ke Maria, kalau boleh saya ambil kesimpulan dari tanggapan anda :

Maria >> manusia biasa yg sederhana, tidak punya kuasa ber-mukjijat, tapi karena keteguhan imannya terhadap Allah yg telah mengutus Sang Putra melalui dirinya, maka Maria yakin dan percaya Yesus akan mendengar dan mengabulkan.

“Apa yang dikatakan kepadamu,
buatlah itu!”

demikian juga dengan kita, asal kita ber-iman dan percaya pada Yesus, maka kita akan diselamatkan olehNya.

begitu bro?

maaf kalau salah menyimpulkan ya…

thanks
Gbu

tergantung pribadi masing masing. . .
diluar lingkungan
apakah anda bisa menjadi terang di lingkungan yang baru
atau terang anda menjadi padam karena lingkungan

jawabannya tergantung. . . .