Perempuan dan Anaknya

Dalam Wahyu 12:1-6 Yohanes dipulau Patmos mencatat nubuat tentang seorang perempuan dengan seorang Anak, “Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya”. (Wahyu 12:1).

Para penafsir, menafsirkan perempuan yang berselubungkan matahari ini dengan mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya, beberapa penafsir mengatakan: seorang perempuan sering digunakan utk mengambarkan gereja, ada juga yang menafsirkan itu bukan gereja namun perempuan itu memahkotai 12 belas bintang merujuk dan mewakili ke 12 suku israel yang dilindungi pada masa kesusahan besar selama 1260 hari…

Begitu juga banyak penafsir anak itu menggambarkan gereja dan bukan kristus…Menurut Anda siapakah perempuan dan anak ini?

Menurut saya nubuat perempuan ini bukan berkaitan dengan gereja. Sebab dalam penglihatan Yohanes tampaklah suatu tanda besar di langit, berarti suatu penglihatan yang merujuk kepada suatu simbol atau gambaran, sebab hal perempuan ini menjadi simbol pada sebuah mahkota dari 12 bintang di atas kepalanya mewakili 12 suku israel dan didukung juga dengan ayat ayat yang lain. Mengapa dalam konteks ini dikatakan suatu simbol atau gambaran, karena simbol ini juga terjadi seperti pada Yusuf di mana ia melihat matahari, bulan; dan sebelas bintang membungkuk kepadanya (Kej. 37:9) matahari dan bulan merujuk kepada Yakup dan Rakhel, yaitu leluhur israel. Dikatakan disini tentang perempuan itu, “sebuah mahkota dari dua dua belas bintan di atas kepalanya” (ay 1). Dalam mimpi Yusuf juga ada bintang-bintang atau anak-anak Yakub yang ditunjukkan dengan dua belas bintang.

Kenyataan bahwa perempuan itu sedang hamil dan akan melahirkan merujuk kepada pengalaman israel yang selama berabad-abad menantikan datangnya Mesias. Penderitaanya dalam mengandung mengambarkan dan merujuk kepada bangsa Israel secara keseluruhan, dan bukan kepada Maria.

Dan naga itu digambarkan menantikan kelahiran anak laki laki itu utk menelan begitu dilahirkan (ay 4). Tentu saja hal ini merujuk kepada kelahiran Yesus dan usaha HERODES utk membunuh bayi Yesus. Yusuf dan maria pergi ke Mesir karena keinginan Herodes utk membunuh Yesus (Mat. 12:16-18).

Dan Yesus menggembalakan semua bangsa dengan gada besi; tiba2 Anaknya itu dirampas dan dibawa lari kepada Allah dan ke takhta-Nya. Jadi jelas perempuan ini melambangkan orang israel bukan gereja.

mungkin perempuan itu adalah MARIA dan unaga/ular adalah iblis

GBUl

Perempuan tu melambangkan gereja Tuhan di akhir jaman
Anak itu adl melambangkan petobat2 baru yg dilahirkan gereja di akhir jaman