Pergaulan di pengaruhi atau mempengaruhi?

Syalom saudara - saudari…
saya ingin bertanya, menurut anda apakah ketika kita dalam suatu lingkungan kita bisa mempengaruhi keadaan lingkungan sekitar kita?
jika bisa,bagaimana caranya?

beberapa ayat yg bisa jadi referensi

Mazmur 1:1-3
1 Korintus 15:33
2 Raja- raja 11:2

thx bwt bantuannya…
soalnya sya sndiri jg bingung bagaimana cara mempengaruhi lingkungan kita ,krn jls sya kalah jumlah dg mereka,tetapi sebenarnya yg menentukan bkn kuantitas tetapi kualitas…
thx…
JBU…

mksdnya?

Karakter yang kuat akan mempengaruhi sekitar kita.

Matius 5:14-16

"Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Kita akan dipengaruhi orang disekitar kita kalau kita tidak memiliki karakter yang kuat, dalam bahasa lain juga disebut integritas. Anak-anak dan remaja secara emosi masih bertumbuh, sehingga cenderung lebih mudah mengikuti arus disekiarnya, tetapi bukan berarti mereka tidak dapat memiliki karekter Kristus yang kuat.

Saya sejak SMA kelas 3, setelah bertobat dan mengenal Yesus dan menjadi pengikut Kristus, saya belajar untuk memiliki karakter seperti Kristus (seperti yang diajarkan oleh Firman Tuhan yang tertulis dalam Alkitab). Teman saya mulai dari pembunuh bayaran, pencuri, pemabuk, penjudi dan hidup dalam seks bebas tetapi tidak mempengaruhi saya. Bahkan saya disebutnya pendeta yang meredam aksi mereka, bahkan mereka mematikan rokok kalau saya ikut kumpul-kumpul bersama mereka. Saat dikelas, beberapa orang bertobat, tanpa saya harus menginjili dan mereka datang untuk bertanya tentang Yesus dan mereka menjadi pengikut Kristus sama seperti saya.

Tetapi ada juga orang yang sudah dewasa tetap karakternya lemah dan tidak memiliki integritas dalam hidupnya, sehingga pergaulan disekitarnya juga akan diikuti untuk menjadi serupa dengan dunia.

Dipengaruhi atau mempengaruhi itu tergantung bagaimana kita dapat menampilkan Kristus dalam kehidupan kita secara utuh (integrity)

Maaf sob…saya agak bingung neh sobat bertanya tetapi memberikan ayat referensi?apakah ini suatu ujian dikelas?tampaknya anda sudah tahu jawabannya tetapi anda mencoba membuat blunder dengan melempar ke forum. Maaf jika tanggapan saya sepertinya negatif. Tetapi menurut saya demikian.
Shalomm…

siip…

karakter Kristus…

Yoh 8:54
Jawab Yesus: "Jikalau Aku memuliakan diri-Ku sendiri, maka kemuliaan-Ku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa-Kulah yang memuliakan Aku, tentang siapa kamu berkata: Dia adalah Allah kami,

Yoh 5:31
Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku itu tidak benar;

sifat kerendah hatian yang tak ternilai harganya…

owh tdk…
sya tdk sedang mengetes anda karena itu useless… lbh baik saya mencari jalan keluar untuk masalah saya…
thx JBU

Dua-duanya.
Pergaulan mempengaruhi dan juga dipengaruhi. dalam istilah sosiologi adalah eksternalisasi dan internalisasi.

GBU

Jika memang begitu seharusnya anda tidak perlulah mengambil ayat referensi tersebut, itu adalah suatu bentuk keingintahuan anda, cukup bertanya saja dan lemparkan ke forum, toh juga akan banyak jawaban yg beragam menurut sudut pandang masing2 tetapi tetap alkitabiah. Tetapi jika memang anda ragu dalam pernyataan ayat dalam alkitab betul sangat disarankan mengutip ayat tersebut.
Anyway, apapun tujuan anda bertanya jika mengarah kepada pertanyaan anda diawal pendapat saudara Krispus sangat mumpuni. Trimakasih…Gbu

Kita harus menunjukan adanya Kasih Yesus dalam diri kita

GBU