Perintah "Gembalakanlah domba-domba-Ku." Untuk Siapa?

Yohanes 21:17 Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: “Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan ia berkata kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

Perintah “Gembalakanlah domba-domba-Ku.” itu sebenarnya utk siapa saja, apakah hanya utk Petrus?
Silakan berikan ayat2 Alkitab yg mendukung reply anda, supaya jangan hanya berasumsi dan hanya katanya.

Biasanya yang ngaku2 dari gereja penerus Rasul Petrus gencar berbicara
kok kali ini pada sembunyi, sunyi sepi

http://www.christchurchofpeacejacksonville.org/yahoo_site_admin/assets/images/Feed_My_Sheep.7573802_std.jpg

Buat aku…

Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus.
Efesus 4:11-13

Tugas pengembalaan itu adalah jawatan dari Kristus yang ditugaskan kepada orang-orang sesuai tugas dan panggilannya. Tidak semua orang menjadi gembala.

1 Korintus 12:29 Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat?

Masing-masing orang punya tugasnya sendiri-sendiri, karena itu Yesus hanya menyampaikan hal itu pada Petrus seorang, sedangkan kepada Yohanes seorang TUHAN menyatakan pengelihatan tentang Akhir Zaman. Masing-masing memiliki tugasnya sendiri-sendiri. Paulus untuk bangsa-bangsa non Yahudi, dan banyak lagi pembagian-pembagian tugas. Jika anda mengingat para missionaris yang masuk kepedalaman memberitakan injil, apakah semua harus menjadi seperti mereka?

Gembala adalah tugas yang diemban juga dengan hikmat, saat Musa kebingungan mengembalakan bangsa Israel yang banyak di padang gurun, maka Musa membagi-bagi tugasnya itu dan mengelompokan gembalaannya sehingga semua orang mendapat pengembalaan yang sama.

Di samping itu kaucarilah dari seluruh bangsa itu orang-orang yang cakap dan takut akan Allah, orang-orang yang dapat dipercaya, dan yang benci kepada pengejaran suap; tempatkanlah mereka di antara bangsa itu menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpinsepuluh orang. Dan sewaktu-waktu mereka harus mengadili di antara bangsa; maka segala perkara yang besar haruslah dihadapkan mereka kepadamu, tetapi segala perkara yang kecil diadili mereka sendiri; dengan demikian mereka meringankan pekerjaanmu, dan mereka bersama-sama dengan engkau turut menanggungnya. Jika engkau berbuat demikian dan Allah memerintahkan hal itu kepadamu, maka engkau akan sanggup menahannya, dan seluruh bangsa ini akan pulang dengan puas senang ke tempatnya." Musa mendengarkan perkataan mertuanya itu dan dilakukannyalah segala yang dikatakannya. Dari seluruh orang Israel Musa memilih orang-orang cakap dan mengangkat mereka menjadi kepala atas bangsa itu, menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang. Mereka ini mengadili di antara bangsa itu sewaktu-waktu; perkara-perkara yang sukar dihadapkan mereka kepada Musa, tetapi perkara-perkara yang kecil diadili mereka sendiri.
Keluaran 18:21-25

Demikian jika kita lihat gereja makin besar maka makin banyak jawatan gembala ditengah-tengah mereka.

Kesimpulan dari tulisan bro Kripus ini, tugas gembala bukan hanya untuk Petrus saja.

Yoh 21:15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

Yoh 21:16 Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

Yoh 21:17 Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: “Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan ia berkata kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku.


Baca yang teliti …

Perintah Gembalakan domba2 KU, itu ditujukan kepada orang2 yang mengasihi TUHAN secara (phileo=bahasa aslinya Yunani) Sebaba Petrus 3x menyatakan bahwa dirinya kasih secara phileo. Sedangkan pertama dan kedua TUHAN hanya bilang kasih secara agapao.

Petrus itu contoh Kasih secara Phileo.

Gembalakan domba2 ditujukan kepada orang2 yang kasih kepada TUHAN secara Phileo.


Pernyataan diatas cocok dengan perintah pergilah keseluruh bangsa jadikan semua bangas murid KU.

Are You ??? Phileo kepada TUHAN???

Can we interpret John 21 better by knowing the Greek words agape and Phileo? It seems that Peter replies to Jesus twice that he “affectionately loves” Him, after He asks Peter twice if he loves Him–(in the sense of duty and of the will). Then, Jesus uses Peter’s own word for love the third time: “Do you Peter love me affectionately?”. That’s a big part it seems why Peter was so grieved. Now, isn’t it fair to say that you could never know this with the English? Is it possible that the scholars are lying to us about the Greek? Or, is it possible that the Greek manuscripts are in error? Or, not legitimate? I just don’t know.

Betul bro, saya kutip artikel diatas.

Pertama dan kedua Tuhan tanya apakah kamu mengasihi/agapo/agape/Ku (dengan kasih murni tanpa mengharapkan balasan apa2 seperti kasih Tuhan pada kita)

Lalu petrus menjawab bahwa dia mengasihi Tuhan tapi tidak sampai agape hanya phileo atau kasih persaudaraan, kasih antara bapa dan anak atau ibu anak atau kakak adik.

Kasihnya Petrus tidak sampai agape.

Dua kali Petrus menjawab sama, lalu Yesus menanya yang ketiga apakah kamu punya kasih persaudaraan/phileo.

Disini Tuhan menurunkan level kasih dari Petrus dan bagi Tuhan itu cukup, level kamu belum sampai agape, tidak apa2 saya terima kamu, gembalakanlah dombaku.

menurut penulis ini, itulah sebabnya Petrus menangis karena Tuhan menerima apa adanya. Orang yang hanya bisa sampai level phileo kok dipercayai domba2 Tuhan.

wkwkwkwkwk… jack. saya bertanya sama kamu apa Kasih Allah (AGAPE) dengan Kasih dari manusia (Phileo) itu sama tingkatannya?

atau jangan-jangan kasih Mas Jack sama besarnya dengan Kasih Allah?

Tuhan tanya pada Petrus apa Petrus mengasihi dengan kasih agape pada Tuhan.

Petrus bilang hanya Phileo. Jadi ya tingkatan kasihnya petrus sama dengan tingkatan kasihnya kebanyakan orang kristen saja.

Terus ada manusia yang mengasihi (AGAPE) Allah?

tau sendirikan apa perbedaan Agape, Phileo, dan Eros?.

btw, kenapa jack, kok kamu belum jawab pertanyaan saya?
saya tanya lagi yah… “kasih Mas Jack sama besarnya dengan Kasih Allah?”

Itu kan pura2 tanya padahal mas sudah tahu jawabannya.

Yang jelas Petrus kasihnya Phileo dan bagamana dengan mas sendiri?

kan kamu tau sendiri bahwa tidak ada manusia yang bisa memberikan Kasih sama seperti Kasih Allah.
terus kenapa kamu permasalahkan?

kamu tau bahwa Petrus hanya bisa memberikan Phileo. makanya saya tanya, sapa tau kamu memberikan Kasih kepada Allah lebih dari apa yang diberikan Petrus. hahahaha

Bagaimana dengan Bunda maria?

Lebih-lebih Bunda Maria, Perawan tak bernoda. Manusia yang dengan Rendah Hati tunduk pada kehendak Tuhan, walaupun tugas itu sangat berat, :slight_smile:

owh yah… kamu irihati sama Bunda Maria ya?

bukan iri hati, tapi mau tanya apakah kasihnya bunda juga phileo? Tidak mampu mengasihi agape juga?

tentu saja tidak, tapi kepada petrus dan penerus2nya yang apostolik… (lisensed, bukan bm)

Matius 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

karena gereja yang didirikan Tuhan diatas Perus ini, di rencanakan Tuhan terus ada hingga akhir jaman.

Matius 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." apostolik

karena banyak jenis “gereja” yang beredar sekarang ini… maka, carilah yang berstandar SNI… apostolik! :smiley: ;D

gini ya mas… GerejaKatolik disebut penerus rasul petrus itu karena memang secara fakta sejarah dan teknis penerusan tampuk kepemimpinan atau yang disebut suksesi itu memang bahwa paus sekarang itu meneruskan Tahtanya petrus di vatican…

nah, dengan metode yang sama, kira2 gereja anda itu penerusnya siapa? itu pasti ada… secara faktual, pastilah ajaran gereja anda ini ada yang memulai, atau pendeta gereja anda ini kalau ditelusur dari siapa? itu pasti ada… nah silahkan ditelusuri… mungkin saja dari home industri cina? :coolsmiley:

saya agak kurang sejahtera dengan semangat dibalik pertanyaan ini karena akan semakin mempertinggi tembok tembok denominasi
lebih baik semua murid Kristus berlomba loba untuk mewartakan Injil Tuhan kita , agar Tuhan kita cepat datang ;D
saya mungkin percaya Petrus yang ditugasi , tapi masalahnya siapa penerus nya ? saya tidak percaya bahwa hanya gereja Katolik sebagai penerus rasul Petrus , silahkan tanya pada bapa suci Paus Fransiscus ;D pasti pendapat saya senada dengan beliau ;D

Sejak jaman alkitab bukan hanya Petrus yang ditugasi bro.

Kan Paulus menjelaskan ada gembala2 ditiap gereja, ada guru ada nabi.

Kalau hanya Petrus saja bagaimanamungkin ada gembala sidang disetiap gereja.

Lagipula tidak ada bukti dalam alkitab bahwa Peter menggembalakan jemaat Roma mulai tahun 32 sampai 67