Perintah "Gembalakanlah domba-domba-Ku." Untuk Siapa?

Sejarah penuh muatan politik
Sejarah rasul2 sudah ditulis oleh Lukas, Buktikan bahwa Petrus gembala sidang di roma melalui alkitab.

Emang Agape itu pasti kasih Tuhan?

[i]2Ti 4:10 karena Demas telah mencintai (agapao) dunia ini dan meninggalkan aku. Ia telah berangkat ke Tesalonika. Kreskes telah pergi ke Galatia dan Titus ke Dalmatia.

2Pe 2:15 Oleh karena mereka telah meninggalkan jalan yang benar, maka tersesatlah mereka, lalu mengikuti jalan Bileam, anak Beor, yang suka (agapao) menerima upah untuk perbuatan-perbuatan yang jahat. [/i]

Sekarang… menurut anda, kasih yang diberikan Bunda Maria itu Agape atau Phileo…

Yang tahu Maria kan bro.

Wah… om terlalu vulgar tanya nya

;D

Saya pengen liat tanggapannya si jack yang sukanya mengelompokkan jenis-jenis cinta dalam bahasa Yunani padahal dia sendiri bukan orang Yunani…

BTW udah pernah baca “Divine Eros: Hymns of St Symeon the New Theologian” bro?

http://ecx.images-amazon.com/images/I/41%2BkjFspbXL.SY344_PJlook-inside-v2,TopRight,1,0_SH20_BO1,204,203,200.jpg

Kasih Tuhan pada kita agapo, kasih dermas pada uang agapo.

Lha iya. Jadi sama aja kan?
Siapa bilang bahwa agape itu hanya kasihnya Tuhan?

Semua gembala yang baik adalah mereka semua yang berada dalam kesatuan dengan Satu Gembala, yaitu Kristus. Walaupun ada banyak gembala, namun mereka janganlah sampai terpecah belah; sebab Kristus mengajarkan bahwa hanya ada satu Gembala, sebab kesatuan dalam satu Gembala itu-lah yang menjadi perintah-Nya. Itulah sebabnya Kristus mendirikan Gereja-Nya di atas Rasul Petrus, dan dengan menunjuk Rasul Petrus, Kristus memerintahkan kesatuan. Ada banyak rasul, namun hanya kepada seorang [Petrus], Kristus mengatakan, “Gembalakanlah domba-domba-Ku”. Semoga kita tidak pernah kekurangan gembala-gembala yang baik. Semua gembala yang baik adalah gembala yang ada dalam kesatuan dengan Gembala yang satu, dan dalam pengertian ini, maka mereka bukan banyak tetapi hanya satu. Ketika mereka sedang menggembalakan domba, maka Kristus sendirilah yang menggembalakan domba, sebab dengan suara Kristuslah mereka berbicara dan dengan kasih Kristuslah mereka mengasihi kawanan dombanya. Jadi meskipun Kristus mempercayakan domba-domba-Nya kepada Rasul Petrus, Kristus sesungguhnya membuat Rasul Petrus menjadi satu dengan-Nya. Ia mempercayakan kawanan domba-Nya kepada Rasul Petrus, supaya Ia sendirilah yang menjadi Kepala, dan Rasul Petrus -sebagaimana mewakili tubuh-Nya yaitu Gereja- seperti seumpama mempelai pria dan mempelai wanita, yang walaupun dua menjadi satu tubuh. (Disarikan dari khotbah St.Agustinus tentang para pastor/ gembala, seperti dikutip dalam Office of Readings, Divine Office Prayers, 28 Septemer 2012.)

Sebelum Yesus mempercayakan tugas penggembalaan kepada Petrus, Ia terlebih dahulu bertanya -bahkan sampai tiga kali- kepada Petrus, “Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan Petrus menjawab, “Ya, aku mengasihi Engkau” (lih. Yoh 21:15-19). Maka kasih menjadi pondasi kesatuan. Kristus Sang Gembala Agung, menggembalakan domba-domba-Nya di dalam diri banyak gembala, dan para gembala itu, menggembalakan domba-domba itu di dalam Dia, yang adalah Sang Gembala yang satu. Sebab menggembalakan domba-domba bagi Kristus adalah menggembalakan mereka di dalam Kristus, dan bukan untuk menggembalakan terpisah dari Kristus sendiri.

Maka biarlah para gembala semua berada di dalam Gembala yang satu dan memberitakan suara Gembala yang satu itu. Biarlah setiap gembala menyuarakan satu suara di dalam Kristus dan tidak dengan banyak suara. Aku memohon kepadamu saudara-saudariku: kamu semuanya, katakanlah sesuatu yang sama, dan jangan sampai ada perpecahan di antara kamu. Semoga suara itu bersih dari segala perpecahan dan bebas dari segala kesalahan, dan menjadi suara yang didengarkan oleh para domba, sebagaimana mereka mengikuti Sang Gembala Agung yang berkata, “Domba-dombaku-Ku mendengaran Aku dan mengikuti Aku.”

Ya sudah sekarang kita bilang saja kasih Tuhan pada kita itu agape, kasih Peter pada Tuhan itu phileo.

Apakah bro bisa buktikan dari alkitab peter itu dulunya gembala di roma?

Bro sendiri mengatakan ada banyak gembala, lalu waktu Tuhan mengatakan pada kesebelas muridnya untuk mengajar dan menjadikan segala bangsa muridnya Tuhan bukan bearti memerintah mereka untuk menggembalakan/mengarahkan manusia pada rumput/FT yang benar?

ok lah, kalau petrus sebagai gembala sidang di Roma itu dipertanyakan…

tapi yang jelas pendeta dan gereja anda sudah PASTI bukan dari keturunan gembala sidang ROMA… itu! ;D

mau pake sejarah, politik, proaganda, dan ilusi kayaknya juga susah… kecuali oleh pengarang sekaliber anda pak jack… ;D

[quote author=jackson123 link=topic=51508.msg976820#msg976820 date=1390620447]
Yang tahu Maria kan bro.
[/quote

ahahahahaha… yang selalu menyinggug dan selalu mengangkat soal Bunda Maria, kan pak asdos.
jangan-jangan pak asdos tidak paham apa itu “Agape” dan “Phileo”.

hahahahahahaha

Lantas apa masalahnya kalo Petrus phileo kepada Yesus?

Demikian juga Paus bukan keturunan Peter. Dan tidak usah jadi keturunan Peter untuk jadi gembala sidang bukan?

peter bukan di roma… lalu dimana? paus bukan keturunan peter…
jadi kalau pendeta anda dari mana? ;D

btw, kok bisa ngomong paus bukan dari peter ya? ada buktinya?
kalau bukan, maka siapa?? dari peter ke linus, lalu ke jack a, jack b, jack c, hingga ke jackson 123? salut prof! ;D

silahkan baca kisah rasul2 28 dan surat Paulus pada roma, yang menyebut dan memberi salam 28 tokoh2 kristen di roma tidak menyebut Petrus sekalipun. Padahal Petrus menurut versi katolik Peter pimpinan. Sudah saya bicarakan panjang lebar silahkan baca posting2 sebelumnya.

ya terserah lah… sekarang yg penting, gereja anda itu secara sejarah itu dari siapa? dari roma, atau dari petrus? ;D

Dari Tuhan Yesus. Dan coba buktikan melalui alkitab Peter gembala di roma.

Topik ini tidak membahas Petrus gembala di Roma. Silakan ditanyakan di topik yang sesuai.

Salam